Penyebab Koneksi Internet Lambat Beserta Solusinya

Internet pada jaringan smartphone yang tiba-tiba berhenti tentu saja sangat menyebalkan, bukan? Apalagi ketika kamu sedang menyelesaikan tugas dan pekerjaan yang tidak dapat ditunda lagi. Sayangnya, banyak yang belum mengetahui apa yang menyebabkan internet lambat dan cara untuk mengatasinya. 

Sebelum kamu mengetahui solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi internet lemot, maka perlu mencari tahu penyebab internet lambat terlebih dulu. Kecepatan dan kestabilan internet biasanya dipengaruhi oleh beberapa hal yang  berkaitan dengan sistem smartphone saat tidak berjalan lancar. Berikut beberapa contoh alasannya.

Ketahui Berbagai Faktor Penyebab Internet Lambat

Internet saat ini merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat pada era modern. Bahkan hampir segala kegiatan membutuhkan jaringan internet yang kencang minimal 4G LTE. Jika tiba-tiba internet lemot, maka kemungkinan penyebabnya adalah sebagai berikut.

  • Sistem Smartphone yang Tiba-Tiba Bermasalah

Faktor utama yang menyebabkan jaringan internet lemot yaitu sistem pada smartphone yang mengalami masalah. Ketika sistem smartphone terganggu, maka jaringan internet menjadi terhambat bahkan sinyalnya hilang. 

  • Jaringan Provider Tidak Mencakup Wilayah

Internet lambat bisa disebabkan karena faktor provider jaringan internet tidak dapat menjangkau wilayah dimana kamu berada. Memang semua provider pada dasarnya akan menjanjikan jaringan internet cepat dengan jaringan 4G, namun terkadang tidak sesuai dengan kenyataan di lapang. 

Setiap provider jaringan internet memiliki jangkauan BTS serta kuota yang tentunya berbeda-beda tiap wilayah. Biasanya provider akan sulit menjangkau wilayah pedalaman yang umumnya banyak terdapat pepohonan tinggi dan rimbun. Wah menyebalkan bukan?

  • Banyak Pengguna Dalam Suatu Wilayah

Internet lemot juga dapat disebabkan karena terlalu banyak penggunanya dalam suatu wilayah. Sedangkan beberapa operator terkadang masih berusaha untuk membatasi kecepatan internet dalam setiap daerah, sehingga jumlah penggunanya tidak terlalu banyak. 

Pembatasan internet merupakan strategi yang diterapkan oleh operator seluler dalam mengatur prioritas pendistribusian bandwidth. Hal inilah yang terkadang menyebabkan kecepatan internet kamu semakin lambat bahkan tidak berjalan sama sekali. 

  • Cuaca Buruk

Memang bukan hal baru lagi, ketika cuaca buruk melanda maka kecepatan internet akan semakin menurun. Apalagi jika terjadi hujan deras disertai dengan petir, koneksi internetmu yang tadinya lancar akan berhenti seketika bahkan sinyal hilang sama sekali karena terhalang titik titik hujan.

  • Aplikasi yang Menganggu

Jika ada salah satu aplikasi pada smartphone sering dijalankan, maka bisa mempengaruhi internet menjadi lemot. Misalnya ada aplikasi Instagram, Spotify dan Whatsapp yang menyala bersamaan, walaupun ada salah satu yang tidak digunakan. 

  • Kartus SIM Mengalami Masalah

Faktor yang menyebabkan internet lambat berikutnya yaitu kartu SIM yang memiliki frekuensi berbeda. Hal tersebut akan menyebabkan internet pada smartphone tidak muncul sama sekali bahkan bisa bertahan dalam waktu yang lama. 

Beragam Cara Mengatasi Internet Smartphone Lambat

penyebab internet lambat
penyebab internet lambat

Jika sudah mengetahui berbagai faktor penyebab internet smartphone tiba-tiba lemot, maka kamu bisa melakukan beberapa solusi dibawah ini yang relevan. Jika kerusakan jaringan internet tidak parah, maka internet yang digunakan bisa kembali normal. 

  • Restart Smartphone

Banyak orang yang sudah membuktikan bahwa internet yang lemot dapat diatasi dengan restart smartphone. Dalam beberapa kasus misalnya pada sistem smartphone yang mengalami masalah akan kembali pulih setelah dimatikan dan dinyalakan kembali. 

Ketika mematikan smartphone untuk sementara waktu, maka aplikasi yang tadinya berjalan akan berhenti sejenak. Beberapa lama kemudian, jaringan internet pada smartphone akan berjalan lancar kembali seperti sebelumnya. 

  • Memeriksa Kuota

Internet lambat tentu saja berkaitan dengan sisa kuota yang kamu miliki sudah mulai menipis. Biasanya operator akan selalu mengirimkan pesan sisa kuota secara update melalui SMS atau aplikasi kartu SIM. Sebaiknya segera isi kuota kembali jika jumlahnya sudah dibawah 1 GB. 

  • Memeriksa Jaringan Internet

Sinyal yang lemah atau terputus merupakan masalah yang seringkali terjadi. Kamu keluar ruangan sebentar untuk mencari sinyal yang kuat dan stabil. Jika sudah berusaha mencari sinyal stabil, tapi internetnya tetap lemot, segera hubungi operator penyedia layanan untuk mendapatkan bantuan.

Kamu juga bisa menghubungi provider ketika kartu SIM mengalami masalah. Kartu SIM lazimnya memerlukan penanganan khusus agar dapat digunakan kembali dan internet kembali lancar. Kamu juga bisa mencoba untuk menggunakan provider lain untuk memastikan ketersediaan jaringan. 

  • Restart Pengaturan Sistem

Restart ulang pengaturan pada sistem operasi untuk mengatasi jaringan 4G yang tiba-tiba lemot. Namun jika tidak berhasil, maka kamu bisa mencoba untuk melakukan flashing ulang firware smartphone. Solusi tersebut biasanya bisa membuat sistem smartphone berjalan normal kembali. 

  • Mengakses Safe Mode

Cara mengatasi internet lambat bisa dilakukan dengan menekan tombol power off agak lama kemudian klik oke. Jika smartphone sudah berjalan dengan baik, maka tandanya jaringan 4G lambat karena terjadinya hambatan pada aplikasi pihak ketiga. 

  • Periksa Melalui Service Center

Jika semua cara diatas sudah dilakukan namun internet pada smartphone tidak kembali normal, maka langsung saja bawa ke service center terdekat. Penyebab internet lemot kemungkinan karena gangguan pada hardware smartphone yang sudah tidak dapat berfungsi dengan baik. 

Sebaiknya lakukan backup data penting yang ada dalam smartphone sebelum membawanya ke service center. Biasanya ketika terjadi pengaturan ulang, maka bisa menyebabkan beberapa data dalam smartphone hilang. 

Internet lambat sangat meresahkan bukan? Apalagi saat ini terasa sangat sulit sekali menjalankan aktivitas tanpa menggunakan internet. Mengatasi jalannya internet agar kembali normal akan lebih mudah jika kamu sudah memperkirakan penyebab internet lambat.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *