Umrah Backpacker. Solusi Murah untuk Ibadah Berkualitas

JavaMifi – Pergi ke tanah suci merupakan impian dari banyak orang, khususnya untuk mereka yang beragama muslim. Namun, tidak semua orang beruntung bisa pergi ke Arab Saudi. Meskipun begitu, ternyata ada lho opsi murah untuk ke tanah suci, yaitu dengan umrah backpacker. Biaya umrah backpacker bisa berbeda hingga puluhan juta lho, Globers.

Bila disadari, beberapa tahun belakangan, ada tren pergi umrah secara backpacker. Jemaah umrah bisa pergi ke Tanah Suci Mekkah dengan biaya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan umrah reguler yang menggunakan agen perjalanan. Bahkan, banyak pelaku backpacker yang mengklaim mereka hanya mengeluarkan biaya kurang dari Rp 10 juta untuk melakukan umrah backpacker.

Keuntungan Umrah Backpacker

Kakbah, Mekkah

Sebelum membahas perkara biaya umrah backpacker. Ada keuntungan dari umrah backpacker yang tidak bisa ditemukan pada umrah reguler, yaitu fleksibilitas waktu. Fleksibilitas waktu ini membuat kamu bisa berangkat umrah begitu dapat tiket perjalanan promo ke tanah suci agar lebih murah.

Biasanya, umrah diatur dan dikoordinir oleh agen perjalanan yang sudah memiliki standar umrah. Oleh karena itu, harganya cenderung stagnan di angka yang terbilang mahal. Yang diatur oleh agen perjalanan bisa bermacam hal, mulai dari pesawat yang digunakan, penginapan, hingga  biaya perjalanan selama di sana.

Baca Juga:

Fakta Menarik Onsen, Pemandian Air Panas di Jepang

Menjelajahi Pesona The Great Barrier Reef Australia

Destinasi Wisata Paling Rekomended di Singapura

Dengan cara ini, kamu juga memiliki kemampuan fleksibilitas biaya. Pasalnya, kamu bisa mencari penginapan yang lebih murah, mengeliminasi perjalanan-perjalanan yang tidak perlu, hingga mencari tempat belanja oleh-oleh termurah dan terbaik sendiri tanpa perlu mengikuti agenda agen perjalanan.

Hal-hal seperti itu yang membuat biaya umrah kamu bisa terkompres seminim mungkin hingga kurang dari Rp 10 jutaan. Tetapi kamu pun harus memperhatikan beberapa hal berikut supaya kamu tetap tenang menjalani ibadah umrah 

 

Visa

Ingin mencoba trik ini? Sebaiknya mengurus visa umrah saat bulan Safar hingga bulan Ramadhan dalam penanggalan Hijriah. Hal ini dikarenakan pengajuan visa backpacker akan ditutup pada pertengahan bulan Ramadhan.

Perlu kamu ketahui, setelah bulan Ramadhan Kedutaan Besar Arab Saudi akan langsung membuka layanan pengurusan visa haji. Saat mengajukan visa umrah backpacker, proses pengajuannya bisa ditunggu sampai keluar Ministry of Foreign Affairs (MOFA) yang akan keluar setelah 6 jam. MOFA sendiri merupakan voucher konfirmasi dari Kementrian Haji Saudi untuk calon jamaah umrah.

 

Tiket Pesawat

Tiket pesawat adalah kunci terpenting. Tiket pesawat dapat dibeli secara online maupun offline sesuai dengan preferensi kamu. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, kamu dapat memesannya jauh dari hari keberangkatan. Kamu juga harus rajin mengecek untuk mendapatkan update harga dan promo. Menentukan jenis maskapai penerbangan pun akan menentukan harga tiket pesawat

 

Akomodasi

Akomodasi bisa berupa hotel, apartemen, atau penginapan lainnya yang sesuai dengan biaya dan kenyamanan. Kebanyakan penginapan di dekat pusat ibadah berbintang 4 dan 5 sehingga memiliki harga yang tinggi dan berakibat melonjakan anggaran. Alangkah baiknya kamu memesan penginapan yang dibawah bintang 4 dan tidak terlalu jauh dari pusat ibadah seperti di Al-Aziziyah, Al Misfalah, dan Abraj Al Bait. Ingat juga harga cenderung akan lebih rendah jika kalian melakukan pemesanan di awal.  

 

Makanan

Terdapat banyak pilihan makanan di area pusat peribadatan, mulai dari restoran hingga warung kaki lima. Kamu harus pintar-pintar dalam memilih makanan terutama di restoran. Pastikan untuk mengecek harga terlebih dahulu sebelum memesan makanan di retostoran untuk menghindari pembengkakan biaya. Pilihan lain yaitu kamu dapat membeli makanan di warung makan kaki lima dengan kisaran harga 10-30 SAR atau Rp 40-123 ribu. Jika kamu dari awal sudah meniatkan akan menginap di apartemen, kamu bisa membawa bekal dari Indonesia dan memasaknya disana. Tentu saja itu akan menekan jauh anggaran umrah kamu.

 

Transportasi

Jika kamu tidak mengetahui tentang Arab Saudi, tentu masalah transportasi akan merepotkan. Tetapi untungnya, transportasi umum di Arab Saudi tersedia 24 jam dan kamu dapat meminta bantuan kepada masyarakat lokal disana maupun internet. Berbagai moda transportasi tersedia disana seperti taksi, bus, kereta, hingga kendaraan sewaan. Keunggulan lainnya menggunakan transportasi umum ialah kamu dapat berbaur dengan masyarakat lokal dan bisa lebih mengenal tentang negara dan kebudayaannya.

 

Internet JavaMifi 

Dengan membayar Rp 500 ribu untuk 9 hari atau Rp 750 ribu untuk 14 hari, kamu sudah bisa dapat internet unlimited JavaMifi untuk umrah backpacker. Karena, bila kamu menggunakan metode backpacker, kamu harus sering-sering meriset di internet perkara perjalanan kamu.

Kamu membutuhkan internet untuk mencari rekomendasi penginapan nyaman dan murah hingga untuk membuka maps agar tidak tersesat. Pasalnya, karena tidak dikoordinasikan oleh agen perjalanan, kamu harus menentukan segalanya sendiri.

Dengan membawa JavaMifi, kamu bisa mendapat akses internet yang bisa diandalkan. Selain itu, JavaMifi juga sudah mencakup lebih dari 160 negara.

Kamu bisa mengambil dan mengembalikan JavaMifi di 10 bandara, 7 kantor cabang JavaMifi,  20.000 minimarket lebih. Kamu juga bisa mengambil dan mengembalikan melalui layanan pengantaran. Selain itu, JavaMifi menjadi satu-satunya travel wifi tanpa deposit di Indonesia.

Jangan lupa, untuk terus mengecek blog JavaMifi untuk aneka informasi seru seputar traveling lainnya dan untuk informasi lebih lanjut soal JavaMifi, bisa dibuka di situs JavaMifi. Have a safe flight Globers

 

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *