7 Tempat Wisata Takengon Aceh yang Memiliki Spot Foto Bagus & Instagramable

Para traveler atau penggemar jalan-jalan perlu mencoba wisata Takengon karena destinasi wisata yang satu ini menghadirkan banyak keseruan dan keindahan yang tidak akan kamu temukan di daerah lain. Jika kamu suka dengan hal yang natural dan belum tercermar, Takengon merupakan tempat yang layak untuk dikunjungi.

Takengon sendiri merupakan sebuah ibu kota dari Kabupaten Aceh Tengah yang memiliki beragam destinasi wisata. Letaknya sendiri berada di dataran tinggi Gayo & sisi Danau Laut Tawar wilayah provinsi Aceh. Daerah Takengon memiliki udara yang sangat sejuk, karena daerahnya berada di area perbukitan dengan ketinggian 1200 mdpl.

Orang- orang yang sedang berkunjung ke Aceh, pasti menyempatkan diri menikmati wisata Takengon karena keindahannya tidak kalah dengan tempat wisata lain di Indonesia. Provinsi Aceh sendiri semakin dilirik sebagai salah satu tujuan wisata favorit, karena banyak tempat-tempat menarik untuk dijadikan spot foto yang Instagrammable.

Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi baru dalam berwisata, dan mengunjungi tempat yang sama sekali baru, sangat disarankan untuk mengunjungi Aceh. Takengon merupakan salah satu tempat di Aceh yang akan membuat moment liburan kamu semakin berkesan.

 

Tempat Wisata Takengon Aceh yang Layak Dikunjungi

Takengon bisa disebut sebagai salah satu kota paling populer di Aceh karena begitu banyak tempat wisata yang dimiliki. Kamu bisa berkeliling dari satu tempat wisata ke tempat wisata lain dengan jarak yang berdekatan. Berikut ini tujuh pilihan tempat menarik di Takenong yang cocok sebagai tempat liburan kamu.

1. Danau Laut Tawar
danau laut tawar

Salah satu daya tarik utama Takengon adalah Danau Laut Tawar. Danau ini merupakan danau terbesar di Aceh dengan luas sekitar 5.472 hektar dan kedalaman mencapai 80 meter. Tempat wisata Takengon ini juga menjadi tempat favorit para masyarakat setempat suku Gayo. Keindahan danau ini terlihat dari airnya yang jernih dan pemandangan pegunungan yang mengelilinginya.

Menariknya lagi Danau Laut Tawar ini juga menjadi sumber air sebagian besar masyarakat Aceh, oleh sebab itu kebersihan dan kelestariannya tetap dijaga dengan baik. Para wisatawan yang berkunjung ke Danau Laut Tawar juga diwajibkan menjaga kebersihan.

Letak Danau Laut Tawar ini sangat dekat dengan kota Takenong dan jalanan menuju ke saja juga mulus. Kamu bisa menikmati sejuknya hawa di sekitar danau, sembari menikmati air danau yang jernih dan biru. Serta kamu bisa menikmati aktivitas seperti berperahu, memancing, atau sekadar bersantai di tepi danau sambil menikmati udara sejuk. Hidangan kuliner setempat juga banyak tersedia di sekitar tempat wisata ini.

2. Pantai Menye

Pantai Menye
Pantai Menye instagram/@aidil.ikram

Jika berkunjung ke Aceh, tentu pantai menjadi salah satu tempat wisata yang harus dikunjungi, karena Aceh terkenal dengan pantainya yang berkilau dan indah. wisata Takengon juga memiliki destinasi wisata pantai yang begitu memesona, yakni pantai Menye.

Pantai Menye ini berada di kawasan Danau Laut Tawar, sehingga kamu bisa mengunjungi dua tempat wisata yang menarik sekaligus. Sepanjang perjalanan, kamu akan menemukan makanan khas tradisional kampung Gayo.Pantai ini menyajikan pemandangan yang sangat memikat, disertai deburan ombak yang menambah keindahan.

Kata Menye memiliki arti sebagai manja, sehingga tidak heran jika para wisatawan yang berkunjung ingin bermanja-manja dan bersantai-santai di Pantai Menye. Dari kota Takenong, hanya butuh satu jam perjalanan menuju pantai Menye.

3. Tambatan Perahu Kampung Lot Kala
Tambatan Perahu Lot Kala

Kota Takenong selalu punya tempat untuk memanjakan para wisatawan, salah satunya adalah Tambatan Perahu Kampung Lot Kala. Jika kamu ingin berpergian bersama keluarga, wisata Takengon yang satu ini sangat cocok untuk dipilih.

Di Tambatan Perahu Kampung Lot Kala banyak disediakan spot foto yang menarik, yang sudah ditambahi tulis-tulisan besar Tambatan Perahu Lot Kala. Selain itu terdapat juga dermaga kecil yang cantik, tempat wisatawan bersantai dan menikmati pemandangan.

Tempat yang satu ini sangat cocok dikunjungi pada pagi atau sore hari, karena menyajikan pemandangan yang indah dan bagus untuk difoto. Tambatan Perahu Kampung Lot Kala masih berada di kawasan Pantai Menye tersebut.

4. Buntul Rintis
buntul rintis

Buntul Rintis adalah sebuah kawasan wisata yang terletak di Takengon, Aceh Tengah. Nama “Buntul Rintis” berasal dari bahasa Gayo yang berarti “puncak bukit kecil”. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang memukau dengan hamparan hijau yang menyejukkan mata. Buntul Rintis menjadi salah satu tempat favorit bagi para wisatawan untuk memburu spot-spot foto menarik . Tempat wisata yang satu ini juga begitu populer di Aceh karena spot fotonya banyak yang Instagramable.

Lokasi Buntul Rintis sendiri berada di Desa Tansaren, Kecamatan Bebesan, yang bisa dijangkau dari Tekengon dalam waktu singkat. Di tempat ini kamu bisa menemukan spot foto kekinian seperti kupu-kupu, sepeda gantung, sangkar burung, dan yang lainnya.

Selain menyajikan banyak spot foto kekinian, pemandangan di Bantul Rintis ini juga sangat memukau, sehingga para wisatawan tetap dimanjakan. Pada akhir pekan, Buntul Rintis selalu ramai dikunjungi wisatawan, jadi lebih baik berkunjung pada hari biasa.

5. Dermaga Lukup Penalan
Dermaga Lukup Panalan

Wisata Takengon tidak hanya meyediakan tempat bersantai atau berfoto saja, tetapi juga menyediakan tempat untuk berolahraga. Bagi Anda yang ingin menyegarkan pikiran dan tubuh, berolahraga di Dermaga Lukup Penalan pasti sangat menyenangkan.

Di tempat ini disediakan jogging track yang cukup pandang, sehingga cocok sebagai tempat olahraga. Tentunya sangat menyenangkan berolahraga sambil menikmati pemandangan yang indah. Dermaga Lukup Penalan ini juga dikelola oleh pemuda setempat sehingga sangat terawat dengan baik.

Tidak hanya berolahraga, di Dermaga Lukup Penalan juga dikenal sebagai salah satu tempat favorit bagi para pemancing. Danau Laut Tawar kaya akan berbagai jenis ikan, seperti ikan depik yang menjadi ikan khas danau ini.
Selain itu juga, banyak tersedia spot foto menarik. Disediakan juga banyak fasilitas seperti tempat kuliner, mushola, dan yang lainnya untuk menunjang aktivitas liburan kamu bersama keluarga.

6. Air Terjun Mengaya
Air Terjun Mengaya

Di wisata Takengon juga terdapat air terjun yang cocok dimasukkan ke dalam list perjalanan kamu, karena pemandangannya juga sangat indah. Ari terjun Mengaya sendiri letaknya di Desa Mengaya, Kecamatan Bintan, Takengon. Meski ari terjunnya tidak terlalu tinggi, tetapi nuansanya sangat asri dan sejuk. Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang menenangkan dan menjadi tempat ideal untuk melepaskan penat dari kesibukan sehari-hari.

Hanya saja, akses untuk menuju air terjun Mengaya ini cukup ekstrim, sehingga kurang cocok untuk liburan keluarga. Namun bagi kamu yang suka dengan petualangan, tentu bisa mencoba keseruan mengunjungi air terjun Mengaya.

Medan berbukit yang harus dilalui akan terbayarkan oleh pemandangan indah di air terjun Mengaya. Airnya sangat sejuk dan sekelilingnya dipenuhi pepohonan rindang. Selain itu, kicauan burung akan membuat perasaan berlibur di Tekengon semakin menyenangkan.

7. Bur Lancuk Lereng

Bur Lancuk Lereng

Wisata Takengon lain yang juga wajib masuk ke daftar perjalanan kamu adalah Bur Lancuk Lereng. Tempat wisata ini merupakan tempat yang cocok untuk berfoto sekaligus menikmati pemandangan dari atas lereng bukit. Bur Lancuk Lereng ini berada di ketinggian 1.600 mdpl, dan udaranya sangat sejuk.

Di Bur Lancuk Lereng juga sudah tersedia banyak spot foto menarik, sehingga sangat cocok untuk kamu yang suka update konten di media sosial. Di Bur Lancuk Lereng ada tulisan Love Gayo yang menjadi spot foto favorit para wisatawan.

Dari Lancuk Lereng ini, kamu bisa melihat rumah-rumah penduduk, serta Danau Laut Tawar yang terlihat jelas dari atas. Bur Lancuk Lereng terus dikembangkan dan ditambahi berbagai fasilitas, sehingga para wisatawan bisa semakin dimanjakan saat berkunjung ke Takengon.

Jika kamu ingin berlibur ke Aceh dan ingin memburu beragam tempat wisata baru, pastikan untuk berkunjung ke Takengon. Wisata Takengon memiliki banyak spot menarik yang membuat momen liburan semakin berkesan.

Selama traveling ke Takengon, pastikan kamu selalu membawa Javamifi untuk konektivitas internet. Javamifi adalah perangkat portable WiFi yang memungkinkan kamu tetap terhubung dengan internet kapan saja dan di mana saja. Dengan Javamifi, kamu bisa mudah mengakses informasi, memesan transportasi, mencari rekomendasi tempat makan, dan berbagi momen-momen indah di Takengon melalui media sosial.
Temukan tips lainnya hanya di blog JavaMifi!

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *