Cara Traveling ke Singapura Terbaru, Bebas Karantina Jika Sudah Vaksin Lengkap

Mulai 1 April 2022, Singapore telah melonggarkan hampir ke semua perbatasan masuk bagi wisatawan asing yang ingin berkunjung negeri ini. Meskipun terlihat semakin mudah seperti saat sebelum pandemi, akan tetapi ada beberapa dokumen dan syarat yang harus dipenuhi.

 

Nah, Singapore sendiri tak hanya menghapus kewajiban karantina terlebih dahulu sebelum masuk ke sini. Namun, negeri singa putih ini juga tidak lagi menerapkan jalur Vaccinated Travel Lane (VTL) mulai 1 April 2022 lho.

 

Dengan begitu, para pelancong yang telah menerima vaksin lengkap ataupun dua dosis dapat masuk ke Singapore dari mana saja. Selain itu, tidak perlu lagi mengajukan Vaccinated Travel Pass atau VTP.

 

Kebijakan tersebut diambil setelah Perdana Menteri Singapura, yaitu Lee Hsien Loong, menilai bahwa kasus Covid-19 telah melanda di negara tersebut. Mayoritas penyebarannya pun berasal dari kalangan domestik.

 

Bagi turis internasional yang sudah divaksin lengkap, sekarang tidak perlu lagi harus mengajukan VTP atau Vaccinated Travel Pass. Selain itu, para turis juga bisa naik pesawat apapun dan dari mana pun. Tak hanya penerbangan tertentu saja seperti waktu masih VTL dulu.

 

Nah, untuk mengganti kebijakan VTL ini pemerintah akan memberlakukan skema perjalanan yang baru. Skema perjalanan baru tersebut, yakni Vaccinated Travel Framework atau VTF.

 

Melalui skema ini, para wisatawan bisa memasuki Singapore hanya dengan tes Covid-19. Tepatnya, diambil dalam waktu dua hari sebelum keberangkatan. Setelah itu, terbebas dari tes rapid antigen Covid-19 dalam waktu 24 jam setelah tiba di Singapura.

 

Kabar baiknya lagi, tidak akan ada pembatasan kuota jumlah kedatangan harian ke negeri singa putih ini. Selain itu, tidak ada persetujuan masuk lagi yang diperlukan untuk semua pelancong yang sudah melakukan vaksinasi.

 

Persyaratan Untuk Masuk ke Singapura

Nah, berikut ada beberapa dokumen dan persyaratan perjalanan masuk ke Singapore yang telah bebas karantina mulai 1 April 2022. Apa saja? Yuk, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

  • Mempunyai paspor yang masih dalam masa berlaku.
  • Mempunyai asuransi perjalanan yang mencakup perawatan Covid-19. Yakni dengan nilai pertanggungan minimal sebesar $30.000 dolar Singapore atau sekitar Rp 318,16 juta rupiah. Nah, asuransi tersebut digunakan sebagai antisipasi apabila terkena Covid-19. Hal ini lantaran biaya pengobatan tidak ditanggung oleh Pemerintah Singapore.
  • Telah memenuhi ketentuan sebagai wisatawan yang sudah lengkap melakukan vaksinasi.
  • Segera isi Kartu Kedatangan Singapore atau SG Arrival Card dalam jangka kurun waktu 72 jam sebelum tiba di Singapore. Di tahap ini, turis asing harus mengunggah sertifikat vaksinnya.
  • Sertifikat vaksin tersebut diunggah dalam bahasa Inggris. Informasi yang diunggah meliputi nama, tanggal lahir atau nomor paspor, negara asal vaksinasi, nama vaksin yang digunakan, dan juga tanggal vaksinasi.
  • Harus menunjukkan bukti tes PCR dengan hasil yang negatif dalam bahasa Inggris. Bukti tes PCR diambil dua hari sebelum keberangkatan ke Singapore.
  • Mendownload dan menginstall aplikasi Trace Together. Aplikasi tersebut harus digunakan selama tengah berada di Singapore.

Nah, selain itu akan ada juga persyaratan masuk khusus berdasarkan status vaksinasi pengunjung. Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut.

Pengunjung yang Telah Divaksinasi Lengkap

Pemerintah Singapore menyambut semua pengunjung yang telah di vaksinasi lengkap untuk datang ke Singapore. Kini karantina sudah tidak diperlukan lagi, cukup tunjukkan hasil tes negatif sebelum keberangkatan.

Apabila turis bepergian melalui jalur darat, maka hasil tes sebelum keberangkatan tidak diperlukan. Bagi anak-anak yang berusia 12 tahun ke bawah dan belum divaksinasi lengkap, tetap akan diizinkan masuk ke Singapore.

Daftar Periksa Sebelum Keberangkatan Bagi Pengunjung yang Telah Divaksinasi Lengkap

Bagi wisatawan yang telah divaksinasi lengkap atau baru saja pulih dari Covid-19 dapat menggunakan Vaccinated-Recovered Portal. Setelah itu, menyerahkan bukti pemulihan sebelum keberangkatan untuk dibebaskan dari semua persyaratan tes Covid-19.

3 Hari Sebelum Keberangkatan:

Kirimkan SG Arrival Card dan deklarasi e-Health melalui halaman resminya. Kirimkan di situs web Immigration & Checkpoints Authority (ICA).

2 Hari Sebelum Keberangkatan:

Apabila turis akan masuk ke Singapore melalui udara atau laut, lakukan tes PCR. Atau, bisa juga dengan melakukan tes Antigen.

Lantas, Bagaimana Untuk Pengunjung yang Belum Divaksinasi secara Lengkap?

Untuk saat ini, bagi pengunjung jangka pendek yang belum divaksinasi lengkap umumnya tidak diizinkan masuk ke Singapore. Terkecuali pengunjung dengan melalui persetujuan masuk lain yang sah.

Daftar Periksa Sebelum Keberangkatan Bagi Pengunjung yang Belum Divaksinasi Lengkap

Ini dia panduan persyaratan bagi pengunjung yang belum melakukan vaksin secara lengkap.

2 Hari Sebelum Keberangkatan

Melakukan tes PCR atau Antigen yang diberikan secara profesional.

Saat Kedatangan

Menjalani Pemberitahuan Menginap (SHN) terlebih dahulu selama 7 hari. Penginapan tersebut dilakukan pada akomodasi yang telah dipesan sebelumnya. Apabila telah menyelesaikan SHN, maka tinggal menjalani tes PCR.

Nah, bagi kamu yang belum melakukan vaksinasi secara lengkap, yuk lengkapi dulu vaksinnya. Agar nantinya kamu tidak perlu isolasi mandiri terlebih dahulu selama 7 hari.

News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *