Cara Mengaktifkan eSIM pada iOS Terbaru: Langkah-langkah Praktis untuk Pengguna iPhone

Kemunculan eSIM iPhone menjadi bentuk perkembangan teknologi yang banyak dimanfaatkan. Apalagi inovasi ini mampu membantu akses internet tanpa SIM Card fisik melainkan digital. Tentu bagus dipakai terutama oleh traveler.

 

Kebutuhan terhadap SIM Card fisik sebenarnya bisa menunjang berbagai macam kebutuhan interaksi. Baik menggunakan telepon, SMS hingga internet terjamin bisa dilakukan. Tapi perkembangan menjadi digital mengikuti kebutuhan pasar.

Anda dapat menemukan SIM Card berjenis makra, micro sampai nano. Tapi inovasi yang paling berkembang dan dinantikan yakni eSIM atau elektronik SIM. Karena tanpa wujud fisik, hanya perlu pendaftaran online.

Sebenarnya pro kontra terhadap eSIM iPhone masih banyak bermunculan. Salah satu keuntungan yang banyak disukai yakni karena mudahnya pengaturan. Anda bisa langsung memakainya hanya dengan mengikuti cara mengaktifkan singkat.

Bagi Anda yang tertarik menggunakannya tentu perlu memahami bagaimana cara mengatur atau mengaktifkan. Tapi sebelumnya perlu diingat ternyata tergantung pada tipe iPhone. Artinya satu tipe dengan lainnya mungkin ada perbedaan.

Menyiapkan eSIM akan semakin mudah apabila mengikuti petunjuk. Walau awalnya mungkin dianggap sulit atau panjang padahal cukup sederhana. Apalagi cara utama dan alternatifnya ada sehingga dapat dicoba yang paling mudah.

Cara Mengaktifkan eSIM iPhone Untuk User iOS Terlengkap

Penting dipahami mengikuti petunjuk bisa mempermudah proses mengaktifkan. Apabila beli dari operator langsung tentunya bisa segera aktif secara lancar. Tapi apabila ingin mengetahui semua caranya juga dapat melihat semua panduan.

1.      Cara Transfer Cepat eSIM ke iPhone

Opsi cara transfer cepat eSIM iPhone terbilang langkah yang banyak dipakai. Terutama jika Anda telah membeli tipe iPhone yang berbeda. Pastinya jika ingin memakai eSIM tersebut harus ditransfer terlebih dulu.

 

Untuk memindahkan dari satu ponsel dengan lainnya mungkin banyak yang menyayangkan. Apalagi jika belum lama mengaktifkan pada ponsel tersebut. Tapi jika pemakaiannya ingin diubah pada ponsel lain, jalan keluarnya transfer.

Hal ini dapat dilakukan dan sangat disarankan karena tidak membutuhkan operator. Jika Anda merasa kalau menghubungi operator terasa merepotkan, artinya bisa diandalkan. Pengguna bisa melakukan sendiri tanpa bantuan.

Apabila ingin transfer eSIM dari satu ponsel dengan lainnya memang mudah. Tapi harus memastikan supaya kedua perangkat berjalan di iOS 16. Apabila sudah terpenuhi, ikutilah transfer eSIM iPhone berikut ini:

  • Aktifkan hp Apple Anda lalu membuka setting atau pengaturan. Ketuklah seluler lalu mencari menu Tambah Paket Seluler pada pengaturan. Nantinya Anda akan diminta untuk menyiapkan eSIM yang ingin diatur atau dipindahkan.
  • Pilihlah menu transfer dari iPhone lain karena ingin dipindahkan. Pastikan memilih perangkat tepat dan nantinya menampilkan nomor telepon dalam hp. Jangan lupa juga agar mematikan nomor telepon yang dipindahkan benar.
  • Saat proses transfer eSIM iPhone, pastikan agar mengikuti petunjuk dari perangkat. Hal ini bisa dilakukan supaya konfirmasi transfer Anda lanjutkan. Umumnya akan lebih banyak dibandingkan hanya memasukkan kode verifikasi.
  • Anda perlu menunggu paket seluler yang Anda transfer telah diaktifkan pada perangkat baru. Kemudian harus menonaktifkan atau mematikan SIM sebelumnya. Pada langkah akhirnya, masuklah halaman web operator untuk transfer eSIM.

Kalau melihat dari caranya memang membutuhkan langkah cukup panjang. Tapi karena menjadi langkah yang disarankan dan direkomendasikan, artinya dapat diikuti. Anda harus perlu mengingat untuk mengikuti semua langkah tersebut.

 

Perlu diingat juga supaya persiapan dari eSIM, perangkat atau teknologinya kompatibel. Tujuannya supaya langkah transfer eSIM ini bisa dilakukan. Kalau perlu saat pertama kali membeli SIM Card, pastikan sudah kompatibel.

2.      Mengaktifkan eSIM di iPhone via Operator

Langkah mengaktifkan eSIM iPhone via operator termasuk panduan yang bisa Anda ikuti. Apabila membeli iPhone dari operator seluler mungkin tidak harus melakukan banyak prosedur. Misalnya dari T-Mobilem AT&T atau Verizon.

Intinya harus mampu mendukung Apple untuk melakukan aktivasi operator. Lalu sebelumnya sudah memuat operator pada ponsel tersebut. Apabila menemui masalah semacam ini, langkah aktivasi dari iPhone via operator yakni:

  • Gesek layar ke bagian atas tepatnya layar selamat datang.
  • Disana Anda akan menuju pada menu untuk mengatur iPhone.
  •  Pilihlah apa jaringan WiFi yang ingin dipakai.
  • Jangan lupa masukkan juga kata sandinya pada kolom.
  • Dalam mengaktifkan eSIM iPhone, tunggu supaya muncul tampilan Setting Up Cellular.
  • Nantinya perangkat akan melakukan pengaktifan elektronik SIM.
  • Tekanlah menu lanjutkan setelah pengaturan seluler selesai.
  • Lakukan aktivasi kode QR.

Pastikan telah menyiapkan kode QR sehingga dapat segera dipakai untuk proses mengaktifkan. Secara otomatis nantinya akan terhubung pada jaringan atau koneksi. Artinya bisa segera mengakses internet maupun koneksi tersebut.

3.      Panduan Konversi SIM ke eSIM di iPhone

Melakukan panduan konversi SIM ke eSIM iPhone tidak kalah mudahnya. Tapi harus diingat tergantung juga pada operator dan perangkat yang dipakai. Anda bisa mengubah SIM fisik dipakai sebagai SIM digital.

 

Bahkan waktu yang dibutuhkan untuk melakukannya hanya beberapa menit saja. Pastinya begitu membantu Anda apabila ingin ganti dari iPhone lama dengan tipe terbaru. Terutama karena telah mengabaikan kebutuhan kode QR.

Tentunya jika menggunakan sistem ini, memungkinkan konversi yang dilakukan lebih mudah. Apalagi tidak harus mencari atau meminta QR Code seperti cara lain. Meski begitu harus memastikan mengetahui syarat dan ketentuannya.

Penting diingat apabila tidak semua operator bisa melakukannya. Selain itu kalau pakai iPhone 14 berbasis di AS dan minim slot sehingga perlu mengeceknya. Untuk konversi elektronik SIM, ikuti langkah berikut:

  • Langkah pertama untuk mengaktifkan eSIM iPhone yakni dengan membuka pengaturan.
  •  Anda perlu mencari menu seluler atau Cellular pada pengaturan.
  • Ketuk konversi ke eSIM apabila telah membuka menu seluler disana.
  • Apabila menu konversi eSIM ada, artinya memungkinkan untuk melakukan konversi.
  • Tapi jika tidak ada, artinya tidak mendukung fitur tersebut.
  • Jika memang ada, kemudian klik konversi lalu pilih konversi paket seluler.
  • Ketuk lagi konversi ke eSIM untuk selanjutnya.
  • Nantinya tinggal menunggu sampai menunjukkan tampilan aktif.
  • Apabila telah diaktifkan, artinya perlu melepas SIM Fisik.
  • Selanjutnya harus restart iPhone dan bisa memakai eSIM.

Kemudahan langkah eSIM iPhone dengan cara konversi ini bagus. Terlebih jika mengalami masalah seperti tidak bisa menampilkan QR Code. Tapi ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu tipe iPhone atau operator.

 

Mengetahui detail tersebut penting karena ternyata tidak semua tipe itu sama. Contohnya saja iPhone 14 dari Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya. Perbedaan atau kekurangan slot menyebabkan pemakaian konversi berlainan.

Anda harus memastikan apabila pengaturan juga dilakukan secara tepat dengan panduan tersebut. Tujuannya supaya bisa mengaktifkan dengan konversi yang benar. Jika dilakukan tertata, hanya hitungan menit konversi telah sukses.

4.      Pakai Pemindai QR Code atau App Operator

Mengaktifkan eSIM iPhone menggunakan tiga cara sebelumnya sebenarnya paling umum. Tapi apabila tidak berhasil, disarankan pakai pemindai QR Code atau App Operator. Apalagi jika operator tidak mendukung eSIM Carrier Activation.

Sebenarnya Aktivasi Operator eSIM atau disebut eSIM Quick Transfer memang termudah. Tapi masih bisa spin QR code yang diterima dari operator. Apabila ingin mengaktifkannya, harus mengikuti langkah mengatur iPhone:

  • Buka perangkat iPhone Anda.
  • Lanjutkan dengan membuka latar atur seluler.
  • Ketuk menggunakan kode QR.
  • Ikuti semua petunjuk yang keluar pada layar/screen

Jika telah mengatur iPhone, kemudian langkah mengaktifkan eSIM iPhone bisa segera dilakukan. Tapi syaratnya harus menghubungi operator supaya meraih kode QR. Selanjutnya hanya perlu mengikuti langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi kamera lalu pindai kode QR dari operator Anda.
  • Ketuk pemberitahuan Paket Seluler terdeteksi jika telah muncul.
  •  Ketuk Lanjutkan pada menu bagian bawah layar yang keluar.
  • Klik Tambahkan Paket Seluler.

 

Apabila diperintahkan memasukkan confirmation code mengaktifkan eSIM iPhone, tambahkan nomor dari operator. Jika operator mendukung pengaktifan dengan app, harus download app operator. Tergantung dengan merek operator tersebut.

Kemudahan mengaktifkan eSIM by Javamifi telah terbukti praktis dan cepat dipakai. Tidak heran apabila mempermudah kegiatan akses internet dengan SIM Digital. Apalagi menjadi eSIM Traveling pertama dan terbaik di Indonesia. Segeralah order dan menikmati eSIM by JavaMifi untuk menyiapkan kebutuhan liburan. Dipastikan mengakses internet di luar negeri semakin simple dan tanpa batas. Terlebih 

 

 

 

 

 

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *