10 Makanan Halal di Amerika yang Lezat dan Mudah Ditemukan

Mencari makanan Amerika halal memang menjadi tantangan tersendiri bagi umat Muslim, termasuk wisatawan Indonesia. Sebagai negara minoritas Islam, tidak mengherankan jika ada lebih banyak hidangan dengan kandungan bahan haram.

Banyaknya hidangan dengan bahan haram membuat umat Muslim tidak dapat sembarangan berkuliner ketika sedang berkunjung di USA. Sangat penting memastikan terlebih dahulu kehalalannya sebelum menikmati kuliner di sana.

Meskipun demikian, saat ini sudah mulai banyak restoran dengan sajian makanan Amerika halal. Pilihan menu makanan juga sangat beragam, biasanya merupakan makanan khas dari negara-negara mayoritas muslim seperti Timur Tengah.

Oleh sebab itu, jaringan internet sangat penting ketika sedang berlibur di USA untuk mencari rekomendasi makanan halal. Anda dapat mencoba beberapa menu makanan di restoran yang sudah teruji kehalalannya.

Rekomendasi 10 Makanan Halal Amerika

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, mencari makanan Amerika yang halal bukan menjadi hal sulit lagi saat ini. Berikut adalah beberapa rekomendasi menu makanan di restoran yang sudah teruji kehalalannya.

1.  Chicken Gyro Platter

Gyro merupakan hidangan khas Mediterania yang populer di Amerika Serikat sejak tahun 1971 sampai saat ini. Tidak mengherankan jika menu ini cukup mudah ditemukan di berbagai gerai makanan di New York City.

Gyro sendiri terbuat dari daging yang dimasak dengan pemanggang vertikal, biasanya menggunakan ayam, sapi, domba, hingga babi. Sebelum dipanggang, daging akan dibumbui menggunakan berbagai jenis rempah-rempah sehingga lebih harum dan lezat.

Salah satu makanan Amerika halal yang cukup mudah ditemukan dan dapat Anda coba adalah chicken gyro platter. Seperti namanya, hidangan satu ini menggunakan daging ayam sehingga aman dikonsumsi umat Muslim.

Chicken gyro platter ini menyajikan suwiran ayam lembut dan gurih dengan nasi briyani yang wangi, khas sajian Timur Tengah. Tidak perlu khawatir, sebab menu satu ini cocok untuk lidah wisatawan dari Indonesia.

Ada beberapa gerai makanan menyajikan menu ini, salah satunya The Halal Guys yang populer di New York. Selain itu, ada juga Tasty Kabob, merupakan food truck berlabel halal di kawasan Foggy Bottom, Washington DC.

2.  Beef Gyro Sandwich

Jika sebelumnya Gyro menggunakan daging ayam, menu makanan Amerika halal satu ini menggunakan daging sapi. Tidak hanya menggunakan isian daging sapi, hidangan ini juga tersaji dengan sayuran yang dibalut mayonaise dan kulit kebab tebal.

Menu satu ini memiliki rasa sangat enak, sebab dagingnya dibumbui menggunakan rempah-rempah dan meresap sempurna. Meskipun tidak menggunakan nasi sebagai karbohidrat, namun toping daging yang banyak dan kulit kebab tebal tetap mengenyangkan.

Salah satu pedagang kaki lima yang menyajikan menu beef gyro sandwich ini adalah The Halal Guys. Tidak hanya dapat dinikmati oleh umat Muslim, harganya cukup terjangkau dan rasanya juga terkenal lezat.

3.  Chicken Over Salad

Chicken over salad merupakan sandwich yang mirip seperti kebab jika di Indonesia, menggunakan daging ayam sehingga dapat dikonsumsi umat Muslim. Menu ini terjadi dalam bungkusan aluminium foil, lalu dimasukkan dalam kotak makanan.

Seperti beef gyro sandwich, makanan Amerika halal ini juga menggunakan kulit kebab cukup tebal sehingga dapat membuat perut kenyang. Sementara itu, isian ayam suwir di dalamnya juga melimpah dengan cita rasa gurih.

Adanya sayuran selada dan tomat membuat chicken over salad menjadi lebih segar dan nikmat. Bukan hanya itu saja, saus dan mayonaise juga menambah kelezatanan hidangannya dan tetap cocok untuk lidah orang Indonesia.

4.  Falafel

Falafel merupakan salah satu hidangan dari Timur Tengah yang berkembang menjadi food street dalam bentuk siap saji. Falafel sendiri terbuat dari gilingan kacang Arab kemudian dipadatkan berbentuk bola kecil kemudian digoreng dalam minyak panas.

Falafel merupakan makanan Amerika halal yang cocok untuk vegetarian, sebab tidak menggunakan bahan hewani. Biasanya hidangan khas Timur Tengah ini tersaji dalam beberapa bentuk hidangan seperti sandwich, burger, dan bakso falafel.

Sandwich falafel merupakan perpaduan dari western dan Palestina, berisi berbagai macam sayuran berpadu dengan falafelnya. Umumnya sayuran di dalam sajian ini berupa selada, asinan, dan acar sayur, bercampur saus pedas.

Bakso falafel disajikan menggunakan saus dengan bahan yogurt, jeruk lemon dan madu, atau bisa menggunakan susu kental manis. Dalam penyajiannya, bakso falafel dihidangkan di atas piring begitu saja atau ditusuk seperti sate.

Sementara itu, burger falafel terlihat seperti burger pada umumnya, namun di dalamnya terdapat bola-bola falafel. Menu ini sempat viral karena menjadi menu McDonald’s di beberapa negara, nama menunya adalah McFalafel.

5.  Bulgur

Bulgur merupakan hidangan khas Turki, yaitu sereal yang terbuat dari bulir beberapa spesies gandum berbeda. Meskipun demikian, Bulgur sendiri lebih umum menggunakan gandum durum sebagai bahannya.

Karena terbuat dari gandum, sajian ini dapat dikonsumsi oleh umat Muslim karena tidak mengandung bahan-bahan haram. Rasanya juga nikmat, selain itu juga menjadi salah satu hidangan yang menyehatkan.

Meskipun merupakan makanan khas dari Timur Tengah, namun masakan tersebut juga cukup mudah ditemukan di Eropa dan India. Sekarang, bulgur menjadi salah satu makanan Amerika halal yang cukup mudah ditemukan saat berkunjung ke USA.

Beberapa restoran Timur Tengah yang ada di New York City menyajikan hidangan ini dengan cita rasa sangat khas. Meskipun sedang berada di Amerika Serikat, namun Anda seperti dibawa ke Turki saat menikmati hidangannya.

6.  Kotlet

Kotlet menjadi salah satu makanan Amerika halal yang berasal dari Persia, bahannya dari daging sapi atau kambing. Dagingnya dicampur dengan berbagai bumbu dan telur, lalu dimasak hingga renyah.

Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat kotlet selain daging dan telur adalah kentang, bawang, dan tepung. Sedangkan bumbu-bumbunya menggunakan turmeric, garam, dan juga lada atau merica.

Kotlet sangat nikmat dan cocok dinikmati ketika sedang berlibur ke Amerika Serikat bersama keluarga. Biasanya, makanannya disajikan dengan hidangan pendamping lain seperti tomat ceri, acar sayur-sayuran lainnya.

Ketika sedang berkunjung ke Amerika Serikat, Kotlet menjadi salah satu menu yang cukup mudah ditemukan di restoran Timur Tengah. Umat muslim juga tidak perlu khawatir mengkonsumsinya, sebab menggunakan daging halal.

7.  Shawarma

Sharmawa menjadi hidangan khas Timur Tengah lainnya yang cukup mudah Anda temukan saat berada di Amerika Serikat. Sharmawa sendiri adalah roti pipih dengan irisan daging sapi maupun kambing yang dipanggang.

Untuk menambah kenikmatannya, makanan Amerika halal ini biasanya dicampur dengan saus dan sayuran. Tampilannya mirip seperti kebab, namun, Sharmawa menggunakan roti sedangkan kebab dibungkus tortilla.

Sharmawa penyajiannya sangat mirip dengan Doner kebab, merupakan resep yang berasal dari Ottoman. Hidangan ini selanjutnya berkembang di masyarakat Timur Tengah dan semenanjung Arab, oleh sebab itu bungkus Sharmawa menggunakan roti pita tipis.

Beberapa restoran di Amerika Serikat menyajikan Sharmawa dengan resep asli Timur Tengah sehingga sangat khas. Selain itu, sharmawa menjadi rekomendasi menarik menikmati hidangan nikmat tanpa perlu khawatir kehalalannya.

8.  Hummus

Hummus menjadi salah satu menu makanan Amerika halal ketika Anda memasuki restoran ala Timur Tengah. Hummus sendiri merupakan hidangan khas Levant, Syam, berupa bubur dengan saus cocol atau selai gurih.

Selai gurih untuk menu Hummus terbuat dari kacang Arab giling yang dicampur tahini (wijen giling), minyak zaitun, perasan limau, garam, juga bawang putih. Bahan-bahan inilah yang menambah cita rasa dari Hummus sehingga banyak digemari orang.

Hummus yang lazim dihidangkan dengan roti ini sangat cocok untuk vegan, sebab tidak menggunakan bahan hewani. Bahan-bahan pembuatannya juga sangat baik untuk kesehatan karena banyak mengandung gizi yang dibutuhkan tubuh.

Hummus menjadi hidangan yang sangat populer termasuk Turki hingga Afrika Utara, bahkan saat ini juga cukup mudah ditemukan saat berada di USA. Anda hanya tinggal memasuki restoran yang menyajikan makanan khas Timur Tengah.

9.  Baklava

Baklava merupakan makanan Amerika halal yang cukup mudah ditemukan ketika memasuki restoran ala Timur Tengah. Baklava sendiri merupakan makanan manis berasal dari Turki dan daerah yang pernah dikuasai Kesultanan Utsmaniyah.

Baklava cocok sebagai camilan atau makanan penutup, terbuat dari walnut dan pistachio yang dicincang lalu ditambahkan pemanis seperti gula atau madu. Selanjutnya hidangan ini akan dibungkus dengan adonan roti tipis.

Jika Anda sedang berlibur di USA dan ingin mencoba makanan manis dan halal, maka bisa masuk restoran Timur Tengah dan memesan Baklava. Beberapa restoran di New York bahkan menggunakan bahan yang langsung dikirim dari Timur Tengah sehingga rasanya lebih original.

10.  Salad

Salad merupakan hidangan dari campuran berbagai sayur-sayuran sehingga menjadi salah satu makanan sehat. Tidak hanya sayur-sayuran, makanan Amerika halal ini juga terkadang menggunakan potongan berbagai buah-buahan.

Selain cocok dikonsumsi untuk vegan maupun vegetarian, salad juga dapat dikonsumsi Muslim karena tidak mengandung daging haram. Rasanya juga nikmat karena memiliki tekstur beragam, mulai dari renyah hingga lembut.

Cita rasa salad sayur juga menjadi lebih nikmat karena diaduk dengan potongan bawang, parsley, dan bumbu-bumbu seperti garam maupun merica. Sedangkan salad buah lebih nikmat jika ditambahkan mayonnaise.

Mencari Makanan Amerika Halal dengan Mudah

Meskipun mencari makanan Amerika yang halal sudah cukup mudah, namun penting mencari informasi mengenai restorannya. Sebagai turis asing yang berkunjung ke USA, jaringan internet akan sangat membantu mencari restoran halal berkualitas terbaik.

JavaMifi merupakan pilihan tepat untuk mendapatkan jaringan internet di luar negeri, baik untuk grup maupun solo traveling. Terdapat dua pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu Wifi dan eSIM.

Wifi dari JavaMifi dapat digunakan untuk grup maupun solo traveling, dapat terkoneksi hingga 5 device. Memilih wifi dari JavaMifi sendiri memiliki beberapa kelebihan, termasuk koneksi hingga lebih dari 200 negara dan tanpa batasan kuota.

Tidak perlu khawatir terjadi gangguan ketika mencari makanan Amerika halal, sebab sudah ada CS yang sedia selama 24 jam. Selain itu, jika Anda berada di daerah dengan kurang baik, maka JavaMifi akan switch operator paling kuat di daerah tersebut.

Sementara itu, pilihan eSIM lebih cocok untuk solo traveling, namun tetap dapat digunakan untuk tethering. Cara penggunaan eSIM hanya tinggal scan, nantinya akan langsung terkoneksi tanpa perlu ganti kartu.

Sama seperti wifi, penggunaan eSIM juga didukung dengan CS yang akan melayani Anda selama 24 jam. Ketika berada di daerah dengan sinyal buruk, maka jaringan akan berganti ke operator yang paling kuat sinyalnya di daerah tersebut.

Jaringan internet sangat penting ketika traveling ke luar negeri untuk berbagai kebutuhan, termasuk mencari makanan. JavaMifi sudah mengcover berbagai wilayah di USA sehingga mencari makanan Amerika halal bukan hal yang sulit lagi.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *