7 Tips Mengemudi di Luar Negeri agar Aman dan Nyaman

Punya rencana liburan ke luar negeri dan ingin mengemudi sendiri saat traveling? Kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya mulai saat ini ya, termasuk SIM Internasional sebagai salah satu syarat mengemudi di negeri orang. Selain itu, perlu juga mengetahui tips mengemudi di luar negeri.

Tentunya ada banyak perbedaan ketika kamu mengendarai mobil di luar negeri. Sehingga harus bisa beradaptasi dengan baik agar momen travelingmu semakin aman dan nyaman. Untuk lebih jelasnya, yuk langsung saja simak informasi berikut.

Tips Mengemudi di Luar Negeri untuk Pemula

Tadi sudah sedikit disinggung tentang pentingnya mempersiapkan diri sebelum liburan ke luar negeri ya, apalagi jika kamu ingin mengendarai mobil sendiri tanpa bantuan driver. Nah, biar momen liburanmu semakin nyaman dan menyenangkan, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan.

1.Memiliki SIM Internasional

Tips pertama yang penting untuk mengemudi dengan aman di luar negeri adalah memiliki SIM Internasional. Perlu diketahui bahwa salah satu syarat untuk bisa berkendara di luar negeri adalah memiliki SIM Domestik dan juga SIM Internasional.

Meskipun untuk beberapa negara di ASEAN hanya mensyaratkan penggunaan SIM Domestik namun tetap harus menjalani prosedur pemindahan format bahasa terlebih dahulu. Sementara untuk negara lainnya diperlukan SIM Internasional.

Untuk pembuatan SIM Internasional, kamu perlu mempersiapkan beberapa dokumen seperti KTP asli dan salinannya, SIM asli dan salinannya, paspor yang masih berlaku dan salinannya, serta 4 lembar pas foto (4×6) dan 1 lembar materai.

Untuk keperluan foto, bagi lak-laki memakai dasi dan bagi perempuan mengenakan blazer. Sementara background foto menggunakan warna biru. Selanjutnya semua persyaratan bisa dibawa langsung ke Korlantas Polri untuk pembuatan SIM Internasional.

2.Adaptasi dengan Setir Mobil Sebelah Kiri

tips mengemudi di luar negeri
tips mengemudi di luar negeri

Tips mengemudi di luar negeri selanjutnya yang tidak kalah penting adalah beradaptasi dengan posisi setir mobil yang berada di sebelah kiri. Perlu diketahui bahwa hampir 95% mobil di luar negeri menggunakan setir di sebelah kiri sehingga kamu harus menyesuaikan diri.

Memang tidak mudah ya jika sebelumnya terbiasa menyetir dengan kemudi di sebelah kanan kemudian harus menyetir di sebelah kiri. Tapi kalau kamu ingin berkendara sendiri saat berada di luar negeri, maka mau tidak mau harus terbiasa dengan posisi kemudi di sebelah kiri.

3.Lakukan Riset Tempat Penyewaan Mobil

Jika ingin berkendara sendiri di luar negeri maka kamu harus menyewa mobil untuk keperluan traveling. Kamu perlu melakukan riset tempat penyewaan mobil terlebih dahulu agar bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Hal ini sangat penting agar kamu mendapatkan jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu dan harga yang paling cocok di kantong. Selain itu, pertimbangkan pula fasilitas dan layanan yang disediakan tempat penyewaan mobil tersebut.

4.Asuransi Perjalanan

Tips lainnya yang perlu diperhatikan adalah asuransi perjalanan. Ya, sebelum kamu liburan ke luar negeri maka sangat penting untuk membeli asuransi perjalanan. Sebagai langkah antisipasi saja jika terjadi resiko atau kondisi yang tidak diinginkan.

Untuk pembelian asuransi perjalanan sendiri bisa kamu lakukan di negara asal atau di negara tujuan kamu. Bahkan kamu juga bisa membeli asuransi perjalanan di tempat penyewaan mobil yang kamu gunakan.

5.Siapkan Kartu Kredit untuk Pembayaran

Jika dibandingkan dengan kartu debit, penggunaan kartu kredit dianggap lebih lazim digunakan untuk berbagai transaksi pembayaran di luar negeri, termasuk ketika menyewa mobil. Namun sebelumnya, pastikan nama pada kartu kredit dan SIM yang kamu gunakan sama ya!

6.Berkendara dengan Aman

Sebenarnya tips berkendara yang satu ini tidak hanya berlaku di luar negeri saja karena kamu memang wajib dan harus berkendara dengan mengutamakan keselamatan di jalan. Tentunya kondisi jalan di luar negeri berbeda dengan di negara asal sehingga harus ekstra hati-hati.

Pasalnya dengan kebiasaan menyetir di sebelah kiri hal itu bisa menimbulkan resiko tersendiri saat harus mengemudi dengan setir kanan. Terutama ketika memasuki jalur yang berbeda. Agar semakin aman dan nyaman, kamu juga harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

7.Simpan Nomor Darurat

Tidak ada yang mau mengalami hal-hal yang tidak diinginkan di jalan, semua pasti ingin berkendara dengan aman dan selamat. Meski begitu untuk berjaga-jaga, ada baiknya kamu menyimpan nomor darurat atau nomor penting.

Seperti misalnya nomor telepon ambulans, rumah sakit, polisi dan lain sebagainya. Dan untuk memudahkan dalam mencari akses jalan saat berada di luar negeri, maka kamu bisa memanfaatkan fitur maps. Tapi ingat ya, jangan berkendara sambil main gadget, berbahaya!

Dengan memperhatikan 7 tips mengemudi di luar negeri yang telah dijelaskan di atas setidaknya kamu sudah mengetahui apa yang harus dipersiapkan. Namun yang pasti, tetap utamakan keselamatan ya agar momen berhargamu di luar negeri semakin menyenangkan dan berkesan.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *