AI untuk Traveling yang Sangat Berguna Bagi para Traveller

Masih banyak orang merasa ragu ketika menggunakan AI untuk traveling maupun perjalanan bisnis. Padahal faktanya penggunaan AI itu sendiri sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari namun tidak banyak yang menyadarinya.

Kemajuan teknologi terkadang membuat manusia merasa tidak sadar akan berbagai manfaat sudah didapatkannya. Karena berbagai kemudahan yang didapatkan saat ini sangat luar biasa dalam mendukung berbagai aspek dalam kehidupan.

Membahas tentang AI untuk traveling sangatlah menarik khususnya memberikan kemudahan dalam mendapatkan informasi tentang berwisata. Apalagi jika Anda akan mengunjungi tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya sehingga butuh informasi sebanyak mungkin.

Jangan sampai ketika sudah merencanakan perjalanan liburan begitu sampai ke lokasi atau tujuan merasa kecewa. Peran inilah membuat AI sangat dibutuhkan untuk memberikan rekomendasi kepada para wisatawan menemukan tempat sesuai keinginan.

Lantas apa saja contoh penggunaan AI untuk traveling, temukan jawabannya dengan membaca artikel berikut ini.

Peran Kecerdasan Buatan dalam Bidang Pariwisata dan Perjalanan

AI untuk traveling

AI merupakan sebuah teknologi kecerdasan buatan yang saat ini dikembangkan dalam berbagai jenis bidang kehidupan. Mesin diprogram menggunakan teknologi AI sehingga mampu berpikir seperti manusia untuk menggantikan berbagai jenis tugas.

Tidak hanya itu, kecerdasan buatan saat ini memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah serta dalam pengambilan keputusan. AI bukanlah sebuah teknologi tunggal namun merupakan sekumpulan teknologi yang dikembangkan berdasarkan pengalaman.

Termasuk penggunaan AI untuk traveling juga sangat menarik bertujuan untuk mengoptimalkan operasi sebuah perusahaan pariwisata. Penggunaan teknologi ini ternyata tidak banyak disadari oleh para wisatawan padahal sudah sangat membantu.

Banyak contoh penggunaan kecerdasan buatan untuk traveling dan seakan sudah menjadi bagian dalam kehidupan manusia. Seperti penggunaan aplikasi yang disediakan oleh agen wisata, platform travel online dan banyak lainnya.

Dampak positif dari pengembangan AI untuk traveling yaitu memberikan kemudahan kepada wisatawan dalam mendapatkan berbagai informasi. Hal ini tentu saja membuat kunjungan wisata ke suatu daerah juga mengalami peningkatan yang signifikan.

Ada banyak orang yang mendapatkan keuntungan dari teknologi ini, jadi tidak heran jika terus dikembangkan sampai sekarang. Tujuannya agar bisa memberikan informasi sedetail mungkin dengan lebih cepat dan tepat untuk kemudahan dalam perjalanan.

Tips Menggunakan AI untuk Traveling Atau Bepergian

Jika Anda berminat menggunakan AI khusus tujuan berwisata maupun bepergian ke tempat baru yang belum pernah dikunjungi. Maka gunakan tips berikut agar informasi yang didapatkan benar-benar akurat dan bisa dipercaya.

Tips penting menggunakan AI untuk traveling adalah dengan memanfaatkan ChatGPT untuk perencanaan perjalanan. Anda dapat memulai dengan membuat akun ChatGPT terlebih dahulu jika akan berkomunikasi menemukan berbagai informasi.

Misalnya informasi tentang rekomendasi tempat-tempat yang akan dikunjungi, cara berkeliling, tempat menginap, apa yang bisa dilakukan, rekomendasi kuliner, pusat oleh-oleh dan lebih banyak informasi lainnya.

Dapat dikatakan kalau ChatGPT sebagai bentuk inspirasi perjalanan serta digunakan sebagai wawasan dalam merencanakan perjalanan tersebut. Jauh lebih baik jika Anda mencari petunjuk secara spesifik sehingga hasil yang didapatkan bisa sesuai harapan.

Rekomendasi yang diberikan AI untuk traveling terkadang bisa sangat berbeda jika ada perubahan pada permintaannya. ChatGPT akan memberikan saran yang cukup umum seperti rekomendasi hotel mewah di suatu negara, hotel paling ramai atau paling sedikit peminatnya.

Meskipun informasi dari ChatGPT bisa dipercaya namun direkomendasikan untuk tetap mencari informasi dari sumber lainnya. Seperti memanfaatkan informasi dari media sosial, agen perjalanan, rekomendasi orang terdekat atau lainnya.

Hal ini memungkinkan Anda mendapatkan informasi jauh lebih akurat meskipun kecerdasan buatan tidak perlu diragukan. Apalagi jika informasi yang diberikan tidak terlalu jelas maka jangan perlu informasi pendukung dari sumber lainnya.

Menunjukkan kalau informasi yang dimiliki ChatGPT sangat terbatas sehingga menimbulkan keraguan dalam memberikan informasi. Jadi Anda harus lebih bijak dalam menggunakan sumber informasi AI untuk traveling agar bisa mendapatkan hasil sesuai keinginan.

Contoh Nyata Penggunaan AI dalam Perjalanan Wisata dan Traveling

Penggunaan AI untuk traveling sudah dirasakan manfaatnya oleh para wisatawan dari berbagai dunia. Ada banyak contoh nyata yang bisa ditemukan dalam berbagai bidang berkaitan dengan industri perjalanan berikut ini.

1. Pemesanan perjalanan

Asisten AI dapat membantu Anda dalam memesan perjalanan tanpa harus mengunjungi agen perjalanan secara langsung. Maksud dari pemesanan tersebut bisa seperti memesan penerbangan maupun mencari akomodasi untuk perjalanan.

Adanya chatbot cerdas bisa membantu wisatawan memesan akomodasi secara online untuk menyewa kendaraan. Penggunaan chatbot bisa dipakai di berbagai jenis media sosial seperti Whatsapp, Facebook, Skype dan banyak lainnya.

Dengan adanya chatbot memberikan pengalaman pemesanan menjadi lebih personal serta memberikan pelayanan terbaik.

2. Robot layanan pelanggan

Robot secara perlahan namun pasti menyusup ke layanan pelanggan menggantikan tugas manusia. Pada jaman dulu untuk sekedar mendapatkan informasi harus mengantre lama namun saat ini masa tersebut sudah dilewatkan.

Penggunaan AI untuk traveling memberikan kemudahan berkat adanya robot untuk layanan pelanggan. Contohnya sekarang ada hotel yang memberikan pelayanan check in dan check out untuk semua pelanggan menjadi lebih cepat.

3. Aplikasi peramalan penerbangan

Adanya aplikasi untuk peramalan penerbangan yang bisa membantu Anda menemukan harga terbaik terkait penerbangan. Bukan sekedar harga saja namun pada waktu yang tepat untuk memberikan informasi harga di masa mendatang.

Sudah ada beberapa perusahaan yang menyediakan fitur ini seperti contohnya aplikasi Hopper. Hopper menggunakan database penerbangan yang nantinya memprediksi harga dari hotel dan penerbangan.

4. Analisis data

Contoh lain pemanfaatan AI untuk traveling yaitu dengan analisis data yang berhasil dikumpulkan setiap detiknya. Data ini dimanfaatkan sebagai sumber informasi berharga khususnya bagi perusahaan perjalanan untuk mengidentifikasi para pelanggan.

Perusahaan bisa memanfaatkan AI menyortir data-data tersebut dengan lebih cepat dan juga dijamin akurat. Padahal sebelumnya tugas seperti ini akan menjadi sangat merepotkan bagi manusia serta memakan waktu lama.

Contohnya analisis data di Hotel digunakan menganalisis umpan balik dari pelanggan terhadap kualitas layanan hotel tersebut. Bisa juga memberikan review kepada calon pelanggan tentang layanan yang diberikan hotel sebelum melakukan pemesanan.

Trend AI Pada Industri Perjalanan Mempengaruhi Masa Depan

Trend AI untuk traveling ternyata sangat mempengaruhi masa depan karena terus dikembangkan demi meningkatkan pelayanan. Seperti contoh penanganan bagasi cerdas yang diotomatisasi menggunakan robotika AI di masa depan sehingga permasalahan bagasi hilang bisa segera diatasi.

Munculnya robot dan asisten suara pada industri perjalanan khususnya pada proses check-in dan checkout hotel. Robot serta asisten suara ini diharapkan bisa memberikan kemudahan dalam menjawab berbagai pertanyaan umum dari para pelanggan.

Bagi Anda yang hobi traveling apalagi membutuhkan bantuan internet agar mendapatkan berbagai informasi secara cepat. Maka sangat direkomendasikan menggunakan travel sim card yang bisa dipakai di lebih dari 160 negara.

JavaMifi merupakan internet khusus traveler yang bisa langsung connect, tanpa ribet, tanpa registrasi dan pastinya 4G unlimited. Temukan berbagai kemudahan penggunaan AI untuk traveling dengan JavaMifi.

Tips & Trick, Traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *