Itinerary Busan 2 Hari 1 Malam

Selama beberapa tahun ke belakang, dunia diserbu dengan gelombang hallyu (Korean wave). Berkat gelombang ini, seluruh dunia disusupi oleh pop culture dan budaya-budaya dari negara Korea Selatan mulai dari musik, film, fashion, makanan, hingga tempat-tempat wisata di Korea Selatan.

Korea Selatan sendiri sejak dahulu memiliki tempat-tempat pariwisata yang sudah terkenal, tetapi karena hallyu wave, popularitas Korea Selatan mencapai puncaknya pada dua dekade terakhir. Bahkan, sebuah halte dan pantai kecil di Korea Selatan menjadi terkenal karena menjadi tempat syuting dan video klip musik. Sebagai K-Popers, kamu bisa mengunjungi destinasi wisata di Korea Selatan yang wajib untuk dikunjungi.

Selain Seoul yang menjadi pusat ekonomi dan ibukota negara, Korea Selatan juga memiliki kota yang tidak kalah indah dengan Seoul yaitu, Busan. Busan merupakan kota metropolitan yang terletak di selatan Korea Selatan. Posisinya yang dekat dengan laut, menjadikan Busan sebagai kota yang familiar dengan lautan, sehingga tidak heran Busan memiliki pelabuhan tersibuk di Korea Selatan dan memiliki pasar seafood yang terkenal.

Busan sendiri memiliki tempat-tempat wisata yang menarik. Bahkan beberapa diantaranya pernah dijadikan sebagai film dan series drama Korea Selatan. Jadi, jika kamu berencana liburan ke Korea Selatan, Busan bisa menjadi salah satu tempat yang paling direkomendasikan. Berikut adalah itinerary Busan 2 hari 1 malam.

1. Transportasi dari Seoul ke Busan

Jika kamu landing di Bandara Incheon, kamu bisa naik kereta Arex ke Seoul Station. Setelah di Seoul Station, kamu bisa memilih salah satu dari 3 opsi kereta menuju Busan yaitu:

  • KTX
  • ITX
  • Mugunghwa

KTX adalah kereta tercepat di antara dua kereta di atas. Untuk mencapai Busan Station, kereta KTX hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam, karena KTX memiliki kecepatan 300 km per jam. Interval keretanya pun cukup banyak. Dalam satu jam bisa 2-3 keberangkatan. Tarif kereta KTX sekitar 55.000 won termasuk seat reservation. Usahakan untuk membeli tiket 2-3 hari sebelum keberangkatan karena rute kereta ini biasanya penuh.

itinerary busan 2 hari

Kereta kedua yaitu kereta ITX. Kereta ITX membutuhkan waktu 3-4 jam perjalanan. Interval kedatangan kereta 1-2 jam sekali. Tarif kereta ITX 42.600 won dengan waktu perjalanan 3-4 jam. 

Sedangkan kereta terakhir yaitu Mugunghwa dengan waktu perjalanan waktu 5 jam 50 menit dengan harga 28.600 won. 

Jika kamu ingin memiliki fleksibilitas tinggi untuk mengelilingi Korea Selatan, kamu dapat memperimbangkan membeli Korea Rail Pass. Sebenarnya terdapat juga bus express jurusan Seoul-Busan, tetapi harga dan waktunya tidak terlalu berbeda dengan naik kereta.

2. Tempat Menginap

Busan memiliki kontur alam yang memanjang sepanjang pesisir pantai sehingga transportasi di Busan (subway dan bus) mengikuti kontur alam ini. Terlebih lagi, tempat-tempat wisata Busan tersebar di sebelah barat yakni Gamcheon dan Songdo Beach, sedangkan sebelah timur terdapat Haeundae Beach dan Yonggungsa Temple.

Terdapat homestay yang dapat dijadikan tempat menginap yaitu di sekitar:

  • Seomyeon
  • Busan Station
  • Haeundae Beach

Ketiga pilihan di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karena tersebarnya tempat-tempat wisata di Busan, untuk mencapai tempat wisata tersebut pasti akan memakan waktu setidaknya 30 menit menuju tempat wisata. Jadi, untuk meminimalisir waktu yang terbuang, kamu dapat memilih tempat menginap yang dekat dengan tempat wisata yang ingin kamu kunjungi.

itinerary busan 2 hari

Seomyeon merupakan pusat keramaian, karena banyak orang yang berbelanja di mall dan restoran di daerah ini. Hotel-hotel pun juga bertebaran di sekitar Seomyeon. Namun, jika kamu ingin ke semua tempat wisata di Busan, akan memakan waktu sekitar kurang lebih 30 menit. Rekomendasi hotel di kawasan ini yaitu Lotte Hotel dan Atto Hotel.

Bila kamu tiba dari Seoul dengan kereta KTX, maka Busan Station merupakan pemberhentian pertama. Di sekitar stasiun terdapat beberapa hotel, tapi tidak terlalu banyak. Kamu bisa memilih hotel di sekitar Stasiun Busan atau di sekitar Busan International Film Festival Square (BIFF) jika tidak ingin transfer dengan membawa koper. Menginap di sini lebih dekat dengan Gamcheon Village, tapi jauh jika kamu ingin ke Haeundae Beach dan tempat wisata di timur Busan. Rekomendasi hotel yang berada di dekat Stasiun Busan yaitu Ramada Encore by Wyndham dan Brown Dot Hotel Busan Station. 

Haeundae Beach merupakan daerah yang memiliki nuansa kehidupan di pantai. Hotel dan restoran pun banyak di daerah Haeundae Beach. Untuk mencapai Yonggungsa Temple lebih dekat, tetapi untuk menuju Stasiun Busan dan Gamcheon Village akan memakan waktu lebih dari 1 jam. Rekomendasi hotel di Haeundae Beach yaitu Benikea Premier Hotel dan Best Western Hotel.

3. Transportasi di Busan

Di Busan terdapat 2 transportasi yang umum dipakai yaitu subway dan bus kota. Tarifnya pun tidak jauh berbeda dengan transportasi yang berada di Seoul yaitu sekitar 1.100 won per perjalanan. Di Seoul sendiri Google Maps kurang informatif, gunakan Naver Map atau Kakao Map untuk keperluan navigasi lokal.

Berikut merupakan peta metro di Busan

itinerary busan 2 hari
metro.nuua.travel

Yang perlu dilihat adalah line 1 berwarna orange dan line 2 berwarna hijau. Kedua line tersebut dan jalur bus cukup untuk mengantar kamu ke tempat-tempat wisata di Busan yang populer. Line 1 terdapat Busan Station 113, transfer dengan KTX dan Seomyeon 119, transfer ke line hijau. Di line hijau terdapat Centrum City atau BEXCO (Busan Expo) dan Haeundae Beach.

Jika kamu enggan untuk transfer line dan naik turun tangga metro, bus di Busan memiliki banyak nomor, tapi  waktu tempuhnya sedikit lebih lambat dari kereta. Namun, kemungkinan bisa dapat tempat duduk karena sepi. Untuk bus bernomor 10xx (1010 atau 1011) kursinya duduknya menghadap depan dan rata-rata adalah bus express.

4. Itinerary ke Busan

Itinerary ini hanya dilakukan untuk ke Busan saja, tidak untuk trip dari Seoul karena akan sangat melelahkan. Itinerary dilakukan untuk 2 hari 1 malam. Berikut adalah itinerary ke Busan 2 hari 1 malam:

Day 1: Gamcheon Cultural Village, BIFF Square, Jagalchi Market, dan Songdo Beach 

Day 2: Haedong Yonggungsa Temple, Haeundae Beach, Lotte World Busan Theme Park

Day 1

Hari pertama yaitu pergi ke Gamcheon Cultural Village. Gamcheon Cultural Village merupakan kawasan pemukiman yang berada di lereng gunung yang dibuat artistik dengan rumah-rumah warga yang dicat warna-warni sehingga menarik minat turis. Tersedia juga transportasi bus untuk mencapai Gamcheon Cultural Village yaitu dengan naik village bus. Village bus adalah transportasi publik berukuran medium berwarna hijau. Jika kamu naik metro, keluar dari stasiun, kemudian naik bus hijau nomor 2, 2-2, atau 1. Karena Kawasan Gamcheon Cultural Village yang berada di sekitar lereng gunung, kamu akan merasakan perjalanan yang curam dan menanjak, karena itu bus kota berukuran besar tidak bisa melewati kawasan ini.

itinerary busan 2 hari

Usahakan kamu datang pada cuaca yang cerah, sehingga kamu bisa mendapat foto yang baik tanpa terhalang kabut. Spot foto terkenal di Gamcheon Cultural Village yaitu patung Little Prince dari karya novel Antoine de Saint Exupery. Kawasan ini terdapat jalan yang menanjak. Bahkan ada satu tangga yang disebut “Stairs to See Stars” dengan 148 anak buah tangga. Maka dari itu, kamu harus mempersiapkan fisik yang kuat. Untuk menikmati seluruh kawasan Gamcheon Cultural Village ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Ada juga tempat-tempat healing di Korea Selatan yang menyenangkan

Selanjutnya yaitu ke Busan International Film Festival Square (BIFF). Kota Busan merupakan tempat yang mengadakan festival film internasional yaitu Busan International Film Festival (BIFF). Busan memiliki area pedestrian yang dipadati oleh deretan toko, butik, tempat makanan, maupun department store yang menjual merek-merek terkenal di dunia yaitu Busan International Film Festival Film Square (BIFF). Area BIFF Square ini terus berkembang sebagai pusat industri film populer Korea Selatan yang dipadukan dengan tempat belanja, jajanan makan, kehidupan malam, dan objek wisata.

itinerary busan 2 hari

Untuk mencapai BIFF Square dari Gamcheon Cultural Village, kamu bisa naik bus dari Gamcheon, kemudian akan turun tepat di depan jalan BIFF Square.

Di BIFF Square juga terdapat makanan berbagai macam street food tradisional Korea seperti tteokbokki atau kue beras Korea, kafe, restoran, dan hotel sehingga kamu bisa mencari makan dan tempat menginap di area BIFF. Di sebelah utara BIFF terdapat Busan Tower yang  berada di Yongdusan Park dengan jarak tempuh 5 menit jalan kaki dari BIFF Square. 

itinerary busan 2 hari
visitbusan.net

Seperti yang diketahui, Busan merupakan kota yang berada di pesisir laut sehingga tidak heran daerah ini memiliki keahlian dalam menawarkan hidangan laut. Salah satu buktinya, di Busan terdapat pasar ikan terbesar di Korea Selatan yaitu Jagalchi Market.

itinerary busan 2 hari

Jagalchi Market menjual berbagai jenis ikan, gurita, belut, hingga bulu babi dari berbagai ukuran dan warna. Jagalchi Market memiliki dua lantai. Lantai pertama terdapat kios yang menjual bahan dasar hidangan laut. Sedangkan lantai kedua terdapat restoran-restoran yang menjual menu yang sama dan harga yang tidak jauh berbeda. 

Jagalchi Market bisa dicapai dengan berjalan kaki ke arah selatan selama 5 menit dari BIFF Square.  

itinerary busan 2 hari
visitbusan.net

Setelah dari Jagalchi Market, destinasi selanjutnya yaitu Songdo Beach. Songdong Beach adalah pantai yang berada di pesisir selatan Busan. Songdo sendiri artinya pinus, karena pernah kawasan ini pernah ditumbuhi pohon-pohon pinus. Songdo Beach sendiri bisa dibilang lebih sepi dibanding pantai-pantai lain yang berada di Busan seperti Gwangli dan Haeundae. 

itinerary busan 2 hari

Untuk mencapai Songdo Beach, kamu bisa naik bus dari Jagalchi (bus 17, 16, 61 dari exit 1) yang memakan waktu 20 menit. Kamu juga bisa naik kendaraan pribadi dan memarkirnya di depan pantai (berbayar). 

Di Songdo Beach, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berjemur, berenang, bahkan bermain voli pantai. Pantai Songdo juga menyediakan beragam fasilitas teropong pengamat untuk melihat pemandangan di sekitar Pantai Songdo hingga pembersih sepatu agar sepatu kamu bersih dari pasir yang menempel di sepatu kamu.  

Kamu bisa berjalan-jalan di atas jembatan Cloud Trail (Songdo Skywalk) untuk mengitari pantai atau naik cable dari Songdo Sky Park dan Amnam Park untuk melintasi laut dan melihat pemandangan Pantai Songdo dari atas dengan tarif 15.000 won untuk dua kali jalan (2 arah).

Day 2

Hari kedua kamu bisa ke daerah Haeundae yang terletak di timur Busan. Di Haeundae terdapat banyak sekali destinasi wisata, salah satunya yaitu Yonggungsa Temple. Yonggungsa Temple merupakan salah satu kuil Buddha terbesar yang berada di tepi pantai. Letaknya yang berada di tepi pantai menjadikan Yonggungsa Temple banyak dikunjungi turis karena menyajikan pemandangan pinggir pantai yang indah.

itinerary busan 2 hari

Ketika mengunjungi Yonggungsa Temple, kamu akan dihadapkan pada nuansa kuil Buddha yang sangat kental seperti lentera batu yang terletak di pinggir pintu masuk kuil, pagoda yang masih berdiri kokoh, hingga patung-patung Budha yang tersebar di kuil ini.

Untuk mencapai Yonggungsa Temple, kamu bisa naik transportasi umum bus express 1001 atau 100 dengan tarif 1.700 won yang memakan waktu 1 jam jika kamu dari Busan Station. Ketika akan turun, perhatikan announcement dari speaker dalam. Saat turun, kamu masih perlu jalan kaki sekitar 800 km untuk menuju pintu masuk kawasan kompleks Haedong Yonggungsa Temple. Yonggungsa Temple juga memiliki jalan yang menanjak, jadi usahakan ketika berkunjung ke kuil ini kondisi tubuh kamu sedang dalam keadaan yang prima. Tiket masuk ke kuil Yonggungsa gratis. Yonggungsa Temple buka dari jam 5 pagi hingga matahari terbenam. 

Setelah menikmati keindahan kuil Yonggungsa, kamu dapat mengunjungi destinasi wisata terkenal berikutnya di Busan. Agak disayangkan bila di Busan kamu tidak memanfaatkan waktu untuk menikmati pantai dan keindahan pemandangan lautnya. Maka dari itu, kamu wajib mengunjungi Haeundae Beach. Haeundae Beach merupakan pantai yang paling terkenal di Haeundae maupun Busan, bahkan Korea Selatan. Pantai Haeundae menyajikan pemandangan yang indah serta memiliki berbagai fasilitas untuk para pengunjung. Selain itu, Haeundae Beach juga memiliki aquarium yaitu Akuarium Busan. Akuarium Busan merupakan akuarium terbesar di Korea Selatan yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak. Korea Selatan juga memiliki destinasi wisata bermain bersama keluarga. Terdapat juga restoran dan tempat makan di pinggir Haeundae Beach. Kamu bisa menyewa ban pelampung atau payung pantai. Kamu bahkan bisa memesan pizza dan meminta untuk mengirimkannya ke payung tempat kamu bernaung. Namun, tetap jaga lingkungan dan jangan buang sampah sembarangan yaa Globers!

itinerary busan 2 hari

Busan juga memiliki memiliki tempat wisata wahana lain yaitu Lotte World Theme Park Busan. Lotte World Busan merupakan theme park yang bisa dibilang lebih besar dibandingkan dengan Lotter World yang berada di Seoul. 

Lotte World Busan memiliki wahana yang sama dengan Lotte World Seoul, tetapi jika kamu ke Busan, tidak ada salahnya untuk mencobanya. Selain itu, antriannya lebih pendek dibandingkan dengan Lotte World Seoul. 

itinerary busan 2 hari

Untuk menuju Lotte World Busan, kamu naik kereta Donghae Line dari Stasiun BEXCO dan turun di OSIRIA Station dengan perjalanan sekitar 10 menit.

Untuk tiket masuk Lotte World Busan, terdapat 2 jenis tiket yaitu Park Ticket dan Park & Museum Pass. Harga tiket masuk Lotte World Park jenis Park Ticket dewasa 59.000 won, remaja 52.000 won, dan anak-anak 46.000 won. Sedangkan untuk jenis tiket Park & Museum Pass dewasa 62.000 won, remaja 54.000 won, anak-anak 47.000 won, dan bayi 15.000 won.

Selama berada Busan, tentunya kamu tidak mau melewatkan momen-momen tersebut. Merekam dan memotret selama vakansi, lalu membagikannya ke media sosial merupakan hal yang sangat menyenangkan. Namun, kebahagiaan kamu tentu tidak mau dihambat hanya karena sinyal internet yang jelek dong? Solusi dari permasalahan tersebut yaitu menggunakan Global Wifi. Global Wifi ini mempunyai jaringan yang mencakup lebih dari 200 negara termasuk Korea Selatan. Cara pakainya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menyalakannya, masukan password, dan internet langsung connect.

Jika smartphone kamu sudah mendukung e-SIM dan enggan membawa barang lain, tersedia juga e-SIM Travel. Cara pakainya pun cukup mudah. Kamu cukup scan QR Code dan internet langsung connect. Tidak perlu ribet scan wajah atau memasukkan data pribadi. Jika kamu mengalami kendala, customer support kami juga siap siaga 24 jam. 

Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi dari blog JavaMifi agar tidak ketinggalan informasi seputar tips & trik travelling, tempat wisata yang menarik, itinerary, dan informasi dari berbagai negara-negara di dunia. Have a safe flight Globers!

Itinerary, Korea Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *