5 Daftar HP dengan eSIM yang Cocok untuk Teman Traveling

SIM card merupakan salah satu komponen penting yang dibutuhkan untuk menggunakan handphone. Fungsinya sendiri adalah untuk melakukan panggilan telepon, mengirim pesan singkat atau berselancar dengan menggunakan jaringan internet.

Kebanyakan smartphone keluaran sekarang hanya memiliki satu slot kartu SIM saja. Jika ingin menggunakan dua SIM dalam satu ponsel biasanya para penggunanya harus mengorbankan slot kartu memori.

Jadi jika kamu ingin menggunakan 2 kartu SIM dalam 1 HP maka harus menggunakan 2 ponsel. Hal ini tentu akan membuat kamu harus mengeluarkan biaya lebih. Jadi HP dengan eSIM merupakan pilihan tepat yang bisa kamu coba.

Namun kini kamu tak perlu merasa khawatir lagi jika smartphone keluaran terbaru hanya dilengkapi dengan 1 slot kartu SIM saja. Sebab kini SIM memiliki teknologi terbaru bernama embedded SIM (eSIM) yang merupakan kartu SIM tanpa fisik.

Meski begitu, sayangnya tidak semua smartphone sudah memiliki fitur eSIM ini. Hanya beberapa smartphone keluaran terbaru saja yang bisa menikmati fitur eSIM. Jadi kamu perlu cek terlebih dahulu apakah HP yang kamu gunakan sudah didukung dengan teknologi tersebut atau belum.

Lantas smartphone apa saja sih yang sudah support fitur baru eSIM? Nah berikut merupakan beberapa smartphone yang sudah support eSIM baik dari Android maupun iOS. Ada apa saja?

1.iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR

""</p

Seri iPhone XS merupakan smartphone keluaran Apple pertama yang sudah dilengkapi dengan teknologi untuk mendukung eSIM. Ponsel ini rilis pada 12 September 2018. Meski demikian faktanya desain iPhone X series juga tidak kalah dengan desain iPhone keluaran terbaru.

Meski umur smartphone yang satu ini sudah lebih dari 4 tahun, namun iPhone XS masih terbilang layak untuk digunakan. Mengapa demikian? Sebab iPhone XS masih memiliki kemungkinan untuk bisa di-upgrade ke iOS 15.

Harga yang ditawarkan dari iPhone X series juga cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan iPhone keluaran terbaru. Jadi iPhone X series bisa jadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin menggunakan fitur eSIM.

Namun sayangnya untuk saat ini iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR sudah tidak diproduksi lagi oleh pihak Apple. Jadi untuk bisa mendapatkan unit yang baru terbilang cukup sulit.

Meski demikian tak perlu merasa khawatir, sebab kamu juga masih bisa membeli iPhone second dengan kondisi yang masih bagus. Harga yang ditawarkan juga relatif lebih murah berkisar antara Rp 7 jutaan.

2.iPhone 11 Pro dan iPhone 11 pro Max

iPhone 11 Pro
iPhone 11 Pro

Seri iPhone 11 yang terdiri dari iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max juga menjadi salah satu series iPhone yang cukup diminati. Series ponsel keluaran Apple ini juga sudah termasuk ke dalam HP dengan eSIM yang bisa kamu pilih.

iPhone 11 series terbilang cukup diminati karena daya tahan baterainya yang jauh lebih baik jika dibandingkan dengan series iPhone sebelumnya. Tanya itu saja, untuk series iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max sudah dilengkapi dengan 3 kamera yang cukup ikonik.

Saat melihat 3 kamera itu maka semua orang pasti tahu jika ponsel tersebut merupakan iPhone series Pro. Kehadiran 3 kamera tersebut mampu menghasilkan foto dan video dengan kualitas yang memuaskan untuk diunggah di media sosial. Dijamin feed Instagram jadi makin keren.

Hal ini juga membuat iPhone 11 pro dan iPhone 11 pro Max mampu menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin menggunakan eSIM. Terlebih lagi bagi kamu yang sering bepergian ke luar negeri dan mengambil banyak foto untuk diunggah ke media sosial.
eSIM dan iPhone 11 Pro maupun iPhone 11 Pro Max merupakan pilihan yang tepat. Mengapa? Sebab fitur eSIM memungkinkan kamu untuk bisa bepergian ke luar negeri tanpa harus repot menggantung kartu layaknya SIM card biasa.

Namun untuk bisa menggunakan eSIM di luar negeri dengan SIM yang kamu miliki di Indonesia tetap harus memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku ya. Jadi jangan lupa baca syarat dan ketentuannya terlebih dahulu.

3.iPhone SE 2020

iPhone SE 2020
iPhone SE 2020

Rekomendasi HP dengan eSIM yang cocok untuk teman traveling selanjutnya adalah iPhone SE 2020. Ponsel yang satu ini cocok dipilih bagi kamu yang menginginkan iPhone keluaran terbaru dengan harga yang relatif lebih murah.

Mesti ukurannya yang relatif lebih kecil namun iPhone SE 2020 juga sudah dilengkapi dengan teknologi eSIM. Dengan ukuran yang relatif lebih kecil, iPhone SE 2020 akan lebih nyaman saat digenggam dan digunakan.

4.Series iPhone 12 dan iPhone 13

iPhone 13
iPhone 13

Sudah jadi hal yang wajar jika pihak Apple harus memberikan fitur eSIM pada smartphone flagship terbarunya yakni iPhone 12 dan iPhone 13. IPhone 12 rilis pada 23 Oktober 2021 dan iPhone 13 rilis pada 24 September 2021.

Bagi smartphone yang sudah berumur satu tahun ini, smartphone keluaran Apple yakni iPhone 12 dan iPhone 13 patut untuk dipertimbangkan menjadi HP dengan eSIM yang cocok jadi teman traveling.

5.Samsung Galaxy S20, S20+, S20 Ultra dan Galaxy Z Flip

Samsung Galaxy S20
Samsung Galaxy S20

Setelah membahas iPhone tentunya tak lengkap jika tidak membahas Android. Samsung Galaxy S20, S20+, S20 Ultra dan Galaxy Z Flip merupakan HP dengan eSIM dari Android yang bisa kamu pilih.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika Samsung menjadi yang terdepan untuk HP flagship bagi pecinta Android yang ditunggu-tunggu. Terlebih lagi smartphone keluaran Samsung ini juga sudah didukung dengan fitur eSIM.

Hal yang cukup menarik hadir pada Samsung Galaxy Z Flip. Ponsel yang satu ini merupakan salah satu smartphone dengan terobosan terbaru di dunia. Samsung Galaxy Z flip hadir dengan 2 layar yang bisa di-flip. Hal ini membuat kamu memiliki kapasitas layar yang lebih luas.

Itu dia beberapa daftar HP dengan eSIM yang cocok jadi teman travelling dari iOS dan Android yang layak dipertimbangkan. Jadi smartphone mana nih yang bakal kamu pilih untuk teman traveling kali ini?

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *