7 Rekomendasi Destinasi Libur Lebaran di Luar Negeri

Hari Raya Idul Fitri semakin dekat. Setelah berpuasa satu bulan lamanya, libur lebaran menjadi momen yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Momen libur lebaran ini bisa kamu manfaatkan untuk meluangkan waktu bersama keluarga. Ada berbagai cara untuk menikmati libur lebaran bersama keluarga, salah satunya yaitu pergi liburan ke luar negeri.

Melakukan destinasi wisata ke luar negeri dapat menjadi opsi yang tepat. Selain itu, liburan ke luar negeri bisa menjadi ajang untuk rehat sejenak dari pekerjaan Ketika libur lebaran. Kamu tetap bisa merayakan Idul Fitri dengan sukacita Bersama keluarga sekaligus healing dari rutinitas sehari-sehari. Kamu bisa mengunjungi negara-negara Muslim yang memiliki tradisi unik ketika lebaran. Berikut merupakan rekomendasi destinasi libur lebaran di luar negeri.

1. Dubai

 Jika kamu ingin mengunjungi negara Muslim yang memiliki nuansa modern, kamu dapat mengunjungi Dubai. Dubai merupakan negara yang penduduknya mayoritas Muslim. Meski begitu, negara ini telah berubah menjadi lebih modern dan Sebagian sudah menyerap budaya-budaya barat.

destinasi libur lebaran

Di Dubai, kamu dapat mengunjungi bangunan atau landmark yang menjadi ciri khas negara Dubai sepert Palm Jumeirah, Burj Khalifa, sampai Dubai Frame. Namun, meski sudah bernuansa modern, Dubai tetap memiliki daerah-daerah yang tradisional yaitu Old Dubai. Di Old Dubai, kamu bisa menemukan berbagai macam pasar tradisional, produk-produk lokal, bahkan souvenir-souvenir khas Dubai. Jika kamu berencana liburan selama 4 hari 3 malam  di Dubai, kamu wajib mengikuti itinerary Dubai 4 hari 3 malam berikut ini.

2. Turki

Selain Dubai, negara yang memiliki destinasi liburan yang menarik dan bernuansa Islami yaitu Turki. Turki merupakan negara dengan mayoritas penduduknya Muslim, tapi terbuka dengan budaya-budaya lain di luar Islam. Selain memiliki destinasi wisata yang menarik, Turki juga memiliki tradisi Ramadhan dan lebaran yang unik. Salah satunya yaitu, selama bulan Ramadhan, took-toko dan kios-kios di Turki memiliki waktu operasional yang berbeda dibanding di luar bulan puasa. Bahkan, tidak sedikit toko-toko yang buka hingga tengah malam lho Globers!

destinasi libur lebaran

Seperti yang diketahui sebelumnya, Turki juga memiliki destinasi wisata yang sudah mendunia yang wajib untuk dikunjungi. Di Turki, kamu bisa mengunjungi berbagai destinasi wisata spiritual yang menarik seperti Blue Mosque, Hagia Sophia, sampai Grand Mosque. Selain destinasi wisatanya yang indah, kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Turki seperti kofte, kebab, baklava, dan manti.

3. Yordania

Negara berikut yang memiliki mayoritas penduduknya Muslim dan menjalankan ibadah puasa adalah Yordania. Ketika bulan Ramadhan tiba, masyarakat Muslim di Yordania merayakan kedatangan bulan suci ini dengan menghias rumah-rumah mereka dengan lampion atau lentera yang bertuliskan “.Eid Mubarak.” Selain itu, Yordania juga memiliki makanan khas ketika Ramadhan tiba yaitu Qatayef. Qatayef merupakan hidangan khas Yordania yang bentuk dan rasanya mirip dengan martabak manis di Indonesia.

destinasi libur lebaran

Yordania juga menjadi negara yang menjadi bagian dari golden age agama Islam saat itu. Pada masa kejayaannya, Yordania merupakan salah satu pusat sejarah dan budaya di Timur Tengah. Dengan memiliki latar sejarah Islam yang panjang dan destinasi wisata populer seperti Al-Khazneh, Biara Al Deir dan Gua Ashabul Kahfi, Yordania patut menjadi destinasi libur lebaran kamu.

4. Maroko

Bila kamu ingin liburan ke luar negeri dengan objek wisata yang unik dan pemandangan yang eksotis, kamu wajib mengunjungi Maroko. Destinasi wisata Maroko terkenal dengan negara yang memiliki corak budaya Mediterania yang khas dan arsitektur bangunannya yang otentik. Ditambah, kamu akan disajikan dengan pemandangan pantai berwarna keemasan di kota-kota tepi lautnya yang indah. Di Maroko kamu bisa mengunjungi tempat wisata populer seperti Marrakesh, Gurun Sahara, Casablanca, dan Bahia Palace.

destinasi libur lebaran

Selai itu, negara dengan julukan Negeri Seribu Benteng ini memiliki tradisi Ramadhan dan lebaran yang unik. Masyarakat Muslim di Maroko merayakan bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri dengan menyiapkan piring-piring tradisional dengan motif cantik dan khas ala Maroko. Mereka juga akan mengenakan pakaian tradisional yang disebut “djellaba untuk merayakan bulan Ramadhan dan hari raya. 

5. Mesir

Negara yang menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi setelah libur lebaran yaitu Mesir. Seperti yang sudah diketahui, Mesir memiliki tempat-tempat wisata yang terkenal sepert Piramida Giza, Egypt Museum, dan Sungai Nil. Dengan destinasi wisatanya yang unik dan hanya ditemukan di sini, Mesir dapat menjadi pilihan yang tepat untuk liburan ke luar negeri ketika libur lebaran tiba.

destinasi libur lebaran

Selain memiliki destinasi wisata yang sudah mendunia, Mesir juga memiliki tradisi yang unik Ketika Hari Raya Idul Fitri. Pada umumnya di Indonesia, kita melakukan ibadah sholat subuh dan shalat Ied, kemudian baru bersilaturahmi dengan keluarga dan sanak saudara terdekat. Berbeda dengan penduduk Muslim di Mesir, mereka terlebih dahulu mengunjungi rumah keluarga dan orang yang lebih tua, baru kemudian shalat subuh dan shalat Ied.

6. Malaysia

Selain Kawasan Timur Tengah dan Eropa, kamu juga bisa melakukan destinasi wisata ketika libur lebaran ke Kawasan Asia Tenggara, contohnya Malaysia. Selain karena jaraknya yang dekat, liburan ke Malaysia tidak memerlukan biaya yang banyak dibanding pergi negara yang berada di Eropa atau Timur Tengah. Kelebihan memilih liburan ketika libur lebaran ke Malaysia yakni aneka ragam pilihan kuliner halal yang lezat dan menggugah selera yang cocok dengan lidah orang Indonesia.

destinasi libur lebaran

Selain kulinernya yang sangat beragam, Malaysia juga memiliki tempat-tempat yang wajib dikunjungi ketika bulan Ramadhan atau Idul Fitri. Di Malaysia terdapat kota Melaka dan Penang yang menawarkan berbagai festival yang meriah ketika hari raya. Contohnya di Melaka terdapat Kampung Morten, kampung tradisional yang masih memiliki bangunan berarsitektur Melayu. Sedangkan di Penang sendiri, terdapat Kuil Kek Lok Si yang megah dan indah. Kamu juga wajib mengunjungi wisata ikonik di Malaysia.

7. Singapura

Selain Malaysia, negara yang memiliki destinasi wisata yang cocok ketika libur lebaran tiba yaitu Singapura. Meski bukan negara yang memiliki penganut agama Islam yang besar, tapi Singapura cocok untuk dijadikan sebagai destinasi wisata ketika libur lebaran. Singapura sendiri memiliki banyak objek wisata menarik yang dikunjungi seperti Marina Bay, Garden by the Bay, hingga Sentosa Island. Simak juga 7 tempat wisata seru di Singapura.

destinasi libur lebaran

Namun, di Singapura terdapat berbagai festival makanan di bulan Ramadhan. Masjid-masjid di Singapura biasanya membagikan makanan untuk semua orang, baik itu Muslim non-Muslim. Jadi siapa saja boleh menikmati momen tersebut.

Nah Globers, itu dia rekomendasi destinasi libur lebaran di luar negeri. Ketika liburan ke luar negeri, kamu wajib memiliki koneksi internet yang stabil dan unlimited. Maka dari itu, gunakan Global Wifi. Global Wifi merupakan modem internet yang digunakan ketika berada di luar negeri. Global Wifi dapat menjangkau lebih dari 200 negara. Selain itu, kelebihan dari Global Wifi yaitu bisa tethering hingga 5 device, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk berbagi internet dengan teman kamu. Ditambah, Global Wifi memiliki kuota internet yang unlimited dan sinyal yang kuat sehingga momen menonton konser kamu tidak terganggu dengan notif kuota internet habis atau sinyal hilang. Kelebihan lain dari Global Wifi ini yaitu cara penggunaannya yang mudah. Cukup nyalakan, masukan password, dan internet langsung connect.

Untuk cara yang lebih simple, gunakan e-SIM Traveling. e-SIM Traveling merupakan kartu SIM Digital yang memiliki  kecepatan internet yang stabil tanpa memasukkan SIM fisik. Kelebihan dari e-SIM Traveling yaitu bisa tethering ke 1 device dan tidak perlu registrasi untuk mendapatkan akses internet. Untuk cara penggunaan e-SIM di Android dan iOS dapat dilihat di sini. Kamu juga bisa melihat 6 daftar handphone support e-SIM tahun 2024.

Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi dari blog JavaMifi agar tidak ketinggalan informasi seputar tips & trik traveling, tempat wisata yang menarik, itinerary, dan informasi dari berbagai negara-negara di dunia. Have a safe flight Globers!

 

Traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *