Tips & Trik Persiapan ke Menara Pisa

Apa yang terlintas di pikiran kamu ketika mendengar negara Italia? Tentunya tidak jauh-jauh dari pizza, spagetti, Ferrari, nyanyian seriosa, sepakbola, gladiator, Venisia, dan Menara Pisa. Menurut sejarahnya, Menara Pisa adalah sebuah campanile atau menara lonceng gereja katedral yang terletak di Kota Pisa, Italia. Kota Florence adalah salah satu kota yang besar yang dekat dengan Kota Pisa.

Menara Pisa adalah bangunan ketiga dari Piazza dei Miracoli atau alun-alun di Kota Pisa. Dibangun oleh seorang arsitek bernama Bonanno Pisano. Dibuat dari batu marmer putih dengan gaya arsitektur romanesque  pada tanggal 9 Agustus 1173  ketika Italia memasuki masa kejayaannya. Lalu selesai dibangun pada tahun 1319 karena terjadi berbagai macam perang di Italia. Menara Pisa terkenal karena memiliki kemiringan yang berbeda dibandingkan dengan bangunan lain yang berada dalam satu komplek. Hal ini dikarenakan Menara Pisa dibangun di atas tanah yang tidak stabil. Kemiringan bangunan Menara Pisa memiliki sudut miring sepanjang 5 meter dari garis lurus. Anomali inilah yang menjadi daya tarik para turis dan wisatawan yang berkunjung ke Italia khususnya Kota Pisa.

Untuk kamu yang berencana melakukan perjalanan ke Italia, kamu wajib mengunjungi salah satu bangunan yang dianugerahi oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia ini. Selain itu, Menara Pisa juga masuk ke dalam daftar tujuh keajaiban dunia dari abad pertengahan. Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya lakukan 5 hal berikut sebelum berlibur ke Italia.

Agar perjalananmu lebih mudah dan menyenangkan, berikut kami berikan tips dan trik persiapan ke Menara Pisa.

 

1. Naik Kereta dari Stasiun Firenze St. Maria Novel

Untuk mencapai ke Kota Pisa, kamu dapat naik kereta dari Stasiun Firenze St. Maria Novel yang memakan waktu selama 52 menit dan sampai di Pisa Centrale. Jenis kereta ini adalah kereta regionale, jadi kamu tidak perlu memesan tiket sebelum hari keberangkatan karena jadwal kereta ini sangat banyak.

Kamu dapat membeli tiketnya secara on-the-spot di mesin tiket dengan tujuan Pisa seharga 8.70 euro untuk satu arah. Tiket pulang juga dapat dibeli secara on-the-spot sehingga memudahkan perjalananmu.

2. Alternatif Kereta Jika dari Kota Milan

Jika kamu dari Kota Milan atau Roma, kamu harus naik kereta cepat ke Firenze, setelah itu ganti kereta menuju Pisa. Setelah sampai di Stasiun Pisa, kamu keluar lalu menyeberang ke halte bus dan menaiki bus nomor 4. Alternatif lainnya yaitu dengan bus LAM Rosa berwarna merah di depan stasiun.  Tiket juga dapat dibeli di kios yang berada di dalam stasiun.  Perjalanan dengan bus ini memakan waktu sekitar 15 menit untuk mencapai gerbang komplek Menara Pisa. Namun, kamu harus berhati-hati dengan copet yang melakukannya dengan berbagai modus ketika sedang berlibur di Italia.

Setelah sampai di komplek Menara Pisa, kamu dapat berfoto di depan Menara Pisa yang miring dengan berbagai postur gaya seperti memegang, bersandar, atau berpura-pura mendorong Menara Pisa yang miring.

3. Manfaatkan Tiket Masuk Gratis Cathedral

Tiket gratis juga tersedia dengan jumlah yang terbatas untuk masuk ke gereja Cathedral yang berada di dalam komplek Menara Pisa yang bisa diambil di pintu masuknya. Di dalam komplek, terdapat bangunan lain seperti Opera del Duomo Museum, Cathedral, Baptistery, The Monumental Cemetery, dan Menara Pisa itu sendiri. Selain Cathedral, untuk masuk ke bangunan-bangunan yang berada di dalam komplek diharuskan untuk membeli tiket masuk terlebih dahulu.

4. Masuk ke Menara Pisa

Jika kamu berminat memasuki Menara Pisa, kamu diwajibkan untuk berkumpul di pintu masuk sekitar 10 menit sebelum jam masuk yang sudah di­­book. Setelah itu kamu akan diberikan briefing mengenai sejarah singkat tentang Menara Pisa. Setelah masuk Menara Pisa, kamu bisa menitipkan tas atau ransel di tempat ruang penyimpanan yang berada di sebelah Menara Pisa.

5. Persiapkan Fisik yang Kuat

Utamakan kamu memiliki fisik yang kuat, karena ketika masuk ke Menara Pisa, kamu akan dihadapkan pada anak tangga yang berjumlah sebanyak 296  anak tangga yang didesain secara spiral. Menara Pisa ini mencapai delapan tingkat dengan ketingian hingga 60 meter, sehingga sangat disarankan untuk mengatur nafasmu secara teratur agar bisa menaiki anak tangga yang berada di dalam Menara Pisa.

Setelah sampai di atas, kamu dapat melihat pemandangan Kota Pisa yang mempesona. Di atas Menara Pisa terdapat tujuh lonceng besar yang memiliki nama masing-masing dengan tujuh not musik, tetapi lonceng tersebut sudah tidak dapat dibunyikan. Namun, eksistensi lonceng ini masih menjadi daya tarik para wisatawan yang sedang berlibur ke Menara Pisa.

Secara keseluruhan, estimasi waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Menara Pisa yaitu sekitar 2-3 jam.

Perjalananmu tidak akan terasa melelahkan jika kamu memiliki koneksi internet yang siap sedia setiap kali kamu membagikan momen-momen yang menyenangkan selama kamu liburan ke Italia untuk diupload ke sosial media. Saat ini sudah tersedia modem internet yang dapat digunakan di luar negeri yaitu Javamifi.

Javamifi dapat digunakan di berbagai negara dengan cakupan lebih dari 160 negara termasuk Italia. Selain itu, Javamifi juga dapat dipesan tanpa deposit sehingga kamu tidak perlu khawatir dana atau saldo kamu tertahan di luar negeri.

Live Instagram hingga berjam-jam, scroll sosmed setiap saat, atau melakukan telekonferensi di luar negeri bukan menjadi masalah besar karena Javamifi dilengkapi dengan baterai sebesar 5.000 mAh yang dapat bertahan 15-20 jam sehingga kamu tidak perlu takut koneksi internetmu terputus.

Itinerary, Tips & Trick, Traveling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *