8 Tips Streaming Film Lancar Tanpa Buffering

Tips streaming film semakin banyak dicari seiring maraknya situs streaming film online resmi, seperti Netflix, Viu, Genflix, Vidio, Mola TV, dan masih banyak lagi. Tentu saja pecinta film online sering mengunjungi situs tersebut untuk mencari film kesukaan.

Nonton film secara online kini memang sedang menjadi tren tersendiri, mengingat selain mudah streaming film online juga banyak yang tidak berbayar. Sehingga bisa menjadi hiburan ketika kamu sedang senggang atau butuh refreshing.

8 Tips Streaming Film Lancar Tanpa Buffering

Ada kalanya nonton film online terjadi lag atau buffering, hal ini tentu sangat tidak nyaman dan dapat menghilangkan mood saat menonton film. Namun jangan khawatir, karena ada banyak cara agar menonton film online bisa semakin lancar tanpa buffering dengan beberapa tips berikut ini:

  • Pilih Provider yang Memiliki Koneksi Stabil

koneksi internet
koneksi internet

Memilih provider yang tepat menjadi tips paling utama agar menonton film online bisa lancar, dimana koneksi yang stabil ditandai dengan ping yang rendah. Biasanya ping antara 20 sampai 30 menjadi indikator yang paling bagus untuk menonton film online.

Ping ini bisa kamu ukur dengan menggunakan aplikasi ping checker yang ada di Playstore ataupun Appstore. Selain itu kamu juga bisa melihat kecepatan internet dengan menggunakan aplikasi internet speed test.

Bukan hanya dengan provider saja, melainkan kamu juga bisa menonton film dengan menggunakan koneksi WiFi. Tentunya kamu juga harus memastikan WiFi tersebut sangat bagus dan juga stabil untuk digunakan dalam streaming film online.

  • Gunakan Browser yang Ringan

Browser juga memiliki pengaruh yang besar terhadap kelancaran aktivitas streaming film. Oleh karena itu, usahakan memilih browser yang ringan dan cocok untuk melakukan streaming. Umumnya browser yang banyak dipilih untuk streaming film bisa menggunakan Google Chrome atau UC Browser.

Kedua browser tersebut dipercaya memiliki kemampuan untuk menangkap koneksi internet di perangkat kamu dengan lebih baik. Sehingga streaming film bisa lebih lancar tanpa buffering sama sekali.

Apalagi Google Chrome atau UC Browser mempunyai beragam fitur, seperti Adblock, speed booster, mode ringan, dan lain sebagainya. Fitur seperti ini tentunya akan membuat streaming film bisa menjadi lebih baik lagi nantinya.

  • Pakai Aplikasi Network Speed Booster

Bukan hanya dari provider dan browser saja, melainkan kamu juga bisa meningkatkan kecepatan internet di perangkat dengan menggunakan sebuah aplikasi. Misalnya saja dengan menggunakan aplikasi Network Speed Booster.

Aplikasi seperti ini akan membuat koneksi internet semakin cepat dan juga stabil, sehingga streaming film online bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu instal terlebih dahulu aplikasi ini sebelum kamu memulai menonton film secara online.

  • Cari Platform Streaming Berkualitas

Saat ini ada banyak sekali platform streaming film populer. Namun, tahukah kamu bahwa platform streaming juga mempengaruhi kenyamanan dalam menonton film? Hal ini karena setiap platform menawarkan pengalaman streaming yang berbeda-beda.

Usahakan memilih platform yang memiliki kualitas streaming terbaik, dimana hal itu akan membuat streaming film kamu bisa lebih nyaman. Di sini kamu bisa mencoba berbagai platform dan memilih salah satu yang paling bagus untuk kamu gunakan.

  • Turunkan Kualitas Video Sesuai Kebutuhan

Apabila streaming film sering mengalami buffering, maka bisa jadi kualitas video yang digunakan terlalu tinggi. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba menurunkan kualitas video tersebut, sehingga streaming bisa menjadi lebih lancar.

Umumnya streaming film sudah sangat cukup menggunakan resolusi 480p bila kamu menggunakan perangkat mobile. Sedangkan bila menggunakan PC atau laptop, maka resolusi yang bagus berkisar di antara 720p atau 1080p.

Usahakan jangan memaksakan di kualitas full HD ataupun 4K, apabila kondisi tidak memungkinkan untuk menonton film di resolusi tersebut. Karena menonton film dengan lancar lebih baik daripada menonton film berkualitas, namun sering mengalami lag atau buffering.

  • Hapus Cache yang ada di Perangkat

Menghapus cache di perangkat juga bisa menjadi salah satu cara yang dapat kamu lakukan, terutama bila cache di perangkat sangat banyak. Cache dapat mempengaruhi kenyamanan streaming online, karena koneksi akan menjadi lambat dan video akan sering mengalami buffering.

Selain itu, kamu juga bisa menghapus beberapa file sampah atau aplikasi yang tidak dibutuhkan, hal ini dilakukan agar perangkat semakin optimal bila digunakan untuk menonton film secara online. Karena perangkat akan semakin ringan dan cepat dalam melakukan berbagai tugas.

  • Refresh Perangkat Secara Berkala

Selain menghapus cache di perangkat, usahakan pula lakukan refresh secara berkala di perangkat yang kamu gunakan. Bisa jadi perangkat yang terlalu lambat membuat streaming film online akan terganggu nantinya.

Setidaknya lakukan refresh terlebih dahulu sebelum kamu memulai streaming film tersebut. Hal ini tentu akan sangat membantu agar perangkat berada dalam keadaan maksimal saat digunakan untuk menonton film secara online.

  • Download Film Secara Offline

Apabila koneksi internet memang tidak memungkinkan untuk streaming film secara online, maka cara yang bisa dilakukan bisa dengan mengunduh film itu sendiri. Sebenarnya cara ini sangat melenceng dari kata streaming film dan banyak platform yang tidak menyediakan fitur tersebut.

Akan tetapi ada pula beberapa platform yang menyediakan fitur download film, sehingga kamu bisa menontonnya tanpa menggunakan koneksi internet sama sekali. Namun untuk bisa melakukannya kamu harus mendaftar dahulu atau menggunakan fitur premium yang pasti harganya cukup mahal.

Dengan menggunakan tips streaming film di atas, maka kamu harusnya kini sudah bisa menonton film online dengan lancar tanpa khawatir lag atau buffering sama sekali. Oleh karena itu kamu bisa mencoba satu persatu cara diatas dan rasakan perbedaannya saat kamu melakukan streaming film secara online.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *