5G Hadir di Indonesia, Bagaimana Perkembangannya?

Jaringan 5G hadir di Indonesia sejak tahun 2021, Telkomsel menjadi operator seluler pertama yang meluncurkan layanan 5G di Indonesia. Jaringan Generasi Kelima ini menawarkan banyak sekali manfaat bagi pengguna, termasuk kecepatan internet yang lebih tinggi.

Dengan kecepatan internet yang lebih tinggi, Anda bisa mengunduh file berukuran besar, streaming video resolusi tinggi hingga bermain game online dengan lancar. Apalagi dengan kapasitas yang lebih besar, memungkinkan banyak perangkat terhubung ke internet secara bersamaan.

Ingin tahu lebih banyak tentang perkembangan jaringan 5G di Indonesia dan bagaimana cara mengaksesnya berikut ini informasi lengkapnya untuk Anda. 

Alur Perkembangan 5G Hadir di Indonesia

Sudah hadir sejak 2021, Telkomsel menjadi operator pertama yang meluncurkan layanan 5G di Indonesia lalu diikuti oleh operator lainnya. Pada tahap awal kehadiran jaringan 5G di Indonesia masih terbatas.

Jaringan 5G hanya bisa diakses pada beberapa kota besar saja seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan. Namun seiring berkembangnya teknologi dan regulasi sampai saat ini cakupan jaringan 5G terus bertumbuh semakin luas.

Pemerintah menargetkan bahwa pada tahun 2022, jaringan 5G akan tersedia di sekitar 125 kota atau kabupaten di Indonesia. Target ini terus bertambah hingga pada tahun 2023 Kominfo optimis jaringan 5G di Indonesia akan mencapai 150 kota atau kabupaten.

Untuk lebih jelasnya berikut ini alur perkembangan 5G hadir di Indonesia dari mulai awal sampai saat ini.

1. Periode 2017-2020

Pada periode awal pemerintah Indonesia baru melakukan uji coba jaringan 5G di beberapa kota besar, seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya.

2. 2021

Tahun 2021, jaringan internet 5G mulai tersedia di Indonesia dan bisa digunakan secara umum. Telkomsel jadi operator seluler pertama yang meluncurkan tepatnya pada tanggal 24 Mei 2021 lalu disusul oleh operator lain.

3. 2022

Pada tahun 2022 Cakupan jaringan 5G di Indonesia sudah bertambah dari beberapa kota besar saja menjadi 100 Kota dan kabupaten.

4. 2023

Pada tahun 2023 Kominfo telah menargetkan untuk memperluas cakupan jaringan 5G mencapai 150 kota dan kabupaten.

Manfaat Kehadiran 5G di Indonesia Bagi Pengguna

Jaringan 5G menawarkan berbagai macam manfaat bagi pengguna dari mulai kecepatan internet yang lebih tinggi. Dengan jaringan 5G hadir di Indonesia, Kecepatan internet akan mencapai 10 Gbps dan jauh lebih cepat daripada jaringan 4G.

Dengan kecepatan yang lebih tinggi ini, para pengguna bisa mengunduh file berukuran besar, streaming video beresolusi tinggi dan bermain game online lebih lancar. Selain mendapatkan kecepatan yang lebih tinggi, kelebihan penggunaan jaringan generasi kelima ini adalah latency yang lebih rendah.

Latency merupakan waktu yang dibutuhkan untuk mengirim data dari satu titik ke titik lainnya. Dengan menggunakan jaringan 5G, latency lebih rendah sehingga Anda bisa mendapatkan pengalaman lebih responsif saat menggunakan aplikasi, game dan streaming.

Jaringan 5G hadir di Indonesia juga akan memberikan kapasitas yang lebih besar pada semua penggunanya. Dengan kapasitas yang lebih besar akan mendukung lebih banyak perangkat yang terhubung.

Kapasitas yang lebih besar juga akan memberikan pengalaman internet yang lebih lancar dan stabil walaupun Anda sedang berada di tempat yang ramai. Selain manfaat tersebut, kehadiran jaringan generasi kelima juga berpotensi untuk mendukung berbagai inovasi baru seperti.

1. Internet of things (iot)

Dengan menggunakan jaringan 5G dapat mendukung jaringan iot yang lebih luas dan kompleks. Dengan jaringan generasi kelima ini Anda bisa menghubungkan banyak perangkat ke internet dan saling berkomunikasi dengan lancar tanpa hambatan.

2. Artificial Intelligence (AI)

Jaringan 5G bisa mendukung aplikasi AI yang lebih kompleks dan membutuhkan bandwidth yang lebih besar. Dengan jaringan 5G, AI bisa digunakan untuk berbagai keperluan dari mulai pengenalan wajah, pengenalan suara hingga pembelajaran mesin.

3. Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR)

Jaringan 5G hadir di Indonesia juga akan mendukung pengalaman pengguna VR dan AR lebih realistis dan immersive. Dengan jaringan ini, Anda bisa merasakan pengalaman menggunakan VR dan AR menjadi lebih nyata dan interaktif.

eSIM 5G dan Peran Pentingnya dalam Perkembangan Jaringan

Salah satu teknologi yang berperan penting dalam perkembangan 5G di Indonesia adalah adanya eSIM. eSIM merupakan kartu SIM elektronik yang bisa dipasangkan ke perangkat seluler tanpa perlu menggunakan kartu SIM Fisik lagi.

Dengan jaringan 5G hadir di Indonesia bersamaan dengan kehadiran eSIM yang menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan dengan kartu SIM fisik. Seperti lebih ringkas dan mudah dibawa kemana-mana.

Kelebihan lainnya teknologi eSIM dapat digunakan untuk beberapa perangkat sekaligus. Selain itu, penggunaan eSIM juga memiliki peran penting dalam perkembangan 5G di Indonesia.

1. Meningkatkan fleksibilitas penggunaan perangkat seluler

ESIM memungkinkan pengguna untuk menggunakan perangkat seluler dengan lebih fleksibel. Pengguna bisa dengan mudah beralih antara perangkat seluler yang berbeda tanpa perlu mengganti kartu SIM fisik lagi.

2. Meningkatkan keamanan

ESIM juga sudah menggunakan teknologi yang lebih canggih dibandingkan dengan kartu SIM fisik. Hal ini dapat membantu melindungi data pengguna dari penyalahgunaan.

Cara Menggunakan eSIM 5G dengan Mudah

Pada era saat ini, eSIM 5G telah tersedia di beberapa perangkat seluler dari beberapa operator seluler di Indonesia. Untuk menggunakan teknologi eSIM pertama-tama Anda harus memastikan perangkat seluler Anda sudah mendukung layanan ini.

Setelah itu berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk bisa menggunakan eSIM 5G hadir di Indonesia.

1. Periksa Perangkat seluler

Untuk Anda yang tidak mengetahui cara memeriksa perangkat seluler sudah mendukung layanan eSIM atau belum, bisa memeriksanya di situs web atau buku manual perangkat seluler Anda.

2. Dapatkan kartu SIM virtual

Untuk bisa mendapatkan eSIM 5G Anda bisa membelinya secara online atau langsung dari operator seluler di kantor cabang.

3. Aktifkan eSIM

Langkah selanjutnya bisa langsung mengaktifkan eSIM 5G. Caranya Anda bisa langsung menghubungi layanan pelanggan operator melalui telepon seluler. Salah satu operator jaringan 5G terbaik yang bisa Anda gunakan adalah eSIM by JavaMifi.

4. Menyamakan kartu SIM virtual dengan perangkat seluler

Anda bisa melakukan ini dengan mengikuti petunjuk yang sudah diberikan oleh operator seluler Anda.

Setelah Anda bisa mengikuti langkah-langkah tersebut, perangkat seluler Anda akan terhubung ke jaringan 5G. Teknologi terbaru seperti eSIM ini sangat penting untuk mendukung perkembangan 5G hadir di Indonesia.

Dari mulai meningkatkan fleksibilitas, penggunaan perangkat seluler hingga memungkinkan penggunaan perangkat seluler baru tanpa kartu fisik dan meningkatkan keamanan.

Cara Mudah Terhubung ke Internet Menggunakan Kecepatan 5G

Jaringan 5G hadir di Indonesia menawarkan banyak manfaat bagi penggunanya, apalagi dengan adanya inovasi teknologi eSIM membuat semuanya menjadi lebih fleksibel. 

Untuk bisa menggunakan 5G, pertama-tama Anda harus memiliki perangkat yang mendukung jaringan 5G terlebih dahulu dan berada dalam wilayah yang telah mendukung sinyal 5G.

Namun, ada cara mudah lainnya yang bisa Anda lakukan agar bisa terhubung ke Internet tanpa harus membeli perangkat baru. JavaMifi merupakan solusi yang paling tepat untuk Anda, terutama bagi pengguna yang sudah berada dalam wilayah cakupan jaringan 5G di Indonesia.

JavaMifi merupakan layanan 5G mobile Wifi yang menawarkan kecepatan hingga 10 Gbps, dengan layanan ini Anda bisa terhubung ke internet dengan kecepatan 5G dimana saja, kapan saja.

Anda juga bisa menggunakan JavaMifi untuk berbagai keperluan, seperti bekerja, belajar, bermain game dan streaming video. Berikut ini cara paling mudah untuk merasakan jaringan 5G hadir di Indonesia dari JavaMifi.

1. Mendapatkan JavaMifi

Langkah pertama adalah membeli JavaMifi secara online atau di outlet terdekat. Terdapat berbagai macam kuota yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan anda ke negara tujuan.

2. Koneksikan perangkat Anda ke JavaMifi

Setelah JavaMifi Anda aktif, Anda bisa menghubungkan perangkat Anda ke JavaMifi. Caranya juga sangat mudah, buka pengaturan jaringan di perangkat dan pilihlah jaringan JavaMifi.

Setelah perangkat terhubung ke JavaMifi, Anda bisa mulai menggunakan internet dengan kecepatan 5G.

Menggunakan JavaMifi bisa menjadi solusi mudah dan praktis untuk bisa terhubung ke internet menggunakan jaringan 5G hadir di Indonesia. Selain tersedia untuk hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Menggunakan eSIM by JavaMifi juga bisa digunakan untuk travelling ke Luar negeri. Beberapa negara yang sudah tercover oleh jaringan 5G eSIM by JavaMifi adalah Singapore, Thailand, Japan, Korea, hongkong, Taiwan, US dan Canada Anda tinggal mengaktikan eSIM dengan hanya scand sudah bisa langsung connect.

Sehingga Anda tidak perlu lagi menyiapkan budget untuk koneksi internet saat melakukan perjalanan ke luar negeri. Untuk bisa menggunakan layanan JavaMifi ke luar negeri, Anda cukup mengaktifkan layanan roaming internasional.

Tunggu apalagi, segera upgrade jaringan 4G ke 5G menggunakan layanan JavaMifi. Dengan Jaringan 5G hadir di Indonesia, para pengguna bisa merasakan banyak sekali kelebihan dalam kehidupan sehari-hari dan kebutuhan industri.

 

 

 

News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *