7 Tempat Wisata Seru di Singapura

Setiap kawasan memiliki ciri khasnya masing-masing. Jika kamu ingin menikmati daerah yang memiliki 4 musim tapi masih di kawasan Asia, kamu bisa memilih Korea Selatan atau Jepang sebagai destinasi wisata. Jika ingin menikmati bangunan-bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh dan memiliki banyak museum, kamu bisa pergi ke Inggris atau Eropa. Jika kamu ingin mengunjungi daerah yang memiliki landmark yang terkenal di dunia, kamu bisa mengunjungi Amerika dan sekitarnya. Di Asia Tenggara sendiri, khususnya Indonesia, juga memiliki ciri khas bagi turis yang ingin merasakan daerah eksotis dan hamparan pantai sejauh mata memandang. 

Tidak perlu jauh-jauh ke Eropa, Amerika atau Jepang, kamu dapat menikmati destinasi liburan yang memiliki berbagai tempat wisata yang modern juga menyenangkan di kawasan Asia Tenggara. Daerah ini merupakan representasi dari negara yang memiliki penataan kota yang baik, berbagai tempat rekreasi yang asik dan mendunia, serta kecanggihan teknologi di suatu negara yang sudah diakui di seluruh dunia. Negara tersebut yaitu Singapura.

Singapura juga mempunyai destinasi wisata yang tidak kalah indah dari kawasan lain. Terlebih, karena berada di Asia Tenggara, maka jaraknya tidak terlalu jauh dari Indonesia sehingga hal ini sangat menguntungkan karena fisik tidak akan terlalu lelah ketika berada di perjalanan. Selain jaraknya yang dekat, Singapura juga menjadi salah satu negara dengan bebas visa masuk bagi WNI selama waktu jangka tertentu. Jadi, kamu bisa masuk ke Singapura tanpa memiliki visa masuk.

Dengan memiliki keuntungan bebas visa masuk ke Singapura, kamu bisa merasakan pengalaman berwisata ke negara dengan simbol singa ini. Jika kamu berniat travelling ke Singapura, pelajari Tips dan Persiapan Travelling ke Singapura.  Jaraknya yang dekat dan mempunyai tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi menjadi poin penting untuk mengunjungi Singapura atau sekedar healing dari rutinitas kerja yang melelahkan. Untuk itu, kami sajikan rekomendasi 7 tempat wisata di Singapura.

1. Sentosa Island

Sentosa Island merupakan pulau buatan yang dibuat oleh negara Singapura. Sentosa Island dijadikan sebagai pulau untuk berwisata bagi turis maupun penduduk lokal. Sentosa Island memiliki banyak sekali tempat wisata dan wahana yang bisa dinikmati. Bahkan, untuk mencoba semua wahana dan tempat wisata yang berada di Sentosa Island, setidaknya butuh 1-3 hari untuk dapat menikmati semuanya.

tempat wisata seru di singapura

Untuk mencapai Sentosa Island terdapat berbagai cara yaitu:

  • Naik Sentosa Express yang terletak di Vivo City Lobby L Level 3 yang menyediakan akses mudah ke Sentosa Island, Harbourfront Center, dan Stasiun St. James Power.
  • Naik MRt ke Stasiun Harbour Front, lalu pergi ke Vivo City Level 3 dan naik Sentosa Express.
  • Naik MRT dari Stasiun Harbourfront dengan tiket naik 4 SGD.
  • Naik Bus Sentosa warna kuning.
  • Naik kereta gantung.
  • Simak juga tips Jalan-Jalan Murah di Singapura dengan Transportasi Umum.

Di Sentosa Island, terdapat berbagai wahana dan tempat wisata yang menarik. Berikut rekomendasi tempat wisata di Sentosa Island:

Tiger Sky Tower

Merupakan menara observasi tertinggi di Singapura yang terletak di Sentosa Island. Tiger Sky Tower ini berfungsi untuk melihat pemandangan Sentosa Island dari ketinggian 110 meter dari permukaan tanah. Harga tiket naik Tiger Sky Tower $18  atau 23 SGD untuk satu orang dewasa. Jam operasional Tiger Sky Tower Senin-Jumat 09:00-21:00.

Museum Image of Singapore

Adalah museum interaktif yang berada di Sentosa Island. Dahulu, bangunan ini merupakan rumah sakit pada zaman kolonial. Museum Image of Singapore juga memiliki layar besar yang menampilkan video penjelasan tentang sejarah Singapura.

Museum ini dilengkapi dengan teknologi yang canggih yang menampilkan suara dan efek-efek yang luar biasa sehingga pengunjung dapat merasakan pengalaman kembali ke abad-15 untuk melihat pemukiman pertama di Singapura. Harga tiket masuk Museum Image of Singapore 39 SGD. Jam operasional Museum Image of Singapore Senin-Jumat 10:00-18:00, Sabtu-Minggu 10:00-19:30.

Benteng Fort Siloso

Merupakan satu-satunya benteng masa kolonial yang masih bertahan sampai sekarang. Benteng ini awalnya dibangun oleh Inggris pada akhir abad-19 setelah Terusan Suez dibuka, sehingga Singapura menjadi pusat jalur perdagangan internasional antara Eropa dan Asia. Benteng ini dibuat untuk melindungi serangan dari luar.

tempat wisata seru di singapura

Kemudian, sekarang Fort Siloso diubah menjadi museum interaktif. Kita dapat melihat koleksi peninggalan Perang Dunia II, bunker, terowongan, dan senjata yang digunakan ketika perang. Selain itu, terdapat juga patung lilin tentara Inggris yang realistis sehingga menciptakan kembali pemandangan pada saat itu.

Area Fort Siloso cukup luas, tapi kamu tidak perlu khawatir karena di beberapa titik terdapat ruang istirahat dengan kipas angin dan minuman dingin gratis. Tiket masuk Fort Siloso gratis. Jam operasional Fort Siloso Senin-Minggu 10:00-18:00.

Song of the Sea

Adalah pertunjukkan besar yang menampilkan teater musikal, pertunjukan sinar laser, semburan air, dan kembang api yang menawan. Pertunjukkan ini rutin dilakukan di Sentosa Island. Song of the Sea menceritakan kisah tentang malam yang menawan dengan tema kelautan.

tempat wisata seru di singapura

Pertunjukkan berlangsung setiap malam dalam cuaca apapun dengan durasi 25 menit. Harga tiket masuk Song of the Sea Singapura mulai dari 12-15 SGD. Jam buka Songs of the Sea Singapura Senin-Jumat 19:40 & 20:40, Sabtu 21:40.

Universal Studio Singapore

Adalah taman hiburan yang menawarkan pengalaman hiburan mencakup berbagai wahana, pertunjukkan, dan atraksi berdasarkan film-film dan karakter populer dari Studio Universal Pictures. Di USS, terdapat zona-zona yang berbeda.

tempat wisata seru di singapura

Zona Hollywood, di sini kamu dapat merasakan atmosfer Hollywood dengan replika Walk of Fame dan pertunjukan jalanan yang menarik.

Zona New York, menghadirkan nuansa kota New York dengan arsitektur khas dan pemandangan ikonik seperti Liberty Island. Terdapat juga wahana yang berdasarkan film seperti Sesame Street dan The Amazing Adventures of Spider-Man.

Zona Sci-Fi City, yaitu zona dengan pengalaman futuristik dengan atraksi Transformer: The Ride dan Battlestar Galactica, roller coaster dengan dua jalur.

Zona Ancient Egypt, menampilkan lanskap gurun yang eksotis dengan replika Sphinx dan Piramida dengan wahana Revenge of the Mummy, yaitu roller coaster dalam ruangan yang menggabungkan pengalaman menegangkan dan efek khusus.

Zona Lost World, menampilkan replika hutan hujan tropis dan wahana Jurassic Park Rapids Adventure yang memungkinkan pengunjung mengarungi sungai dengan bahaya dinosaurus.

Zona Far Far Away, dibuat berdasarkan dunia cerita dongeng Shrek dan atraksi seperti Shrek 4D Adventure serta Enchanted Airways, roller coaster keluarga yang ramah anak.

Zona Madagascar, pengunjung dapat menikmati wahana berdasarkan karakter dari film Madagascar seperti Alex, Marty, Gloria, Melman, dan lain-lain.

Selain itu, di USS terdapat pula pertunjukan live, parade, dan pertunjukan jalan yang seru dengan karakter-karakter populer dari dunia film.

Di USS juga terdapat toko-toko merchandise dan tempat makan yang dapat kamu nikmati selama berada di USS. Harga tiket masuk Universal Studio Singapore 74 SGD untuk dewasa dan 54 SGD untuk anak-anak. Jam operasional USS Rabu-Sabtu 12:00-19:00 dan Minggu 10:00-18:00.

Jika kamu ingin berlama-lama di Sentosa Island, kamu bisa mempertimbangkan untuk menginap di salah satu hotel yang berada di Sentosa Island. Rata-rata hotel di Sentosa Island adalah hotel bintang 4 dan bintang 5.

Berikut rekomendasi hotel-hotel di Sentosa Island:

  • Sofitel Singapore Sentosa Resort and Spa. Fasilitas Sentosa Resort and Spa: airport transfer, bicycle rental, valet parking, boleh membawa hewan peliharaan, fitness center, spa, shuttle service, dan free WiFi di semua ruangan.
  • Resort World Sentosa – Hard Rock Hotel. Fasilitas Hard Rock Hotel: airport transfer, valet parking, free WiFi di semua ruangan, front desk 24 jam, kolam renang (outdoor), golf course (on-site), penyimpanan bagasi, dan cash withdrawal.
  • Resort World Sentosa – Hotel Ora. Fasilitas Hotel Ora: airport transfer, valet parking, shuttle service, fitness center, free WiFi di semua ruangan, check-in/out express.
  • Resort World Sentosa – Hotel Michael. Fasilitas Hotel Michael: airport transfer, valet parking, free WiFi di semua ruangan, front desk 24 jam, kolam renang (outdoor), golf course (on-site), penyimpanan bagasi, cash withdrawal.

2. Singapore Flyer

Singapore Flyer merupakan bianglala observasi tertinggi di Singapura yang menyajikan pemandangan menakjubkan di kawasan Marina Bay. Singapore Flyer memiliki tinggi 165 meter. Di dalam kapsul bianglala Singapore Flyer, kamu dapat berfoto dan selfie ria dengan latar belakang pemandangan kota Marina Bay. Harga tiket masuk naik Singapore Flyer 24,5 SGD dalam satu putaran selama 30 menit. Jam operasional Singapore Flyer 10:00-22:00 (pendaftaran terakhir 21:30).

tempat wisata seru di singapura

Untuk mencapai ke Singapore Flyer, kamu bisa naik:

  • Taksi
  • MRT melalui Stasiun MRT Promenade di Jalur Lingkar dengan kode stasiun CC4. Keluar dari Pintu A lalu berjalan kaki 5 menit dengan melihat petunjuk jalan yang mengarah ke Singapore Flyer.
  • Bus gratis dengan rute melalui Raffles Link (Stasiun MRT City Hall-Millenia Tower-Centennial Tower-Suntec City yang berangkat 30 menit sekali.
  • Bus kota nomor 106, 111, dan 133 menuju Temasek Avenue.

3. Garden by the Bay

Garden by the Bay adalah kawasan taman seluas 101 hektar yang ditumbuhi berbagai macam tumbuhan hijau nan rimbun yang berlokasi di tepi Marina Bay Waterfront di pusat Singapura. Taman ini merupakan suaka bagi penyuka alam dan pecinta dunia hortikultura. Taman ini terdiri dari Bay Central Garden, Bay East Garden, dan Bay South Garden. Di Garden by the Bay terdapat 3 conservatories yang bisa dikunjungi yaitu Flower Dome, Floral Fantasy dan Cloud Forest.

tempat wisata seru di singapura

Flower Dome adalah area yang menaungi berbagai tumbuhan dan bunga dari lima benua, dari pepohonan zaitun berusia ribuan tahun hingga bunga magnolia dan anggrek.

tempat wisata seru di singapura

Floral Fantasy konservatori yang mengulas dunia sejarah dan fantasi yang masing-masing mengambil dari kisah inspiratif dongeng dari Taman Gantung Babilonia dengan area hijau, pahatan kayu apung, dan karya seni flora.

tempat wisata seru di singapura

Sementara Cloud Forest adalah lanskap yang dipenuhi kabut berisikan berbagai tumbuhan langka dengan pemandangan dramatis. Terdapat juga Cloud Mountain, yaitu gunung kecil yang ditumbuhi tumbuhan pakis dan tumbuhan pemakan serangga yang diselimuti kabut dan dikelilingi vegetasi yang rimbun. Harga tiket masuk Flower Dome dan Cloud Forest 28 SGD. Jam operasional Garden by the Bay Senin-Minggu 09:00-21:00.

tempat wisata seru di singapura

Di Garden by the Bay terdapat juga Supertree Grove, yaitu rangkaian struktur yang dibuat seperti ranting pohon yang menjulang tinggi sepanjang 25 hingga 30 meter. Kamu bisa berjalan di skywalk yang berada di bawah Supertree Grove. Ketika sore, struktur ini akan diterangi dengan Garden Rhapsody, pertunjukkan lampu dan suara sehingga memberikan kesan panorama yang tidak akan terlupakan. Untuk melihat Supertree Grove gratis.

tempat wisata seru di singapura

Jika kamu datang sekitar akhir bulan April-Mei diadakan Tulip Exhibition, kamu dapat melihat bunga tulip bermekaran di sini sehingga tidak perlu jauh-jauh ke Belanda.

Untuk mencapai Garden by the Bay, kamu bisa naik MRT turun di Bayfront Station. Cara lain yaitu naik MRT sampai Marina Bay Station, lalu dilanjutkan dengan bus nomor 400.

4. Esplanade – Theatres on the Bay

Negara Singapura memfasilitasi penduduknya untuk dapat berjalan kaki dengan nyaman. Di Marina Bay sendiri terdapat gedung-gedung tinggi, seperti Asia Square, The Sail @ Marina Bay, Marina Bay Financial Centre, Garden by the Bay, dan Marina Bay Sands yang menjadi landmark kota Marina Bay. Di Marina Bay, juga terdapat teater seni yaitu Esplanade.

tempat wisata seru di singapura

Esplanade Theater adalah pusat pertunjukkan seni yang berada di dekat Singapore River. Esplanade Theater menyajikan pementasan drama, musikal, tari dan konser di aula Theater dan Concert Hall. Di dalam Esplanade juga terdapat sebuah mall bagi kamu ingin membawa Oleh-Oleh Khas Singapura, perpustakaan, dan tempat pertunjukkan yang lebih kecil. Selain itu, terdapat pula Roof Terrace yang menawarkan pemandangan indah Marina Bay dari atas. Theater ini bentuknya menyerupai kulit durian.

Bisa dibilang The Esplanade seperti Sydney Opera House di Sydney Australia. Hampir semua pertunjukan konser musikal atau drama diadakan di Esplanade. Untuk masuk ke Esplanade gratis. Sedangkan untuk menyaksikan pertunjukan tergantung pertunjukannya itu sendiri.  Jam operasional Esplanade Senin-Minggu 09:00-05:00. Transportasi ke Esplanade naik MRT, lalu ambil jalur menuju Stasiun Esplanade atau Citilink Mall.

5. Singapore Zoo

Kebun binatang ini berada di Mandai, Singapura. Kebun binatang ini berukuran 28 hektar dan memiliki 3200 ekor hewan termasuk ikan. Kebun binatang Singapura ini juga menyediakan Night Safari bagi yang ingin melihat kegiatan hewan kebun binatang pada malam hari.

tempat wisata seru di singapura

Untuk mencapai lokasi Singapore Zoo, naik MRT turun di Stasiun Choa Chu Kang, lalu dilanjutkan naik bus nomor 927 atau turun di Stasiun MRT Ang Mo Kio, dan dilanjutkan dengan naik bus 138. Harga tiket masuk kebun binatang Singapura untuk dewasa 48 SGD, anak-anak 33 SGD, orang tua/lansia  20 SGD. Jam operasional Singapore Zoo Senin-Minggu 08:30-18:00.

6. Singapore Science Center

Jika kamu penggemar sci-fi atau hal-hal yang berbau saintifik, kamu harus mengunjungi Singapore Science Center.  Singapore Science Center adalah tempat wisata di Singapore Center Road yang digunakan untuk rekreasi pengetahuan terutama tentang sains bagi semua umur. Di Singapore Science Center terdapat berbagai aneka ilustrasi, instalasi, dan alat peraga dari berbagai bidang ilmu pengetahuan yang dapat dilihat dan dicoba, diantaranya yaitu rumus matematika, rumus fisika, perubahan iklim, taman kinetik, taman ruang angkasa, kehidupan virus, tata surya, dan lain-lain. Di Singapore Science Center, ilmu pengetahuan dijelaskan dan ditampilkan dengan cara yang menarik sehingga kamu tidak merasa berada di dalam kelas.

tempat wisata seru di singapura

Di halaman luar juga terdapat Interactive Garden of Science berupa air mancur, air terjun, hingga kolam yang cocok untuk anak-anak. Di dalam Singapore Science Center juga terdapat Omni-Theatre, yaitu ruangan yang menyerupai bioskop 3D dengan langit-langit seperti observatorium yang menayangkan video dengan teknologi canggih. Tiket masuk Singapore Science Center mulai dari 6-25 SGD tergantung bundling dan area yang mau dikunjungi. Jam operasional Singapore Science Center Selasa-Minggu 10:00-17:00.

Untuk mencapai ke Singapore Science Center naik MRT sampai Stasiun Jurong East, lalu naik bus nomor 335. Estimasi waktu yang diperkirakan untuk mencapai SSC yaitu 3 jam.

7. Chinese Garden

Jika kamu berada di Jurong East, pastikan kamu mengunjungi Chinese Garden. Chinese Garden adalah taman luas yang dipadukan dengan bangunan oriental khas era dinasti China. Di Chinese Garden, kamu akan menemukan bangunan-bangunan dengan arsitektur khas kerajaan China seperti jembatan batu, tea house, pagoda, paviliun, tower, bonsai garden, garden of abundance, hingga live turtle and tortoise museum yang menampilkan berbagai jenis spesies kura-kura air tawar dan kura-kura darat.

tempat wisata seru di singapura

Harga tiket masuk ke Chinese Garden gratis, tapi jika ingin masuk ke dalam Garden of Abundance dan Live Museum Turtle and Tortoise, dikenakan biaya 2-5 SGD. Jam operasional Chinese Garden Senin-Minggu 06:00-23:00.

Untuk mencapai Chinese Garden naik MRT, lalu turun di Stasiun Chinese Garden. Ikuti petunjuk jalan, dan jalan kaki sekitar 5 menit.

Saat kamu berada di Singapura, pastikan kamu memiliki koneksi internet dengan sinyal yang kuat demi menunjang liburan kamu. Untuk itu, pastikan kamu memiliki Global Wifi masa kini. Dengan Global Wifi ini kamu cukup nyalakan, masukkan password, dan internet langsung connect. Jika terdapat masalah, kamu bisa menghubungi customer support yang siap membantu 24 jam.

Mau cara yang lebih simple? Gunakan eSIM Traveling. Jika smartphone kamu hanya memiliki satu slot kartu SIM, tapi punya fitur e-SIM, maka eSIM Traveling menjadi solusinya. Kamu tinggal scan QR dan internet langsung connect tanpa ribet registrasi.

Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi dari blog JavaMifi agar tidak ketinggalan informasi seputar tips & trik travelling, tempat wisata yang menarik, itinerary, dan informasi dari berbagai negara-negara di dunia. Have a safe flight Globers!

Singapura, Traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *