Makanan Khas Turki yang Terbukti Membuat Ketagihan

Makanan khas Turki menjadi perbincangan akhir-akhir ini. Itu terjadi karena liburan ke Turki sendiri menjadi opsi menarik yang mulai banyak dipilih. Tentu meningkatnya popularitas wisata Turki sendiri terjadi karena banyak alasan.

Di antara banyaknya alasan tersebut, salah satu yang paling pokok adalah media sosial. Adanya media sosial membuat informasi yang berasal dari Turki lebih mudah masuk ke Indonesia. Oleh karena itu, tidak heran apabila warga Indonesia mulai tertarik ke Turki.

Tetapi ingat, liburan tidak akan lengkap apabila kuliner yang dipilih kurang pas. Oleh karena itu, penting untuk memastikan dulu kalau sudah dilakukan riset mengenai kuliner khas Turki. Ini penting untuk mengantisipasi kemungkinan kecewa saat liburan.

Makanan Khas Turki yang Wajib Dicoba

Jika belum mengetahui makanan dari Turki yang berkualitas tinggi, ini adalah tempat terbaik. Kali ini akan dibahas beberapa kuliner yang terbukti memuaskan. Berikut ulasan lengkap mengenai beberapa kuliner tersebut.

1. Turk Kahvesi

Makanan khas Turki pertama yang layak direkomendasikan adalah Turk Kahvesi. Ini adalah minuman khas Turki yang menjadi kopi sebagai bahan dasar. Oleh karena itu, beberapa orang sering menyebut turk kahvesi dengan sebutan kopi Turki.

Keunggulan utama kopi ini terletak pada rasanya yang gurih. Selain itu penyajian dari kopi ini bisa dibilang sangat unik. Nantinya barista kopi Turki akan memakai sebuah teko dengan gagang panjang. Teko itu sendiri sering disebut Cezve.

2. Falafel

Makanan khas Turki berikutnya yang bisa menjadi opsi adalah falafel. Falafel ini adalah kuliner Turki yang terbuat dari kacang arab. Kacang itu sendiri diolah dengan melalui proses penggilingan. Setelah digiling, pembuatnya mengubah kacang tersebut menjadi bola kecil.

Ketika adonan yang mirip dengan bola sudah terbentuk, penggorengan memakai minyak panas akan dilakukan. Penghidangan falafel sendiri biasanya dibungkus dengan roti. Untuk menambah cita rasa, akan ada sayuran juga yang ditambahkan.

3. Kue Kamir

Makanan khas Turki selanjutnya yang tidak boleh terlupakan adalah kue kamis. Ini adalah makanan dari Turki yang terbuat dari tepung terigu. Pembuatannya sendiri dilakukan dengan mencampur tepung terigu tersebut bersama dengan telur dan mentega.

Tentu ada beberapa bahan lain yang biasa ditambahkan untuk menambah cita rasa. Bahan tersebut seperti pisang dan tape. Perlu diketahui kue kamir sendiri sifatnya tahan lama. Oleh karena itu banyak orang menjadikan kue ini sebagai bahan oleh-oleh.

4. Sujuk

Makanan khas negara Turki berikutnya yang bisa menjadi opsi adalah sujuk. Perlu diketahui sujuk ini adalah makanan yang biasa dikonsumsi masyarakat Turki saat berbuka puasa. Keberadaan makanan ini sendiri wajar mengingat muslim adalah mayoritas di Turki.

Sujuk sendiri adalah makanan yang dibuat dari sosis. Sosis tersebut biasanya dimasak tanpa menggunakan minyak. Makanan ini sendiri tidak hanya dikonsumsi pada bulan Ramadhan. Di bulan biasa, masyarakat biasanya mengonsumsi sujuk saat sarapan.

5. Gozleme

Gozleme adalah makanan khas Turki berikutnya yang wajib dimasukkan ke daftar ini. Perlu diketahui, bentuk dari gozleme ini mirip dengan martabak. Oleh karena itu beberapa orang menyebut makanan ini sebagai martabak Turki.

Bahan dasar makanan ini sendiri adalah roti yang di dalamnya ditambahkan isian. Isiannya sendiri bervariasi mulai dari cokelat, jamur, daging, keju, hingga sayur. Untuk minumannya, gozleme ini biasa disajikan bersama dengan es atau minuman hangat.

6. Kokoretsi

Kokoretsi adalah makanan olahan yang menggunakan daging sebagai bahan dasar. Sebenarnya tidak ada patokan khusus akan daging yang digunakan. Tetapi biasanya, masyarakat Turki memakai daging domba atau kambing ketika membuatnya.

Perlu diketahui, ada juga kokoretsi jenis lain yang dibuat memakai jeroan. Walaupun beberapa orang mengaku tidak cocok, varian ini cukup populer di Turki. Nantinya daging tersebut akan dicampur dengan minyak zaitun, lada, perasan lemon, garam, hingga orageno.

7. Durum

Durum menjadi makanan khas Turki berikutnya yang tidak boleh terlupakan. Perlu diketahui, durum sendiri mirip dengan kebab yang banyak dijual di Indonesia. Oleh karena itu, beberapa orang menyebut kuliner ini dengan istilah kebab durum.

Ketika disajikan, durum ini akan memiliki berbagai jenis sayuran yang bisa disesuaikan dengan selera. Tentu identitas kebab yang memiliki daging sebagai isian juga tidak dihilangkan. Bagian luarnya sendiri akan menggunakan roti pide yang sangat khas.

8. Pilav

Pilav juga bisa menjadi opsi ketika ingin mencari kuliner terbaik saat liburan di Turki. Perlu diketahui, pilav ini adalah kuliner Turki yang tergolong sebagai makanan berat. Tetapi aktualnya, banyak orang yang mengonsumsi pilav sebagai camilan.

Pilav sendiri memakai nasi sebagai bahan dasar. Biasanya nasi tersebut akan dicampur dengan kacang kuda. Untuk menambah cita rasa, beberapa orang biasanya menambahkan daging ayam. Anda yang ingin mengonsumsinya bisa menambahkan cita rasa pedas sesuai selera.

9. Lokum

Lokum adalah makanan khas Turki berikutnya yang bisa direkomendasikan. Selain bisa dikonsumsi secara langsung ketika liburan, Anda juga bisa menjadikan lokum ini sebagai buah tangan. Perlu diketahui, lokum ini adalah makanan yang tahan lama.

Oleh karena itu membawanya ke Indonesia sangat memungkinkan. Ciri khas utama dari makanan ini sendiri terletak pada bentuknya yang merupakan camilan manis. Bahan dasarnya sendiri adalah tepung yang dicampur dengan pemanis seperti madu atau gula.

10. Souvlaki

Souvlaki adalah makanan khas negara Turki berikutnya yang bisa menjadi opsi. Souvlaki ini menggunakan roti pide sebagai bahan utama. Tetapi konsep makanannya sendiri mirip dengan roti gulung di mana ada banyak isian yang ditambahkan ke dalamnya.

Isiannya sendiri bervariasi mulai dari daging sapi, imun, tomat, yogurt, hingga daun selada. Untuk menambah cita rasa, souvlaki biasanya dipanggang dulu sebelum dihidangkan. Di Turki sendiri makanan ini sering terlihat baik pada pagi, siang, maupun malam hari.

11. Meze

Meze adalah makanan khas Turki berikutnya yang bisa menjadi opsi. Meze ini terkenal sebagai makanan pembuka di Turki. Karena peran sebagai makanan pembuka, meze ini lebih sering dihidangkan dalam porsi kecil bersama dengan minuman.

Perlu diketahui, meze sendiri memiliki banyak jenis. Jika ditotalkan, jenis yang bisa ditemukan mencapai ratusan. Salah satu jenisnya yang populer sendiri adalah dolma. Nantinya Anda bisa memilih meze manis, gurih, asam, atau pedas.

12. Tabouleh

Tabouleh menjadi makanan khas Turki berikutnya yang bisa dikatakan cukup populer. Ciri khas utama dari tabouleh ini terletak pada bahan dasarnya yang tidak menggunakan daging. Ini memang mendobrak kultur kuliner yang ada di Turki.

Disamping menggunakan daging yang terlihat pada kebanyakan makanan Turki, tabouleh ini menggunakan sayur sebagai bahan utama. Normalnya tabouleh ini dicincang sebelum kemudian dicampur ke wadah.

Ada bumbu penyedap yang ditambahkan sehingga rasa tabouleh terasa lebih kaya. Perlu diketahui, beberapa orang memang menyebut tabouleh ini dengan istilah salad Turki. Nantinya Anda akan menemukan berbagai sayuran mulai dari tomat hingga daun mint.

Pastikan untuk tidak asal saat memilih kuliner untuk liburan. Hal tersebut penting agar akhirnya tidak kecewa dengan makanan khas Turki yang dipilih.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *