Ketahui Inspirasi 7 Takjil Buka Puasa dari Berbagai Negara

Bulan Ramadhan merupakan bulannya silaturahmi. Bulan Ramadhan dapat dijadikan sebagai momen untuk berkumpul bersama keluarga untuk mempererat hubungan, baik dengan keluarga, sanak saudara, maupun rekan kerja. Bulan yang menghubungkan yang putus, dan mendekatkan yang jauh. 

Dengan datangnya bulan Ramadhan, dapat dijadikan sebagai alasan untuk berkumpul Kembali untuk menyambung tali silaturahmi. Tentunya, momen yang paling ditunggu di bulan Ramadhan yaitu ketika waktu berbuka puasa tiba atau dalam istilah bahasa Arabnya iftar. Selain Indonesia, terdapat negara-negara lain yang penduduknya juga beragama Islam. Di negara lain, mereka memiliki menu-menu berbuka puasa khas negaranya masing-masing.

Jika kamu sedang mencari menu berbuka puasa, yuk ketahui inspirasi takjil buka puasa dari berbagai negara.

1. Kolak, Indonesia

Globers pasti tidak asing dengan hidangan yang satu. Hidangan ini berbahan dasar gula aren, santan, atau daun pandan dengan isian pisang, ubi, singkong, kolang kaling, dan biji salak. Yap benar, Kolak.  Makanan ini identik dengan bulan Ramadhan karena rasanya yang manis dan isiannya yang beragam sehingga banyak disukai banyak orang.

Menu Buka Puasa

Dengan popularitasnya yang tinggi, Kolak bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berbuka puasa. Hidangan Kolak ini bisa kamu temu di pinggir jalan atau kamu juga bisa membuatnya di rumah. Cukup rebus dengan santan cair yang dicampur dengan gula merah, gula pasir, dan daun panda lalu aduk-aduk sampai mencair dan mengental untuk membuat kuahnya. Kemudian, masukan potongan ubi jalar atau potongan pisang yang dimasak setengah empuk, didihkan kembali. Lalu, masukan santan kental, masak Kolak ubi hingga mendidih dengan diaduk. Jika sudah mendidih, angkat Kolak dan tuang ke piring. Sajikan Kolak selagi masih hangat

2. Laksa Penang, Malaysia

Jika kamu sudah bosan dengan Kolak, kamu dapat mencoba menu berbuka puasa dari negara tetangga kita yaitu Malaysia. Malaysia sendiri memiliki penduduk beragama Islam yang sangat banyak. Selain itu, Malaysia juga memiliki menu berbuka puasa yang bervariasi.

Menu Buka Puasa

Salah satu menu berbuka puasa favorit masyarakat Malaysia adalah Laksa Penang. Laksa Penang merupakan mie kuah yang disajikan dengan ikan, aneka sayur, dan potongan telur rebus. Kuahnya mempunyai rasa rempah pedas manis yang khas dan segar. Laksa Penang ini cocok untuk dimakan ketika cuaca sedang dingin. Selain itu, bahan-bahannya yang ringan serta berisi aneka sayur, dapat membuat tubuh kamu bugar kembali setelah menjalankan ibadah puasa. 

3. Nasi Briyani, Singapura

Kuliner di Asia Tenggara dikenal sebagai surganya kuliner dunia. Hal ini tercermin dari banyaknya varian makanan yang diciptakan di Kawasan ini dan menyebar di sekitarnya. Maka tidak heran jika kamu menemukan hidangan dari negara lain di negara yang berbeda. Hal ini dikarenakan cita rasa dan lidah masyarakat Asia Tenggara yang mirip satu sama lain. Hal tersebut juga terjadi kepada negara Singapura. Singapura juga memiliki hidangan yang cocok untuk menemani liburan kamu lho.

Menu Buka Puasa

Singapura dikenal sebagai surganya kuliner Asia Tenggara. Salah satu menu hidangan khas Singapura yang terkenal di Asia Tenggara yaitu Nasi Briyani. Hidangan ini berbahan dasar beras basmati, aneka macam rempah, dan tambahan bumbu kari dan potongan daging kambing. Hidangan ini dapat ditemui dengan mudah di Singapura. Porsinya yang banyak membuat Nasi Briyani cocok dijadikan sebagai menu berbuka puasa untuk menggantikan energi yang terkuras saat berpuasa.

4. Hyderabadi Haleem, India

Tahukah kamu, bahwa Islam merupakan agama terbesar kedua di India setelah Hindu? Selain hidangan food street yang sudah mendunia, India juga memiliki menu berbuka puasa yang menjadi favorit masyarakat India lho, salah satunya yaitu Hyderabadi Haleem. Hyderabadi Haleem adalah makanan khas dari Hyderabadi yang biasa dimakan pada momen Ramadan dan lebaran. Simak juga makanan khas India yang wajib dicoba ketika liburan ke India.

Hyderabadi Haleem terbuat dari bubur gandum dengan rasa gurih dan pedas. Hyderabadi Haleem juga menggunakan daging domba sebagai sumber karbohidrat. Saking populernya di India, restoran dan tempat makan yang menyajikan Hyderabadi Haleem ini sudah dipadati pengunjung untuk menyantap hidangan yang lezat ini.

5. Samosa, Pakistan

Selain makanan utama, kehadiran side dish dalam menu berbuka puasa tidak kalah penting lho Globers! Setelah menikmati hidangan utama, akan sangat menyenangkan bila menyantap hidangan penutup yang berupa makanan-makanan berukuran kecil yang dapat dimakan beberapa suap. Sama halnya seperti gorengan. Gorengan menjadi primadona saat berbuka puasa. 

Menu Buka Puasa

Seperti halnya Indonesia yang memiliki variasi gorengan, di negara Pakistan juga terdapat gorengan khas yang menjadi menu berbuka puasa yaitu Samosa. Samosa merupakan gorengan berbentuk segitiga dari Pakistan yang berisi isian daging, mulai dari daging kambing, sapi hingga ayam. Sama seperti gorengan pada umumnya, Samosa juga bisa dipadukan dengan saus sambal, mayones, hingga keju mozzarella.

6. Gullac, Turki

Selain Kawasan Asia, benua Eropa juga memiliki kuliner Ramadhan yang unik. Salah satu menu berbuka puasa ini berasal dari Turki yakni Gullac. Gullac merupakan hidangan dessert yang istimewa di bulan Ramadhan karena hidangan ini jarang ditemui di luar bulan Ramadhan. Selain Gullac, ini lho hidangan khas Turki yang bikin ketagihan.

Menu Buka Puasa

Hidangan Gullac ini terbuat dari tepung maizena dan terigu yang dibentuk berupa lembaran tipis bundar dan besar. Lembaran ini akan direndam dengan susu hangat agar menghasilkan tekstur yang kenyal. Kemudian untuk topping diberi taburan walnut cincang dan siraman air mawar untuk menghasilkan aromatik yang kuat. Saat disajikan, Gullac diberi taburan tambahan lagi berupa buah delima untuk menambah cita rasa manis asam yang segar.

7. Shorbat Adas, Palestina

Hidangan untuk berbuka selanjutnya datang dari timur tengah yaitu dari negara Palestina. Seperti yang diketahui, populasi penganut agama Islam di Palestina merupakan yang terbesar di negara tersebut. Selain itu, Palestina juga memiliki hidangan untuk berbuka puasa yang unik, yaitu Shorbat Adas.

Menu Buka Puasa

Shorbat Adas merupakan menu berbuka puasa yang terbuat dari bahan-bahan nabati seperti kacang lentil, sayuran, kaldu, dan juga rempah. Jika kamu baru pertama kali melihat Shorbat Adas, hidangan ini akan terlihat seperti pumpkin soup. Shorbat Adas biasanya disajikan dengan roti gandum dan tambahan daging ayam untuk menambah cita rasa lezat.

Ketika sedang berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga maupun kerabat, momen tersebut akan semakin menyenangkan bila berbagi kemeriahan dengan adanya koneksi internet. Maka dari itu, gunakan Global Wifi. Global Wifi merupakan modem internet yang digunakan ketika berada di luar negeri. Global Wifi dapat menjangkau lebih dari 200 negara. Selain itu, kelebihan dari Global Wifi yaitu bisa tethering hingga 5 device, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk berbagi internet dengan teman kamu. Ditambah, Global Wifi memiliki kuota internet yang unlimited dan sinyal yang kuat sehingga momen menonton konser kamu tidak terganggu dengan notif kuota internet habis atau sinyal hilang. Kelebihan lain dari Global Wifi ini yaitu cara penggunaannya yang mudah. Cukup nyalakan, masukan password, dan internet langsung connect.

Untuk cara yang lebih simple, gunakan e-SIM Traveling. e-SIM Traveling merupakan kartu SIM Digital yang memiliki  kecepatan internet yang stabil tanpa memasukkan SIM fisik. Kelebihan dari e-SIM Traveling yaitu bisa tethering ke 1 device dan tidak perlu registrasi untuk mendapatkan akses internet. Untuk cara penggunaan e-SIM di Android dan iOS dapat dilihat di sini. Kamu juga bisa melihat 6 daftar handphone support e-SIM tahun 2024.

Terdapat juga promo Ramadhan yang bisa kalian gunakan untuk kebutuhan akses internet selama mudik.

Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi dari blog JavaMifi agar tidak ketinggalan informasi seputar tips & trik traveling, tempat wisata yang menarik, itinerary, dan informasi dari berbagai negara-negara di dunia. Have a safe flight Globers!

Cullinary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *