6 Daftar Handphone Support eSIM Tahun 2024

SIM card merupakan salah satu komponen penting yang dibutuhkan untuk menggunakan handphone. Fungsinya sendiri adalah untuk melakukan panggilan telepon, mengirim pesan singkat atau berselancar dengan menggunakan jaringan internet.

Kebanyakan smartphone keluaran sekarang hanya memiliki satu slot kartu SIM saja. Jika ingin menggunakan dua SIM dalam satu ponsel biasanya para penggunanya harus mengorbankan slot kartu memori.

Jadi jika kamu ingin menggunakan 2 kartu SIM dalam 1 HP maka harus menggunakan 2 ponsel. Hal ini tentu akan membuat kamu harus mengeluarkan biaya lebih. Jadi HP dengan eSIM merupakan pilihan tepat yang bisa kamu coba.

Namun kini kamu tak perlu merasa khawatir lagi jika smartphone keluaran terbaru hanya dilengkapi dengan 1 slot kartu SIM saja. Sebab kini SIM memiliki teknologi terbaru bernama embedded SIM (eSIM) yang merupakan kartu SIM tanpa fisik.

Meski begitu, sayangnya tidak semua smartphone sudah memiliki fitur eSIM ini. Hanya beberapa smartphone keluaran terbaru saja yang bisa menikmati fitur eSIM. Jadi kamu perlu cek terlebih dahulu apakah HP yang kamu gunakan sudah didukung dengan teknologi tersebut atau belum.

Lantas smartphone apa saja sih yang sudah support fitur baru eSIM? Nah berikut merupakan beberapa smartphone yang sudah support eSIM baik dari Android maupun iOS. Ada apa saja?

1. iPhone Series

iPhone merupakan perangkat yang konsisten untuk memberikan teknologi terbaru dalam beberapa perangkatnya. Meski harganya mahal, tidak menjadikan orang-orang untuk tidak membeli perangkat iPhone. Justru dengan harganya yang mahal, perangkat iPhone dilengkapi dengan fitur dan teknologi paling baru. Bahkan perusahaan smartphone dunia menjadikan iPhone sebagai patokan dalam membuat handphone dengan cara meniru desain dan mengikuti teknologi yang tersemat di iPhone.

daftar hp esim 2024
iPhone 15

Pada tanggal 12 September 2023 lalu, Apple telah meluncurkan produk terbaru iPhone yaitu iPhone 15. iPhone 15 hadir dengan empat varian yakni iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max. Untuk harga series iPhone 15 mulai dari tipe terendah hingga tertinggi dibanderol mulai dari 15-24 juta.

Series iPhone 15 hadir dengan perubahan dan teknologi terbaru seperti port USB type C yang menggantikan port lightning, desain titanium, hingga teknologi terkini yang sudah ada dari series iPhone sebelumnya yaitu e-SIM.

Teknologi e-SIM sebelumnya juga hadir pada series iPhone 14 yaitu iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max. Meski diluncur pada 7 September 2022 lalu, semua perangkat series iPhone 14 ini sudah support e-SIM sehingga saat mengganti SIM, kamu tidak perlu repot untuk mencopot SIM fisik.

Selain series iPhone 15 dan 14, fitur e-SIM juga tersemat pada series iPhone 13, 12, 11, XS, XR, dan SE 2020/2022. Kelebihan e-SIM dengan dibanding dengan SIM fisik yaitu saat hendak mengganti kartu SIM, kamu tidak perlu repot-repot mencopot SIM fisiknya. Nah, kelebihan dari e-SIM inilah yang memudahkan kamu yang suka travelling ke luar negeri.

2. Samsung Series

Samsung merupakan merek handphone Android yang paling populer dan memiliki market share yang luas. Ketenaran Samsung ini didapatkan karena Samsung memiliki inovasi dan teknologi yang mengikuti pasar dunia, sehingga banyak yang orang memakai merek Samsung.

daftar hp esim 2024
Samsung Galaxy S24

Pada bulan Januari 2024 lalu, Samsung telah mengeluarkan series flagship teranyar mereka yakni pada lini series Samsung Galaxy S24. Terdapat tiga perangkat yang berada dalam series S24 yaitu Galaxy S24, Galaxy S24+, dan Galaxy S24 Ultra. Masing-masing perangkat Samsung di series S24 memiliki teknologi dan fitur yang mutakhir. Fitur yang paling digencar oleh Samsung di lini series S24 ini adalah fitur AI (artificial intelligence). Fitur AI ini dapat digunakan oleh pengguna Samsung series S24 secara offline tanpa koneksi internet untuk berbagai kegunaan seperti dapat melacak objek foto, menghapus objek foto, dan menerjemahkan secara offline baik via teks maupun telepon.

Selain itu, pada series Samsung S24 sudah tersemat teknologi e-SIM, sehingga kamu tidak khawatir tentang teknologi yang sudah ada pada series Samsung S24. Selain di series Samsung S24, fitur e-SIM juga sudah tersemat pada series Samsung sebelumnya seperti series S23, S22, S21, S20, series Z Flip dan Fold, serta Note 20.

3. Google Pixel Series

Apakah kamu tau kalau Google juga memproduksi handphone Android? Bagi kamu sudah familiar dan mengikuti berita teknologi terkini, pasti nama Google Pixel sudah tidak asing di telinga kamu. Google Pixel merupakan handphone buatan Google yang menggunakan tampilan Android stock, yaitu tampilan asli dari Andoid. Bisa dibilang user interface murni buatan Google. Dengan menggunakan Android stock, perangkat Google Pixel minim dengan aplikasi bloatware dan iklan-iklan lainnya seperti yang ada pada perangkat Android dari merek lain.

Google Pixel merupakan handphone yang dibuat Google dengan spesifikasi yang tinggi, sehingga perangkat tersebut dapat bersaing dengan pasar handphone dunia. Fitur dan teknologi yang ada di Google Pixel juga sangat canggih seperti perekaman hingga 4K 60 fps, kamera yang mumpuni, serta teknologi e-SIM.

daftar hp esim 2024
Pixel 8 Pro

Series terakhir dari Google yaitu series Google Pixel 8 yang diluncurkan pada bulan Oktober 2023 lalu. Meskipun begitu, perangkat dari series Google Pixel 8 ini sudah tertanam teknologi e-SIM. Bahkan teknologi e-SIM ini juga sudah tersemat di series Google Pixel sebelumnya yaitu series Pixel 7, 6, 5, 4, 3, dan Fold.

4. Xiaomi Series

Terkenal dengan mengeluarkan perangkat dengan spesifikasi yang garang, Xiaomi merupakan pionir dari pembuat perangkat dengan harga murah dengan spek yang tinggi. Meski begitu, Xiaomi juga membuat series handphone dengan spesifikasi perangkat kelas flagship seperti series dengan angka dua digit (12,13) dan series dengan angka yang ada huruf “T” yang disertai fitur dan teknologi modern termasuk fitur e-SIM.

daftar hp esim 2024
Xiaomi 13T

Perangkat terbaru dari series Xiaomi yang sudah support e-SIM yaitu Xiaomi 14 Pro yang sudah diluncurkan bulan Oktober 2023 tahun lalu. Perangkat ini sudah dilengkapi dengan tiga kamera wide, ultrawide, dan telephoto serta perekaman hingga 8K. Selain itu, Xiaomi 14 Pro juga sudah support e-SIM.

Selain di Xiaomi 14 Pro, teknologi e-SIM juga sudah tersedia di dalam series Xiaomi sebelumnya yakni series 13, 12, 11, dan series Redmi Note. Untuk kamu yang ingin membeli perangkat Xiaomi yang support e-SIM, kamu bisa mempertimbangkan series Xiaomi di atas.

5. Oppo Series

Selain Xiaomi, produsen Android yang memilki reputasi dengan perangkat handphone yang memiliki inovasi terkini yaitu Oppo. Oppo memiliki sejarah dengan perusahaan yang rajin dalam membuat inovasi. Salah satu perangkat fenomenal yang pernah dibuat Oppo yaitu Oppo Find 7. Kehadiran Oppo Find 7 pada saat itu mendobrak gebrakan baru di pasar smartphone. Sampai saat ini, Oppo terus membuat inovasi dan teknologi baru agar tetap berada di baris terdepan dalam dunia teknologi.

daftar hp esim 2024
Xiaomi FindX5 Pro

Perangkat Oppo dengan teknologi yang support e-SIM yaitu Oppo Find X5 Pro yang sudah diluncurkan pada bulan Februari 2022 tahun lalu. Perangkat ini sudah dilengkapi dengn tiga kamera wide, ultrawide, dan telephoto, perekaman video 4K 60 fps, serta teknologi e-SIM.

Selain pada Oppo Find X5 Pro, Oppo juga mengadopsi e-SIM pada series Oppo lainnya seperti Find N2, Reno A, Reno 6, dan A55s 5G.

6. Vivo Series

Pasar handphone semakin diramaikan oleh dengan pendatang baru dari tanah China yaitu Vivo. Vivo merupakan pemain baru di industri handphone saat ini. Meski pemain baru, Vivo sudah mampu menarik minat masyarakat Indonesia dengan perangkat yang terjangkau dan teknologi yang terkini. Seiring berjalannya waktu, Vivo menjadi perusahaan besar dan berpengaruh terhadap pasar handphone di Indonesia.

daftar hp esim 2024
Vivo V29

Vivo juga mengeluarkan series dengan spesifikasi kelas flagship. Salah satu dari series flagship perangkat terbaru mereka yakni series Vivo V29. V29 diluncurkan pada bulan Juli 2023 dengan memiliki spesifikasi yang ganas seperti RAM hingga 12 GB, perekaman video hingga 4K, dan sudah support e-SIM.

Selain dari series V29, series lain yang sudah support e-SIM yaitu series X90 Pro yang diluncurkan pada bulan November tahun 2022 silam. Walaupun begitu, akan sangat worth it untuk membeli perangkat tersebut di tahun sekarang karena sudah support e-SIM.

Selain itu, terdapat cara baru yang lebih simple untuk scan QR Code. Jika kamu pengguna iOS 17, kamu bisa memanfaatkan fitur terbaru tanpa harus memiliki 2 device untuk foto QR Code atau print QR Code-nya. Caranya yaitu ke setting > cellular > add SIM > Use QR Code > Masukkan QR Code yang sudah disimpan > pilih QR Code yang sudah tersimpan di galeri > Selesai. Untuk android sendiri, fitur tersebut sudah ada di Android 13 ke atas. Karena terdapat berbagai merk android, secara garis besar caranya seperti berikut ini. Setting > Connections > SIM manager > Add e-SIM > Masukkan QR Code yang sudah disimpan > pilih QR Code yang sudah tersimpan di galeri > Selesai. Untuk kamu yang berminat menggunakan e-SIM untuk travel, dapat mengunjungi katalog halaman e-SIM Traveling.

News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *