7 Danau Terbesar di Amerika Sebagai Ide Wisata Alam

Sebagai salah satu benua terbesar di dunia, Amerika memiliki berbagai kondisi alam yang menakjubkan, contohnya ada banyak danau besar di Amerika yang biasa digunakan untuk tempat wisata.

Selain untuk tempat wisata, danau biasanya digunakan untuk keperluan sumber energi masyarakat. Diantaranya sebagai tempat budidaya, sistem pengairan, dan lain-lain.

Begitu juga daftar danau yang ada di Amerika, mereka juga menggunakannya untuk kebutuhan masyarakat sekitar. Sebagian juga telah digunakan sebagai objek wisata alam.

Danau yang ada pada Amerika rata-rata tercatat sebagai yang terbesar atau terluas di dunia. Ini karena kondisi geografis benua tersebut yang memiliki banyak cekungan serta lembah. Berikut ini daftar nama danau terbesar di Amerika yang patut dikunjungi.

1. Danau Superior

Daftar danau terbesar di Amerika pertama ada Superior Lake yang berada pada dua perbatasan negara, yakni Kanada dan Amerika. Pada wilayah Kanada sendiri, perairan ini melewati Ontario, sedangkan pada wilayah Amerika melewati Minnesota, Michigan, dan Wisconsin.

Sebagai perairan air tawar terbesar dunia dan menjadi yang terbesar ketiga jumlah volumenya, ia menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Kita seperti melihat laut versi mini dari tempat tersebut.

Dalam urutan danau terbesar dunia sendiri, Superior menjadi urutan ketiga, dengan urutan pertama ditempati Danau Kaspia dari Eropa.

Luas dari Superior sendiri kurang lebih 82.414 km persegi dengan panjangnya kira-kira 560 km dan lebar sebesar 257 km. Untuk kedalamannya kurang lebih mencapai 149 m sampai 406 m dengan tinggi permukaan sebesar 180 m.

Volume air yang bisa ditampung oleh Superior sendiri kurang lebih sebanyak 12.232 km kubik dengan panjang wilayah sebesar 4.393 km. Selain itu, kita juga bisa menemukan banyak pulau-pulau kecil di tengahnya.

Pulau-pulau tersebut adalah Royal Island dengan ukuran paling besar, lalu disusul oleh Apostle Island, dan Slate Island. Sedangkan, daerah pemukiman yang dilewati oleh danau ini ada Minnesota, Thunder Bay, Marquette, dan lainnya.

2. Danau Huron

Selain Superior, ada juga Huron Lake yang berada pada perbatasan Amerika dan Kanada. Danau terbesar di Amerika ini tepatnya berada di wilayah Ontario dan Michigan serta termasuk ke dalam danau terbesar dunia pada urutan keempat.

Luas dari Huron sendiri sekitar 59.596 km persegi dan memiliki kedalaman hingga 230 m. Untuk panjang garis pantainya sendiri sekitar 2.980 km dengan wilayah yang sebagian besar masuk Ontario, Kanada.

Panjang dari perairan ini sendiri sekitar 331 km dengan lebar sebesar 295 km. Namun, penyebab terciptanya perairan Huron bukan karena adanya gempa vulkanik, melainkan adanya pergeseran gletser. Sumber air utama dari perairan Huron sendiri berasal dari Selay Mackinac dan Sungai Saint Mary.

3. Danau Ontario

Selanjutnya ada Danau Ontario yang berada di Kanada dengan luas sekitar 58.016 km persegi. Kedalamannya sendiri mencapai 244 m dengan panjang 311 km dan lebar sebesar 85 km, serta volume air sebesar 1640 km kubik.

4. Danau Michigan

Danau terbesar di Amerika selanjutnya ada pada Michigan, Amerika Serikat dan menjadi wilayah perairan terbesar kelima dunia. Luasnya sendiri mencapai 58.061 km persegi meliputi beberapa wilayah seperti Illinois, Indiana, Wisconsin, dan Michigan.

Selain itu, panjangnya sendiri sekitar 494 km dengan lebar 190 km serta panjang garis pantainya sekitar 2.575 km.

Ia terbentuk karena adanya pergerakan glasial, bahkan perairan tersebut juga terhubung dengan laut serta kanal buatan seperti Saint Lawrence dan Great Lake. Lalu, pada cekungan sebelah timur, dia menyatu dengan Huron.

Selain pemandangannya yang khas, danau ini juga menyediakan pelabuhan besar dan cukup terkenal bernama Pelabuhan Chicago. Jika Anda berkunjung ke sini, maka bisa merasakan seperti berkunjung ke pantai dengan lautan sesungguhnya.

Lalu, terdapat juga beberapa spesies ikan seperti salmon, smelt, whitefish, dan walleye.

5. Danau Erie

Selain Superior dan Huron, danau terbesar di Amerika selanjutnya yang membelah Amerika dan Kanada adalah Erie Lake. Ia memiliki luas kurang lebih mencapai 25.667 km persegi dengan kedalaman mencapai kurang lebih 64 m.

Selain itu, panjang dari perairan ini kurang lebih 388 km dengan lebar 92 km. Dengan ukuran tersebut, ia mampu menampung air sebesar 480 km kubik.

6. Danau Great Bear

Great Bear Lake menjadi daftar danau terbesar di Amerika selanjutnya yang berada pada wilayah utara Fort Smith, Inuvik Tenggara, Barat Laut Kanada, dan berada di atas Lingkaran Arktik. Ia pertama kali ditemukan oleh seorang pedagang dari North West Company pada tahun 1800.

Sebagai danau terbesar urutan kedelapan dunia dan urutan keempat di Amerika Utara, ia memiliki luas kurang lebih sekitar 31.080 km persegi. Selain itu, terdapat pulau-pulau kecil juga di sekitarnya.

Sehingga panjang dari Great Bear Lake sendiri mencapai 320 km dengan lebar 40-175 km dengan kedalaman mencapai 413 km.

Selain kepulauan, perairan dari Great Bear juga menyediakan berbagai macam ikan karena airnya yang jernih. Kebanyakan ikan yang ditemukan di sini adalah Trout berbintik. Lalu, banyak juga pemukiman warga yang bisa ditemukan pada Teluk Echo dan Samwill pada pantai timur.

Kemudian, Anda juga bisa menemukan post pedagangan Fort Franklin yang menjadi pusat perdagangan dari pemukin utama tersebut.

Selain danau, Great Bear juga memiliki sungai dengan panjang 113 km yang mengalir ke arah rawa-rawa dari Sungai Mackenzie. Sehingga ia membentuk transportasi sangat penting selama kurang lebih empat bulan tanpa es yang menutup jalur utama.

7. Danau Great Slave

Selain Great Bear, danau terbesar di Amerika selanjutnya ada Great Slave Lake. Ia berada di Northwest Territories, Kanada, serta berdekatan dengan perbatasan Alberta.

Lalu, Great Slave juga menjadi danau terbesar di dunia dengan urutan kesepuluh dan urutan kelima di Amerika Utara. Luasnya sendiri kira-kira sebesar 28.930 km persegi dengan panjang sekitar 500 km serta lebar 50-225 km. Ia juga memiliki garis pantai yang indah karena berlekuk membentuk banyak teluk besar.

Air dari Great Slave ini sangat jernih dan memiliki kedalaman maksimal mencapai 600 m. Sumber air utamanya berasal dari beberapa sungai, seperti Sungai Slave dari selatan, lalu mengalir ke arah barat menuju Sungai Mackenzie dan bermuara di Samudra Arktik.

Great Slave sendiri ditemukan oleh seorang penjelajah dari Inggris bernama Samuel Hearne pada tahun 1771, kemudian ia mendirikan sebuah pos perdagangan di sana pada tahun 1786 dan 1815 dekat dengan Sungai Slave.

Namun, survei tersebut tidak dilakukan secara menyeluruh sampai di tahun 1920an. Kemudian, ada juga basis dari Desa Hay River dengan perangkap di pusat Sungai Slave yang tadinya digunakan untuk menambang bijih emas dan lainnya di tahun 1990-an.

Kemudian, sektor tersebut beralih menjadi pusat penangkapan ikan khusus Trout dan Putih. Lalu, ada juga pariwisata pada danau terbesar di Amerika ini yang menghubungkan Sungai Slave dan Sungai Mackenzie yang bebas dari es selama empat bulan saja.

Namun, ketika membeku jalanan tersebut akan berubah menjadi jalanan es yang menghubungkan Yellowknife di pantai utara dengan berbagai komunitas di wilayah tersebut.

Dari tujuh daftar danau terbesar di Amerika ini kita bisa melihat berbagai macam pemandangan hingga belajar budaya masyarakatnya. Untuk kelancaran berinternet meski sedang berada di alam terbuka, bisa menggunakan mobile wifi dari JavaMifi. Karena selain memiliki baterai yang tahan lama, jaringannya pun sudah menggunakan multi operator sehingga tidak perlu khawatir kehilangan sinyal meski di alam liar.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *