8 Gunung Tertinggi di Malaysia yang Indah dan Tinggi

Membahas tentang gunung tertinggi di Malaysia pasti semua orang akan tahu tentang Gunung Kinabalu. Namun ternyata masih banyak gunung-gunung lainnya yang tidak kalah tinggi dengan keindahan alam masih sangat terjaga.

Bagi Anda pencinta alam dan suka mendaki gunung, tidak ada salahnya menaklukan gunung yang ada di Malaysia. Medan sangat menantang namun akan terbalaskan ketika Anda sudah berhasil mencapai puncak.

Berikut Ini Deretan Gunung Tertinggi di Malaysia

Jika Anda tertarik untuk mendaki gunung di Malaysia namun tidak tahu harus mulai darimana. Maka bisa simak beberapa rekomendasi gunung tertinggi yang ada di Malaysia yang cukup populer dan sering menjadi tujuan wisata.

1. Gunung Kinabalu – 4.095 mdpl

Gunung tertinggi di Malaysia pertama adalah Kinabalu dengan tinggi mencapai 4.095 mdpl. Terletak di Sabah, Malaysia dan termasuk gunung tertinggi yang terdapat di pulau Kalimantan.

Perlu Anda ketahui kalau gunung ini terbagi dalam 4 kawasan yaitu:

• Hutan Dipterokarp Bukit

• Hutan Dipterokarp Atas

• Hutan Montane

• Hutan Ericaceous

Menjadi gunung paling tinggi membuat keberadaannya dianggap sebagai lambang kebesaran penduduk Sabah. Bahkan dianggap mampu memberikan semangat persatuan dan perjuangan masyarakat sekitar.

Menyimpan banyak kisah misteri yang dipercaya masyarakat sebagai tempat bersemedi jiwa-jiwa setelah meninggal.

Sebagai gunung tertinggi di Malaysia tentu saja suhu puncak bisa mencapai –8 derajat celcius antara bulan Desember sampai Januari. Kadang juga ada salju atau es pada puncak Kinabalu sehingga Anda harus mempersiapkan diri ketika akan mendaki.

Tips ketika akan mendaki sebaiknya Anda harus melakukan reservasi dengan mengontak SSL. Biaya administrasinya kurang lebih 150 RM namun jika ingin lebih murah sebaiknya pilih tanggal off-season.

2. Gunung Trusmadi – 2.642 mdpl

Trusmadi menjadi gunung tertinggi di Malaysia selanjutnya yang lokasinya berdekatan dengan Kinabalu. Memiliki ketinggian 2.642 mdpl, Trusmadi memiliki keunikan tersendiri sehingga sayang jika dilewatkan.

Beberapa keunikan dari gunung ini yaitu keindahan alam yang mampu memanjakan mata. Berbagai ragam flora dan fauna bisa Anda temukan jika berhasil mendaki sampai ke puncak Trusmadi.

Salah satu informasi penting yaitu medan dan rintangan untuk bisa ke puncak sangat berat. Sehingga Anda harus benar-benar mempersiapkan fisik dan mental agar kuat mendaki namun tetap harus mengutamakan keselamatan.

Jalur pendakian terdiri dari 3 jalur yaitu jalur Mannan dari Keningau, jalur Kaingaran dari Tambunan dan jalur Mastan dari Sook. Dari ketiga jalur tersebut direkomendasikan untuk memilih jalur Kaingaran dari Rambunan saja karena lebih baik dibanding lainnya.

Jalur Kaingaran menjadi jalur favorit para pendaki karena lebih cepat sekitar 2 hari 1 malam. Siapkan juga dana untuk izin pendakian, guide, kendaraan menuju titik awal serta berbagai perlengkapan kesehatan.

3. Gunung Tambuyukon – 2.579 mdpl

Gunung Tambuyukon memiliki sejarah panjang yang terus diwariskan turun temurun ke anak cucu. Pada awalnya Tambuyukon memiliki banyak nama panggilan dengan mengikuti logat atau gaya bahasa masyarakat sekitar.

Menariknya nama Tambuyukon diambil dari bahasa masyarakat setempat yang memiliki arti cukup unik. Arti nama tersebut adalah curang yaitu puncak Tambuyukon selalu terlihat lebih dekat padahal masih jauh.

Tambuyukon memiliki dua jalur pendakian yang bisa digunakan para pendaki yaitu dari kota Marudu dan Poring. Kedua jalur tersebut sudah sering digunakan para pendaki jadi lebih aman dan ada beberapa pos yang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat.

Termasuk dalam gunung tertinggi di Malaysia karena ketinggiannya mencapai 2.579 mdpl. Anda akan menemukan keindahan pemandangan dari beberapa gunung yang menjadi satu komplek bernama Kinabalu Park.

4. Gunung Kaingaran – 2.476 mdpl

Rekomendasi gunung tertinggi di Malaysia selanjutnya yaitu Kaingaran yang memiliki ketinggian 2.476 mdpl. Kaingaran berada di Sabah, Malaysia dan menjadi salah satu tujuan wisata disana.

Ketika berada di puncak Kaingaran, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan serba hijau. Pepohonan tumbuh dengan suburnya dan suasana asri membuat pendaki nyaman berlama-lama di puncak.

5. Gunung Murud – 2.423 mdpl

Bagi para pendaki pasti sudah tidak asing dengan gunung tertinggi di Malaysia satu ini. Gunung Murud terkenal karena memiliki ketinggian 2.423 mdpl, ternyata masih satu pulau dengan Indonesia yaitu Kalimantan.

Lokasi Gunung Murud ini sendiri ada di Pulau Kalimantan terkenal dengan keindahan Batu Lawi-nya. Mendaki di Murud Anda bisa menemukan berbagai buah segar yang bisa dikonsumsi langsung.

Memiliki daya tarik tersendiri seperti keindahan alam, buah-buah segar tumbuh alami dan keindahan batu lawi.

6. Gunung Mulu – 2.376 mdpl

Gunung tertinggi di Malaysia berikutnya adalah Gunung Mulu terletak di kawasan Sarawak. Memiliki ketinggian 2.376 mdpl lebih tinggi jika dibandingkan dengan Gunung Korbu – 2.183 mdpl.

Perbedaan Mulu dengan lainnya yaitu dikenal memiliki susunan batu-batu cantik menjulang sekitar 700 meter. Anda bisa menemukan banyak gua bersejarah serta terdapat kawasan Mulu Nasional Park yang tercatat di UNESCO.

Jika Anda berencana mendaki di pegunungan Malaysia, Mulu menjadi rekomendasi terbaik untuk dicoba. Anda akan menemukan pengalaman berbeda sekaligus belajar sejarah tentang gua-gua disekitar gunungnya.

7. Gunung Korbu – 2.183 mdpl

Jika beberapa rekomendasi diatas masih kurang, maka Anda bisa memilih mendaki di Gunung Korbu dengan ketinggian 2.183 mdpl. Lokasinya berada di Kinta, Perak yang selalu ramai dikunjungi para wisatawan.

Alasan kenapa Anda harus mendaki Gunung Korbu bukan sekedar menjadi gunung tertinggi di Malaysia. Namun keindahan alam yang disajikan dijamin tidak akan membuat Anda kecewa.

Puncak tertinggi Korbu sering disebut Titiwangsa dan dibutuhkan waktu 2 hari untuk bisa sampai ke puncaknya. Medan tidak terlalu berat sehingga pendaki pemula bisa mencoba mendaki di gunung ini.

Menariknya Anda tidak membutuhkan pemandu jika ingin mendaki karena sudah ada jejak pendaki jelas dan mudah diingat. Namun jika Anda merasa kesulitan karena belum memiliki pengalaman maka bisa menggunakan jasa guide.

8. Gunung Tahan – 2.178 mdpl

Rekomendasi terakhir yaitu Gunung Tahan dengan ketinggian sekitar 2.178 mdpl. Lokasinya ada didalam hutan nasional Taman Negara tepatnya ada di negara bagian Pahang yang terkenal dengan trek sulitnya.

Gunung Tahan terkenal dikalangan pendaki lokal dan kerap kali menjadi tujuan pendakian. Meskipun memiliki trek yang sulit namun justru memberikan tantangan tersendiri bagi para pendaki.

Ada 3 jalur untuk bisa sampai ke puncak yaitu melalui Kuala Tahan, Merapoh – Kuala Tahan dan Merapoh – Merapoh. Masing-masing trek memiliki kesulitan serta tantangan tersendiri sehingga Anda harus bijak dalam memilih.

Jalur klasik Kuala Tahan merupakan jalur paling tua namun paling indah dengan banyak sungai harus dilewati. Perjalanan menggunakan jalur ini setidaknya butuh waktu sekitar 7 hari jadi harus disiapkan fisik para pendaki.

Jika Anda ingin cepat sampai maka bisa menggunakan jalur Merapoh – Merapoh karena hanya butuh waktu 3 – 4 hari saja. Pada saat malam hari cuaca sangat dingin bahkan terkadang muncul frost jadi persiapkan diri Anda dengan baik.

Keindahan gunung yang memiliki ketinggian lebih dari 2.178 mdpl memang tidak perlu diragukan. Namun penting diperhatikan saat akan mendaki gunung tertinggi di Malaysia harus benar-bener mempersiapkan latihan fisik.

Itinerary, Malaysia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *