Ini Dia 6 Keutamaan Umrah Saat Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Di bulan Ramadhan ini semua ibadah dan amalan dilipatgandakan. Membaca satu huruf dihitung menjadi sepuluh kebaikan, ibadah sunnah dihitung menjadi ibadah wajib, bahkan tidurnya seorang muslim di bulan Ramadan menjadi sebuah ibadah. Maka dari itu, banyak orang-orang muslim berlomba-lomba melakukan kebaikan, amalan, dan ibadah di bulan Ramadan untuk mendapat pahala yang dilipatgandakan.

Hal ini juga terjadi di tanah suci Mekkah. Selain melakukan ibadah wajib seperti sholat dan puasa, seorang muslim yang menyadari keberkahan di bulan Ramadhan ini juga melakukan ibadah yang besar  yaitu umrah. Sebelum berangkat umrah, simak dulu syarat & cara bikin visa umrah. Sama halnya seperti ibadah lainnya, melakukan ibadah umrah di bulan Ramadhan juga dilipatgandakan. Bahkan, melakukan ibadah umrah mendapat keuntungan dan keutamaan. Apa saja keuntungan dan keutamaan yang didapat Ketika menjalankan ibadah umrah di bulan Ramadhan? Ini dia 6 keutamaan umrah saat bulan Ramadhan.  

1. Pahala Setara Ibadah Haji

Keutamaan menjalankan ibadah umrah saat bulan Ramadhan yaitu pahala ibadah yang setara dengan ibadah haji. Pendapat ini dikatakan oleh beberapa ulama yang mengatakan bahwa ketika menjalankan ibadah umrah saat bulan Ramadan sangat diutamakan, karena melakukan ibadah umrah selama Ramadan dikatakan menjadi salah satu jalan untuk mendapat pahala yang setara dengan ibadah haji.

Dalam hadis Riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

“Jika datang bulan Ramadhan, lakukanlah umrah. Karena melaksanakan umrah di bulan Ramadhan, senilai haji bersamaku” (HR. Bukhari 1782 dan Muslim 1256).

Umrah Saat Ramadhan

Meski dikatakan amalan yang didapat ketika melaksanakan ibadah umrah setara dengan ibadah haji, bukan berarti menggugurkan kewajiban ibadah haji yan Globers! Ibadah haji tetap wajib dijalankan bagi umat muslim yang mampu melaksanakannya.

2. Waktu Terbaik untuk Beribadah

 Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh kemuliaan. Seluruh umat muslim di dunia akan berlomba-lomba untuk melaksanakan ibadah ketika menjalankan puasa. Hal ini dikarenakan bulan Ramadan merupakan waktu terbaik untuk beribadah. Pada bulan Ramadan, Allah SWT akan memberikan berkan dan ampunan kepada hamba-hambanya yang beribadah secara tulus untuk mendapat ampunan dan ridho dari-Nya.

Umrah Saat Ramadhan

Bulan Ramadhan bukan menjadi alasan untuk bebas bermalas-malasan. Justru bulan Ramadhan merupakan waktu yang terbaik untuk melaksanakan ibadah lainnya. Dengan begitu, Globers dapat memanfaatkan momentum bulan Ramadhan untuk melakukan ibadah secara khusyuk.

3. Mencari Lailatul Qadar di Tanah Suci

Dalam bulan Ramadhan, terdapat satu malam yang dinanti-nanti oleh umat muslim yaitu malam Lailatul Qadar. Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Artinya, ganjaran atas ibadah yang dilakukan pada malam itu diberikan berlipat-lipat oleh Allah SWT, sehingga dapat menyaingi ganjaran ibadah seseorang dalam seribu bulan.

Umrah Saat Ramadhan

Dengan melaksanakan ibadah di malam Lailatul Qadar, ibadah yang dilakukan akan dihitung setara dengan seseorang beribadah selama bertahun-tahun (seribu bulan). Meski begitu, kedatangan malam Lailatul Qadar tidak diketahui secara pasti. Namun, Allah SWT memberi petunjuk bahwa malam Lailatul Qadar turun pada 10 malam terakhir di bulan Ramadan. Terlebih lagi, jika melakukan ibadah pada 10 malam terakhir Ramadan untuk mencari Lailatul Qadar di tanah suci akan mendapat pahala berkah yang melimpah.

4. Mendapat Pengalaman Spiritual yang Berbeda

Keutamaan melaksanakan ibadah umrah di bulan Ramadan yakni mendapat pengalaman melaksanakan ibadah puasa dan umrah pada bulan Ramadan di tanah suci. Tanah suci merupakan tempat yang menjadi tujuan seluruh umat Muslim di seluruh dunia untuk melaksanakan ibadah di sana dengan tujuan untuk lebih dekat dengan Allah SWT. Hal ini dikarenakan Mekkah merupakan baitullah atau rumah Allah. Dengan begitu, kamu bisa melaksanakan ibadah umrah di bulan Ramadan lebih khidmat.

Umrah Saat Ramadhan

Melakukan ibadah puasa dan umrah di tanah suci memberikan pengalaman yang mengagumkan. Kamu dapat melaksanakan sahur, berbuka puasa, tarawih, dan tadarus di tempat yang sama dengan Rasulullah SAW. Sehingga hal ini akan membawa pengalaman seorang Muslim dalam beribadah dengan pengalaman spiritual yang berbeda. Simak juga 8 rekomendasi tempat bersejarah yang wajib dikujungi saat umrah.

5. Menjadi Pintu Rezeki dan Keberkahan

Bulan Ramadhan juga disebut sebagai bulan yang penuh rezeki. Hal ini dikarenakan umat muslim melakukan kegiatan sedekah, membagikan takjil untuk berbuka puasa, sedekah, dan kegiatan ibadah yang tidak luput dari bulan Ramadhan yaitu zakat fitrah. Semua kegiatan tersebut semata-mata untuk mendapat keberkahan di bulan Ramadhan yang fitrah ini.

Umrah Saat Ramadhan

Begitu juga melakukan umrah saat bulan Ramadhan. Bahkan, ada yang juga yang menyebutkan bahwa ibadah umrah juga bisa menjadi pintu rezeki bagi Muslim yang menjalankannya. Karena, jika melakukan ibadah umrah di luar Ramadhan, hanya membuka satu pintu saja. Sedangkan jika melakukan ibadah umrah di bulan Ramadhan akan membuka banyak pintu rezeki dan berkah.

6. Momen yang Tepat untuk Meningkatkan Iman

Seperti yang diketahui sebelumnya, banyak umat Muslim yang saling berlomba-lomba untuk melakukan kebaikan, begitu juga dengan ibadahnya. Bulan Ramadhan dapat menjadi momen yang tepat untuk berdoa sebanyak-banyaknya. Karena di bulan Ramadhan, kesempatan untuk terkabulnya sebuah doa menjadi lebih besar dibandingkan di luar bulan puasa. 

Umrah Saat Ramadhan

Selain itu, momen bulan Ramadhan yang hanya diadakan setahun sekali ini menjadi sebuah kesempatan untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Di dalam nuansa yang penuh keimanan dan ketaqwaan, kita dapat beribadah secara maksimal, merefleksikan diri, serta memohon ampun kepada Allah SWT. Dengan begitu, umrah saat bulan Ramadan dapat meningkatkan iman di tanah suci. Untuk yang berencana umrah sendirian, kamu bisa simak kiat umrah mandiri ala backpacker 4 hari 3 malam. 

Untuk menunjang kegiatan umrah kamu di tanah suci, pastikan kamu memiliki koneksi yang stabil untuk mengakses informasi terkait ibadah umrah agar ibadah kamu semakin khusyuk. Maka dari itu, gunakan Global Wifi Umrah. Global Wifi Umrah adalah modem internet yang bisa kamu gunakan sebagai wifi umrah. Jadi, kamu tidak perlu membeli kartu SIM lokal atau paket data roaming yang mahal. Selain itu, kelebihan dari Global Wifi dengan modem internet lain yaitu bisa tethering hingga 5 device, internet yang unlimited, dan cara pemakaiannya yang cukup mudah yaitu hanya scan QR code, internet langsung connect. Baterainya pun dapat bertahan hingga 13-15 jam. Ditambah, kamu tidak perlu melakukan deposit di awal. Jika kamu mengalami kendala, customer support kami siap siaga selama 24 jam.

Untuk cara yang lebih simple, gunakan e-SIM Traveling. e-SIM Traveling merupakan kartu SIM Digital yang memiliki  kecepatan internet yang stabil tanpa memasukkan SIM fisik. Kelebihan dari e-SIM Traveling yaitu bisa tethering ke 1 device dan tidak perlu registrasi untuk mendapatkan akses internet. Cara menggunakannya pun cukup mudah, tinggal scan QR dan internet langsung connect. 

Selain itu, terdapat cara baru yang lebih simple untuk scan QR Code. Jika kamu pengguna iOS 17, kamu bisa memanfaatkan fitur terbaru tanpa harus memiliki 2 device untuk foto QR Code atau print QR Code-nya. Caranya yaitu ke setting > cellular > add SIM > Use QR Code > Masukkan QR Code yang sudah disimpan > pilih QR Code yang sudah tersimpan di galeri > Selesai. Untuk android sendiri, fitur tersebut sudah ada di Android 13 ke atas. Karena terdapat berbagai merk android, secara garis besar caranya seperti berikut ini. Setting > Connections > SIM manager > Add e-SIM > Masukkan QR Code yang sudah disimpan > pilih QR Code yang sudah tersimpan di galeri > Selesai. Berikut ini merupakan 6 daftar handphone support e-SIM tahun 2024. Ke luar negeri makin praktis, tinggal scan langsung connect.

Terdapat juga promo Ramadhan yang bisa kalian gunakan untuk kebutuhan akses internet selama mudik.

Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi dari blog JavaMifi agar tidak ketinggalan informasi seputar tips & trik travelling, tempat wisata yang menarik, itinerary, dan informasi dari berbagai negara-negara di dunia. Have a safe flight Globers!

News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *