3 Alasan Kenapa Harus Download VPN saat Traveling di China

Alasan harus download VPN saat traveling ke China paling utama adalah untuk memperlancar akses internet. Saat Anda berlibur ke Negara ini jangan terkejut jika ternyata banyak situs populer diblokir pemerintah setempat.

Bahkan aplikasi sosial media populer dan pesan instan juga tidak dapat diakses. Lalu bagaimana caranya komunikasi dengan keluarga atau teman-teman di Indonesia? Anda perlu menggunakan aplikasi analog yang biasa dipakai warga setempat.

Komunitas Anda juga harus menggunakan aplikasi serupa untuk bisa saling berkomunikasi. Solusi paling mudah adalah dengan menggunakan VPN. VPN merupakan solusi agar aktivitas internet Anda dialihkan melalui server.

Contoh saat berada di Shanghai, Anda terhubung dengan server Chicago, Amerika Serikat jadi bebas mengakses internet karena seolah Anda berada di sana. Selanjutnya, berikut ini adalah 3 alasan mengapa Anda harus download VPN saat berada di China.

Fungsi VPN saat Traveling di China

Traveling bukan hanya menikmati moment, tetapi perlu juga mengabadikannya dan membagikan ke sosial media.Tidak jarang juga Anda perlu mengakses internet untuk mencari info penting. Berikut 3 alasan mengapa harus download VPN saat traveling di China.

1.      Membuka Blokir Situs Web

Alasan harus download VPN jika Anda sedang berada di China adalah fungsinya yang bisa membuka blokir situs. Selama traveling tentu Anda akan perlu mengakses situs penting seperti Google, Youtube, Facebook, Instagram dan sebagainya.

Google merupakan sumber dari banyak informasi penting. Misalnya perlu platform translate bahasa, mencari lokasi tujuan wisata, mencari rekomendasi tempat makan, transportasi dan banyak lagi.

Menambah wawasan pengetahuan mengenai objek wisata yang sedang dikunjungi juga bisa melalui Google. Tentu cukup merepotkan apabila Anda tidak bisa mengaksesnya. Inilah alasan harus download VPN selama traveling di China.

Selain Google, situs video streaming Youtube juga diblokir. Padahal selama liburan lebih seru jika sambil menikmati video favorit untuk mengusir bosan selama perjalanan. Atau sebagai pengisi waktu luang saat transit dan istirahat di hotel.

Kebutuhan paling pokok dari traveling yaitu update sosial media juga akan terganggu selama ada di China. Anda tidak bisa akses ke akun Instagram, Facebook, Twitter dan sebagainya. Terutama bagi content creator ini cukup menyulitkan.

Terlebih jika Anda merupakan pengguna platform sosial media sambil berbisnis misalnya jadi affiliate. Anda yang harus mengupload produk dari endorse akan kesulitan melakukannya selama traveling di China.

Jangankan mengupload foto atau video, sekedar membuka akun Instagram atau Facebook saja tidak akan berhasil. Semua situs dari barat langsung terblokir karena penerapan “the great firewall”.

Alasan harus download VPN selain membuka blokir juga agar internet jadi lebih cepat. Anda akan merasakan kecepatan internet kurang maksimal pada saat mengakses situs yang dihosting di luar wilayah Tiongkok.

Hal ini terjadi bahkan selama Anda berada di kota besar seperti Beijing dan Shanghai. Kecepatan untuk proses download maupun upload akan sangat lambat. Jika aktifitas internet berkaitan dengan urusan bisnis atau pekerjaan tentu sangat disayangkan.

Pekerjaan jadi terkendala, produktivitas dan kepercayaan atasan menurun. Berkaitan dengan bisnis, bisa berpengaruh terhadap profit dan omset. Maka dimana saja dan sedang apa saja, kualitas jaringan komunikasi ini harus jadi prioritas.

Alasan harus download VPN sangat masuk akal, sebab prosesnya sendiri sangat mudah. Anda bisa mengaktifkan fitur bawaan dari perangkat jika memungkinkan. Bisa juga mendownload dengan beberapa langkah mudah berikut ini.

−        Pengguna iOS dan Android

Download aplikasi di App store atau Play Store. Setelah terpasang pada perangkat, langsung hubungkan dengan server. Pilih atau ketik Negara yang Anda inginkan, setelahnya baru bisa berselancar dengan bebas.

−        Pengguna Windows dan Mac

Unduh aplikasi dan pasang di PC Windows atau Mac yang Anda gunakan. Hubungkan ke server dengan terlebih dulu memilih Negara, klik “connect” agar bisa terhubung. Proses selesai, Anda bisa membuka situs mana saja yang diinginkan.

Anda tidak akan terpengaruh oleh aturan pemerintah setempat yang membatasi penggunaan internet. Anda juga tidak perlu mendownload aplikasi pesan instan seperti WeChat, maupun platform lain seperti Baidu dan sebagainya.

Dimana saja, Anda bisa tetap terhubung dengan keluarga di rumah, teman-teman, komunitas atau siapa saja. Bisa saling berkabar, apalagi jika traveling Anda memerlukan waktu yang lebih lama.

2.      Kontinuitas Profesional

Selain konektivitas pribadi, traveler tidak jarang memerlukan akses untuk keperluan profesional. Tentunya Anda tidak asing dengan aktifitas travel blogger, atau bahkan Anda jadi salah satunya.

Untuk mendukung aktivitas profesional tersebut diperlukan kemudahan akses ke situs Blogger, atau WordPress. Sayangnya, ini tidak bisa langsung dilakukan layaknya sedang berada di negeri sendiri.

Inilah alasan harus download VPN saat traveling di China. Situs-situs sebagai tempat nge-blog hanya bisa diakses menggunakan saluran private. Dengan menggunakan VPN pekerjaan Anda dapat tetap dikerjakan.

Sumber penghasilan dari internet baik Blogger maupun WordPress dijamin aman. Setiap sudut tempat, jalan, akan jadi spot menari yang bisa dibagikan melalui blog tanpa terlewat satupun.

Alasan harus download VPN mengacu pada fungsi-fungsi pentingnya. Setidaknya ada 3 poin penting yang harus diketahui oleh para pengguna dan calon pengguna.

−        Kerahasiaan

Confidentiality atau kerahasiaan ini didapat karena adanya kinerja berupa enkripsi data-data lewat jaringan. Apa saja yang lewat menggunakan jaringan langsung terenkripsi, sehingga data pengguna terjaga kerahasiaannya.

Bahkan saat ada pihak yang ingin melacak jalur tersebut tidak dapat dilakukan. Data Anda tidak akan dapat terbaca dengan jelas sebab sudah diacak. Kemungkinan data dicuri jadi sangat minim.

−        Data Integrity

Data integrity atau keutuhan data terjaga, ini juga jadi alasan harus download VPN selama traveling di China. Keutuhan data saat berjalan melalui koneksi internet melintasi berbagai Negara tetap dapat terjaga.

Tindakan manipulasi oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk merusak atau menghilangkannya dapat dicegah. Jika kebutuhan penggunaannya berkaitan dengan bisnis, pekerjaan dan finansial, tentunya tidak akan ada potensi kerugian.

−        Origin Authentication (Autentikasi Sumber)

Alasan harus download VPN karena dapat melakukan autentikasi sumber-sumber pengirim data. Data-data yang diterima akan diperiksa baru kemudian disetujui apabila proses autentikasinya berhasil.

Jadi data yang terkirim dan diterima berasal dari sumber utama bukan dari pihak lain. Saat menulis blog dan menggunakan sumber referensi, maka informasi yang didapat benar-benar valid dari sumber kredibel.

−        Keamanan saat menggunakan jaringan Wifi

Saat traveling ke China tentunya Anda akan sering menggunakan layanan jaringan Wifi untuk akses internet. Hal ini lebih dipilih wisatawan dibanding membeli layanan dari provider setempat.

Penggunaan Wifi sendiri cukup berisiko terhadap keamanan data salah satunya riwayat internet. Ini jadi penegas alasan harus download VPN, sebab riwayat penggunaan internet tidak akan terdeteksi.

Bagi Anda yang traveling sekaligus menjadi blogger profesional, adanya VPN sangat membantu produktifitas blog. Dari blog yang berisi perjalanan Anda ada banyak keuntungannya.

Diantaranya adalah penghasilan berupa uang dari iklan. Blog semakin berkualitas karena tulisan tentang suatu objek wisata di China. Ini akan menarik perhatian para pebisnis online untuk media pemasarannya.

Selain memasang iklan di blog, para pebisnis ini kadang juga akan memberikan produk gratis. Bahkan perusahaan di bidang pariwisata akan memberikan paket liburan Cuma-Cuma.

Inilah alasan harus download VPN selama berlibur di China. Setiap hari bisa tetap produktif. Waktu luang, moment spesial, serta tulisan Anda akan jadi keuntungan dalam bentuk finansial.

3.      Faktor Keamanan

Alasan berikutnya adalah karena faktor keamanan. Risiko keamanan ini terutama jika mengakses situs lokal yang banyak popup dan download otomatis. Ada kalanya, begitu terhubung dengan jaringan wifi public, ada aplikasi tertentu yang terdownload.

Kadang download tersebut terjadi bahkan saat membuka smartphone. Aplikasi asing yang tidak dibutuhkan tersebut bisa berisi malware. Malware atau virus dapat merusak sistem serta menghambat aktifitas internet.

Selain itu juga membahayakan data penting. Bisa saja file asing tersebut bertujuan untuk meretas kemudian mengambil data pribadi, perbankan, atau informasi penting dan rahasia yang ada di perangkat.

Alasan harus download VPN dalam hal ini akan membantu membatasi terjadinya peretasan melalui malware tersebut. Sehingga data apapun yang tersimpan pada smartphone atau laptop tetap aman.

Hal ini terutama untuk para pengguna smartphone Android atau perangkat Windows tanpa dilengkapi anti-virus. Sangat penting untuk mengantisipasi terdownloadnya file asing akibat mengunjungi situs tertentu.

Selain dari malware, keamanan transaksi perbankan juga dijamin aman. Misalnya berbelanja menggunakan kartu kredit saat berada di pasar lokal atau pusat perbelanjaan modern di China.

Melakukan transaksi pembayaran dari debet rekening online juga dijaga keamanannya. Membayar tiket perjalanan, hotel, penginapan atau pembelian menggunakan e-banking. Ini juga alasan harus download VPN saat di China.

Selain transaksi yang melibatkan rekening bank, kebutuhan akses terhadap situs lokal Negara asal bisa dilakukan dengan aman. Misalnya ingin mengetahui berita terkini di Negara asal, atau spesifik wilayah domisili.

Alasan harus download VPN adalah agar dipilihkan server yang dapat menghubungkan dengan situs terkait. Sehingga jika ada kabar viral dan penting Anda bisa selalu update meski sedang traveling di China.

Solusi Mudah Internetan di China

Menggunakan VPN jadi solusi, namun kini sudah ada solusi lebih praktis dari JavaMifi. Anda bisa menggunakan jaringan Wifi secara solo maupun grup traveling. Bisa connect ke lebih dari 5 devices sekaligus. Anda juga akan mendapatkan support CS 24 jam nonstop.

Tanpa batasan kuota, tidak perlu menghitung-hitung saat akan download maupun upload file foto maupun video. Jaringan berkualitas bahkan saat berada di wilayah dengan sinyal kurang bagus. Sebab JavaMifi akan langsung switch ke operator paling kuat.

Selain wifi, JavaMifi juga menyediakan fasilitas eSIM jika Anda solo traveler. Cukup scan akan langsung connect tanpa harus ganti kartu. Jaringannya unlimited bisa untuk akses apa saja dan bisa tethering.

Pembatasan akses internet di China tidak akan merepotkan selama menggunakan JavaMifi. Tanpa perlu mendownload VPN, namun keamanan dan keleluasaan akan Anda dapatkan.

Semua aktivitas sosial media, komunikasi online, kirim pesan instan, hingga kebutuhan profesional terpenuhi lebih praktis. Tidak perlu lagi mempertimbangkan alasan harus download VPN sebab JavaMifi mengcover kebutuhan akses selama berada di Negara China.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *