8 Masjid Termegah di Dunia untuk Wisata Religi

JavaMifi – Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam. Selain untuk beribadah, masjid juga biasa difungsikan sebagai sarana pendidikan, tempat dakwah, hingga tempat dilaksanakannya budaya Islam lain. Maka dari itu, banyak masjid yang memiliki bentuk arsitektur yang luas dan indah untuk bisa menampung dan membuat betah banyak jamaahnya. Diketahui, masjid termegah di dunia adalah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Selain kemegahannya untuk menampung banyak jamaah dari seluruh dunia, dua masjid yang wajib dikunjungi para muslim seluruh dunia ini pun memiliki bentuk arsitektur yang menawan. Selain dua masjid tersebut, masih ada pula masjid-masjid megah yang tersebar di seluruh dunia salah satunya di Indonesia. 

 

Masjid Megah di Dunia

Hampir seluruh dunia memiliki masjid yang megah. Sehingga selain dijadikan sebagai tempat beribadah umat Islam, masjid pun kerap kali dijadikan sebagai destinasi wisata religi. Berikut adalah masjid-masjid megah yang tersebar di seluruh dunia selain Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. 

 

1. Masjid Agung Sheikh Zayed – Abu Dhabi

Dilengkapi dengan 82 kubah bergaya Maroko yang dilapisi batu pualam putih, masjid ini adalah salah satu tempat yang memiliki luas setara dengan 5 lapangan sepak bola.

Selain itu, masjid ini juga memiliki lebih dari seribu pilar yang dilapis 20 ribu lembar pualam di bagian luarnya.

 

2. Masjid Raya Baiturrahman – Aceh

Masjid ini pun menjadi salah satu yang tertua dan masih berdiri hingga saat ini. Berdiri di pusat kota Banda Aceh, Masjid ini dibangun pada era Kesultanan Aceh yang dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1612.

 

Baca Juga:

Tips Hemat Berlibur keliling Eropa

Top Destinasi Terbaik Berwisata ke Italia

Destinasi Terbaik Untuk Solo Traveler Ke Luar Negri

 

3. Masjid Sultan Ahmet – Turki

Bangunan yang sangat menonjol di Istanbul karena ukurannya yang besar dan keindahannya. Atap-atapnya dipasang 20.000 ubin Iznik berwarna biru yang memantulkan cahaya sehingga pengunjung bisa melihat pendaran warna biru, hijau, dan turquoise dari masjid ini.

 

4. Masjid Hassan II – Maroko

Masjid terbesar di Benua Afrika, dan terletak di kota Casablanca, Maroko. Terletak di pinggir pantai dengan pemandangan ke Samudera Atlantik, masjid ini terkenal dengan menara masjidnya yang setinggi 210 meter, menjadikan menara masjid ini sebagai yang tertinggi kedua di dunia. 

 

5. Masjid Al Aqsa – Yerusalem

Masjid ini dibangun dengan detail yang sangat menakjubkan. Memiliki ubin mozaik pirus yang indah dan kubah emas raksasa. Masjid ini dianggap paling suci ketiga dalam Islam setelah Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Masjid berkubah emas yang berada di tempat tinggi dan berkilauan memberikan kebanggaan tersendiri bagi kaum muslimin. Tidak mengherankan jika kemudian Masjid Kubah Emas ini menjadi simbol dari wilayah suci Al Quds dan bahkan Palestina secara umum.

6. Masjid Istiqlal – Jakarta

merupakan masjid nasional Indonesia yang menjadi salah satu simbol kemerdekaan dan keagamaan bangsa. Masjid ini diberi nama Istiqlal, yang berarti kemerdekaan dalam bahasa Arab. Berlokasi di Jakarta Pusat, berseberangan dengan Gereja Katedral dan Gereja Immanuel. Masjid ini memiliki kapasitas hingga 200 ribu jamaah, memiliki gaya arsitektur formalisme baru dan internasional, dengan dinding dan lantai berlapis marmer, kubah besar berdiameter 45 meter, dan menara setinggi 96,66 meter menjadikannya masjid terbesar di Asia Tenggara dan masjid terbesar keenam di dunia. Diprakarsai oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno, yang juga membantu mengawasi pembangunan masjid serta didesain oleh arsitek Friedrich Silaban dibangun pada tahun 1961 dan diresmikan pada tanggal 22 Februari 1978 oleh Presiden Soeharto. 

7. Masjid Kul Sharif – Kazan

Masjid yang dibangun pada tahun 2005 ini terletak di Kazan, Rusia. Masjid Kul Sharif adalah salah satu masjid terbesar dan terindah di Eropa. Dapat menampung hingga 10 ribu jamaah, serta memiliki arsitektur yang menggabungkan gaya Tatar, Ottoman, dan Persia, dengan dua kubah, enam menara, dan berbagai hiasan mozaik, kaligrafi, dan ukiran. Selain sebagai tempat ibadah, masjid ini juga merupakan pusat budaya dan pendidikan Islam, yang memiliki perpustakaan, museum, serta sekolah.

8. Masjid Sultan Omar Ali Saifudin – Bandar Seri Begawan

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin adalah salah satu masjid yang paling indah dan megah di Brunei Darussalam. Terletak di Bandar Seri Begawan, ibu kota negara ini, dan menjadi simbol keagamaan dan nasionalisme Brunei. Masjid ini dinamai berdasarkan Sultan Omar Ali Saifuddien III, yang memerintah Brunei dari tahun 1950 hingga 1967, dan dibangun pada tahun 1958 dengan gaya arsitektur yang memadukan unsur Mughal dan Italia. Masjid ini memiliki kubah berlapis emas, menara setinggi 52 meter, dan jembatan yang menghubungkan masjid dengan sebuah bangunan yang menyerupai perahu kerajaan di tengah laguna, dan juga dikelilingi oleh taman yang indah serta air mancur. Selain menjadi tempat beribadah, masjid ini pun biasa dipakai berbagai kegiatan sosial, pendidikan, dan dakwah.

Itulah delapan masjid termegah dan terindah di dunia. Nah agar kegiatan internet sehari-hari kalian lancar pastinya butuh internet dengan jaringan stabil kan ?! Kalian bisa pakai mobile wifi dari JavaMifi. Untuk yang ingin belajar online, kursus online, maupun yang sedang WFH (work from home) bisa pakai mobile wifi JavaMifi.

Jaminan Internet Tanpa Batas yang bisa kalian pakai mobile wifi dari JavaMifi sehingga bakal ON terus. Untuk paket sudah termasuk biaya sewa mobile Wifi dan kuota internet Unlimited tanpa batas lalu gratis pengirimannya di seluruh Indonesia. Mobile wifi dari JavaMifi juga tersedia paket harian, mingguan dan bulanan.

Semakin mudah karena bisa pakai JavaMifi di Indonesia dan internetan lancar langsung connect. Karena Javamifi selalu siap membantu untuk kamu mendapat pengalaman terbaik saat menggunakan JavaMifi. Yuk segera order dan nikmati kemudahannya untuk bebas internetan.

Dan pastinya, buat yang  ingin traveling ke luar negeri ngga lupa dong untuk tetap bawa JavaMifi. Dengan membawa travel WiFi JavaMifi, kamu tetap bisa berkomunikasi dengan lancar tanpa kendala baik itu di daerah perkotaan atau pinggiran.

Untuk informasi JavaMifi lebih lengkap bisa dibuka di situs JavaMifi. Jangan lupa, untuk informasi seputar traveling juga bisa dilihat di blog JavaMifi.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *