Tips Liburan Membawa Bayi yang Aman 

Liburan bersama si kecil menjadi momen yang menyenangkan bagi pasangan muda. Apalagi kamu baru saja memiliki kehadiran buah hati tercinta, maka tidak ada salahnya melakukan rencana liburan bersama keluarga besar. 

Perjalanan yang aman pastinya harus direncanakan agar si kecil bisa bepergian dengan nyaman. Supaya kamu bisa menikmati kegiatan liburan bersama anak pertama kali, maka cobalah menerapkan tips liburan membawa bayi berikut ini. 

Usia Aman Bayi Bisa Diajak Bepergian atau Traveling 

Kamu memang harus memilih liburan lokal atau perjalanan dengan risiko rendah bila mengajak bayi pertama kali. Meskipun bayi bisa diajak bepergian sejak ia berusia 1 bulan, tetapi kamu juga harus memperhatikan kondisi kesehatan si kecil. 

Menurut Anna Surti Ariani, S.Psi., M. Si., Psi, yang dilansir dari travel Kompas mengatakan bahwa bayi yang berusia minimal 2 bulan cenderung lebih stabil dan bisa diajak bepergian.

Meskipun demikian, bayi yang terlalu kecil diajak liburan belum bisa menikmati perjalanan atau tidak begitu tertarik dengan dunia sekitar. Idealnya, bayi yang sudah berusia lebih dari enam bulan atau mendekati ke usia satu tahun cocok diajak bepergian atau liburan bersama keluarga. Pada tahap usia yang lebih besar, bayi mulai tertarik pada kondisi sekitar, belajar hal baru dan menikmati pengalaman bersama kedua orangtua. 

7 Tips Liburan Membawa Bayi yang Perlu Kamu Ketahui 

Bila kamu memang berencana liburan bersama bayi, maka pastikan tahu tips liburan membawa bayi yang aman dan nyaman berikut :

  • Bijak memilih lokasi, waktu dan durasi liburan 

Langkah pertama yang perlu kamu rencanakan sebelum mengajak si kecil liburan adalah memilih waktu dan durasi perjalanan. Misalnya kamu ingin mengajak si kecil liburan ke pantai pada bulan Agustus yang memiliki cuaca lebih panas dengan durasi liburan sehari saja. Tentu kamu harus berdiskusi dengan pasangan dalam menentukan rencana liburan ini guna mendukung kenyamanan si kecil selama traveling bersama.

Memilih liburan ke luar negeri pun, sah-sah saja. Pastikan kondisi bayi memang baik yang didukung keamanan dan kenyamanan melakukan perjalanan jarak jauh naik pesawat terbang. 

  • Membawa perlengkapan si kecil 

Perlengkapan si kecil harus kamu masukkan dalam tas sendiri agar lebih mudah dalam mengambil barang saat dibutuhkan, ya! Perlengkapan yang dibutuhkan menyesuaikan dengan lokasi dan kondisi tempat wisata yang dituju. Misalnya kamu berencana membawa si kecil ke pantai, maka pastikan membawa topi, kacamata, obat oles anti nyamuk, dan lain-lain. 

Bila perjalanan yang ditempuh cukup lama dengan suhu udara dingin, bawa selimut, jaket dan kaos kaki untuk memastikan anak tidak kedinginan atau masuk angin, ya! Kalau kamu membawa stroller  bayi pun, pastikan memilih jenis stroller portable yang lebih praktis dan mudah di bawa ke mana-mana.

  • Membawa makanan dan minuman 

Siapkan makanan dan minuman si kecil untuk memastikan ia merasa nyaman dalam perjalanan. Bila kamu masih menyusui, maka pastikan membawa peralatan pompa susu yang bisa dibawa kapan saja. Jangan lupa untuk tetap menjaga kondisi susu dalam cooler bag tetap aman dan sehat dikonsumsi si kecil.

  • Membawa mainan favorit

Si kecil bisa saja merasa bosan sehingga ia menjadi lebih mudah rewel atau menangis. Tentu perjalanan liburan bersama anak menjadi kurang nyaman bila bayi terus rewel. Demi mencegah bayi mengalami masalah tersebut, selalu bawa mainan favorit dalam koper kamu. Tidak harus semua mainan, tapi cukup bawa 1-2 mainan yang paling disukai anak saja.

  • Bawa kotak P3K lengkap

Jangan lupa untuk memasukkan kotak P3K lengkap ke dalam tas sebelum perjalanan jauh hari. Kamu harus membawa peralatan kesehatan yang lengkap mulai obat oles atau stiker anti nyamuk, obat masuk angin, minyak telon, plester luka, bedak dingin, dan lain-lain. Bila perlu melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter anak kamu, kenapa tidak?

  • Tetap mengikuti jam makan dan istirahat buah hati

Meski berada di tempat wisata, usahakan untuk tetap mengikuti jam makan dan istirahat buah hati. Kamu wajib mengelola tujuan wisata dengan baik agar si kecil bisa istirahat siang atau menyesuaikan kebutuhan mereka saja. Waktu memberi makan utama, makanan selingan yang sehat atau jam tidur yang baik bisa membantu menjaga daya tahan tubuh bayi.

  • Selalu menjaga kebersihan dan kenyamanan 

Hal penting yang tidak boleh kamu lewatkan saat liburan membawa bayi di bawah satu tahun adalah senantiasa menjaga kebersihan dan kenyamanan. Setiap usai melakukan aktivitas, kamu wajib mencuci tangan sebelum menyentuh si kecil. Jangan lupa untuk mengganti diaper anak secara rutin untuk menjaga kesehatan kulit mereka. 

Usahakan menikmati liburan dengan kendaraan pribadi yang mendukung kenyamanan dibandingkan naik kendaraan umum. Bila memang terpaksa naik kendaraan umum, kamu harus tetap menjaga kebersihan dan kenyamanan berada di public transport tersebut agar anak tidak rewel.

 

Kini kamu bisa menikmati liburan yang seru bersama buah hati tercinta di mana saja. Tips liburan membawa bayi menjelajah destinasi wisata lokal atau internasional harus kamu terapkan, ya! Jangan lupa untuk memenuhi persyaratan dokumen yang dibutuhkan bila berencana liburan membawa bayi ke luar negeri. 

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *