ESIM Wifi dengan Simcard Pilih Mana untuk ke Eropa?

Mengetahui perbedaan ESIM Wifi dengan Simcard sangat penting sebelum Anda memutuskan untuk berlibur keluar negeri. Terutama ke negara Eropa yang tentu saja tidak menggunakan kartu SIM sama dengan di Indonesia.

Perkembangan teknologi memunculkan berbagai pilihan kartu SIM baik dari segi ukuran ada yang micro, nano dan standar. Bahkan teknologi semakin canggih membuat munculnya berbagai versi seperti embedded atau eSIM.

Pentingnya simcard untuk berbagai tujuan seperti memudahkan komunikasi dan digunakan untuk koneksi internet. Apalagi jika Anda pergi keluar negeri tentu sangat membutuhkan kemudahan dalam mencari informasi dan berbagai hal berkaitan dengan komunikasi.

Maka sangat penting menentukan pilihan akan menggunakan jenis kartu yang mana antara ESIM wifi maupun simcard. Tentu saja keduanya memiliki perbedaan, keunggulan serta manfaat masing-masing yang menarik untuk dipahami.

Lantas apa saja perbedaan ESIM Wifi dengan Simcard dan lebih baik menggunakan yang mana saat pergi ke Eropa?

Beberapa Hal yang Membedakan ESIM Wifi dengan Simcard

ESIM Wifi dengan Simcard

Mungkin banyak dari Anda belum mengetahui berbagai perbedaan ESIM Wifi dengan Simcard. Setidaknya berikut beberapa perbedaan tersebut yang memudahkan Anda dalam menentukan pilihan.

1. Fisik kartu

Perbedaan utama yaitu dari segi fisik kartu dimana kartu biasa memiliki fisik untuk dimasukkan ke dalam slot kartu di HP. Sementara ESIM tidak memiliki bentuk kartu fisik dan tidak perlu dimasukkan ke dalam HP.

Meskipun tidak memiliki kartu fisik namun HP harus dipastikan mendukung fitur ESIM agar bisa terintegrasi dengan baik.

2. Risiko kerusakan

Jika dilihat dari risiko kerusakan tentu saja ESIM memiliki tingkat risiko kerusakan 0% karena tidak ada bentuk fisiknya. Kartu SIM dengan bentuk fisik tentu saja bisa mudah rusak apalagi jika digunakan jangka panjang dan sering dipindahkan.

3. Ukuran

Dari segi ukuran juga ada perbedaan ESIM Wifi dengan Simcard yaitu ukuran ESIM sangatlah kecil kurang lebih tinggi 6mm dan tebal 0.67mm. Cara pemasangannya yaitu tertanam didalam HP jadi tidak memiliki risiko hilang.

4. Kecocokan

Dari segi kecocokan ESIM tidak hanya bisa digunakan pada HP saja namun bisa dipakai untuk smart watch, tablet dan sejenisnya. ESIM tidak memiliki batasan penggunaan berbeda dengan kartu biasa terbatas pada bentuk fisiknya.

5. Penyimpanan data

Perbedaan ESIM Wifi dengan Simcard juga bisa dilihat dari penyimpanan data antara tersimpan pada kartunya dengan di cloud. Penyimpanan cloud dikelola oleh provider jadi pengguna bisa melakukan perubahan data sesuai keinginan.

Anda bisa mendownload data-data yang sudah tersimpan sebelumnya dengan sangat mudah dan cepat. Selain itu jika kartu biasa hilang maka data-data didalamnya juga ikut hilang termasuk berbagai data penting yang dimiliki.

Manfaat Menggunakan ESIM WIFI untuk Berlibur Ke Eropa

Setelah mengetahui apa saja perbedaan ESIM Wifi dengan Simcard tentu saja Anda harus memahami manfaatnya. ESIM memiliki banyak manfaat berkat perkembangan teknologi yang digunakan pada kartu ini.

Manfaat pertama yaitu Anda tidak harus melepas kartunya dari perangkat karena memang tidak ada bentuk fisiknya. Hal ini sangat menguntungkan terutama bagi seorang dengan karakter pelupa karena tidak perlu repot menyimpan kartunya.

Jadi ketika Anda mengalami kecelakaan maupun pencurian HP maka akan lebih mudah dalam menemukannya. Karena teknologi pada ESIM akan membantu melacak posisi HP pemiliknya jadi dijamin bisa lebih aman dari risiko pencurian.

Jika menggunakan kartu biasa untuk berlibur ke Eropa tentu Anda harus menggunakan nomor baru agar bisa aktif di negara orang. Sayangnya untuk mendapatkan nomor tersebut tentu saja harus antre sehingga memakan waktu dan tenaga ekstra.

Namun dengan menggunakan ESIM, Anda tidak perlu lagi melakukan hal ini karena hanya perlu memindai barcode saja sudah bisa digunakan. Bahkan tidak perlu menyediakan waktu khusus untuk mengantre maupun menunggu sampai kartu dikirimkan.

Salah satu perbedaan ESIM Wifi dengan Simcard yaitu dari bentuk fisiknya maka ESIM jauh lebih awet. Anda tidak perlu melakukan perawatan secara khusus karena memang tidak ada bentuk fisik sehingga semua serba digital.

Tidak perlu khawatir juga terkait kerusakan fisik jadi tidak membutuhkan perawatan khusus ataupun pergantian. Apalagi jika Anda terlalu sibuk tentu saja hal sepele semacam ini akan memakan waktu dan cukup merepotkan ketika berada diluar negeri.

Keunggulan ESIM WIFI Dengan Simcard

ESIM sendiri di Indonesia masih tergolong baru dan belum secara meluas digunakan oleh masyarakat umum. Tidak heran jika banyak orang belum memahami betul mengenai perbedaan ESIM Wifi dengan Simcard.

Hal ini tentu saja menyebabkan berbagai keraguan yang membuat para calon pengguna berpikir ulang jika akan memakai ESIM. Maka dari itu ketahui apa saja keunggulannya agar Anda merasa semakin yakin untuk memakai kartu satu ini.

1. Praktis

Bagi Anda yang tidak menyukai hal-hal berbau ribet dan rumit maka menggunakan ESIM menjadi solusi terbaik. Memiliki keunggulan dengan menawarkan penggunaan kartu lebih praktis tentu membuat pengguna bisa lebih hemat waktu dan tenaga.

Anda tidak perlu lagi membeli SIM reguler secara terpisah jika akan menggunakan jaringan internet dan telepon. Sudah otomatis tertanam di HP maupun smartphone tentu membuat Anda akan merasakan sendiri kemudahannya.

Selain itu penyimpanan data menggunakan cloud membuat data-data tersimpan secara otomatis dan mudah ditemukan. Jika kartu biasa hilang maka datanya akan hilang dan Anda kerepotan jika harus mengumpulkan data penting dari awal lagi.

2. Hemat

Keunggulan yang menjadi perbedaan ESIM Wifi dengan Simcard yaitu ESIM jauh lebih hemat biaya. Pengguna tidak perlu lagi mengeluarkan biaya khususnya untuk membeli kartu reguler jika akan pergi keluar negeri.

Dengan ESIM Anda bisa dengan mudah melakukan aktivasi dimanapun berada sehingga lebih hemat. Meskipun sedang berlibur keluar negeri dan berpindah-pindah negara tidak menjadi masalah sama sekali.

3. Aman

Perbedaan ESIM Wifi dengan Simcard dari segi jaminan keamanan data menjadi hal sangat penting mengingat saat ini risiko hacker bisa mengancam kapan saja.

Dengan begitu data-data dari pengguna bisa lebih terjaga privasinya dan tidak akan bocor ke pihak tidak bertanggungjawab. Jadi pengguna bisa lebih tenang dalam menggunakan layanan dari kartu digital satu ini.

Rekomendasi Penggunaan Antara Esim Wifi atau Simcard untuk Traveler

Dari penjelasan tentang perbedaan ESIM Wifi dengan Simcard dan berbagai keunggulan maka dapat diambil kesimpulan. Jika Anda merupakan solo traveler sangat direkomendasikan untuk menggunakan ESIM saja.

Simcard sebenarnya sama saja keunggulannya namun Anda harus siap ribet karena nantinya harus gonta ganti kartu ketika tiba di negara-negara Eropa. Apalagi jika travelling bersama keluarga besar sangat baik jika memakai ESIM Wifi saja.

Karena memakai wifi bisa connect sampai ke 5 perangkat sekaligus jadi lebih hemat dan jauh lebih murah. Apalagi jika Anda menggunakan jasa sewa modem Wifi di JavaMifi yang otomatis connect hingga 200 negara di seluruh dunia.

Menggunakan travel wifi internasional dari JavaMifi membuat liburan Anda menjadi lebih menyenangkan berkat koneksi lancar. Tidak perlu deposit, free pengiriman dan bebas digunakan tanpa khawatir biaya mahal.

Tentukan jenis koneksi mana yang akan Anda gunakan setelah memahami betul perbedaan ESIM Wifi dengan Simcard.

 

News, Tips & Trick, Traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *