CATAT! Ini Trik Menghindari Copet di Paris

JavaMifi – Keindahan Paris, Perancis memang bisa memabukkan. Kota yang penuh romantika ini memang memiliki energi magis yang membuat kita mau berlama-lama di Kota Cahaya ini. Namun, ternyata keindahan Paris memiliki sisi tidak menyenangkan, yaitu berkeliarannya copet-copet yang siap mengintai turis-turis. Untuk itu, kami ingin membagikan berbagai trik untuk menghindari copet di Paris.

Untuk trik menghindari copet yang ada di Paris sebenarnya bisa dibilang cukup sederhana. Meskipun begitu, bila tidak awas dan belum mengenali modus-modus yang ada, kemungkinan besar kamu bisa menjadi target empuk untuk copet-copet di Paris. Karena itu, kamu harus awasi berbagai trik menghindari copet di Paris seperti ini Globers:

 

Kenali Modus-modus Pencopetan

Pencopet di Paris bisa dibilang cukup berbeda dengan copet di Indonesia. Kalau di Indonesia, mereka cenderung diam-diam dan lebih takut ketahuan, sedangkan di Paris, mereka lebih beringas. Lokasi paling sering terjadinya pencopetan adalah di Metro. Dilihat dari berbagai pengalaman, pencopet di Paris umumnya beregu, tetapi tidak menutup kemungkinan kalau ada juga pencopet yang beraksi sendiri.

Pencopet ini seringnya berpura-pura menjadi turis agar leluasa untuk mengamati korbannya dengan alih-alih sedang memperhatikan situasi di Paris dari dalam Metro. Untuk menjalankan aksinya, mereka tidak segan-segan berinteraksi dengan korban ataupun menubruk tubuh korban agar korban kehilangan fokus untuk menjaga barangnya.

Berinteraksi ini ada banyak macamnya. Seperti memancing untuk mengobrol dan kawannya mengambil barang anda. Atau bahkan, membantu mengangkat koper padahal tangannya mencari barang berharga yang ada di koper. Beringasnya, walaupun korban sudah menaruh curiga kepada mereka, mereka tetap akan menjalankan aksinya sampai mereka benar-benar ketahuan.

Sebenarnya ada banyak modus kejahatan lainnya yang mengintai turis-turis yang ada di Paris. Walaupun bukan pencopetan, Globers juga harus waspada bila menemukan modus-modus seperti berikut ini:

 

  • Menawarkan mengambilkan foto

Pastinya Globers ingin sekali momen ke Paris ini bisa diabadikan dalam sebuah foto. Untuk mengambil foto dengan angle yang sempurna, biasanya kita membutuhkan bantuan orang lain sehingga bisa mengambil foto dengan frame yang lebih luas dibandingkan selfie. Oleh karena itu, biasanya turis akan senang bila ada orang lokal yang menawarkan untuk mengambilkan foto dengan kamera ataupun smartphone yang dibawa turis.

Namun hal itu bisa berbahaya lho, Globers. Alih-alih menawarkan untuk mengambilkan foto, ada pelaku kejahatan yang justru bisa mengambil kamera atau smartphone yang anda pinjamkan untuk memotret anda. Setelah anda menyerahkan kamera atau smartphone anda, pelaku akan lari dan raib begitu saja.

 

  • Memberi bunga gratis

 Terkadang, di Paris ada orang yang sepertinya baik dan ramah membagikan barang secara gratis, umumnya bunga. Namun, bila anda mengambil barang tersebut, maka anda harus bersiap  terkena masalah. Karena, bisa jadi itu adalah modus untuk memeras anda. Walaupun di awal ditekankan bahwa barang itu gratis, mereka bisa berkilah dan menyuruh kita membayar barang tersebut dengan biaya yang fantastis.

 

  • Mengisi Kuisioner

Sebagai turis yang baik, kebanyakan orang akan menyambut permintaan dari warga lokal untuk mengisi kuisioner walaupun belum jelas kuisioner itu untuk apa dan siapa. Bila anda diminta diisi kuisioner, apalagi mengharuskan anda ke tempat yang lebih tenang dan sepi, lebih baik anda tolak saja Globers. Pasalnya, bisa jadi itu adalah modus kejahatan di mana anda bisa diperas dengan dimintai uang secara bergerombol oleh mereka.

 

Lakukan Persiapan untuk mengakali pencopet.

Bila pencopet cukup lihai dengan tangannya, maka anda juga harus lebih lihai dalam melakukan persiapan. Banyak cara yang bisa mengecoh pencopet sekaligus menjaga barang berharga anda dari berbagai kejahatan lainnya. Beberapa caranya adalah seperti ini:

 

  • Siapkan dua dompet 

Umumnya, orang hanya memiliki dan membawa satu dompet. Logika ini seharusnya juga yang menjadi dasar pemikiran dari pencopet. Dengan membawa dua dompet sekaligus, anda harus menyiapkan dompet tumbal untuk dicopet. Hal ini cukup membantu untuk menjaga barang berharga anda diambil.

Triknya, taruh dompet yang berisi barang-barang berharga di balik pakaian (baik itu di dalam kantung baju dalaman atau tas pinggang). Lalu, siapkan dompet tumbal untuk ditaruh di tempat yang memang rawan di copet, misal di saku celana belakang, ransel, koper, atau tas. Agar meyakinkan, isi dompet ini dengan beberapa lembar uang, bisa uang pecahan Rp 2.000 ataupun Rp 5.000

Biasanya, kalau mereka sudah merasa mendapatkan target mereka, maka mereka tidak akan menyasar untuk mengambil barang anda lagi.

 

  • Pakai dalaman berkantung

Belakangan, sudah banyak pakaian dalam berkantung yang dijual di aneka platform belanja online. Pakaian dalam berkantung ini bisa sangat berguna untuk menjaga barang yang benar-benar penting ketika sedang pergi ke luar negeri. Jangan khawatir, dalaman ini ada banyak modelnya, ada yang berupa tanpa lengan, kaus, sampai berbentuk gamis.

Pakaian ini bisa menjadi solusi aman karena pencopet tidak memiliki akses untuk bisa mengambil barang tanpa ketahuan di area dalam pakaian. Selain itu, biasanya jenis pakaian dalam berkantung ini memakai zipper sehingga lebih aman Globers.

Sedikit saran bagi mereka yang ingin menaruh dokumen penting seperti paspor ataupun kartu atm, ada baiknya dilapisi lagi dengan plastik. Karena, ketika berkeringat, bisa jadi barang berharga anda jadi ikut basah.

 

Jangan berpenampilan sebagai turis

Tips ini merupakan salah satu tips terampuh untuk dicoba, Globers. Karena, biasanya turis menjadi target empuk bagi pelaku pencopetan. Karena, turis dinilai tidak tahu banyak tentang keadaan Paris sehingga mereka bisa lebih aman melakukan aksinya. Untuk itu, ada beberapa langkah agar penampilan anda tidak seperti turis pada umumnya.

  • Jangan mengalungkan kamera SLR di leher
  • Tidak perlu membawa koper yang besar saat sedang berjalan-jalan
  • Jangan terlalu berekspresi takjub atau sumringah saat sedang mengelilingi Paris
  • Jangan berjalan terlalu pelan walaupun anda ingin menikmati tiap incinya kota Paris
  • Terus waspada dan perhatikan keadaan sekitar

Nah, itu dia cara-cara menghindari copet di Paris dari JavaMifi. Agar memudahkan Globers dalam berkomunikasi dan tetap terhubung dengan dunia, tetap pastikan membawa JavaMifi kemanapun Globers pergi ya.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *