Liburan ke Italia dengan Mengenali Modus Copet Serta Mangatasinya

Anda mungkin memiliki keinginan untuk liburan ke Italia. Negara ini terletak di benua Eropa dengan berbagai daya tarik, tidak hanya pada kulinernya saja, namun juga beberapa tempat wisata paling menakjubkan, bahkan beberapa tempat wisata di sana sudah terkenal di dunia.

Misalnya tempat wisata seperti pegunungan Dolomiti, Danau Como, Kota Venice bertopeng, serta pusat belanja terbesar dan lengkap, yaitu Milan. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan saat datang ke Italia, karena semua jenis wisata sudah pasti tersedia di sini.

Namun saat liburan ke Italia, Anda juga harus waspada terhadap pencopetan. Siapa sangka, ternyata sebagai negara yang banyak dikunjungi wisatawan, Italia juga menjadi salah satu negara di Eropa yang rawan dengan pencopetan. Terutama pencopetan terhadap turis.

Itu sebabnya, Anda harus mempersiapkan diri untuk melindungi uang atau harta lainnya selama jalan – jalan ke luar negeri. Caranya adalah dengan mengenali terlebih dulu bagaimana modus pencopetan di Italia dan apa yang harus dilakukan untuk menghindari masalah tersebut.

Kenali Modus Copet di Italia

liburan ke Italia

Seperti halnya di Indonesia, beberapa masyarakat di Italia yang sering melakukan pencopetan juga melakukan modus untuk mendekati korbannya. Berikut adalah beberapa modus yang biasanya dilakukan sebelum mencopet.

1. Meminta bantuan isi kuisioner

Modus pertama biasanya adalah dengan meminta bantuan untuk isi kuisioner. Modus ini sering dilakukan kepada para turis yang liburan ke Italia. Ketika ada turis membantu isi kuisioner, pencopet akan langsung mengambil uang dan harta lainnya, karena turis dianggap lengah.

Sebaiknya, jangan berhenti di tengah jalan untuk membantu isi kuisioner, terutama saat ramai sekali di jalan, karena lebih mudah melakukan pencopetan saat berada dalam keramaian. Ada baiknya Anda waspada saja dengan menolak yang baik dan meneruskan perjalanan.

2. Liburan ke Italia biasanya ada yang menawarkan bantuan untuk foto

Ada juga orang yang melakukan modus dengan cara menawarkan bantuan untuk memfoto. Terkadang ada turis yang tidak membawa peralatan foto lengkap, sehingga butuh bantuan orang lain untuk memfotokan dirinya.

Saat dibantu foto, kemungkinan ada teman pencopet yang beraksi mencopet saat Anda lengah. Jadi sebaiknya Atasi masalah ini dengan membawa peralatan foto lengkap saat liburan ke Italia, kemudian jangan langsung menerima bantuan untuk difoto orang lain, agar lebih waspada.

3. Menawarkan bunga gratis

Tidak hanya itu, ada juga modus pencopetan dengan menawarkan bunga gratis. Di luar negeri, memang terkadang ada kegiatan seperti membagikan bunga gratis, misalnya untuk sample atau sebagai bentuk kepedulian terhadap orang lain.

Namun tidak semua orang yang membagikan bunga gratis tersebut bisa dipercaya, karena nyatanya ada orang yang kehilangan uang karena dicopet oleh pemberi bunga gratis, karena pencopet merasa korbannya lengah saat berhenti jalan dan menerima bunga gratis.

Sebaiknya, Anda tetap berjalan saja meskipun ada orang yang menawarkan bunga gratis agar lebih waspada. Tolak saja dengan halus atau sampaikan bahwa Anda terburu – buru, sehingga barang – barang penting akan tetap aman saat liburan ke Italia.

Setelah memahami apa saja modusnya, Anda pasti bisa menghindari pencopetan dengan cara tidak terjerumus ke dalam modus tersebut. Namun selain itu, ada juga beberapa hal yang harus dilakukan untuk menghindari pencopetan dengan mudah.

Cara Menghindari Copet saat Liburan ke Italia

Italia dan beberapa negara di Eropa memang disebut rawan pencopetan, karena banyak pencopet yang lihai dalam melakukan aksinya. Namun sebagai turis, Anda juga tidak boleh kalah. Coba lakukan beberapa cara menghindari pencopetan saat di Italia berikut ini.

1. Mencari informasi tentang daerah berbahaya jika liburan ke Italia

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mencari informasi terlebih dulu tentang daerah – daerah berbahaya atau rawan kejahatan. Biasanya, informasi seperti ini bisa dicari di browser, karena ada banyak orang yang membagi pengalamannya saat berkunjung ke Italia.

Jika sudah mendapatkan informasi penting tentang daerah rawan kejahatan itu, Anda harus menandai di mana saja daerah rawan kejahatan dan jangan sampai melewatinya. Ini adalah tips yang sebaiknya dilakukan saat liburan ke Italia untuk menghindari kehilangan barang berharga.

Jika Anda terpaksa melewati daerah rawan kejahatan itu, sebaiknya jangan pergi sendirian, ajak teman atau partner lainnya yang ikut ke Italia. Kemudian, hindari jam – jam di mana daerah tersebut sudah sepi, misalnya jam tengah malam.

2. Meletakkan tas kecil di dada atau pinggang depang

Anda juga bisa menghindari pencopetan saat liburan ke Italia dengan cara meletakkan tas di dada atau pinggang bagian depan. Saat jalan – jalan, memang lebih nyaman membawa tas kecil untuk tempat menyimpan uang, HP dan barang berharga lainnya.

Namun saat memakai tas seperti itu, sebaiknya jangan meletakkan tasnya di bagian belakang, karena Anda tidak akan bisa mengawasi tas tersebut. Sedangkan, jika tasnya ditaruh di dada atau pinggang bagian depan, pencopet tidak akan begitu berani melancarkan aksinya.

Hindari juga meletakkan barang berharga di saku rok atau celana bagian belakang. Ada banyak orang yang kecopetan karena lupa meletakkan barang berharganya di saku bagian belakang. Pencopet bisa langsung mengambil uang dengan mudah jika diletakkan di saku belakang.

3. Berpakaian seperti penduduk asli

Anda juga bisa melakukan cara cerdik untuk menghindari pencopetan saat liburan ke Italia, yaitu dengan berpakaian seperti penduduk asli. Umumnya, pencopet di luar negeri tidak begitu berani melakukan aksinya kepada orang – orang lokal atau penduduk asli.

Hal ini karena risiko ditemukan atau ditangkap polisi lebih besar jika para pencopet berbuat jahat pada penduduk asli. Jadi sebaiknya, Anda pelajari dulu bagaimana gaya berpakaian penduduk asli Italia sebelum datang ke sana, kemudian coba sesuaikan gaya berpakaiannya.

Kemudian, hindari juga terlalu berbinar saat mendatangi suatu tempat. Anda boleh berekspresi takjub dan Bahagia saat berwisata ke Italia, namun jika terlihat terlalu berbinar, pencopet akan tahu bahwa Anda adalah turis yang baru pertama kali datang ke negara tersebut.

4. Tetap fokus selama jalan – jalan

Selama liburan ke Italia, Anda juga harus tetap fokus. Jangan mudah dialihkan oleh orang lain, karena bisa jadi itu adalah salah satu modus para pencopet. Selalu fokus dengan tujuan perjalanan dan fokus menjaga barang – barang agar tidak kehilangan.

Lalu, jika Anda ternyata kehilangan sesuatu, sebaiknya langsung hubungi pihak berwajib di Italia untuk mendapatkan bantuan.

Pastikan Anda melakukan beberapa cara tersebut agar tidak kehilangan uang dan harta lainnya selama di luar negeri. Selain berupaya untuk menghindari pencopetan, Anda juga perlu membawa JavaMifi sebagai perangkat wifi, sehingga Anda bisa internetan lancar di Italia.

JavaMifi merupakan perangkat wifi terpercaya yang sudah sering diandalkan oleh banyak orang saat ke luar negeri. Mengingat mendapat koneksi internet di luar negeri adalah hal yang sulit, maka Anda sudah harus antisipasi dengan membawa JavaMifi selama liburan ke Italia.

News, Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *