Makanan Khas Singapore yang Cocok Menemani Liburan

Makanan khas Singapore tidak banyak diketahui masyarakat. Tidak diketahuinya makanan-makanan tersebut menjadi suatu hal yang perlu disadari. Itu karena, makanan Singapura sendiri terkenal karena cita rasanya yang sangat khas.

Jarak Indonesia dan Singapura sendiri memang relatif dekat. Oleh karena itu, wajar jika ada banyak orang Indonesia yang sengaja berkunjung ke negara tersebut. Apabila tidak mengetahui kulinernya, Anda mungkin akan kesulitan saat ada di sana.

Singapura sendiri sebenarnya merupakan negara dengan ukuran cukup kecil. Hanya saja negara tersebut sudah maju dari segi perokonomian. Oleh karena itu tidak heran jika banyak orang di luar sana segera berkunjung ke Singapura untuk merasakan dunia modern.

Makanan Khas Singapore Saat Liburan

Jika belum mengetahui makanan khas Singapore, ini adalah tempat yang tepat. Kali ini beberapa makanan terbaiknya akan direkomendasikan. Berikut beberapa makanan yang tidak boleh terlupakan saat liburan ke sana.

1. Mi Siam

Makanan pertama yang wajib dicoba adalah mi siam. Ini adalah mie tipis yang terbuat dari beras. Mi siam sendiri memiliki cita rasa khas melayu dan memang berasal dari Singapura. Memasak mi siam sendiri bisa dikatakan cukup mudah.

Nantinya mia siam bisa digoreng berbarengan dengan rempah-rempah atau pasta udang. Beberapa orang juga sering menghidangkan mi siam ini berbarengan dengan kacang kering. Menambahkan telur rebus saat mengonsumsi mi siam ini juga bisa menjadi opsi tepat.

2. Kueh Pie Tee

Makanan khas Singapore berikutnya yang bisa menjadi opsi adalah kueh pie tee. Ini cocok untuk Anda yang sedang berada di Singapura dan ingin mengonsumsi kue bertekstur halus. Kue pie tee sendiri mirip dengan kue mangkuk pada umumnya.

Karakteristik utama dari kue ini terletak pada teksturnya yang sangat renyah ketika masuk ke mulut. Makanan ini sendiri dibuat dari lobak dan rebung yang sudah diolah terlebih dulu. Nantinya ada beberapa varian yang sering ditambahkan mulai dari udang, telur, dan cabai.

3. Vadai

Makanan khas Singapore berikutnya adalah vadai. Vadai ini sering dikonsumsi oleh masyarakat Singapura yang memiliki darah India. Ini wajar mengingat Vadai sendiri dibawa oleh warga India yang sekarang sudah tinggal di Singapura.

Saking populernya, ada perdebatan yang mengatakan apakah vadai ini adalah makanan asli Singapura atau India. Vadai sendiri sebenarnya berbentuk snack. Makanan ini dibuat dari kacang tanah, bawang bombay, cabai, biji mustard hitam, hingga daun kari.

4. Roti Canai

Roto canai juga tidak bisa dilupakan ketika membahas makanan khas Singapore. Itu karena roti canai ini bisa dengan mudah ditemukan ketika berkunjung ke daerah kampung arab di Singapura. Roti canai sendiri dikenal sebagai makanan khas India.

Ini terlihat pada penggunaan mentega pada roti tersebut. Itu karena roti ini jelas-jelas menggunakan mentega India sebagai resepnya. Biasanya roti canai sendiri tidak dikonsumsi secara mandiri. Ada saus kambing atau saus kari ikan yang sering dipadukan dengan roti ini.

5. Char Kway Teow

Makanan khas Singapore berikutnya yang bisa menjadi opsi adalah char kway teow. Nama char kway teow sendiri mungkin tidak terlalu populer di Indonesia. Itu karena, makanan ini sering disebut kwe tiau di tanah air. Secara keseluruhan, kedua makanannya sama.

Satu-satunya hal yang membedakan kedua makanan tersebut terletak pada sensasi dari toping yang ditambahkan. Char Kway Teow di Singapura selalu identik dengan penambahan wajan panas, rasa asap, telur, tiram, dan udang.

6. Popiah

Popiah juga wajib ditambahkan ketika mengulas makanan yang layak dikonsumsi ketika ada di Singapura. Nama popiah sendiri memang kurang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tetapi mudahnya, popiah ini mirip dengan lumpia.

Hanya saja popiah merupakan lumpia khas Singapura yang mengikuti cita rasa khas negara tersebut. Di dalam popiah sendiri ada bunci, daging cincang, hingga sayuran yang ditambahkan. Biasanya masyarakat Singapura mengonsumsi popiah sambil bersantai di rumah.

7. Bubur Kodok

Makanan khas Singapore berikutnya adalah bubur kodok. Dari namanya, makanan ini mungkin tidak cocok dengan masyarakat Indonesia. Tetapi ingat, bubur kodok adalah makanan non halal. Oleh karena itu, Anda para muslim perlu menghindari makanan ini.

Bubur kodok sendiri biasanya dihidangkan bersama dengan chinese cooking wine. Nantinya bubur tersebut dicampur dengan kaki kodok yang sudah digoreng terlebih dahulu. Kari ayam dan minyak wijen juga tidak ketinggalan.

8. Bak Kut Teh

Bak kut teh menjadi makanan berikutnya yang akan direkomendasikan. Makanan khas Singapore ini terbuat dari iga babi yang dicampur dengan kaldu. Dari bahan itu saja, sudah jelas kalau bak kut teh termasuk ke dalam makanan tidak halal.

Salah satu yang paling khas dari bak kut teh sendiri terletak pada bahan dasar dari kaldu tersebut. Bahan dasarnya sendiri antara lain ketumbar, cengkeh, kayu manis, biji adas, dan beberapa rempah lain. Normalnya bak kut teh akan disajikan bersama nasi atau mie.

9. Nasi Lemak

Akan terasa kurang jika mengulas makanan Singapore tanpa menambahkan nasi lemak ke dalamnya. Itu karena nasi lemak merupakan salah satu makanan paling populer di negara tersebut. Nasi lemak sendiri tidak sering ditemukan di Indonesia.

Tetapi jika dilihat dari bentuk dan rasanya, nasi lemak ini mirip dengan nasi uduk. Oleh karena itu, masyarakat Indonesia pasti merasa terbiasa ketika harus mengonsumsinya. Nasi lemak sendiri normalnya dikonsumsi bersamaan dengan kacang tanah, telur, dan ikan teri.

10. Roti Prata

Roti prata menjadi makanan khas Singapore berikutnya yang tidak boleh dilupakan. Ini menjadi makanan selanjutnya yang memiliki cita rasa khas India walaupun populer di Singapura. Roto prata sendiri terkenal karena bentuknya yang tipis.

Bagian luar roto ini memiliki sisik yang berasal dari proses penggorengan. Ada banyak varian yang bisa dipilih ketika hendak mengonsumsi roto ini. Contoh variannya sendiri seperti saus kari pedas, pisang, jamur, coklat, hingga keju.

11. Rujak

Rujak tidak hanya bisa ditemukan di Indonesia. Ada juga makanan khas Singapore yang mirip dengan kuliner tersebut. Rujak Singapura sendiri berbentuk campuran antara buah dan sayur yang memiliki rasa gurih.

Buah dan sayur yang biasa ditambahkan sendiri antara lain kangkung, timus, mangga muda, lobak, nanas, jambu air, dan masih banyak lagi. Biasanya rujak ini akan disiram memakai saus hitam. Jeruk nipis, sambal, dan gula juga menjadi hal yang tidak terlupakan.

12. Fried Carrot Cake

Dengan nama fried carrot cake, kebanyakan orang akan menganggap kuliner ini memakai wortel sebagai bahan utama. Perlu diketahui, hal tersebut adalah kesalahan. Itu karena fried carrot cake ini memakai lobak putih sebagai bahan utamanya.

Ada dua varian utama yang bisa dipilih ketika mengonsumsi fried carrot cake. Kedua varian tersebut antara lain fried carrot cake hitam dan putih. Warna hitam sendiri berasal dari saus hitam caramel sedangkan warna putih berasal dari telur yang digoreng garing.

Pastikan untuk tidak sembarangan ketika memilih kuliner. Jika sembarangan dalam memilihnya, sangat mungkin hasil yang didapat tidak memuaskan. Oleh karena itu, pilih saja makanan khas Singapore yang direkomendasikan di atas.

Itinerary, Singapura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *