Catat Tanggalnya! Ini Kalender Libur dan Rekomendasi Cuti 2022

Libur merupakan hari paling membahagiakan bagi semua orang, baik anak sekolah maupun orang dewasa yang sudah bekerja. Tidak hanya bisa melakukan kegiatan di rumah saja, tetapi kamu juga bisa membuat jadwal traveling bersama keluarga. 

Nah, Kira-kira rekomendasi libur 2022 yang panjang jatuh pada hari apa, ya? Yuk tentukan destinasi liburan impian kamu sekarang juga agar tidak kehabisan akomodasi pada peak season

Jadwal Libur dan Rekomendasi Cuti 2022

Hari apa yang tepat untuk menikmati liburan bersama keluarga ke destinasi wisata yang sudah lama kamu inginkan? Supaya kamu tidak salah pilih tanggal, ada baiknya memperhatikan kalender libur dan rekomendasi cuti 2022 lebih dulu. 

Berikut rangkuman libur nasional dan cuti bersama sepanjang tahun 2022 yang bisa kamu jadikan referensi :

  • Sabtu, 1 Januari 2022  adalah libur Tahun Baru Masehi 
  • Selasa, 1 Februari 2022 adalah libur Tahun Baru Imlek 2573
  • Senin, 28 Februari 2022 adalah libur Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
  • Kamis, 3 Maret 2022 adalah libur Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944
  • Jumat, 15 April 2022 adalah libur Wafat Isa Al-Masih
  • Minggu, 1 Mei 2022 adalah libur Hari Buruh Internasional 
  • Senin-Selasa, 2-3 Mei 2022 adalah libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah
  • Senin, 16 Mei 2022 adalah libur Hari Raya Waisak 2566 BE
  • Kamis, 26 Mei 2022 adalah libur Kenaikan Isa Al-Masih
  • Rabu, 1 Juni 2022 adalah libur Hari Kelahiran Pancasila
  • Sabtu, 9 Juli 2022 adalah libur Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah
  • Sabtu, 30 Juli 2022 adalah libur Tahun Baru Islam 1444 Hijriah
  • Rabu, 17 Agustus 2022 adalah Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77
  • Minggu, 8 Oktober adalah libur Maulid Nabi Muhammad SAW
  • Minggu, 25 Desember 2022 adalah libur Hari Raya Natal 

Kamu yang ingin mengambil libur atau cuti dari pekerjaan di kantor bisa memilih hari yang mendekati libur nasional di atas. Manfaatkan jatah cuti dari kantor untuk menikmati waktu libur lebih leluasa bersama orang tercinta di rumah atau traveling ke berbagai destinasi lokal maupun luar negeri. 

Misalnya, kamu ingin mengambil jatah cuti satu hari saja, maka bisa mengajukan pada tanggal 15 April sampai dengan 18 April. Kamu akan mendapatkan waktu libur sebanyak empat hari sebab ada libur nasional pada hari Jumat 15 April diikuti Sabtu-Minggu, kemudian cuti satu hari. 

Bagaimana dengan masa libur yang lebih panjang? Kamu bisa memilih tanggal yang sesuai rekomendasi libur nasional di atas. Pastikan pula kamu mengambil jatah cuti yang sesuai dengan kebutuhan, termasuk mendapatkan izin cuti dari kantor. 

Pengajuan cuti bisa disetujui atau tidak kalau kamu mengambil pada masa akhir bulan atau saat pekerjaan sedang tidak menumpuk. Bila ingin menikmati libur panjang dengan pulang kampung atau traveling ke luar negeri, maka pilih rekomendasi cuti pada tanggal 23 April-8 Mei dengan pengambilan jatah cuti 8 hari. Kamu bisa menikmati libur nasional dan jatah cuti selama 16 hari penuh sehingga bisa merencanakan traveling bersama keluarga tercinta. 

Tips Traveling Seru dengan Biaya yang Bisa Diatur 

Jadwal cuti yang panjang terasa menyenangkan, tapi kamu juga harus benar-benar merencanakan kegiatan traveling dengan baik. Jangan sampai dana yang kamu miliki habis untuk bersenang-senang tanpa pertimbangan pencairan gaji masih lama, ya! 

Supaya kamu bisa menikmati liburan yang seru bersama keluarga selama libur dan rekomendasi cuti 2022, simak tips singkat berikut :

  • Tentukan destinasi lebih dulu 

Diskusikan dengan orang terdekat mengenai destinasi liburan yang akan dikunjungi lebih dulu. Destinasi lokal tidak kalah menarik dengan destinasi luar negeri, asal kamu tahu tempat wisata yang hendak dikunjungi. Mau menikmati tempat wisata alam atau destinasi populer untuk kuliner dan belanja, sah-sah saja.

Perhatikan pula jadwal kunjungan pada masa peak season akan lebih mahal dibandingkan hari biasa. Misalnya kamu mengambil libur nasional diikuti akhir pekan yang ramai pengunjung, maka bersiaplah merogoh kocek lebih dalam.

  • Siapkan akomodasi 

Menyiapkan akomodasi jauh hari menjadi kunci agar liburan yang kamu rencanakan bisa berjalan lancar. Selain melakukan pemesanan penginapan jauh hari, jangan lupa memilih rencana transportasi menuju tempat wisata. 

Bawa kendaraan pribadi bisa menjadi pilihan, tapi pertimbangkan tujuan dan kemacetan yang mungkin terjadi. Kamu juga bisa memilih akomodasi yang lebih mahal dengan durasi lebih cepat, misalnya kereta api dan pesawat. 

  • Membawa barang secukupnya saja 

Agar tidak kesulitan membawa koper dan barang lain, sebaiknya persiapkan barang bawaan secukupnya saja. Pastikan kamu membawa pakaian sesuai tujuan wisata dan kondisi cuaca, kotak obat, makan dan minuman, alat dokumentasi, dan perlengkapan selama berada di tempat wisata lain.

  • Bawa uang tunai 

Meski bisa membayar pakai kartu debit, kartu kredit dan e-wallet, ada baiknya kamu tetap bawa uang tunai secukupnya saja. Bila berada di daerah yang tidak ada akses ATM atau internet, kamu bisa bernapas lega sebab memiliki persediaan uang tunai di dalam dompet. 

  • Hindari kalap belanja 

Meski kamu ingin menikmati liburan santai dan seru, tetapi pertahankan kepala dingin dalam belanja. Kamu harus membatasi limit kartu kredit atau menentukan daftar oleh-oleh yang akan dibeli agar bisa menghindari boros selama traveling, ya! 

Kini kamu bisa menentukan destinasi wisata yang menjadi tujuan traveling bersama keluarga tercinta. Manfaatkan kalender libur dan rekomendasi cuti 2022 untuk menikmati liburan yang menyenangkan dengan tetap mematuhi aturan protokol kesehatan selama PPKM berlangsung, ya!

News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *