Unik, Ini Tradisi Ramadhan di Berbagai Negara

Ramadhan disambut penuh suka cita bagi umat muslim seluruh dunia dan masing-masing negara pun ternyata punya tradisi ramadhan yang unik.

Berikut tradisi ramadhan yang unik di berbagai negara 

 

Ramadhan di Jepang

Di Jepang, umat muslim yang menjalani bulan Ramadhan akan berkumpul dan saling berbagi. Mereka mejadikan Japan Islamic Center sebagai pusat berkumpul karena ukurannya yang luas dan kapasitasnya besar, sehingga mampu menampung banyak orang.

Jika kamu berada di Jepang, kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan, seperti majelis taklim, dialog keagamaan, shalat tarawih berjamaah, hingga proyek menerbitkan buku.

 

Ramadhan di Turki

Tak banyak yang tahu jika sebagian besar dari umat Islam di Jerman berasal Turki. Maka tak heran jika atmosfir Turki akan sangat terasa di Jerman saat bulan ramadan tiba.

Hal yang unik saat ramadhan di Jerman adalah adanya sajian menu makanan bernuansa Turki. Seperti misalnya suus (minuman berbahan baku gula hitam), dschellab (gula dan sirup kurma), qamruddin (jus aprikot), qata’ef (kue kering yang direndam sirup gula), dan kalladsch (adonan pilo isi kacang-kacangan).

 

Ramadhan di Singapura

Suasana Ramadhan di Singapura tidak kalah menarik dengan Indonesia. Kamu bisa langsung mengunjungi pusat kegiatan Ramadhan di area Masjid Sultan. Sejak tahun 1960-an, Masjid Sultan selalu rutin mengadakan Bazaar Ramadhan. Suasanya bazaar sangat ramai karena pengunjungnya tidak hanya berasal dari Singapura saja, tetapi juga warga negara asing dari berbagai belahan dunia

 

Ramadhan di China

Meski Islam jadi minoritas di China, umat Islam di negara ini punya kebiasaan yang unik untuk menyambut bulan Ramadhan

Ada tradisi unik bernama muqam yaitu tarian-tarian untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Tradisi ini dilakukan oleh umat muslim di Kashgar, China.

 

Ramadhan di India

Ratusan umat Muslim berkumpul untuk berbuka puasa bersama dan meletakkan selembar kain besar untuk alas hidangan makanan yang telah disiapkan dari rumah. Para pengunjung juga bisa mencicipi berbagai makanan ringan, minuman, dan permen dengan mengunjungi berbagai stan makanan di sekitar gang-gang, atau jalanan, hingga pusat kota di New Delhi.

 

Ramadhan di Mesir

Jika kamu datang pada bulan Ramadhan, kamu akan menjumpai masyarakat muslim memasang berbagai lampu tradisional (lampu fanus) di depan rumah. Tradisi ini senantiasa dilakukan sebagai salah satu cara untuk menyambut bulan Ramadhan.

Cobalah untuk mencicipi kunafa, sejenis makanan pencuci mulut khas Mesir, yang rasanya manis dan lezat. Tidak perlu khawatir dengan menu berbuka puasa apabila kamu tidak memiliki uang sepeserpun.

Itulah beberapa tradisi ramadhan di berbagai negara yang bisa jadi inspirasi mu dirumah untuk melakukan hal yang dapat dicoba selama #dirumahaja. Agar kegiatan internetan mu sehari-hari lancar tentunya pakai Javamifi dong dengan jaringan yang stabil dan kamu bisa update terus. 

Jaminan Internet Tanpa Batas yang bisa kalian pakai mobile wifi dari JavaMifi sehingga bakal ON terus. Untuk paket sudah termasuk biaya sewa mobile Wifi dan kuota internet Unlimited tanpa batas lalu gratis pengirimannya di seluruh Indonesia. Mobile wifi dari JavaMifi juga tersedia paket harian, mingguan dan bulanan.

Semakin mudah karena bisa pakai JavaMifi di Indonesia dan internetan lancar langsung connect. Karena Javamifi selalu siap membantu untuk kamu mendapat pengalaman terbaik saat menggunakan JavaMifi. Yuk segera order dan nikmati kemudahannya untuk bebas internetan.

Untuk informasi JavaMifi lebih lengkap bisa dibuka di situs JavaMifi. Jangan lupa, untuk informasi seputar traveling juga bisa dilihat di blog JavaMifi.

Itinerary, News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *