Wisata Desa Wangxian, Desa yang Tersembunyi di Pegunungan China

China merupakan negara yang memiliki objek wisata dan pemandangan alam yang menakjubkan. Dengan banyaknya objek wisata serta pemandangan alam yang memikat wisatawan untuk mengunjungi China, maka tidak heran, jika kunjungan wisatawan negara asing ke China mencapai 35,5 juta pengunjung pada tahun 2023 lalu. Jika kamu hendak mengunjungi China untuk pertama kalinya, kamu dapat menyimak tips wajib dilakukan ketika liburan ke China bagi pemula.

Salah satu objek wisata di China yang memiliki pemandangan seperti di dunia dongeng yaitu Desa Wangxian. Desa Wangxian ini terletak di Shangrao, Provinsi Jiangxi, China. Wangxian merupakan desa dengan pemukiman penduduk lokal yang berada di dataran ngarai dan tebing pegunungan yang curam serta dikelilingi oleh hutan-hutan hijau.

 Keberadaan Desa Wangxian ini jauh pusat kota sehingga seperti tersembunyi di kawasan pegunungan China. Untuk itu, yuk  simak wisata ke Desa Wangxian, desa yang tersembunyi di pegunungan China.

Sekilas tentang Desa Wangxian

Pada dasarnya, Desa Wangxian berada di ngarai yang dikelilingi lembah serta pemandangan alam pegunungan. Karena letaknya yang berada di pegunungan, menyebabkan suhu di Desa Wangxian ini dingin dan berkabut. Selain itu, pemandangan alamnya semakin menakjubkan dengan adanya aliran sungai yang mengalir, ditambah dengan rumah-rumah penduduk yang berarsitektur tradisional yang khas sehingga semakin menambah suasana seperti berada di negeri dongeng pada zaman kuno. 

Rumah-rumah di Desa Wangxian dibuat di sepanjang tebing yang curam. Pada awalnya pembuatan rumah tersebut dimaksudkan untuk menghindari serangan dari luar pada zaman dahulu yang tetap bisa diakses dengan aman oleh penduduknya. Pembuatan rumah di pinggir tebing ini diperlukan keahlian khusus, ketelitian yang tinggi, serta kerjasama yang kompak untuk membuatnya. Maka tidak heran, bila teknik pembuatan rumah di Desa Wangxian ini diturunkan secara turun-temurun dari generasi ke generasi selama berabad-abad. 

wisata desa wangxiang
Traveling in China & Discover Jiangxi

Selain arsitektur bangunannya yang khas, perpaduan alam antara pegunungan, aliran sungai, batu-batu alam yang besar, pemukiman penduduk, kuil, ladang, dan pemandangan hutan yang mempesona membuat Desa Wangxian menjadi daya tarik wisatawan mancanegara. Di Desa Wangxian juga terdapat beberapa pertunjukan seperti cerita dongeng yang diadakan setiap hari, pertunjukan pernikahan Han yang dilakukan dari puncak lembah Wangxian yang seolah-olah kembali ke zaman kuno dan menyaksikan pernikahan akbar tersebut dengan mata kepala sendiri, serta acara api unggun di sore hari yang dirayakan dengan nyanyian, tarian, dan sukacita.

Transportasi ke Desa Wangxian

Untuk menuju ke Desa Wangxian, kamu dapat menggunakan moda transportasi kereta cepat menuju Shangrao Station. Setelah itu, dilanjutkan dengan transportasi antar jemput di kawasan tersebut (area shuttle) dengan harga 30 Yuan atau setara Rp.66.000 per orang. Tersedia juga taxi buat kamu yang tidak ingin repot dengan rentang harga argo 130-180 Yuan (Rp.287.000-Rp.Rp.400.000). Jika kamu merasa rekomendasi transportasi di atas masih terasa mahal, kamu juga bisa berbagi kendaraan dengan orang lain (carpool) yang dikenakan biaya sebesar 35 Yuan atau Rp.78.000 per orang. Cukup murah bukan?

Tiket Masuk ke Desa Wangxian

Untuk harga tiket masuk ke Desa Wangxian ini dikenakan biaya sebesar 100 Yuan atau Rp.221.500 per orang untuk weekdays (Senin-Jumat). Sedangkan harga tiket di hari weekend (Sabtu-Minggu) dikenakan biaya 120 Yuan atau Rp.266.000 per orangnya.

Biaya Akomodasi ke Desa Wangxian

Untuk biaya akomodasi atau penginapan di kawasan Wangxian Valley yang berada di tebing pegunungan dan memiliki pemandangan yang indah (scenic area) tergolong mahal yaitu sekitar 800-5000 Yuan (Rp.1.800.000-Rp.11.115.000). 

Sedangkan jika kamu memiliki budget yang terbatas, kamu bisa memilih penginapan di luar wilayah scenic area dengan rentang harga mulai dari 180-300 Yuan (Rp.400.000-Rp.670.000) yang berjarak 2 kilometer dari kawasan scenic area.

Selain itu, pada umumnya pemilik penginapan akan menyediakan transportasi menuju dan kembali dari scenic area. Jika kamu memilih untuk berjalan kaki, akan memakan waktu setidaknya 20 menit. Jika kamu mengalami masalah untuk mengakses Google di China, kamu dapat menyimak cara mengatasi masalah tidak bisa menggunakan Google di China.

Menikmati Drifting saat Musim Panas

Untuk kamu yang menyukai aktivitas hiburan air, kamu bisa melakukan drifting. Aktivitas drifting ini diadakan setiap musim panas yang dimulai pada bulan Mei. Rute drifting memiliki panjang 2,8 kilometer melewati tiga teluk dan empat kolam dengan waktu drifting 90 menit. Di sepanjang perjalanan ada pepohonan yang menjulang tinggi, dan ribuan batu sungai yang menghiasi drifting kamu. Ketika kamu naik kayak, kamu bisa merasakan aktivitas air yang mendebarkan sekaligus mendinginkan tubuh ketika musim panas.

wisata desa wangxiang

Untuk melakukan drifting di Desa Wangxian dikenakan biaya sebesar 180 Yuan (Rp.400.000) di hari weekdays (Senin-Jumat). Sedangkan di hari weekend (Sabtu-Minggu) dikenakan biaya 190 Yuan (Rp.425.000).

Rekomendasi Rute di Desa Wangxian

Jika kamu pertama kali mengunjungi Desa Wangxian dan masih bingung untuk memulai perjalanan liburan di Desa Wangxian, berikut merupakan rekomendasi rute di Desa Wangxian:

wisata desa wangxiang
Discover Jiangxi

Berawal dari Visitor Center, kamu bisa pergi menuju Camping Area, kemudian pergi ke Area Air Terjun, dilanjutkan ke Mijinkou, Yanpu Square (tempat diadakannya cerita dongeng dari penduduk setempat), Baiwei Street, Juxian Theater, Ancestral Hall Square, dan berakhir di Hu’s Ancestral Hall untuk menyaksikan pertunjukan Han Wedding pada pukul 15:30-16:00. 

Lalu, dilanjutkan pergi ke Workshop Street, Sanshen Temple, Bonfire Square, dan Baihe Cliff (estimasi waktu ketika tiba di Baihe Cliff yaitu pukul 18:20 ketika lampu-lampu di Desa Wangxian mulai menyala).

Ketika lampu-lampu jalan mulai menyala, kamu dapat menyaksikan pemandangan yang luar biasa yaitu kota di tengah-tengah hutan dan tebing seperti pemandangan di cerita dongeng.

Setelah itu, di sepanjang jalan yang diterangi kelap-kelip lampu jalan, kamu dapat menyusuri Xile Bridge, Zuixian Bridge, dan Lanyue Bridge dengan pemandangan malam yang menenangkan. Perpaduan antara lampu yang berasal dari perumahan penduduk, lampu jalanan, serta lampu jembatan memberikan sensasi yang tidak akan pernah dilupakan.

Kemudian, kamu dapat menyusuri Changkon Bridge, Rafting Square, Mingchan Alley, dan tiba di Leidashi Theater Square yaitu tempat diadakannya acara api unggun yang dimulai pada pukul 20:00, dan perjalanan selesai.

Perlu diingat, kawasan Desa Wangxian tutup pada pukul 22:00, jadi pastikan kamu sudah keluar sebelum area tersebut ditutup jika kamu tidak menginap di penginapan Desa Wangxian dan hanya bertujuan untuk berkunjung saja.

Tips saat Berwisata ke Desa Wangxian

Ketika berwisata ke Desa Wangxian, terdapat jajanan dan oleh-oleh khas yang dijual di pinggir jalan dengan harga yang terjangkau dan rasanya yang enak. Pastikan juga kamu mencoba makanan khas setempat agar lidah kamu juga bisa merasakan nikmatnya berwisata. Kenali 15 ragam dessert khas China yang sangat populer.

wisata desa wangxiang
Discover Jiangxi

Gunakan pakaian yang nyaman dan mengenakan sepatu flat shoes untuk menunjang perjalanan kamu. Kamu juga bisa menyewa Hanfu atau busana tradisional bangsa Han dan mengenakannya ketika berkeliling di Desa Wangxian untuk mendapatkan foto yang indah. Kemudian, usahakan untuk menghindari mobil kecil memasuki pegunungan setelah pukul 19:30 untuk menghindari antrian yang panjang.

Dengan memiliki pemandangan yang indah, sulit sekali untuk tidak berbagi momen keseruan di Desa Wangxian di media sosial. Dengan begitu, kamu wajib memiliki koneksi internet yang stabil dan unlimited.  Maka dari itu, gunakan Global Wifi. Global Wifi merupakan modem internet yang digunakan ketika berada di luar negeri. Global Wifi dapat menjangkau lebih dari 200 negara. Selain itu, kelebihan dari Global Wifi yaitu bisa tethering hingga 5 device, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk berbagi internet dengan teman kamu. Ditambah, Global Wifi memiliki kuota internet yang unlimited dan sinyal yang kuat sehingga momen menonton konser kamu tidak terganggu dengan notif kuota internet habis atau sinyal hilang. Kelebihan lain dari Global Wifi ini yaitu cara penggunaannya yang mudah. Cukup nyalakan, masukan password, dan internet langsung connect.

Untuk cara yang lebih simple, gunakan e-SIM Traveling. e-SIM Traveling merupakan kartu SIM Digital yang memiliki  kecepatan internet yang stabil tanpa memasukkan SIM fisik. Kelebihan dari e-SIM Traveling yaitu bisa tethering ke 1 device dan tidak perlu registrasi untuk mendapatkan akses internet. Untuk cara penggunaan e-SIM di Android dan iOS dapat dilihat di sini. Kamu juga bisa melihat 6 daftar handphone support e-SIM tahun 2024.

Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi dari blog JavaMifi agar tidak ketinggalan informasi seputar tips & trik traveling, tempat wisata yang menarik, itinerary, dan informasi dari berbagai negara-negara di dunia. Have a safe flight Globers!

 

News, Traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *