7 Sungai Terpanjang dan Terkenal di Benua Amerika

Sebagai salah satu benua terbesar di dunia, ada banyak sungai terpanjang di Benua Amerika yang cukup terkenal. Contohnya daerah Amazon dengan binatang buasnya. Namun, masih banyak sungai terpanjang di Amerika lainnya.

Bagaimana tidak? Benua Amerika sendiri memiliki luas secara keseluruhan sebesar 41.188.56 kilometer persegi. Ini setara dengan empat kali lipat luas Benua Eropa.

Selain itu, Amerika juga menjadi benua terpanjang dengan jarak yang dimilikinya sekitar 15.300 kilometer mulai dari Kutub Utara sampai Cape Horn. Sehingga benua ini dibagi menjadi dua daerah utama, yaitu Amerika Selatan dan Utara.

Sungai Terpanjang di Benua Amerika yang Sangat Terkenal

Meski daerah Amerika Utara dan Selatan dipisahkan sebuah daratan dengan luas sekitar 60 kilometer berada pada Tanah Genting, Panama. Namun, benua ini tetap memiliki keunikannya tersendiri dengan kondisi geografisnya.

Selain sebagai pemisah antara wilayah Utara dan Selatan, daerah Panama juga merupakan pemisah antara dua Samudra, Atlantik dan Pasifik.

Bahkan, Amerika juga turut menyumbang rekor pemilik banyak sungai panjang dan besar untuk dunia. Hal tersebut karena geografi Amerika memiliki cekungan cukup luas pada sisi timurnya.

Sehingga banyak sekali keanekaragaman sumber daya alam yang bisa dihasilkan wilayah Amerika. Berikut ini daftar sungai terpanjang di Benua Amerika yang terkenal dan dijadikan objek wisata oleh para wisatawan dari berbagai negara.

1. Sungai Amazon

Sebagai peringkat teratas, Amazon terkenal dengan berbagai hewan predatornya. Alirannya sendiri diawali dari Rio Mantaro, lanjut ke daerah Peru, dan berakhir ke Samudra Atlantik.

Perairan ini sendiri juga melewati beberapa negara bagian Amerika Selatan, seperti kawasan Bolivia, Kolombia, Ekuador, dan Brasil.

Untuk panjangnya sendiri, wilayah Amazon memiliki ukuran 6.575 kilometer dan mampu menampung berbagai jenis flora dan fauna, seperti ikan piranha dengan gigi runcingnya.

Selain itu, juga ada predator lain yang tidak kalah hebatnya, yaitu ikan arapaima sebagai ikan air tawar terbesar di dunia.

Sebagai sungai terpanjang di Benua Amerika sendiri, volume Amazon mampu memberikan air mengalir sampai 184 ribu meter kubik per detiknya ke Samudra Atlantik melalui Nevado Mismi.

Maka dari itu, Amazon dinobatkan juga sebagai wilayah paling luas dengan volume terbanyak jika dihitung dari lebarnya.

Perairan ini juga menjadi tempat tinggal bagi para suku pedalaman yang belum banyak terjamah. Sehingga sebagian dari perairan terpanjang kedua di dunia setelah Sungai Nil ini memang masih perawan alias liar.

2. Sungai Mississippi

Sungai terpanjang di Benua Amerika kedua ini berada pada wilayah utara. Aliran Mississippi memiliki panjang sekitar 3.734 kilometer dan memiliki arti “Bapak Air” dari bahasa asli penduduk Amerika sendiri.

Seperti halnya perairan Amazon, wilayah Mississippi ini juga menjadi ciri khas dari Amerika Serikat karena memiliki banyak flora dan fauna, terutama yang bertipe amfibi.

Selain itu, Mississippi juga menjadi penunjang penting dalam menumbuhkan perekonomian wilayah Amerika Serikat.

Untuk aliran sungainya sendiri dimulai dari Danau Itasca yang berada di wilayah Minnesota Utara. Kemudian, aliran bercabang menjadi beberapa cabang lagi. Kira-kira ada sebanyak 8 aliran baru.

Beberapa di antaranya seperti Sungai Minnesota, Wisconsin, Missouri, Ohio, dan lainnya yang mengalir di wilayah Minnesota.

3. Sungai Yukon

Sungai Yukon merupakan sungai terpanjang di Benua Amerika selanjutnya yang memiliki pemandangan menarik. Letaknya sendiri berada di Provinsi British Columbia dengan panjang 3.190 kilometer mengalir hingga wilayah Alaska.

Perairan ini sendiri juga sudah digunakan sebagai objek wisata yang terkenal di wilayah British Columbia. Penghuni yang paling terkenal dan dekat dari wilayah Yukon ini adalah Suku Athabasca.

Bahkan, suku lokal tersebut memiliki sebutan lain untuk perairan Yukon, yaitu Uug Han. Selain itu, ada juga nama lainnya, yaitu Sungai Kuupak dalam Bahasa Inuit.

Karena banyak orang yang memanfaatkan perairan ini, wilayah Yukon merupakan penunjang ekonomi bagi seluruh penduduk di sekitarnya.

Ada banyak ikan yang bisa ditemui dari perairan ini, seperti ikan salmon yang memiliki banyak protein dan menjadi kebutuhan pokok dari Suku Athabasca dan Inuit.

4. Sungai Rio Grande

Sungai terpanjang di Benua Amerika selanjutnya adalah Rio Grande yang berada di Meksiko Utara dan Barat Daya. Panjangnya sendiri mencapai 3.051 kilometer dan menjadi batas negara Texas, Meksiko, Coahuila, dan lainnya.

Sehingga tidak jarang kita bisa menjumpai imigran dari Meksiko ke Amerika Serikat ataupun sebaliknya. Namun, wilayah ini sendiri juga digunakan secara masif sejak pertengahan abad ke-20 untuk sektor pertanian dan perkotaan.

Bahkan, banyak dibangun bendungan sehingga debit airnya hanya tersisa 20% yang mengalir menuju Teluk. Ini juga terlihat dari kontur dari kawasan Lembah Rio Grande yang lebih rendah dan menjadi sektor pertanian penting.

Selain itu, perairan Rio Grande sendiri juga dijuluki Great Waters oleh America’s Great Waters Coalitions.

5. Sungai Missouri

Pada penjelasan perairan Mississippi, wilayah Missouri sendiri merupakan cabang yang mengalir di wilayah Minnesota Utara. Meski hanya cabang, tetapi panjangnya sendiri mencapai 3.768 kilometer.

Selain Missouri, ada cabang lain juga yang merupakan anak Sungai Mississippi, yaitu Sungai Illinois, St. Croix, Arkansas, dan lainnya.

6. Sungai Mackenzie

Ukuran perairan ini memang tidak sebesar kelima wilayah lainnya, tetapi masih terhitung panjang karena mencapai 1.738 kilometer dan menjadi yang terpanjang di Kanada.

Namun, hal ini akan menjadi berbeda jika kita menghitung ukurannya dari hulu Finlay dan Peace. Maka, kira-kira panjangnya akan mencapai 4.241 kilometer. Sudah cocok, bukan menjadi sungai terpanjang di Benua Amerika?

Bahkan, bisa dibilang perairan ini menjadi wilayah terpanjang kedua di Amerika Utara karena debit airnya sendiri mencapai 9.700 meter kubik setiap detiknya.

7. Sungai Parana

Sungai Parana menjadi sungai terpanjang di Benua Amerika terakhir ini mengalir pada sejumlah negara di Amerika Selatan, seperti Uruguay, Bolivia, Argentina, dan Paraguay.

Panjangnya sendiri bisa mencapai 4.880 kilometer. Wilayah ini dimulai dari hulu de la Plata dengan panjang rata-rata sekitar 20 kilometer.

Selain itu, perairan Parana telah memiliki manfaat bagi warga Amerika Selatan karena mencukupi kebutuhan air sehari-hari mereka. Bahkan, ia juga memiliki potensi tinggi untuk dilakukan budidaya ikan.

Memang sebagian dari wilayah air yang sudah disebutkan di atas bisa dikunjungi sebagai objek wisata. Contohnya Sungai Yukon, Rio Grande, Missouri, Mackenzie, dan Parana.

Namun, apabila Anda tertarik untuk berkunjung di wilayah yang sebagian besarnya masih alam liar perawan seperti Amazon, sebaiknya memiliki pendamping yang sudah paham tracknya.

Sekarang ini bahkan sudah banyak guide lokal yang bisa disewa ketika kita berkunjung ke sana agar perjalanan semakin aman. Tidak lupa membawa modem dari JavaMifi yang bisa konek hingga 5 perangkat sekaligus dan menggunakan jaringan multi operator. Maka dari itu, tidak perlu khawatir kehilangan sinyal meski sedang berada di daerah terpencil sekalipun. Sehingga, Anda bisa menikmati perjalanan, menikmati keindahan alam, dan budaya dari wilayah tersebut dengan nyaman. Bahkan, bisa merasakan langsung manfaat yang ditawarkan dari 7 sungai terpanjang di Benua Amerika tersebut.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *