8 Rekomendasi Tempat Bersejarah yang Wajib Dikunjungi Saat Umrah

 

Umroh merupakan kegiatan ibadah yang dilakukan oleh umat islam. Kegiatan ini sering disebut mirip dengan haji, bahkan ada sebagian orang yang menyebutnya sebagai haji kecil. alasannya adalah karena beberapa jenis kegiatan antara kedua ibadah tersebut banyak sekali miripnya.

Selama menunaikan ibadah tersebut, umat islam akan menjalani serangkaian kegiatan ibadah seperti berdoa, sholat, dan berdzikir. Kemudian ada juga kegiatan thawaf atau keliling ka’bah. Selama melakukan ibadah ini, semua umat muslim diharap beribadah bersungguh – sungguh.

Namun, selain menunaikan beberapa kegiatan ibadah umroh, umat muslim juga bisa sekalian jalan – jalan ke beberapa tempat bersejarah islam. Hal ini biasanya dilakukan agar lebih mengenal islam dan memperdalam keimanan dengan datang ke beberapa tempat bersejarah.

Apalagi, tidak semua orang bisa sering – sering pergi ke Arab Saudi. Jadi, selagi bisa berkunjung ke tanah suci tersebut, banyak orang yang sekalian jalan – jalan menikmati indahnya tempat bersejarah islam di Arab Saudi.

Tempat Bersejarah Selama Umroh di Arab Saudi

Kakbah, Mekkah

Jika Anda beribadah ke tanah suci, sebaiknya jangan sampai melewatkan kesempatan datang ke beberapa tempat bersejarah islam. Jika sebelumnya Anda belum pernah tahu apa saja jenis tempat tersebut, berikut adalah beberapa tempat bersejarah yang bisa dikunjungi tersebut.

1. Masjid Quba

Salah satu tempat yang harus Anda kunjungi adalah Masjid Quba. Banyak orang lain datang ke sini untuk melakukan ibadah, misalnya doa, dzikir dan sholat sunnah. Masjid Quba memiliki sejarah yang cukup bagus, yaitu merupakan bangunan masjid pertama yang dibangun Nabi.

Anda juga bisa sekalian sholat wajib berjamaah jika sudah waktunya di sini. Sebagai salah satu tempat bersejarah, tentu saja banyak jamaah umroh yang turut datang karena merasa lebih tenang dan tentram saat beribadah di dalamnya.

Masjid Quba tentu saja memiliki tampak bangunan yang sudah berbeda dari saat pertama kali dibangun, karena pemerintahan Arab Saudi sudah banyak melakukan renovasi dan memperluas masjidnya. Namun meski begitu, rasanya tetap berbeda saat beribadah di Masjid Quba.

2. Masjid Nabawi

Anda juga harus menyempatkan diri mengunjungi tempat ibadah umat islam terbesar di dunia, yaitu Masjid Nabawi. Masjid ini merupakan bangunan tempat ibadah kedua yang didirikan oleh Nabi Muhammad SAW.

Sejarahnya adalah tanah Masjid Nabawi semula merupakan milik anak yatim di Madinah. Kemudian saat Rasulullah datang ke Madinah, Beliau membelinya dan kemudian mendirikan tempat dakwah. Di Masjid Nabawi itu, Nabi Muhammad melakukan dakwah selama 10 tahun.

Tidak heran jika peserta umroh merasa dirinya wajib datang ke sana untuk melakukan serangkaian ibadah sunnah dan wajib. Di dekatnya, juga ada makam Nabi Muhammad SAW. Sehingga para jamaah juga datang ke sana melaksanakan ziarah ke makam Nabi Muhammad.

3. Jabal Uhud

Jabal Uhud adalah sebuah gunung bersejarah yang sangat penting dalam peradaban islam di zaman Nabi Muhammad SAW. Jabal Uhud merupakan tempat di mana perang uhud dulu terjadi, yaitu perang antara pasukan Nabi Muhammad SAW dan pasukan kafir quraisy.

Jika Anda melaksanakan umroh, sebaiknya sempatkan diri datang ke Jabal Uhud seperti jamaah lainnya untuk berziarah. Tujuan utama orang – orang datang ke tempat ini adalah untuk menghormati para sahabat dan pasukan Nabi Muhammad SAW yang gugur dalam perang.

Jabal Uhud juga disebut sebagai tempat yang melambangkan keberanian dalam berkorban untuk kepentingan umat muslim.

4. Masjid Bir Ali

Masjid Bir Ali juga menjadi tempat bersejarah, karena merupakan tempat awal Nabi Muhammad SAW mengambil miqat. Miqat sendiri merupakan titik awal di mana jamaah memulai ibadah haji atau umroh.

Anda juga pasti akan mengambil miqat saat melaksanakan ibadah ke tanah suci. Peristiwa Nabi Muhammad SAW mengambil miqat di titik Masjid Bir Ali ini kemudian diikuti oleh semua umat muslim di dunia. Sehingga banyak orang percaya bahwa beribadah di sana pasti pahalanya baik.

Masjid Bir Ali juga memiliki keunggulan dalam bangunannya yang membuat semua orang terkagum saat datang ke sana, yaitu tembok menjulang tinggi dan terlihat sangat kokoh, seolah menjadi dinding pelindung kuat yang akan digunakan untuk perang.

5. Masjid Sab’ah Khandaq

Masjid Khandaq merupakan tempat terjadinya perang khandaq atau perang parit di zaman Nabi. Masjid ini menjadi titik pusat tumpahnya perang tersebut, yaitu ketikan pasukan kafir quraisy mengepung pasukan Nabi Muhammad SAW untuk menjatuhkan keyakinan islam.

Disebut dengan pertempuran parit karena pasukan Nabi Muhammad SAW membuat parit untuk menjebak lawannya. Pada saat itu, meskipun pasukan muslim berjumlah sedikit, namun tetap mendapatkan kemenangan.

Sebelum melakukan perang, umat muslim terlebih dulu berdoa di Masjid Khandaq ini. Masjid Khandaq juga memiliki sebutan lain yaitu Al Ahzab dan Al Fath. Bangunannya memang tidak mewah, namun menjadi tempat bersejarah paling mendalam bagi jamaah umroh.

6. Jannatul Baqi

Jannatul Baqi juga menjadi salah satu tempat yang harus dikunjungi saat datang ke Arab Saudi, karena Jannatul Baqi merupakan tempat dimakamkannya para sahabat Nabi dan ulama – ulama terkenal. Sehingga banyak orang datang berziarah ke tempat ini.

Kurang lebih makam para sahabat Nabi, umat muslim yang gugur saat perang dan ulama di Jannatul Baqi berjumlah 10 ribu. Biasanya, para jamaah umroh atau haji melakukan ziarah ke makam sahabat Nabi terlebih dulu, seperti Khalifah pertama yaitu Abu Bakar Assiddiq.

Di sana, Anda bisa melakukan ziarah sebagai bentuk penghormatan terhadap semua jasa dan keberanian para umat muslim membela agama islam. Sekaligus mendoakan dan memanjatkan doa selama berada di Jannatul Baqi.

7. Masjid al-Qiblatayn

Masjid al-Qiblatayn adalah masjid terkenal karena menjadi tempat sejarah berubahnya kiblat umat muslim. Pada masa Nabi Muhammad SAW, perintah dari Allah SWT tentang kiblat telah turun beberapa kali, sampai pada akhirnya terdapat perintah arah kiblat ke Masjidil Haram.

Sebagai tempat bersejarah, banyak jamaah haji atau umroh yang melakukan ibadah sunnah dan wajib di sini. Anda juga bisa melakukannya dan merasakan esensi dari Masjid Qiblatain.

8. Umroh di Raudhah

Raudhah sebenarnya merupakan tempat berukuran kecil yang terletak di dalam masjid Nabawi. Namun juga menjadi tempat yang harus Anda kunjungi karena memiliki sejarah penting dalam kegiatan beribadah Nabi Muhammad SAW.

Banyak orang beranggapan bahwa berdoa di Raudhah pasti mustajab, karena dianggap sebagai taman surga tempat semua doa dikabulkan. Tidak heran jika banyak orang berebut berdoa di Raudhah.

Selama melaksanakan ibadah ke tanah suci dan jalan – jalan di sana, tentu Anda juga membutuhkan koneksi internet yang stabil. Misalnya untuk menghubungi teman dan keluarga di rumah, atau menghubungkan dengan sosial media untuk vlog atau upload story.

Ketika berada di luar negeri, pasti Anda kesulitan mendapat koneksi internet stabil. Namun jangan khawatir, karena ada JavaMifi yang selalu menjadi solusi koneksi internet saat Anda ke luar negeri. Jadi pastikan selalu membawa JavaMifi selama umroh ke tanah suci.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *