Syarat dan Panduan Lengkap Membuat Visa Korea Selatan

Visa Korea dibutuhkan ketika Anda ingin liburan ke Korea setelah memiliki paspor. Proses pembuatan visa ini tentu saja harus melewati beberapa tahapan serta melengkapi berbagai persyaratan yang dibutuhkan.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena proses pembuatan visa sebenarnya tidak terlalu rumit. Semua tahapan prosesnya sangat jelas dengan syarat-syarat yang mudah untuk dipenuhi.

Selain persyaratan dokumen, ada juga biaya yang harus dibayarkan sesuai dengan aturan. Lantas apa saja dokumen yang dibutuhkan, bagaimana cara pembuatan hingga berapa biaya harus dibayarkan?

Jika Anda penasaran tentang hal tersebut maka simak penjelasan singkat seputar Visa Korea berikut ini. 

Syarat Dokumen Harus Dilengkapi

Proses pembuatan Visa Korea tentu harus didukung dengan berbagai syarat berupa dokumen. Setidaknya Anda harus menyiapkan 6 dokumen berikut ini agar proses pengajuan visa bisa berjalan cepat.

  1. Formulir permohonan visa yang bisa diunduh secara gratis pada situs visaforkorea-in.com dan diisi dengan lengkap
  2. Pas foto ukuran 3,5 cm x 4,5 cm dengan background polos warna putih
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi Kartu Keluarga(KK)
  5. Paspor yang memiliki masa berlaku lebih dari 6 bulan
  6. Fotokopi halaman informasi pribadi pada paspor dan halaman cap imigrasi apabila sudah pernah pergi ke negara lain
  7. Surat keterangan kerja dan bukti pembayaran pajak atau SPT dari tahun sebelumnya untuk pegawai yang ditulis dalam bahasa Inggris 
  8. Surat Izin Usaha (SIUP) dan SPT dari tahun sebelumnya untuk wirausahawan
  9. Surat keterangan pelajar yang diperoleh dari pihak sekolah bagi pelajar
  10. Sertifikat kelulusan dari sekolah terakhir untuk yang belum bekerja 
  11. Dokumen asli rekening koran selama 3 bulan terakhir(sudah memperoleh bukti cap basah dari bank)
  12. Apabila tidak ada bukti rekening koran, bisa digantikan oleh tagihan kartu kredit selama 3 bulan atau surat pernyataan dan disertai dengan fotokopi BPKB mobil
  13. Sertifikat Diagnosa TB untuk masa tinggal >90 hari

Lama Proses Pembuatan serta Biayanya

Pertanyaan tentang berapa lama proses pembuatan visa serta biaya yang harus dibayarkan memang sangat sering ditanyakan. Hal ini sangat wajar karena semua orang tidak suka menunggu terlalu lama serta memiliki kejelasan soal biaya yang harus dibayar. Lama proses pengajuan visa Korea Selatan tergantung pada jenis visa yang diajukan. Ada beberapa jenis visa yang bisa diajukan saat akan berkunjung ke Korea Selatan, diantaranya Single Visa kurang dari 90 hari (untuk berwisata), Single Visa lebih dari 91 hari (pelajar/pekerja), Double Visa, Multiple Visa, Group Visa dan Visa Menikah.

General Visa

mulai 6 Maret 2023, lama proses pengajuan permohonan visa adalah 9 hari kerja terhitung 1 hari setelah tanggal pengajuan visanya (kecuali hari Libur Nasional, hari Sabtu dan Minggu). Yang termasuk ke dalam General Visa adalah Single Visa dengan maksimal 90 hari dengan biaya Rp 824.000, Single Visa lebih dari 90 hari dengan biaya Rp1.116.000, dan Double Visa Rp1.262.000.

Untuk Multiple Visa

mulai 17 Oktober 2022, lama proses pengajuan permohonan visa adalah 4 hari kerja terhitung 1 hari setelah tanggal pengajuan visanya (kecuali hari Libur Nasional, hari Sabtu dan Minggu). Multiple Visa adalah visa yang diajukan untuk Anda yang sudah pernah ke Korea Selatan dan diizinkan berkunjung beberapa kali dalam kurun waktu 10 tahun. Biaya yang harus dibayarkan untuk mengajukan visa jenis ini adalah Rp1.554.000

Group Visa

Sedangkan Group Visa adalah grup wisatawan minimal 5 orang dan maksimal 50 orang dengan jadwal keberangkatan dan kepulangan yang sama, yang dapat diajukan oleh agen travel yang terdaftar di Kedutaan Republik Korea di Indonesia. Biaya yang harus dikeluarkan akan lebih murah dibanding jenis visa lain, yaitu sekitar Rp 366.000.

Visa Menikah (F-6) 

Lama proses pengajuan permohonan visa Korea adalah 3 hingga 6 bulan dari tanggal pengajuan. 

Estimasi waktu ini merupakan waktu perkiraan tercepat yang diberikan pihak konsulat di Kedutaan Korea. Penerbitan visa dapat melebihi waktu estimasi jika ada pengecekan lanjutan yang diperlukan.

 

Tempat untuk Proses Pembuatan Visa Korea

Setelah memahami berbagai informasi penting tentang proses pembuatan Visa Korea diatas. Lantas dimana tempat pembuatan visa tersebut dan apakah bisa dilakukan secara online?

Perlu Anda ketahui sebelum masa pandemi untuk proses pembuatan dilakukan secara offline. Anda bisa datang ke Kantor Duta Besar Korea dengan membawa semua persyaratan yang dibutuhkan.

Namun, karena adanya pandemi maka dari tahun 2019 lalu proses pembuatan bisa dilakukan di KVAC Jakarta. Pemegang paspor harus meminta visa dengan melalui Korea Visa Application Center atau KVAC Jakarta.

KVAC Jakarta sendiri berada di lantai 5 Lotte Shopping Avenue Jakarta Selatan pada jam kerja. Untuk jam kerjanya sendiri yaitu dari hari Senin sampai Jumat, jam 9 pagi sampai jam 3 sore.

Sedangkan untuk pengambilan paspor dan visa bisa dilakukan dari jam 11 siang sampai dengan jam 5 sore. Jadi pastikan Anda datang sesuai jam kerja tersebut agar bisa diproses dengan baik.

KVAC Jakarta libur pada hari Sabtu Minggu dan juga hari libur nasional jadi jangan datang pada hari tersebut. Perlu diketahui juga pada hari besar Korea, KVAC juga akan tutup sehingga tidak melakukan pelayanan apapun.

Menariknya KVAC juga menyediakan layanan pengajuan Visa Korea secara online melalui website resminya. Anda juga bisa mengecek jadwal kerja agar ketika ke KVAC tidak perlu bolak balik karena tutup.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi visa untuk bisa mengajukan dan mendapatkan visa secara online. Sehingga tidak perlu repot membawa persyaratan langsung maupun antri untuk mendapatkan visanya.

Informasi yang Bisa Didapatkan di Website Resmi KVAC

Segala informasi tentang pembuatan Visa Korea bisa Anda dapatkan di website resmi KVAC. Terdapat berbagai informasi penting yang memudahkan Anda baik dalam proses hingga pengambilan visanya.

Beberapa informasi yang dimaksud antara lain:

  1. Informasi tentang jam operasional, alamat, daftar biaya, dan berbagai layanan tambahan yang disediakan.
  2. Informasi tentang semua jenis visa yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.
  3. Informasi tentang visa yang diterbitkan sehingga memudahkan Anda dalam proses pengecekan.
  4. Layanan informasi yang berisi tentang pengumuman penting dari pihak KVAC. Berbagai tanya jawab dengan pemohon serta layanan konsultasi untuk kemudahan dalam proses pembuatan visa.

Semua informasi yang sudah kami jelaskan di atas bisa Anda gunakan untuk memudahkan pembuatan Visa Korea.

Setelah pengajuan visa selesai, selanjutnya adalah memilih layanan internet untuk di Korea, alangkah lebih baik untuk menyiapkannya dari Indonesia dibandingkan membeli langsung ketika sudah sampai di Korea. Sudah banyak tersedia penyedia internet untuk para traveler ke luar negeri salah satunya ada JavaMifi. Dengan memilih JavaMifi terutama produk eSIM-nya sebagai penyedia internetmu di luar negeri merupakan pilihan yang sangat tepat karena selain mudah tanpa registrasi, eSIM dari JavaMifi juga bisa melakukan tethering hingga lima perangkat sekaligus sehingga tidak perlu khawatir untuk yang selalu membawa banyak perangkat sekaligus.

Korea Selatan, Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *