Tips Wajib Dilakukan Ketika Liburan ke China Bagi Pemula

Liburan ke China mungkin menjadi salah satu agenda perjalanan tamasya Anda. Karena negara dengan julukan Negeri Tirai Bambu ini memang menjadi salah satu destinasi wisata yang menjadi tujuan banyak orang.

Ada banyak alasan orang datang ke China, terutama untuk melihat keindahan negeri dengan 4 musim ini. Salah satu ikon yang terkenal adalah The Great Wall. Selain itu, China atau Tiongkok juga terkenal dengan tempat wisata belanja.

Jadi, wajar saja apabila banyak orang tertarik mendatanginya, termasuk wisatawan dari Indonesia. Nah, apabila Anda juga tertarik untuk berkunjung ke negara tersebut, maka perlu persiapan matang agar liburan menjadi menyenangkan.

Tips dan Trik Liburan ke China yang Bisa Ditiru

Tiongkok dengan sejuta pesonanya memang layak untuk dikunjungi. Bukan hanya keindahan pemandangan, tapi juga keunikan kultur budaya membuat negara satu ini memancing rasa penasaran wisatawan.

Jika Anda sedang merencanakan pergi ke Tiongkok untuk berlibur, maka bisa perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Pilih Waktu yang Tepat

Karena memiliki 4 musim yang berbeda, Tiongkok akan mengalami perubahan iklim setidaknya 4 bulan sekali. Jadi, jika ingin berangkat Liburan ke China harus memilih waktu yang tepat agar tidak salah kostum dan persiapan sesuai musimnya.

Berikut adalah pilihan waktu terbaik untuk bertandang ke negeri 4 musim ini:

1. April-Mei

Menikmati bunga bermekaran pada musim semi.

2. Juni-Agustus

Agar bisa menikmati kehangatan musim panas.

3. September-Oktober

Merupakan waktu terbaik menikmati keindahan musim semi Tiongkok.

4. November-March

Menjadi waktu terbaik merasakan musim dingin dan salju.

 

2. Pelajari Kosakata Umum Bahasa China

Setelah menyesuaikan musimnya, tips Liburan ke China berikutnya adalah masalah Bahasa. Karena kebanyakan warga lokal tidak bisa berbahasa Inggris, maka Anda wajib mempelajari beberapa kosakata umum agar bisa berkomunikasi dengan mereka.

Bawalah buku petunjuk kosakata Bahasa China selama perjalanan agar lebih mudah berkomunikasi. Selain itu, pastikan untuk memilih hotel yang stafnya dapat berbahasa Inggris sehingga komunikasi menjadi lancar.

3.      Cari Rekomendasi Restoran Halal

Tips Liburan ke China berikutnya adalah masalah makanan, khususnya bagi umat muslim yang harus mengonsumsi makanan halal. Carilah referensi atau rekomendasi restoran halal tersedia dalam kota yang menjadi tujuan Anda.

Biasanya restoran halal yang buka dalam kota-kota negeri China memiliki ciri menggunakan cat hijau putih dengan tulisan halal serta gambar masjid pada papan namanya. Selain itu, karyawannya juga mengenakan peci untuk pria dan penutup kepala untuk wanita.

Sebaiknya, tanyakan dulu ke penjual apakah menjual makanan halal atau tidak. Misalnya dengan menunjukkan gambar babi, arak masak, dan makanan haram lainnya apabila tidak bisa berkomunikasi menggunakan bahasa.

4.      Perhatikan Iklim Saat Berkunjung

Tips Liburan ke China selanjutnya adalah mengenai iklim negara empat musim tersebut. Orang Indonesia terbiasa dengan dua musim sehingga ketika datang ke negara dengan empat musim perlu beradaptasi dahulu.

Bawalah pakaian yang sesuai dengan musim ketika datang ke Tiongkok. Agar dapat mengakomodasi kenyamanan saat bepergian mengunjungi berbagai tempat.

Musim terbaik untuk berkunjung adalah musim semi dan gugur. Namun, perhatikan juga waktu festival diadakan, karena China menggunakan penanggalan Lunar yang berbeda dari masehi.

Sebagai catatan, saat kegiatan festival dilaksanakan, kemungkinan suasana akan sangat ramai dan cukup sulit mendapatkan sarana transportasi.

5.      Atur Itinerary dengan Baik

Anda juga perlu mengatur itinerary untuk Liburan ke China, karena wilayah negara ini luas dan punya banyak tempat wisata menarik. Jadi, mengatur jadwal perjalanan wajib dilakukan dengan baik, agar waktu berlibur menjadi optimal.

Jika waktu perjalanan pendek sebaiknya prioritaskan tempat utama yang ingin dikunjungi dan pilih tempat tujuan tambahan yang jaraknya tidak jauh.

Sebaiknya, sehari wisata hanya mengunjungi 3 tempat agar tidak terlalu lelah dan menikmati liburan dengan baik.

6.      Bawa Pemandu Wisata

Kalau Liburan ke China paling enak jika memiliki pemandu wisata. Hal ini akan membantu Anda lebih mudah menuju tempat wisata dan mendapatkan informasi mengenai tempat tersebut.

Pemandu wisata bisa merupakan orang lokal atau orang Indonesia yang sudah tinggal lama di China. Anda bisa mencari pemandu professional atau mengandalkan kenalan yang dapat dipercaya.

Sebaiknya pilih pemandu yang fasih berbahasa lokal agar membantu Anda ketika berkomunikasi dengan warga lokal. Dengan bantuan pemandu, wisatawan juga makin bisa mengenal tempat wisata yang dikunjunginya atau budaya lokal tempat tersebut.

7.      Siapkan Uang Tunai

Ketika Liburan ke China keinginan berbelanja pasti muncul, karena negara satu ini memang menjadi salah satu destinasi wisata belanja. Nah, untuk membayar belanjaan di pedagang-pedagang, Anda perlu uang tunai.

Sebab kebanyakan pedagang tidak menerima pembayaran non tunai dengan menggunakan kartu debit maupun kredit yang tidak diterbitkan oleh bank lokal. Begitu pula e-money, harus menggunakan e-money dari aplikasi lokal.

Bahkan di pusat perbelanjaan, kebanyakan tokonya tidak menerima pembayaran kartu debit atau kredit dari bank internasional, hanya kartu terbitan bank lokal saja. Hanya beberapa tempat yang menerima pembayaran kartu kredit bank asing.

Jadi, sebaiknya siapkan uang tunai jika ingin berbelanja atau tanyakan dahulu apakah tempat tersebut menerima pembayaran dengan kartu bank asing sebelum berbelanja.

8.      Tidak Perlu Bawa Converter

Saat Liburan ke China, tidak perlu repot masalah colokan listrik. Jika berlibur ke negara lain, seperti ke Eropa, Anda mungkin harus membawa converter karena colokan listriknya berbeda dengan di Indonesia.

Akan tetapi, di Tiongkok berbeda, wisatawan tidak perlu repot mengurusi masalah colokan, karena tersedia colokan listrik universal, baik di hotel maupun tempat umum lainnya. Jadi, hapus converter dari daftar bawaan Anda.

9.      Hati-hati Saat Membeli Barang

Saat Liburan ke China sudah pasti ingin berbelanja, apalagi saat tahu harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan di dalam negeri. Banyak orang yang kalap belanja karena harga murah sehingga jadi kurang teliti.

Anda harus lebih hati-hati saat membeli barang, terutama dari pedagang di pasar. Karena banyak kasus penipuan, misalnya barang dalam kemasan yang sudah diganti dengan barang rusak.

Jadi, ada baiknya periksa terlebih dahulu ketika akan membeli. Cek isi barang dalam kemasan dan harus dicoba dulu, jika sudah tahu kondisinya baik, maka baru dibayar. Hal ini harus sangat diperhatikan ketika berbelanja, bahkan di mall sekalipun.

10.  Antisipasi Penggunaan Toilet Kering

Beda negara beda budaya juga kebiasaannya, jadi saat Liburan ke China pastikan Anda dapat beradaptasi dengan kebiasaan di negara tersebut. Salah satunya adalah masalah toilet, karena warga loka kebanyakan menggunakan sistem toilet kering.

Jadi, dalam bilik toilet tidak akan tersedia air untuk berbasuh setelah selesai buang air kecil atau besar. Untuk mengantisipasinya, sebaiknya bawa tisu basah dan air secukupnya ketika hendak menggunakan toilet.

11.  Hati-hati dengan Penipuan

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan saat Liburan ke China adalah memastikan keamanan diri sendiri dan teman seperjalanan. Sebab menurut cerita para pelancong, ada beberapa kasus wisatawan yang mengalami penipuan tea scam.

Modus penipuan ini dengan mengajak wisatawan menghadiri acara upacara minum teh khas Tiongkok. Mulanya, ada beberapa orang berpenampilan pelajar menghampiri wisatawan dan meminta tolong difoto atau mengajak mengobrol.

Orang-orang ini pandai berbicara bahasa Inggris sehingga terlihat terpercaya. Kemudian, mereka akan mengajak wisatawan ikut acara minum teh. Orang-orang ini akan pergi diam-diam, kemudian wisatawan akan mendapatkan tagihan mahal dan harus membayarnya.

12.  Perhatikan Transportasi Umum yang Digunakan

Saat Liburan ke China mungkin Anda akan sering menggunakan transportasi umum, terutama jika melakukan perjalanan mandiri bukan menggunakan travel. Nah, saat hendak menggunakan transportasi umum carilah informasinya terlebih dahulu.

Utamakan mengetahui transportasi umum apa saja tersedia di kota yang akan dituju, misalnya bus, kereta bawah tanah, atau jenis transportasi lainnya. Ketahui kapan transportasi umum mulai beroperasi dan kapan berhenti.

Sebab kebanyakan kota di China menghentikan operasi transportasi umum pada malam hari. Jadi, Anda harus siap menggunakan jenis transportasi lainnya.

Selain itu, ada beberapa wilayah yang tidak menjadi tujuan transportasi umum atau perjalanan pulang pergi ke wilayah tersebut dibatasi armada transportasinya pada jam tertentu.

Jadi, cek dahulu sebelum melakukan perjalanan atau minta informasi dari pihak hotel maupun pemandu wisata Anda.

13.  Gunakan VPN

Salah satu permasalahan yang banyak dikeluhkan wisatawan saat Liburan ke China adalah masalah akses internet. Bukan karena koneksinya tidak lancar atau lambat, melainkan karena tidak bisa mengakses Google, Youtube, Instagram, bahkan WA.

Pemerintah China mengutamakan penggunaan mesin pencari buatan dalam negeri, begitupula aplikasi sosial media, dan aplikasi lainnya. Oleh sebab itu, website maupun aplikasi luar tidak dapat diakses dengan mudah.

Ini pasti akan jadi masalah karena orang Indonesia sudah terbiasa menggunakan mesin pencari dari Google dan akun media sosial internasional. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan VPN.

Anda perlu mengunduh aplikasi VPN dan memasangnya di ponsel terlebih dahulu sebelum berangkat agar tetap bisa mengakses berbagai situs dan aplikasi yang biasa digunakan.

14.  Gunakan Akses Internet Cepat dan Lancar

Liburan ke China tanpa internet? Pastinya tidak akan menyenangkan. Karena Anda tidak bisa berbagi momen menyenangkan dengan orang-orang terdekat atau followers di akun media sosial.

Selain itu, bagi yang berlibur masih sambil memantau bisnis atau pekerjaan juga perlu akses internet yang lancar. Pilihannya ada dua, membeli paket internet luar negeri selama masa liburan, atau menggunakan kartu internet lokal.

Kalau tidak mau repot ganti kartu lebih baik gunakan JavaMifi. Dengan wifi dan eSIM JavaMifi, Anda bisa mendapatkan akses internet cepat dan tetap bisa akses Google, Youtube, Instagram, serta WA dan berbagai aplikasi media sosial lainnya di China tanpa pakai VPN.

Keunggulan yang ditawarkan Wifi JavaMifi dapat digunakan oleh solo ataupun grup traveling, bisa connect sampai ke 5 devices berbeda dan kuotanya unlimited. Kemudian, bisa terkoneksi di 200 lebih negara di seluruh dunia.

JavaMifi juga menyediakan eSIM yang bisa digunakan ketika solo traveller Anda tetap bisa tethering. Dengan menggunakan eSIM tidak perlu ribet ganti kartu karena tinggal scan saja dan tanpa Batasan kuota.

Jangan khawatir Wifi dan eSIM dari JavaMifi juga terdapat network optimization yaitu penggantian ke operator dengan sinyal terkuat, ketika Anda berada di wilayah dengan sinyal internet kurang bagus. Tersedia juga bantuan customer service selama 24 jam setiap harinya.

Mau liburan yang nyaman dan menyenangkan di negeri tirai bamboo? Cobalah lakukan beberapa tips di atas sehingga perjalanan makin menyenangkan dan berkesan. Apalagi jika ini adalah perjalanan ke China yang pertama untuk Anda.

Agar Liburan ke China makin menyenangkan, jangan lupa untuk melengkapi perjalanan dengan JavaMifi, akses WA, Google, Youtube, dan Instagram maupun berbagai aplikasi lainnya tetap aman tanpa perlu pakai atau download VPN.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *