Jalan-Jalan Murah di Singapura dengan Transportasi Umum

JavaMifi – Salah satu hal yang menyenangkan dari jalan-jalan di Singapura adalah fleksibilitas kita memilih moda transportasi umum yang mau digunakan. Dari banyaknya moda transportasi, MRT atau Mass Rapid Transit dan bus menjadi pilihan favorit dari banyak traveler. Selain dari dua itu, masih ada moda transportasi umum lainnya yang tersedia di Singapura seperti LRT dan taksi. Berikut beberapa transportasi umum yang tersedia di Singapura:

1. MRT

MRT atau Mass Rapid Transit merupakan sistem kereta bawah tanah yang menghubungkan berbagai area di Singapura. MRT menjadi transportasi yang paling efisien, cepat, dan nyaman untuk berkeliling kota. Tak heran jika banyak traveller sangat mengandalkan moda transportasi satu ini. Tarif yang ditawarkan untuk menaiki MRT dihitung berdasarkan jarak tempuh, mulai dari sekitar SGD0,801 dengan pembayaran menggunakan kartu EZ-Link atau NETS Flashpay yang bisa dibeli dan diisi ulang di stasiun.

2. Bus

Bus adalah transportasi umum yang bisa mengantarmu ke tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh MRT. Bus di Singapura juga menggunakan sistem tarif berdasarkan jarak, dan bisa dibayar dengan kartu EZ-Link atau NETS FlashPay. Bus di Singapura memiliki kondisi yang bersih, nyaman, serta dilengkapi dengan AC dan Wi-Fi. Bisa mengunjungi website gothere.sg/maps untuk melihat jadwal dan rute bus di sekitaran.

3. LRT

LRT atau Light Rail Transit merupakan sistem kereta ringan yang menghubungkan beberapa daerah pinggiran di Singapura dengan stasiun MRT terdekat. Sama seperti MRT, untuk mengakses transportasi umum LRT juga memerlukan kartu EZ-Link atau NETS FlashPay untuk pembayaran. Tarif LRT di Singapura sama dengan tarif MRT.

4. Taksi

Merupakan transportasi pribadi yang bisa digunakan untuk perjalanan yang lebih fleksibel dan nyaman. Namun, tarif taksi di Singapura cukup mahal, terutama di jam sibuk atau malam hari. Tarif taksi di Singapura bervariasi tergantung jenis taksi, jarak tempuh, waktu, dan lokasi. Rata-rata tarif dasar taksi di Singapura adalah sekitar SGD3-SGD5, ditambah SGD0,22-SGD0,45 per km.

5. Cable Car

Cable car merupakan transportasi udara yang bisa memberikan pemandangan indah dari ketinggian. Cable car atau yang biasa dikenal sebagai kereta gantung ini menghubungkan pulau utama Singapura dengan pulau Sentosa, tempat wisata populer yang memiliki berbagai atraksi seperti Universal Studios Singapore, S.E.A. Aquarium, dan Adventure Cove Waterpark. Tarif cable car di Singapura berkisar sekitar SGD35 untuk dewasa dan SGD25 untuk anak-anak.

Cocokkan dengan Itinerary Jalan-jalan di Singapura

Bukan rahasia umum kalau jalan-jalan di Singapura sangat menyenangkan karena kualitas transportasi umum di Singapura sangat baik dan terintegrasi. Jadi baik MRT, bus, dan lainnya, sebenarnya sama-sama bisa sampai ke tempat tujuan.

Namun kalau itinerary kamu dalam satu hari mengunjungi banyak tempat, ada baiknya menggunakan MRT dibanding bus. Karena dari berbagai pengalaman, MRT memiliki durasi tempuh lebih cepat dibanding dengan bus.

Meskipun begitu, bus juga punya keunggulan sendiri. Bagi kamu yang memang ingin menikmati pemandangan di Singapura, pastinya bus menjadi pilihan terbaik. Karena trayek bus berada di jalur kendaraan regular, banyak yang bisa dilihat ketika kamu naik bus. Cocok untuk kamu yang memang menargetkan jalan-jalan di Singapura untuk melihat kekayaan pemandangan negara ini.

Baca Juga:

Fakta Menarik Onsen, Pemandian Air Panas di Jepang

Destinasi Wisata Paling Rekomended di Singapura

Bahaya, Jangan Sembarang Upload Boarding Pass di Medsos!

More Walking vs Less Walking⠀

Stasiun MRT cukup luas dan mengharuskan kamu berjalan dengan jarak tempuh yang lumayan membuat kaki pegal. Sedangkan bila kamu mengandalkan bus, kamu hanya tinggal berjalan menuju halte terdekat yang banyak tersebar di negara Singapura.⠀

Jalan-jalan di Singapura sebenarnya cukup menyenangkan. Jalanannya cukup ramah untuk pedestrian, jadinya kamu tidak perlu merasa sukar untuk berjalan di Singapura. Namun bila kamu membawa banyak barang dan anak kecil, naik bis sepertinya pilihan yang tepat.

Biaya

Baik MRT ataupun bis bisa melakukan metode pembayaran dengan EZ-Link atau NETS FlashPay . EZ-Link atau NETS FlashPay  merupakan kartu cashless pengganti pembayaran bagi yang ingin menggunakan transportasi MRT, bus, atau LRT.

Untuk rute pendek, menaiki bus bisa lebih menghemat biaya karena biaya MRT cenderung lebih mahal dibandingkan dengan bus. Namun sebenarnya, biaya MRT sendiri juga bisa lebih murah dibanding bus apabila rute perjalanan panjang.

Namun sebenarnya, persoalan biaya ini tidak perlu menjadi persoalan. Pasalnya, baik MRT, bus,LRT, dan Cable Car harganya sudah pasti lebih murah dibanding taksi sebagai moda transportasi umum untuk jalan-jalan di Singapura.

kalau kamu jalan-jalan di Singapura, ada yang wajib kamu bawa lho Globers, yaitu Modem Internasional JavaMifi. Pasalnya, Wifi publik di luar negeri bisa berbahaya lho. Untuk mengetahui bahayanya, kamu bisa baca artikel Bahaya Wifi Luar Negeri.

Dengan membawa JavaMifi, kamu bisa mendapat akses internet yang bisa diandalkan. Selain itu, JavaMifi juga sudah mencakup lebih dari 200 negara. Untuk informasi lebih lengkap dan pemesanan, bisa dibuka di situs JavaMifi. dan membaca ulasan menarik lainnya di blog JavaMifi ya.

Jangan lupa, untuk terus mengecek blog JavaMifi untuk aneka informasi seru seputar traveling lainnya dan untuk informasi lebih lanjut soal JavaMifi, bisa dibuka di situs JavaMifi. Have a safe flight Globers!

Singapura, Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *