Apa Itu eSIM dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Apa itu eSIM pasti akan muncul bagi user perangkat ponsel pintar yang baru-baru saja mengenalnya. Secara singkat ini merupakan SIM tanpa adanya tampilan fisik alias online.

Siapa saja dapat memilikinya dengan membeli di JavaMifi untuk bepergian cepat, mudah, dan praktis ke berbagai negara di penjuru dunia. Tanpa perlu berganti SIM secara fisik.

Tidak perlu lagi lepas pasang slot SIM yang kemungkinan membuat Anda malah kesulitan sendiri, sekarang semua sudah bisa dilakukan dengan model online dalam genggaman.

Mengenal Tentang Apa Itu eSIM?

eSIM singkatan dari embedded Subscriber Identity Module, adalah teknologi inovatif dalam dunia konektivitas yang meredefinisi cara kita mengakses serta menggunakan jaringan seluler.

Berbeda dari kartu SIM fisik konvensional yang harus dimasukkan ke dalam perangkat, Anda yang bertanya apa itu eSIM, ini merupakan chip kecil yang sudah tertanam di dalam perangkat itu sendiri.

Sehingga memungkinkan pengguna untuk mengelola profil operator dan mengakses layanan seluler tanpa perlu kartu fisik. Aktivasi profil eSIM dapat dilakukan melalui langkah-langkah yang sederhana.

Umumnya melibatkan QR code atau kode aktivasi yang disediakan oleh operator atau penyedia layanan. Pengguna dapat memindai kode ini menggunakan kamera perangkat atau memasukkannya secara manual untuk mengaktifkan profil eSIM.

Salah satu keunggulan utamanya adalah fleksibilitasnya. Pengguna dapat dengan mudah mengganti operator tanpa harus buka slot SIM. Proses pemilihan operator ini sering kali dapat dilakukan user langsung melalui pengaturan perangkat. 

Hal ini memungkinkan pengguna untuk memilih serta mengubah operator berdasarkan preferensi dan kebutuhan mereka. Selain itu, eSIM membawa manfaat dalam perjalanan internasional. 

Pengguna dapat mengakses jaringan seluler di negara-negara yang mendukung teknologi eSIM tanpa perlu mencari dan memasang kartu SIM fisik. Ini mengurangi kerumitan dan biaya terkait dengan penggunaan kartu SIM lokal.

Keamanan dan privasi juga diperhatikan dalam teknologi tersebut. Fitur keamanan canggih, seperti enkripsi data serta autentikasi dua faktor, melindungi data pribadi pengguna serta mencegah potensi ancaman keamanan cyber.

Di luar manfaat-manfaat tersebut, eSIM juga membuka peluang dalam pengembangan Internet of Things (IoT). Dengan penjelasan mengenai apa itu eSIM, perangkat IoT dapat terhubung ke jaringan tanpa perlu kartu fisik.

Memungkinkan penggunaan yang lebih efisien dan berkelanjutan dalam ekosistem IoT. Dengan bantuannya, dunia konektivitas semakin mudah dijangkau oleh banyak orang. 

Fleksibilitas, kemudahan penggunaan, serta potensi dalam berbagai industri menjadikannya sebagai fondasi teknologi konektivitas masa depan yang menjanjikan untuk semua orang.

Manfaat yang Bisa Didapatkan dari eSIM

Sesudah mengetahui apa itu eSIM jelas saja tidak akan lengkap tanpa mengetahui manfaat-manfaatnya. Sebab penjelasan mengenainya tidak meliputi secara langsung apa saja keuntungan mengenainya.

Jadi, Kami akan memberikan penjelasan mengenai apa saja manfaatnya. Agar semua orang setidaknya bisa mengetahui apa saja manfaat yang didapatkan secara umum darinya, mari simak informasinya.

 

  • Fleksibilitas Pemilihan Operator

 

Pengguna eSIM atau SIM elektronik dapat dengan mudah mengganti operator tanpa perlu keluar masukkan slot SIM. Proses ini dapat dilakukan secara langsung melalui perangkat, memberikan pengguna kebebasan untuk memilih operator paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka, seperti JavaMifi.

 

  • Pergantian Operator Mudah

 

Pengguna juga tidak perlu mencari dan memasang kartu SIM fisik baru saat ingin mengganti operator. Aktivasi profil eSIM dan pemilihan operator dapat dilakukan dalam hitungan menit, tanpa perlu mengganti kartu fisik atau nomor telepon.

 

  • Keamanan dan Proteksi Data

 

Sesuai penjelasan apa itu eSIM sebelumnya, ada penawaran fitur keamanan super canggih, termasuk enkripsi data dan autentikasi dua faktor. Ini membantu melindungi data pribadi dan informasi sensitif pengguna dari ancaman keamanan.

 

  • Kemudahan Perjalanan Internasional

 

Pengguna dapat dengan mudah mengakses jaringan seluler di negara-negara yang mendukung SIM elektronik tanpa perlu mencari kartu SIM lokal. Ini menghilangkan biaya lebih besar terkait dengan pembelian dan pemasangan kartu SIM saat melancong.

 

  • Mendukung Perangkat Kecil dan IoT

 

SIM elektronik memungkinkan perangkat-perangkat kecil, seperti smartwatches dan perangkat IoT, untuk terhubung ke jaringan tanpa memerlukan slot fisik untuk kartu SIM. Ini memungkinkan pengembangan solusi IoT lebih ringkas dan efisien.

 

  • Pemulihan dan Penggantian Mudah

 

Jika perangkat hilang atau rusak, pengguna dapat dengan cepat memulihkan profil eSIM mereka ke perangkat baru tanpa perlu mendapatkan kartu SIM fisik baru dari operator, tapi dengan catatan perangkat baru tetap mendukung SIM elektronik serta masih memiliki barcode lama.

 

  • Pemisahan Layanan Pribadi dan Bisnis

 

Sesuai penjelasan apa itu eSIM sebelumnya, pengguna dapat mengelola lebih dari satu profil operator pada satu perangkat. Ini memungkinkan pemisahan layanan pribadi dan bisnis dalam satu perangkat, menjaga kejelasan dan efisiensi dalam penggunaan.

 

  • Potensi Inovasi dan Pengembangan

 

SIM elektronik dapat membuka pintu bagi pengembangan perangkat pintar lebih sederhana dan lebih kecil. Selain itu, ini memacu inovasi dalam industri IoT dan konektivitas.

 

  • Dukungan untuk Pergantian Perangkat

 

Saat berganti perangkat, pengguna dapat dengan mudah memindahkan profil SIM elektronik mereka tanpa perlu mengurus kartu fisik baru atau transfer data manual.

 

  • Kemudahan dalam Pengelolaan Layanan

 

Pengguna dapat mengelola dan mengontrol layanan mereka melalui aplikasi atau portal online, termasuk melihat informasi tagihan dan mengatur pengaturan layanan.

 

  • Dampak Lingkungan Lebih Rendah

 

Terakhir, tentu ada pengurangan kebutuhan akan produksi kartu SIM fisik dan plastik terkait, berkontribusi pada upaya pengurangan limbah dan dampak lingkungan secara global.

Berkat manfaat-manfaat tersebut, diprediksi dalam beberapa tahun atau bulan penggunaan akan semakin masif. Menunggu banyak orang mulai berganti ke pada pilihan perangkat 5G dengan SIM elektronik di dalamnya.

Jenis eSIM dan Perbedaannya Berikut

Saat ini ada pengembangan yang dilakukan oleh operator penyedia khususnya JavaMifi, tinggal scan barcode code dan konektivitas akan langsung mulai nyambung dengan sendirinya.

Tentu memudahkan banyak user yang memiliki keperluan akan itu, untuk bagaimana pengembangan awalnya hanya ada pilihan pada jaringan 4G. Sesuai dengan apa itu eSIM yang diprediksi akan berkembang secara pesat.

Kini sudah ada pilihan 5G seperti yang disediakan oleh operator JavaMifi pada berbagai perangkat kekinian. Mulai dari SAMSUNG keluaran terbaru hingga iPhone 11 ke atas sudah mulai mendukungnya.

Jadi, bagi Anda yang memiliki perangkat ponsel pintar tersebut. Bisa langsung mulai membeli dan berlangganan saat sedang berada di luar negeri entah pada keperluan bisnis atau melancong saja.

Perbedaan mendasar antara eSIM dalam jaringan 4G dan 5G melibatkan teknologi jaringan yang digunakan. Ini tentu akan memengaruhi bagaimana kualitas upload & download perangkat milik Anda.

Dalam jaringan 4G (LTE), eSIM memanfaatkan teknologi LTE untuk memberikan kecepatan internet terbilang tinggi, mencapai ratusan Mbps, memungkinkan streaming video HD & kinerja aplikasi yang baik. 

Di sisi lain, apa itu eSIM dalam jaringan 5G menggunakan teknologi 5G yang lebih canggih, menyediakan kecepatan dan latensi yang jauh lebih tinggi daripada 4G sendiri. 

Kecepatan internet 5G dapat mencapai beberapa Gbps, memungkinkan unduhan dan streaming yang sangat cepat, serta mendukung aplikasi lanjutan seperti augmented reality (AR) & virtual reality (VR). 

Selain itu, latensi dalam jaringan 5G bisa turun hingga 1 hingga 5 milidetik, memungkinkan respons yang hampir instan, sangat penting untuk aplikasi real-time seperti gaming online dan kendaraan otonom (autodrive). 

Kapasitas jaringan 5G juga lebih besar, memungkinkan lebih banyak perangkat terhubung dalam area yang padat tanpa mengurangi kualitas jaringan. Oleh karena itu, jelas sesuai yang dijelaskan mengenai apa itu eSIM.

Dalam jaringan 5G membuka peluang untuk aplikasi dan layanan yang lebih canggih, seperti Internet of Things (IoT), smart cities, serta layanan medis jarak jauh.

Cara Memperoleh eSIM yang Tepat

 

Bagi Anda yang berniat untuk memperoleh pilihan 4G atau 5G bisa langsung memilih pada operator pilihan, namun jika ingin yang terbaik jelas JavaMifi solusinya karena menjadi pionir di negara Indonesia.

Ada dua pilihan mulai dari 4G serta 5G yang tentu saja memiliki kapasitas berbeda, untuk tuntutan penggunaan lebih proper, jelas 5G adalah pilihannya sesuai penjelasan mengenai apa itu eSIM sebelumnya.

Lantas bagaimana cara untuk bisa mendapatkannya? Apakah masih perlu membeli ke konter secara langsung? Tentu saja tidak karena semua sudah bisa dilakukan secara online tanpa perlu hal merepotkan.

Untuk proses lebih jelas berikut step by stepnya agar tidak salah dalam melakukannya, sebab kebanyakan orang jaman sekarang masih belum paham akan apa itu eSIM dan terkesan masih awam orangnya.

  1. Buka situs web resmi JavaMifi melalui browser Anda.
  2. Telusuri pilihan layanan eSIM yang ditawarkan oleh JavaMifi. Pastikan untuk memilih layanan sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti data internet untuk perangkat Anda atau paket layanan lainnya.
  3. Pilih negara tujuan di mana Anda akan menggunakan layanan eSIM ini. Pastikan negara tersebut termasuk dalam daftar negara dukungan JavaMifi untuk layanan eSIM. 
  4. Pilih durasi layanan yang Anda inginkan, seperti layanan harian, mingguan, atau bulanan. Pastikan untuk memilih durasi paling sesuai dengan rencana Anda.
  5. Bagi Anda yang belum tahu pasti apa itu eSIM, langsung saja lanjutkan masukkan informasi perangkat Anda, seperti tipe perangkat serta nomor IMEI. Nomor IMEI biasanya dapat ditemukan di pengaturan perangkat atau di bagian belakang perangkat.
  6. Ikuti langkah-langkah verifikasi identitas yang diminta.
  7. Pilih metode pembayaran yang sesuai dengan Anda. Biasanya, Anda dapat memilih pembayaran dengan kartu kredit, transfer bank, atau metode pembayaran lain yang ditawarkan oleh JavaMifi.
  8. Setelah pembayaran berhasil, Anda akan menerima informasi aktivasi eSIM melalui email berupa QR code atau kode aktivasi yang harus dimasukkan ke dalam perangkat Anda.
  9. Gunakan perangkat Anda untuk mengaktifkan eSIM sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh JavaMifi. Ini mungkin melibatkan memindai QR code atau memasukkan kode aktivasi.
  10. Verifikasi Koneksi, setelah aktivasi berhasil, pastikan bahwa perangkat Anda terhubung ke jaringan sesuai dengan layanan eSIM pilihan.

Bagaimana mudah bukan? Tidak perlu lagi repot repot untuk mengganti SIM konvensional ketika ingin beralih ke perangkat lainnya. Kini Anda bisa langsung untuk berganti tanpa selayaknya klik pada layar HP. Aktifkan eSIM dengan scan kode sudah langsung bisa connect.

Kemudahan yang tentu saja akan menarik untuk disimak perkembangannya, mengenai pertanyaan apa itu eSIM yang awam sampai dengan pengembangan dalam berbagai kebutuhan akan layak untuk kita nantikan bersama ke depannya.

 

News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *