Serba Serbi tentang Suica dan Pasmo Jepang

Jepang merupakan negara yang memanfaatkan teknologi canggih yang dimilikinya untuk memanjakan penduduk maupun turis yang berkunjung ke negaranya. Tidak heran banyak penduduk Jepang yang menggunakan kendaraan umum sebagai transportasi utamanya. Hal ini terlihat dari tindakan kecil tapi bermanfaat bagi semua orang yaitu mempunyai sistem pembayaran canggih yang terintegrasi dengan transportasi publik, convenience store, dan tempat-tempat wisata lainnya.

Jika kamu sedang berlibur ke Jepang dan ingin memiliki flesibilitas yang tinggi untuk menjelajahi berbagai tempat khususnya di Tokyo, benda pertama yang harus kamu miliki adalah Suica dan Pasmo.

Apa itu Suica dan Pasmo?

Suica dan Pasmo adalah kartu elektronik (IC Card) yang bisa digunakan untuk menaiki kendaraan umum seperti kereta, subway (kereta bawah tanah), dan bus. Bisa dibilang Suica dan Pasmo ini fungsinya seperti e-money di Indonesia. Selain digunakan untuk transportasi publik, Suica dan Pasmo juga bisa dipakai untuk membeli barang di minimarket, membeli minuman di vending machine, memakai loker koin, dan lain-lain. Jepang memiliki banyak sekali IC card, namun yang paling terkenal adalah Suica dan Pasmo.

Pentingnya Memiliki Suica dan Pasmo Jepang

Dalam sebuah wawancara, seorang warga asing yang bekerja dan tinggal di Jepang mendapat sebuah pertanyan dari wartawan yang menanyakan “Apa hal terpenting yang harus dimiliki seseorang ketika berada di Jepang?” Lalu warga asing itu menjawab Suica dan Pasmo, karena menurutnya dapat membantunya mengunjungi tempat-tempat yang jauh menggunakan kereta. Di samping itu, juga bisa digunakan sebagai alat pembayaran di vending machine dan kios-kios yang memiliki label IC card Suica dan Pasmo.

Tempat Pembelian

Kamu bisa mendapatkan Suica dan Pasmo di tempat-tempat umum seperti stasiun kereta, bandara, counter office, terminal bus, bahkan mesin penjual otomatis. Dengan begitu kamu tidak akan kesulitan untuk mencarinya. Selain itu, instruksi yang tertulis di kartu Suica dan Pasmo sudah berbahasa Inggris sehingga memudahkan kamu dalam memahami cara penggunaannya.

Cara Menggunakan Suica dan Pasmo

Cara penggunaannya sendiri pun sangat mudah. Jika kamu memakainya untuk transportasi umum seperti kereta atau subway, cukup tempelkan kartu Suica atau Pasmo pada mesin reader. Setelah itu kamu bisa masuk dan secara otomatis saldo kamu terpotong sehingga kamu tidak perlu membeli tiket tambahan di stasiun. Sedangkan untuk membeli barang di konbini atau minimarket, ketika ditanya oleh kasir “oshiharai wa?” maka jawab dengan “suica de” lalu kasir akan mengarahkan ke IC card reader untuk menyelesaikan pembayaran.

Untuk mengisi ulang saldo kartu, kamu dapat melakukan top-up di mesin penjual tiket otomatis yang berada di toko-toko, minimarket, terminal bus, dan pintu keluar stasiun. Kamu dapat mengisi saldo mulai dari 1.000 yen hingga 20.000 yen. Selain itu, kamu tidak bisa mengisi saldo menggunakan kartu kredit.

Batas Expired

Pada umumnya setiap IC card memiliki batas waktu expired yang panjang yaitu sekitar 10 tahun. Jika kamu sudah melakukan registrasi kartu di awal pembelian, kamu dapat memindahkan saldo dari kartu yang lama ke kartu yang baru dengan mengisi biodata diri sehingga memudahkan kamu dalam melakukan pergantian kartu.

Kartu Hilang

Selain untuk pergantian kartu, melakukan registrasi di awal pembelian juga sangat membantu kamu ketika kehilangan kartu Suica dan Pasmo. Kamu cukup mendatangi kantor penjualan Suica atau Pasmo dan membawa form pengisian registrasi. Siapkan uang sekitar 1.010 yen untuk pembayaran, 500 yen untuk deposit kartu dan 510 yen untuk biaya pengurusan. Setelah itu kamu mendapat kartu yang baru sekitar 1-14 hari. Namun jika kamu kehilangan kartunya dan tidak melakukan registrasi di awal pembelian, kamu tidak bisa mengembalikan saldo yang ada di kartu Suica atau Pasmo yang hilang tersebut.

Refund Kartu

Jika kamu sudah tidak lagi menggunakan kartu Suica atau Pasmo, kamu bisa mengajukan pengembalian kartu atau refund. Pengajuan ini tidak memakan biaya tambahan. Ketika mengembalikan kartu, saldo terakhir dan deposit awal yang ada di kartu tetap bisa kamu ambil. Contohnya jika saldo terakhir kamu 3.000 yen dan deposit awal 500 yen, maka kamu akan memperoleh 3.500 yen.

Perbedaan Suica dan Pasmo

Meski terlihat sama dan mempunyai fungsi yang serupa, terdapat beberapa perbedaan yang kamu harus ketahui sebelum memutuskan untuk memilih Suica atau Pasmo. Suica dikeluarkan oleh operator Japan Railway East. Sedangkan Pasmo diproduksi oleh Tokyo Metro. Perlu diketahui, di Jepang terdapat banyak sekali IC Card. Namun, beberapa diantaranya hanya dapat digunakan di daerah tertentu.

Suica dapat dipakai untuk seluruh JR East  Lines dan daerah dengan IC card lain seperti JR West, JR Hokkaido, JR Central JR Kyushu dan lain-lain. Sedangkan Pasmo dapat digunakan di luar Tokyo seperti Kyoto, Osaka, Fukuoka dan sebagainya. Jika kamu hanya menggunakan Suica dan Pasmo khusus di daerah Tokyo saja seharusnya tidak menjadi masalah, tapi jika hendak memakainya di luar Tokyo, itu kembali lagi ke itinerary atau rencana perjalanan yang kamu pilih.

Selain memiliki Suica dan Pasmo untuk menunjang perjalananmu ketika berada di Jepang, kamu juga wajib memiliki provider internet yang mumpuni untuk memenani liburanmu. Javamifi adalah modem internet yang memudahkan kamu mengakses internet dengan cakupan hingga lebih dari 200 negara. Liburan berkelompok? Tidak usah khawatir karena Javamifi bisa support hingga 5 device. Kamu juga tidak perlu membawa power bank karena baterai Javamifi mampu bertahan hingga 15-20 jam. Dengan daya baterai yang besar, kamu tetap bisa menikmati internet sepuasnya untuk menemani perjalananmu di Jepang.

 

Jepang, Tips & Trick, Traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *