Mengeksplorasi Hidangan Khas China dari Timur ke Barat

Butuh waktu bertahun-tahun jika ingin mengeksplorasi hidangan China yang ikonik dari setiap penjuru daerah. Sebagai salah satu peradaban tertua China memang gudangnya kuliner luar biasa.

Apabila Anda memiliki hobi icip-icip kuliner masakan China dapat memberikan referensi cukup lebar. Mulai dari makanan manis, gurih, asin, semuanya ada untuk memenuhi selera lidah manusia.

Disini Kami ingin membahas beberapa menu paling populer yang ikonik dari setiap daerah. Sehingga para pecinta kuliner dapat memperluas wawasannya terkait masakan China dan mencicipi rasanya.

Tentu petualangan kuliner ini akan semakin sempurna apabila mengunjungi negara tirai bambu secara langsung. Sebelum pergi ke sana, ketahui dulu apa saja kudapan yang wajib dicoba.

15 Menu Hidangan China Paling Populer

Meskipun secara administrasi China hanya memiliki 22 provinsi namun itu tidak membatasi jumlah kreasi kuliner. Masing-masing daerah pasti memiliki signature tersendiri untuk memuaskan lidah seperti beberapa menu berikut ini.

1.  Peking roasted duck (kaoya)

Jika ingin mengeksplorasi hidangan China jangan sampai lupa mencicipi bebek peking atau kaoya. Bebek peking merupakan kudapan terkenal dari Beijing yang digemari oleh setiap orang diseluruh dunia.

Disebut sebagai makanan nasional China, bebek peking juga disebut sebagai kudapan diplomasi pada tahun 1970. Bebek peking digunakan untuk menjamu tamu asing oleh perdana menteri Zhou Enlai.

Cita rasa bebek peking mendapatkan pujian dari berbagai negara dan sejak saat itu dikenal sebagai ciri khas kudapan negeri tirai bambu. Apabila Anda travelling ke China jangan sampai lupa mencicipi bebek peking atau kaoya.

2.  Kung pao chicken (gōngbào jīdīng)

Kung pao chicken juga tidak boleh dilupakan saat mengeksplorasi hidangan China. Ini adalah kudapan bergaya Sichuan yang populer tidak hanya di China daratan namun juga negara-negara lainnya.

Bahan utamanya adalah daging ayam cincang, cabai kering, mentimun, dan juga kacang goreng. Kung pao chicken juga sudah mengalami asimilasi di negara-negara lain menyesuaikan lidah masyarakat.

Jika ingin merasakan varian klasik dari kung pao chicken tentu saja perlu datang ke negeri tirai bambu secara langsung. Disini Anda bisa memilih versi original atau yang sudah dimodifikasi oleh masyarakat provinsi lainnya.

3.  Tang cu

Babi goreng asam manis adalah salah satu kudapan nikmat yang memiliki cita rasa seperti namanya. Pada awalnya ini dianggap sebagai kudapan rumahan karena rasanya memang sangat sederhana, hanya asam dan manis saja.

Namun seiring berjalannya waktu kreasi masyarakat dalam membuat tang cu semakin bervariasi. Di daerah Sichuan misalnya rasa dari tang cu ini mendapatkan sentuhan cabai sehingga ada rasa pedas manis.

Jika ingin mengeksplorasi hidangan China variasi dari tang cu akan ada sangat banyak. Hampir setiap daerah memberikan sentuhan tersendiri sehingga rasanya bisa bervariasi dari satu pembuat dengan lainnya.

4.  Hotpot (huǒguō)

Hot pot merupakan salah satu kudapan populer khususnya di provinsi Sichuan dan wilayah Chongqing. Inti dari hotpot ini adalah daging yang dimasak menggunakan sup kaldu dan juga berbagai macam sayur.

Setiap daerah pasti memiliki sentuhan sendiri namun secara umum dapat kita bagi menjadi dua yaitu wilayah utara dan selatan. Daerah selatan seperti Guangzhou dan Sichuan rasa pedas diperoleh menggunakan cabai.

Sedangkan di daerah utara umumnya memiliki rasa tidak terlalu pedas seperti selera orang-orang Xinjiang dan Qinghai. Menikmati hotpot jadi salah satu kultur untuk mempererat hubungan kekeluargaan.

5.  Dim sum (diǎnxin)

Dim sum merupakan kudapan Cantonese yang wajib masuk list saat mengeksplorasi hidangan China. Dim sum ini adalah serangkaian menu yang termasuk dumpling, rolls, cake, seafood, sampai dessert.

Jadi varian dimsum sendiri jumlahnya ada ribuan jika kita hitung dari tradisional sampai modern. Pada umumnya orang Indonesia mengenal dim sum sebagai kudapan berkulit lunak dengan isian daging.

Ternyata kudapan asli Guangzhou ini sebenarnya ada banyak variasi isian mulai daging, sayur, sampai kacang-kacangan. Bahkan ada juga dim sum yang digunakan sebagai dessert menemani secangkir teh hangat.

6.  Dumplings (jiǎozi)

Ketika mengeksplorasi hidangan China salah satu kuliner dengan miskonsepsi terbesar adalah dumpling dan dim sum. Dumpling ini merupakan kudapan yang secara spesifik berisi daging cincang atau sayuran dibungkus memakai kulit seperti roti.

Dumpling sangat populer terutama di regional utara mulai Xinjiang sampai Jilin. Isian paling populer dari daerah utara adalah babi cincang, semakin ke selatan varian isinya menjadi lebih bervariasi lagi.

Ini juga termasuk salah satu makanan tradisional yang selalu disantap saat malam tahun baru China. Karena bentuknya seperti uang perak kuno, dumpling diyakini mendatangkan rezeki saat dikonsumsi ketika tahun baru.

7.  Ma po tofu (Mápó dòufǔ)

Ma po tofu adalah salah satu kudapan asal daerah Chengdu dengan sejarah lebih dari seratus tahun. Cara pembuatannya sangat sederhana sehingga sampai sekarang masih menjadi makanan rakyat paling populer.

Jika Anda ingin mengeksplorasi hidangan China jelas perlu mencoba versi asli ma po tofu khas Chengdu. Isinya paling simpel yaitu tahu, daging cincang, dan sambal pedas khas Chengdu.

Kuliner pedas ini menyebar dengan sangat cepat terutama di daerah bagian utara mulai dari Yunan sampai Fujian. Sekarang ada banyak variasi ma po tofu yang sudah dimodifikasi oleh masyarakat daerah lainnya.

8.  Char siu (chāshāo)

Char siu adalah babi panggang dalam bahasa Cantonese dan jadi salah satu kuliner sederhana favorit semua masyarakat. Proses pembuatannya sederhana namun cita rasanya luar biasa.

Biasanya char siu ini dimakan bersama nasi hangat atau mie tergantung selera penikmatnya. Namun ada satu faktor pembeda char siu dari satu daerah dengan lainnya yaitu saus bakar yang dipakai.

Saat mengeksplorasi hidangan China terutama dari daerah pesisir tentu Anda akan menemukan saus dengan rasa pedas manis. Sedangkan daerah rural biasanya lebih suka saus panggang asin pedas.

9.  Chow Mein (chǎomiàn)

Chow mein adalah mie yang dimasak menggunakan metode tumis, di Indonesia dikenal dengan sebutan mie goreng. Bahan digunakan intinya ada empat yaitu mie, potongan daging, bawang bombang, dan daun bawang.

Jadi jika mie goreng sudah menggunakan beberapa bahan tadi maka bisa dikatakan sebagai chow mein. Variasi chow mein sendiri ada banyak karena berkembang dari setiap daerah dan selera masyarakat masing-masing.

Namun setelah mengeksplorasi hidangan China sejarah awal terciptanya chow mein dipercaya dari provinsi Jiangsu. Ini merupakan makanan pekerja dengan porsi besar dan mengenyangkan pada saat proyek pembangunan dam.

10.  Chaofan

Menurut sejarah China nasi goreng sudah menjadi salah satu kudapan diplomatik sejak zaman dinasti Qing (1614). Nasi goreng Yangzhou atau chaofan sendiri merupakan varian paling populer diantara lainnya.

Bahkan Yangzhou fried rice adalah resep nasi goreng China yang paling sering kita temui. Rasanya enak namun cara pembuatannya sangat simpel sehingga dapat dibuat sendiri oleh banyak orang.

Saat mengeksplorasi hidangan China Anda harus mencoba versi original Yangzhou. Ini merupakan varian paling simpel namun rasanya termasuk paling enak apabila kita bandingkan dengan jenis lainnya.

11.  Twice Cook Pork (huíguōròu)

Hui guo rou merupakan makanan yang memiliki arti kembali ke dalam panci panas. Nama tersebut sesuai dengan metode pembuatannya yaitu direbus dulu dalam panci, dikeluarkan untuk memasak di tempat lain, kemudian dikembalikan lagi ke panci.

Hui guo rou dimasak menggunakan doubanjiang dan douchi sehingga rasa pedasnya sangat unik. Perkembangan kuliner tersebut sudah sangat lama bahkan resep original dianggap hilang karena sudah ada sejak tahun 960.

Setelah mengeksplorasi hidangan China banyak informasi mengatakan bahwa resep ini sudah ada sejak dinasti Song. Sebagai salah satu kuliner tradisional jelas Anda perlu mencicipinya saat datang ke China.

12.  Sichuan Pork (shuǐzhǔ ròupiàn)

Sichuan memang salah satu regional penghasil kuliner ternama yang tidak boleh kita anggap sebelah mata. Salah satu kudapan andalannya adalah Sichuan pork karena hampir semua resto Cantonese pasti menyajikannya.

Babi cincang dilapisi dengan putih telur dan tepung kanji untuk menjaga keempukan teksturnya. Kuah kaldu kental khas Sichuan semakin memperkuat rasanya pada saat disantap bersama.

Kuliner pedas memang menjadi salah satu ciri khas daerah utara China seperti Sichuan, Yunan, dan Fujian. Jadi bagi para pecinta pedas pasti akan menemukan surga ketika mengunjungi tiga provinsi tersebut.

13.  Xiǎolóngbāo

Ini merupakan makanan sejenis baozi (roti kukus China) yang disajikan di dalam besek bambu. Kudapan tersebut sangat populer di Jiangsu dan Shanghai karena mudah dibawa oleh para pekerja proyek sebagai bekal.

Meskipun isian rotinya bisa bervariasi namun secara original isinya adalah daging babi cincang. Jika ingin mencicipi bagaimana rasa original Shanghai maka Anda perlu mencicipi xiaolongbao dengan isian babi cincang.

Ketika sudah mengeksplorasi hidangan China tentu Anda akan sadar bahwa ada banyak sekali versi xiaolongbao. Selain versi original Shanghai banyak isian bervariasi misalnya udang, ayam, sampai daging sapi cincang.

14.  Zhajiangmian (jaa-jyang-myen)

Zhajiangmian adalah mie dengan saus goreng yang sangat populer di berbagai negara. Bahkan resep zhajiangmian juga mengalami asimilasi oleh beberapa negara seperti Korea Selatan dan Jepang.

Inti cita rasa zhajiangmian berasal dari saus zhajiang yang dibuat menggunakan kaldu babi rebus dengan fermentasi saus kacang. Resep sederhana ini ternyata sudah ada sejak zaman dinasti Qing (1871).

Tentu Anda tidak boleh lupa mencicipinya saat ingin mengeksplorasi hidangan China. Kuliner ini sangat terkenal di Beijing ketika dinasty Qing dan secara cepat menyebar ke daerah lainnya.

15.  Wonton Soup (húndùn)

Hundun merupakan sejenis dumpling China namun berbeda dengan jiaozi karena isian dari wonton lebih sedikit. Kemudian bagian kulitnya juga lebih tipis sehingga dari segi ukuran sendiri memang terlihat mini.

Biasa disajikan bersama sup kaldu dengan isian babi cincang atau udang tergantung selera. Meskipun umumnya disajikan menggunakan sup namun ada juga versi goreng yang rasanya lebih garing.

 

Jika memang ingin serius mengeksplorasi hidangan China tentu lebih afdol jika berkunjung langsung. Dengan begitu Anda bisa mencicipi bagaimana buatan tangan asli agar tahu rasa originalnya.

Ketika bepergian ke luar negeri jangan sampai jaringan internet terganggu karena itu akan sangat menjengkelkan. Jika ingin internet tetap stay on tentu saja Anda perlu menggunakan JavaMifi.

JavaMifi merupakan solusi koneksi internet internasional lancar, unlimited, dan terjangkau. Anda bisa menggunakan WIFI jika melakukan perjalanan rombongan karena bisa digunakan untuk lima device sekaligus.

Dengan menggunakan WIFI JavaMifi Anda bisa tetap tersambung di lebih dari 200 negara. Dukungan customer service selama 24 Jam siap melayani pengguna ketika terjadi berbagai macam trouble.

Jika perjalanannya sendiri Anda juga bisa menggunakan eSIM agar tidak perlu ganti kartu. Tinggal registrasi, perangkat sudah bisa digunakan untuk internetan di berbagai negara tanpa adanya limit data.

Pengguna eSIM tetap bisa melakukan tethering agar aksesibilitas dan sinkronisasi gadget tetap optimal. Dengan memakai eSIM Anda bisa bebas internetan di lebih dari 200 negara dan mendapatkan dukungan CS 24 jam.

Bagi pengguna eSIM dan WIFI tidak perlu khawatir dengan kualitas koneksi internet. Karena fitur network optimization JavaMifi secara otomatis akan mengalihkan konektivitas internet pada provider terbaik di daerah terdekat.

Apabila ingin nyaman wisata kuliner di negeri tirai bambu kunci utama adalah sambungan internet kencang. Kegiatan mengeksplorasi hidangan China jadi semakin asyik bersama JavaMifi karena bisa tetap stay on.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *