Bingung Aktivasi eSIM? Ini Cara Menggunakan eSIM di Android dan iOS

Saat ini perkembangan teknologi ke arah digital sudah semakin jelas terlihat. Ada banyak sekali inovasi yang terus berkembang dari waktu ke waktu, begitu juga dengan smartphone. Pihak provider jaringan seluler juga tak mau ketinggalan dengan membuat fitur eSIM.

eSIM sama dengan SIM digital yang memungkinkan kamu bisa menggunakan paket seluler dari operator tanpa harus menggunakan nano SIM fisik. Meski begitu, sayangnya banyak yang masih belum tahu apa itu eSIM.

Berikut ulasan mengenai apa itu eSIM dan cara menggunakan eSIM.

Apa Itu eSIM?

Sudah bukan rahasia lagi jika SIM card atau kartu SIM merupakan komponen penting yang wajib ada pada setiap perangkat HP. Bahkan, penggunaan kartu SIM juga sudah digunakan pada perangkat handphone, jauh sejak sebelum kemunculan smartphone.

Dari masa ke masa bentuk SIM card yang digunakan pada ponsel juga terus berubah menjadi semakin kecil. Teknologi dan fitur yang ditawarkan pun semakin meningkat, mulai dari ukuran makro, mikro dan juga nano SIM.

Namun kini telah hadir SIM card digital yang tidak memiliki bentuk fisik atau sering dikenal dengan istilah eSIM.
eSIM bisa langsung diunduh pada perangkat smartphone yang kamu miliki. Dari segi fungsi eSIM juga memiliki fungsi yang sama dengan SIM card konvensional.

Inovasi eSIM mampu memberikan kenyamanan bagi pengguna. Tak hanya praktis saat digunakan, fitur istimewa yang satu ini juga menjanjikan banyak sekali keuntungan. Setelah pengguna membeli dan melakukan aktivasi layanan eSIM akan aktif.

Teknologi SIM card digital memungkinkan kartu untuk bisa ditanam serta diprogram dalam perangkat smartphone. Jadi, para penggunanya tidak perlu kerepotan melepas bagian slot perangkat seluler untuk memasukkan SIM card. Cukup praktis bukan?

Saat ini juga sudah ada banyak sekali provider yang menawarkan fitur eSIM. Namun kabarnya Telkomsel, XL Axiata dan Indosat Ooredoo juga sedang mempersiapkan layanan eSIM.

Lalu apa saja sih keuntungan memakai eSIM?

Keuntungan Menggunakan eSIM

javasim
javasim

Keuntungan utama yang paling menonjol jika menggunakan eSIM adalah sifatnya yang lebih fleksibel dan tidak memakan tempat.

Tak hanya itu saja ternyata eSIM juga memiliki beberapa keunggulan lain lho. Lalu apa saja sih keuntungan menggunakan eSIM?

1.Tidak Takut Hilang

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan eSIM adalah tidak takut SIM card akan hilang. Terkadang mungkin ada keperluan memperbaiki ponsel yang mengharuskan kamu untuk mengeluarkan kartu SIM pada HP tersebut bukan?

Ukurannya yang relatif kecil membuat SIM card cenderung lebih mudah hilang. Namun jika menggunakan eSIM kini kamu tak perlu merasa khawatir lagi kehilangan SIM card. Cukup praktis dan fungsional bukan?

2.Bisa Menggunakan Banyak Nomor

Jika menggunakan kartu SIM biasa kamu hanya bisa menggunakan maksimal 2 nomor saja dalam satu ponsel. Namun lain halnya dengan eSIM. eSIM memungkinkan kamu untuk bisa menggunakan banyak nomor.

Mengingat sifatnya yang lebih fleksibel, dengan menggunakan eSIM kamu bisa menggunakan banyak nomor dalam satu smartphone. Meski demikian penggunaannya tetap satu persatu dan tidak bisa digunakan secara bersamaan.

3.Tidak Ada Kartu Fisik

Keuntungan menggunakan eSIM selanjutnya adalah tidak ada kartu fisiknya. Jika menggunakan eSIM maka kamu tidak lagi memerlukan fisik SIM card yang umumnya dipasang pada perangkat smartphone

3.Jauh Lebih Murah

Keuntungan terakhir yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan eSIM adalah harganya yang relatif lebih murah. Layanan eSIM pada provider Smartfren biasanya menawarkan paket data yang jauh lebih murah dibandingkan dengan kartu biasa.

Cara Aktivasi eSIM Bagi Pengguna Android

android - samsung
android – samsung

Bagi para pengguna Android sebenarnya cara menggunakan eSIM sangatlah mudah. Namun sebelum itu pastikan jika smartphone kamu sudah mendukung layanan SIM card digital dan terhubung dengan jaringan internet ya!

Ini cara menggunakan eSIM bagi pengguna smartphone Android.

  • Buka menu pengaturan dan pilih koneksi. Pastikan jika ponsel kamu sudah terhubung dengan jaringan internet ketika akan mengaktifkan eSIM.
  • Selanjutnya pilih Pengelola Kartu SIM, setelah itu pilih tambahkan perangkat seluler.
  • Secara otomatis smartphone akan mencari eSIM. Jika sudah terdeteksi pilih menu “Tambahkan Menggunakan QR Code”.
  • Jika sudah kamu hanya perlu memindai QR kode yang ada di kartu perdana.
  • Langkah terakhir klik “Tambahkan paket seluler baru” dan pilih “Aktivasi paket seluler baru”.

Cara Aktivasi eSIM Bagi Pengguna iOS

iOS
iOS

Pada umumnya cara menggunakan eSIM pada iOS hampir sama dengan cara aktivasi eSIM pada Android. Pastikan jika ponsel sudah mendukung SIM card digital dan terkoneksi dengan internet.

Berikut cara aktivasi eSIM pada iOS.

  • Buka kamera dan pindai QR kode pada kartu perdana.
  • Setelah muncul pemberitahuan “Paket Seluler Terdeteksi” kamu hanya perlu pilih lanjutkan.
  • Setelah itu pilih tambahkan paket seluler dan eSIM akan mengirim kode konfirmasi. Jika sudah masukkan kode tersebut.
  • Buka App Store dan install App Operator untuk membeli paket seluler.
  • Untuk beralih ke eSIM kamu perlu membuka menu pengaturan kemudian pilih seluler atau paket seluler. Setelah itu pilih paket yang ingin kamu gunakan.
  • Langkah terakhir pilih “Nyalakan Saluran Ini”.
  • Namun sayangnya penggunaan eSIM pada perangkat iPhone hanya berlaku untuk model iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR dan versi yang lebih baru. Selain itu, kamu juga hanya bisa menggunakan 1 profil eSIM dalam satu waktu.

Nah, di atas merupakan kelebihan eSIM dan cara menggunakan eSIM di perangkat Android dan iOS. Semoga artikel di atas bermanfaat! Oh iya, Apakah saat ini kamu juga sudah menggunakan layanan eSIM? Tuliskan di kolom komentar!

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *