Kenali 15 Ragam Dessert Khas China yang Sangat Populer

Ada puluhan ribu dessert khas China yang sebenarnya dapat Anda cicipi mulai dari ujung timur sampai ujung barat. Sebagai salah satu regional dengan peradaban tertua tidak mengherankan jika terdapat puluhan ribu resep dessert.

Jika Anda adalah seorang pecinta kuliner tentu ingin mencicipi apa saja makanan penutup paling populer di China mainland sekarang. Bukan hanya sekedar populer karena hype namun keberadaannya harus bersejarah.

Masakan tersebut harus sudah ada sejak lama dan menjadi ciri khas dari regional tertentu. Karena ketika kita hanya mencari popularitas saja maka jutaan street food akan masuk dalam list ini.

Oleh sebab itu Kami menerapkan filter hanya kuliner berpengaruh dan sudah mengakar pada kultur masyarakat setempat. Apa saja makanannya, simak ulasan Kami berikut ini sampai selesai.

Macam-macam Dessert Populer dari China

Disini Kami sudah menghimpun lima belas makanan penutup paling populer dari berbagai wilayah. Jadi jika Anda jalan-jalan ke negeri tirai bambu jangan sampai lupa untuk mencicipi kulinernya secara langsung.

1.      Roti kacang merah (red bean bun / dòu shā bāo)

Roti kacang merah adalah salah satu kuliner manis yang sering disantap bersama secangkir teh. Dari segi bentuk sebenarnya hampir sama seperti baozi (mirip bakpao) namun rasanya manis.

Jika roti pada bakpao itu rasanya cenderung tawar maka versi ini memiliki rasa jauh lebih manis. Isian pasta kacang merah di dalamnya juga manis sehingga cocok disantap ketika santai.

Dari segi popularitas sendiri tidak perlu diragukan lagi dessert khas China dengan rasa manis ini. Setiap daerah memiliki versi tersendiri dengan twist sesuai selera masing-masing lidah masyarakat.

2.      Permen Jenggot Naga (dragon’s beard candy / lóng xū sū)

Anda sebenarnya juga dapat menemukan turunan dari long xu su ini di Indonesia yaitu permen rambut nenek. Bentuknya yang seperti rambut memang sangat terkenal sebagai salah satu jajanan tahun 90an di Indonesia.

Sampai sekarang popularitas long xu su masih sangat tinggi di China daratan karena jadi kudapan penutup favorit. Sebagai jajanan rumahan pembuatannya tidak terlalu sulit sehingga mudah dinikmati.

Popularitasnya juga semakin tinggi karena Anda bisa mudah menemukan di banyak street food vendor. Ini merupakan jajanan murah favorit semua umur dan sangat cocok disajikan bersama dengan sup hangat.

3.      Egg Tart (dàn tà)

Ini sebenarnya adalah bentuk asimilasi dessert khas China dan kuliner Portugal. Dan ta merupakan persilangan kultur antara custard tart dengan kue bulan yang menjadi salah satu kudapan paling populer di negeri tirai bambu.

Sekilas bentuknya hampir seperti pai susu namun bagian custard terbuat dari telur saja dan gula. Ini adalah salah satu jajanan ringan yang biasanya disajikan di hari-hari besar saat berkumpul bersama keluarga.

Banyak juga vendor menjualnya secara manufaktur sehingga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Jika ingin menjadikannya buah tangan Kami sarankan membeli dan tai buatan pabrik karena lebih awet.

4.      Permen Tanghulu (táng hú lu)

Tanghulu merupakan permen paling legend yang selalu saja ada ketika Anda menyaksikan film laga mandarin tahun 70an sampai 80an. Tanghulu ini terbuat dari apel yang diselimuti oleh gula sehingga menjadi seperti permen.

Rasa asam manis tentu memberikan sensasi candu bagi para penikmatnya terutama anak-anak. Tidak heran jika tanghulu sampai sekarang masih menjadi salah satu jajanan favorit dan sangat mudah ditemukan di spot street food malam.

5.      Pumpkin Pancake (nán guā bǐng)

Nan gua bing adalah salah satu dessert khas China yang dapat dideskripsikan sebagai deep fried serabi labu. Adonannya sama seperti ketika kita membuat kue serabi namun ada tambahan labu di dalamnya.

Selain sebagai kudapan penutup tidak jarang nan gua bing ini juga menjadi makanan ringan saat menonton televisi. Nan gua bing digoreng dengan ukuran bite size sehingga sangat nikmat dijadikan snack.

Nan gua bing akan semakin nikmat apabila disantap bersama minuman seperti teh susu. Berbagai versi dari nan gua bing ada di setiap daerah mulai dari topping sampai campuran adonannya.

6.      Sweet Egg Bun (nǎi huáng bāo)

Apabila sekilas melihatnya dari luar nai huang bao merupakan dessert khas China yang seperti bakpao. Memiliki bentuk bun empuk dan mulus namun isinya adalah krim manis seperti custard.

Krim manis tersebut terbuat dari telur dan gula untuk melengkapi roti dengan rasa tawar. Paling sempurna nai huang bao disantap saat masih dalam keadaan panas sehingga isinya bisa meleleh ketika digigit.

Karena popularitasnya hampir di setiap rumah makan cantonese pasti menyediakan nai huang bao. Sehingga para turis tidak perlu kesulitan ketika ingin mencicipi bagaimana cita rasa manisnya.

7.      Durian Goreng (deep fried durian / liú lián sū)

Ini bukan sebuah meme seperti semangka goreng di salah satu stasiun televisi dalam negeri. Namun liu lian su itu memang salah satu kudapan tradisional yang sampai sekarang selalu dihidangkan di restoran cantonese.

Liu lian su merupakan dessert khas China dengan rasa manis dan biasanya dibuat menggunakan bentuk-bentuk unik. Tidak mengherankan jika liu lian su banyak digemari oleh anak-anak karena bentuknya bervariasi.

Buah durian dijadikan adonan kemudian digoreng sampai bagian luarnya menjadi lebih renyah. Paling pas disantap saat musim panas bersama dengan minuman dingin untuk menetralkan rasa manisnya.

8.      Tangyuan (tāng yuán)

Tang yuan merupakan dessert khas China yang terbuat dari fermentasi kue beras dan dihidangkan bersama kuah arak. Kue beras yang sudah terfermentasi akan menjadi lebih manis dan enak dimakan.

Agar rasanya tidak eneg, fermentasi kue beras tersebut dihidangkan bersama dengan kuah arak. Hidangan khas Sichuan ini memang sangat populer dan menjadi kudapan wajib pada festival lentera.

Jika Anda ingin mencicipinya cari saja restoran yang menyajikan kuliner khas Sichuan. Hati-hati jangan mengkonsumsi terlalu banyak karena araknya tentu dapat memabukkan saat diminum.

9.      Almond Jelly (xìng rén dòng)

Salah satu dessert khas China paling sering disantap ketika musim panas adalah almond jelly. Seperti namanya terbuat dari jelly almond dan disajikan bersama dengan potongan buah.

Dari segi visual sebenarnya hampir sama seperti puding buah di Indonesia hanya saja buahnya lebih sedikit. Biasanya almond jelly disajikan dengan beberapa potongan buah seperti jeruk maupun apel.

Kemudian disiram menggunakan kuah sirup agar memberikan cita rasa manis ketika dimakan. Ketika penyajiannya di musim panas, tidak jarang diberikan juga beberapa butir es agar memberikan sensasi segar saat disantap.

10.  Grass Jelly (shāo xiān cǎo)

Shao xian cao sebenarnya juga ada di Indonesia dengan nama serapan hampir sama yaitu cincau. Terbuat dari tumbuhan khusus dengan pemrosesan tradisional sehingga menjadi sebuah jeli.

Ternyata dessert khas China ini penyajiannya tidak jauh berbeda dengan es cincau di Indonesia. Dihidangkan bersama santan kelapa dan juga sirup gula untuk memberikan rasa manis.

Di beberapa daerah seperti Guangzhou shao xian cao ini diminum bersama es susu dan menjadi kudapan musim panas yang terkenal. Apakah Anda tertarik untuk mencicipinya langsung di negeri tirai bambu.

11.  Dou Fu Fa

Dou fu fa adalah salah satu kudapan yang tidak dapat diterjemahkan secara harfiah menggunakan bahasa Indonesia. Paling dekat terjemahannya adalah puding tahu dengan rasa sedikit manis.

Tahu digunakan untuk membuat dou fu fa juga bukan sembarang tahu karena terbuat dari kondensasi susu kedelai. Sehingga tekstur tahunya sangat lembut dan memiliki rasa sedikit manis.

Dou fu fa menjadi dessert khas China dengan berbagai macam variasi topping modern. Mulai dari kacang almond, coklat, sampai es krim tergantung pada selera konsumen masing-masing.

12.  Tong Sui

Tong sui merupakan kudapan khas Cantonese yang memiliki cukup banyak versi. Ada tong sui encer (original) sampai kental seperti es buah yang sudah berasimilasi terhadap peradaban modern.

Tong sui sendiri pada dasarnya adalah sup yang terbuat dari air gula dengan isian kacang-kacangan atau buah. Kuahnya bisa bervariasi dimana versi original adalah air gula tebu biasa.

Namun sekarang ada juga kuah yang lebih bervariasi dan kental seperti kacang merah, sampai menggunakan campuran susu. Tong sui termasuk kudapan paling banyak berasimilasi dengan peradaban luar China daratan.

13.  Tangyuan (tang yuan)

Tangyuan memiliki bentuk seperti mochi yang disajikan bersama dengan kuah manis. Rasa kuahnya mirip seperti wedang ronde namun tingkat kemanisannya jauh lebih tinggi apabila kita bandingkan.

Tangyuan menjadi dessert khas China dan menjadi kudapan wajib ketika ada acara kumpul keluarga. Kudapan ini sudah ada sejak dinasti Song dan sampai sekarang tidak banyak versi berkembang karena dianggap sebagai kuliner sakral.

Banyak warga Tionghoa menganggap bahwa tangyuan dianggap dapat mempererat persaudaraan. Sehingga ketika ada acara kumpul keluarga sudah menjadi agenda wajib menyantap tangyuan bersama.

14.  Mung Bean Cake (ludo gao)

Ludo gao merupakan dessert khas China dengan bentuk hampir seperti kue bulan. Namun jangan tertipu oleh bentuknya saja karena bahan utama pembuatannya adalah tepung kacang hijau.

Kue ini dibentuk menggunakan cetakan khusus sehingga memiliki pola unik sebagai nilai estetika. Proses pembuatan mung bean cake ini juga tidak melalui proses pemanggangan menggunakan oven seperti kue bulan.

Namun kuenya dapat langsung dimakan setelah proses pencetakan bentuknya selesai. Apakah Anda tertarik untuk mencoba salah satu kudapan legendaris ini ketika berkunjung ke negeri tirai bambu.

15.  Lapis Tapioka (taishan)

Taishan termasuk salah satu dessert khas China yang pasti legend karena sudah ada sejak zaman dinasti Han. Kue lapis tapioka ini jadi salah satu kuliner yang pasti ada di setiap restoran cantonese.

Berbagai macam kuliner tadi tentu saja dapat Anda cicipi rasa originalnya jika berkunjung langsung ke negeri tirai bambu. Namun jangan biarkan perjalanan luar negeri terganggu karena tidak ada koneksi internet.

Pakai JavaMifi agar Anda bisa selalu terhubung menggunakan internet dengan tarif jaringan internasional yang terjangkau. Anda bisa pilih opsi WIFI jika melakukan traveling secara beregu.

WIFI bisa digunakan untuk up to lima perangkat sekaligus tanpa adanya batasan penggunaan data. Dengan konektivitas ke lebih dari 200 negara dan support 24/7 tentu konektivitas selama perjalanan internasional tidak akan terganggu.

Anda juga bisa memilih opsi eSIM apabila melakukan perjalanan secara independen. Jangan khawatir eSIM masih bisa digunakan untuk tethering ke device lain sehingga aksesibilitas gadget tetap optimal tanpa batasan data.

Dengan menggunakan eSIM Anda tinggal scan untuk bisa langsung connect, jadi tidak perlu ribet lagi ganti kartu. Dukungan 24/7 dari customer service siap membantu Anda apabila mengalami trouble saat di luar negeri.

Baik WIFI atau eSIM bisa menyesuaikan konektivitas terbaik apabila koneksi sinyalnya kurang bagus. Sehingga JavaMifi bisa langsung otomatis terhubung dengan provider terbaik di regional tersebut.

Segera rencanakan perjalanan ke negeri tirai bambu untuk mencicipi langsung cita rasa kuliner legendaris. Petualangan berburu dessert khas China jadi nyaman karena koneksi internet selalu on bersama JavaMifi.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *