10 Tips Mudik untuk Perjalanan Aman dan Nyaman

Setelah sebulan berpuasa, hari yang ditunggu-tunggu akan tiba yaitu Idul Fitri. Momen Idul Fitri merupakan saat yang tepat untuk saling bermaaf-maafan dan bersilaturahmi dengan keluarga dekat maupun kerabat. Bagi para perantau atau orang-orang yang memiliki kampung halaman, Idul Fitri juga menjadi alasan untuk kembali pulang ke rumah atau istilahnya mudik.

Mudik merupakan singkatan dari mulih dilik dalam bahasa Jawa, yang artinya pulang sebentar. Tradisi mudik ini berlangsung sejak mendekati hari raya lebaran untuk berbondong-bondong pulang ke kampung halaman. Mudik menjadi tahunan untuk sebagian masyarakat Indonesia dengan tujuan untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman yang bertepatan dengan momen libur lebaran.

Meski begitu, untuk menuju ke kampung halaman memiliki tantangan sendiri terutama tentang keamanan dan kenyamanan. Supaya Glober tetap merasa aman dan nyaman selama perjalanan mudik, yuk Simak tips mudik untuk perjalanan aman dan nyaman.

1. Istirahat yang Cukup

Sebelum berangkat mudik, kamu diharuskan untuk menjaga tubuh kamu dengan istirahat yang cukup. Tubuh yang fit menjadi kunci untuk memulai perjalanan mudik. Dengan istirahat yang cukup, tubuh menjadi lebih segar untuk melakukan perjalan mudik yang panjang.

tips mudik

Istirahat yang cukup juga berguna untuk meminimalisir risiko kelelahan dalam perjalan mudik. Selain itu, dengan istirahat yang cukup, tingkat kewaspadaan menjadi lebih tinggi saat sedang mengemudi. Maka, pastikan kamu memiliki jam tidur yang cukup sebelum melakukan perjalan mudik untuk mencegah kelelahan di jalan.

2. Cek Keadaan Rumah Sebelum Berangkat

Sebelum berangkat untuk mudik, ada baiknya untuk memeriksa keadaan rumah sebelum pergi ke kampung halaman. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan dan perampokan.

tips mudik 

Lakukan pemeriksaan rumah dengan mengecek kabel Listrik, kompor, selang tabung gas, aliran air, dan kunci rumah. Dengan melakukan langkah-langkah ini dapat membantu meminimalisir terjadinya kecelakaan dan perampokan ketika sedang berangkat mudik.

3. Informasikan Rencana Mudik ke Tetangga

Hal penting lainnya sebelum berangkat mudik yaitu memberikan informasi bahwa kita sedang ke tetangga terdekat. Ini dilakukan untuk memberitahukan bahwa kamu sedang tidak ada di rumah. Pada kondisi tertentu, rumah kita didatangi seseorang seperti kurir atau yang lainnya. Sehingga tetangga yang mengetahui kepergian kita, dapat memberitahukan bahwa kita sedang tidak ada di rumah.

tips mudik

Menginformasikan kepergiaan kita kepada tetangga saat mudik juga penting agar jika terjadi sesuatu, pemudik bisa langsung mengetahuinya dari tetangga yang sudah diinformasikan. Dengan memberitahukan kepergian kita, rumah kamu akan lebih aman karena dipercayakan kepada orang yang terdekat dan dapat dipercaya.

4. Membawa Perlengkapan Kesehatan

Kesehatan merupakan hal yang vital dalam melakukan perjalan yang jauh. Untuk menunjang tubuh kamu agar tetap fit selama perjalanan, bawalah perlengkapan kesehatan seperti vitamin dan obat-obatan pribadi. Meski tubuh kita sudah sehat, tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga, apalagi segala hal bisa terjadi di perjalanan.

tips mudik

Dalam perjalanan kondisi cuaca bisa menjadi tidak menentu, sehingga bisa jadi akan berpengaruh kepada tubuh. Dengan membawa perlengkapan kesehatan, kamu tidak perlu takut untuk dengan perubahan cuaca yang ada. Selain itu, dengan membawa vitamin tubuh kamu menjadi lebih fit dan obat-obatan untuk mencegah tubuh kamu terserang penyakit selama dalam perjalanan.

5. Membawa Bekal yang Cukup

Selain membawa perlengkapan kesehatan, hal lain yang tidak kalah penting yaitu membawa bekal yang cukup selama di perjalanan. Terkadang, ketika sedang berada di jalan sulit untuk menepi untuk sekedar mengisi perut lalu kembali melanjutkan perjalanan. Dengan membawa bekal konsumsi yang cukup, kamu tidak perlu khawatir mengalami perut keroncong selama perjalanan.

tips mudik

Bawalah makanan-makanan ringan yang sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau roti untuk dimakan selama perjalanan. Selain itu, hindari membawa makanan yang berat untuk dicerna, karena akan menimbulkan perasaan tidak nyaman di perut ketika dalam perjalanan. 

6. Pilih Transportasi yang Nyaman

Jika kamu berangkat mudik dengan transportasi umum, pilihlah moda transportasi yang nyaman untuk dinaiki. Di Indonesia, terdapat berbagai moda transportasi yang bisa digunakan untuk perjalanan mudik seperti kereta, mobil, atau sleeper bus. Pemilihan moda transportasi ini tergantung seberapa jauh perjalanan mudik yang ditempuh.

tips mudik

Jika kampung kamu berada di luar pulau, moda transportasi seperti kapal laut atau pesawat terbang bisa menjadi pilihan yang tepat. Jika kampung halaman kamu masih di pulau yang sama, transportasi jalur darat menjadi opsi yang bijaksana. Pemilihan moda transportasi berdasarkan jarak tempuhnya akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dalam perjalanan mudik.

7. Lakukan Pengecekan Kendaraan

Jika kamu memutuskan untuk naik kendaraan pribadi untuk mudik, lakukan pengecekan kendaraan secara berkala sebelum tanggal keberangkatan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di perjalanan. Pastikan semuanya berfungsi dengan normal.

tips mudik

Lakukan pengecekan mesin, rem, oli, ban, dan lain-lain. Selain itu, bawa juga alat-alat perbaikan seperti dongkrak, obeng, tang dan lain-lain untuk berjaga-jaga jika terjadi masalah di perjalanan. Upaya ini dilakukan agar dalam perjalanan menuju kampung halaman aman sentosa. 

8. Mengemudi dengan Santai agar Tidak Cepat Lelah

Apabila kamu mudik dengan naik kendaraan pribadi, maka berkendaralah dengan santai. Ini ditujukan supaya kamu tidak cepat lelah dan meminimalisir kecelakaan di jalan karena ngebut atau terburu-buru. Jika kampung halaman kamu memiliki jarak tempuh yang sangat jauh, tidak ada salahnya untuk beristirahat sejenak di jalan.

tips mudik

Menepilah untuk beristirahat sejenak secara berkala untuk mengistirahatkan tubuh kamu. Selain itu, beristirahat sejenak juga membantu untuk mengembalikan fokus kamu yang hilang karena rasa penat. Kamu bisa melakukan peregangan kecil atau sekedar memejamkan mata dan melanjutkan perjalanan kembali.

9. Memiliki Media Hiburan

Selama perjalanan mudik, pasti akan ada rasa bosan dan jenuh. Itu merupakan sesuatu yang manusiawi karena sepanjang jalan kita dihadapkan pada pemandangan jalan sejauh mata memandang. Terlebih lagi, jika di jalan terjadi macet. Maka, kehadiran media hiburan menjadi sangat penting untuk menghidupkan suasana. 

tips mudik

Kamu bisa melakukan aktivitas hiburan di jalan dengan scrolling media social, bermain game, atau streaming video. Jika naik mobil pribadi, kamu bisa membawa koleksi kaset, CD, atau untuk menemani perjalanan kamu selama mudik. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa bosan atau jenuh selama di perjalanan.

10. Memiliki Koneksi Internet

Menyambung pada poin sebelumnya, untuk scrolling media socal, bermain game, atau streaming video pasti membutuhkan koneksi internet yang stabil di segala tempat. Jika menggunakan smartphone sebagai daya internet utama, tentu akan terbatas pada penggunaan baterai dan data kuota yang cepat habis. Kini, sudah hadir modem wifi khusus mobil untuk menemani perjalanan kamu selama mudik yaitu JavaMifi Auto.

tips mudik

 

JavaMifi Auto ditujukan para pemudik yang ingin memiliki koneksi internet unlimited dan baterai yang awet sehingga dapat dipakai dalam waktu yang lama selama dalam perjalanan mudik. JavaMifi Auto memiliki jaringan yang stabil karena menggunakan sinyal dari provider-provider terbaik di Indonesia. Selain itu, JavaMifi Auto juga bisa connect up to 5 device. Kelebihan yang dimiliki JavaMifi Auto dibanding dengan modem wifi biasanya yaitu jaminan connect 100% dan CS yang selalu sedia setiap saat selama 24 jam.

Dengan adanya JavaMifi Auto di mobil kamu, anak jadi bebas rewel saat pergi mudik. Kamu juga tetap bisa meeting online, streaming, atau bermain game sepuasnya tanpa khawatir kuota habis dan baterai lowbat. Jadi, ketika sedang mudik kamu tidak perlu menyalakan data tethering dari smartphone kamu untuk mengakses internet, karena dengan adanya JavaMifi Auto kamu tetap bisa mengakses internet untuk membuka maps atau sekedar memutar tanpa khawatir baterai smartphone jadi panas.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *