Makanan Khas India yang Wajib Dicoba Saat Kamu Berlibur ke Negeri Taj Mahal

Membicarakan India yang memiliki keindahan alam, budaya, kultur, hingga santapan kuliner yang menggugah selera memang tidak ada habisnya. Meskipun banyak turis yang mengalami pengalaman kurang menyenangkan selama berlibur sebab India memiliki tingkat kriminalitas yang cukup tinggi, tapi kamu yang suka tantangan bisa mencoba itinerary paling aman di sana. Jangan lupa menikmati setiap makanan khas India yang mudah kamu temukan selama liburan, ya!

Bila ingin melakukan liburan ke India, sebaiknya kamu mempelajari bahasa masyarakat lokal yang paling vital. Pasalnya, sebagian orang tidak mahir Bahasa Inggris meskipun bahasa tersebut menjadi bahasa kedua setelah Hindi. 

Selain itu, kamu harus siap fisik dan mental saat menjelajah seluruh wilayah dengan transportasi bajaj dan taksi meski ada MRT di New Delhi. Tenang saja, semua resah kamu akan terbayar begitu melihat Taj Mahal, keindahan Jaipur, alam Ladakh yang eksotis, Sungai Gangga yang fenomenal, dan destinasi wisata lain.

7 Rekomendasi Makanan Khas India yang Wajib Kamu Cicipi 

Ngomongin kuliner khas India, maka kamu tidak akan asing dengan roti canai yang terkenal. Supaya wisata kulinermu di India yang mungkin baru pertama kali terasa menyenangkan dan istimewa, jangan lewatkan memesan makanan khas India yang memiliki ragam citarasa otentik. 

Dengan garam masala yang unik atau terbuat dari kapulaga, kayu manis dan cengkeh yang acap menjadi bumbu masakan khas India, berikut rekomendasi makanan tradisional India yang harus kamu coba yaitu :

 

  • Nasi briyani 

 

Semua orang mudah menikmati nasi briyani yang bisa ditemukan di restoran India yang ada di Indonesia. Namun, menikmati nasi briyani langsung di India bakal lebih nikmat, bukan? Kenikmatan rasa beras basmati yang berbentuk panjang dan sedikit kering, diracik dengan bumbu ketumbar, kunyit, merica, dan kapulaga menjadi makanan istimewa. Dilengkapi dengan lauk daging kambing, nasi briyani India harus kamu cicipi pertama kali, ya!

 

  • Tikka Masala

 

Kamu pecinta masakan kari ayam dari Indonesia, maka cobalah menikmati tikka masala dari India. Tikka masala adalah masakan kari ayam yang memiliki aroma rempah cukup kuat dan diolah memakai bahan pelengkap seperti yoghurt, krim, dan tomat. Nasi hangat putih menjadi menu pelengkap untuk kamu yang perlu sarapan dengan makanan berat ala masyarakat Indonesia. Makanan ini juga cocok menjadi menu makan malam setelah berjalan menjelajah destinasi wisata yang kamu kunjungi. 

 

  • Tandoori chicken 

 

masakan khas India
masakan khas India

Menu dari olahan daging ayam menjadi pilihan favorit orang-orang di seluruh dunia, termasuk kamu. Salah satu makanan khas India yang perlu kamu cicipi adalah tandoori ayam. Masakan ini dibuat memakai oven tanah liat yang tradisional, tetapi mampu menyajikan rasa yang sangat otentik. Pasalnya, daging ayam yang akan dioven telah direndam dengan yoghurt dan rempah. Tekstur daging ayam yang begitu lembut dan enak bisa membuat lidah enggan berhenti bergoyang, lho!

 

  • Kathi roll

 

Ngomongin street food ala India, maka kamu perlu membeli kathi roll yang menjadi makanan khas pedagang kaki lima. Kathi roll merupakan roti paratha yang membungkus olahan daging yang sudah dibumbui rempah khas India mirip seperti kebab ala Timur Tengah. Dengan harga makanan yang murah meriah, kamu bisa mengganjal perut dengan kathi roll ini. 

 

  • Samosa

 

Suka menikmati camilan selama menjelajah destinasi wisata India, maka kamu perlu menikmati samosa khas India. Bila samosa di Indonesia memiliki isian sayur, cacahan daging atau modifikasi susu, coklat atau keju, maka samosa India memiliki isian daging kambing dengan bumbu khas yang tidak kamu temukan di negara lain. 

 

  • Laddu

 

Laddu adalah salah satu camilan khas yang acap ditemukan pada perayaan ritual keagamaan di India. Kalau kamu penasaran dengan camilan khas yang acap terlihat di berbagai film India, maka cobalah menikmati sendiri. Laddu sendiri terbuat dari olahan tepung gandum yang dicampur dengan gula, diolesi minyak samin hewani, dibentuk bulat seperti bola, kemudian digoreng sampai kekuningan. 

Rasa laddu yang manis sangat cocok dijadikan kudapan sore sembari menikmati keindahan alam India. Bila kamu berlibur bersama pasangan, maka menikmati kudapan sambil minum teh bisa menjadi agenda melepas penat setelah keliling destinasi wisata seharian.

 

  • Naan

 

Menu kuliner khas India masih sangat beragam yang perlu kamu coba seperti rogan josh, dhokla dan lain-lain. Rata-rata menu makanan di India memang berbahan dasar daging baik ayam, domba atau kambing. Kalau kamu bosan dengan menu dari olahan daging, cobalah menikmati kuliner khas bernama naan. 

Naan terbuat dari tepung ragi yang dicampur dengan susu, gula, garam, dan bawang putih yang diaduk rata, lalu dimasak memakai oven tanah liat khas India. Citarasa yang khas dari roti pipih yang dioven memakai tandoori sangat menggoda selera sebab roti ini memiliki tekstur empuk, lembut dan kenyal. Bila makan ayam tandoori khas India, kamu pasti menemukan sajian pelengkap berupa naan. 

Tidak Hanya Makanan Khas India Saja, Kamu Juga Bisa Menikmati Minuman Tradisional!

Selain menu makanan khas India di atas, jangan lewatkan kesempatan menikmati sajian minuman khas Negeri Taj Mahal ini. Rekomendasi minuman yang enak di India antara lain lassi yang terbuat dari yoghurt, masala cai yang terbuat dari campuran susu dan teh, thandai yang terbuat dari campuran biji-bijian dan bunga, sharbat yang enak dan segar, serta ragam minuman tradisional lain. 

Menikmati liburan seru sekaligus berburu kuliner khas India bisa menjadi pengalaman menyenangkan. Yuk, segera siapkan rencana liburan ke India agar bisa menikmati berbagai menu makanan yang terjangkau dengan citarasa otentik khas rempah tradisional India.

Cullinary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *