7 Cara Berjualan Online agar Cepat Laku 

Bisnis konvensional telah ditinggalkan seiring kemajuan zaman yang semakin canggih. Dengan adanya teknologi yang memberikan kemudahan informasi, pebisnis mulai beralih ke bisnis digital. Anda yang ingin meningkatkan UMKM go digital wajib tahu cara berjualan online agar lebih cepat laku terjual. Jika ada metode bisnis online yang bisa menghasilkan omzet lebih besar setiap bulan, kenapa tidak dilakukan? Supaya bisnis Anda bisa berkembang lebih pesat di era digital, maka perhatikan beberapa tips penting ini.

Tips Berjualan Online di Era Digital 

Ada banyak keuntungan memilih jualan online di era serba digital seperti sekarang, salah satunya bisa menekan biaya operasional perusahaan dibandingkan dengan membuka toko fisik. Yuk, dapatkan lebih banyak potensi penghasilan dengan cara berjualan online yang efektif berikut!

1.Mengenali jenis produk 

promo sale

Kenali jenis produk yang akan Anda jual agar bisa menawarkan keunggulan pada calon pembeli. Keunggulan produk bisa menjadi kunci Anda dalam melakukan promosi dan branding produk tersebut. Keunggulan produk bisa dilihat dari harga yang lebih terjangkau, kualitas barang, garansi pemakaian, dan lain-lain.

2.Melakukan riset lapangan 

riset kompetitor
riset kompetitor

Berkaitan dengan poin nomor satu, Anda harus melakukan riset lapangan untuk mendapatkan lebih banyak informasi detail lebih dulu. Anda harus tahu produk apa yang diinginkan pelanggan, bagaimana tingkat persaingan di lapangan, kelemahan produk dari kompetitor, dan sebagainya. 

Hasil riset ini wajib Anda jadikan referensi agar bisa melakukan produksi dengan hasil yang lebih unggul dibandingkan produk pesaing. Jangan lupa untuk mempelajari tren yang tengah berkembang agar Anda juga tahu bagaimana cara melakukan promosi dengan benar.

3.Memanfaatkan katalog produk yang bagus

katalog produk
katalog produk

Anda harus melakukan investasi modal pada katalog produk yang bagus di era sekarang. Pasalnya, tren jual beli online yang digandrungi masyarakat mempertahankan foto produk sebagai acuan pertama. Bila katalog yang Anda sajikan memiliki gambar yang real pict dan berkualitas, maka orang-orang akan berbondong membeli produk tersebut. Apalagi ada banyak testimoni dari pelanggan sebelumnya terkait pembelian produk di toko Anda, ya!

4.Memanfaatkan media sosial 

sosial media
sosial media

Media sosial merupakan salah satu ladang meraih penghasilan yang sangat besar dewasa ini, misalnya Facebook, Instagram, TikTok, dan lain-lain. Konten yang bagus dan viral menjadi ide mendapatkan banyak feedback positif dari para pengikut Anda di media sosial tersebut. Jangan lupa untuk menautkan akun media sosial dengan website perusahaan untuk kemudahan proses pemesanan dan pembayaran pesanan pelanggan. 

Untuk meningkatkan branding di media sosial, Anda harus punya content creator yang profesional. Bisa juga memanfaatkan ladang penghasilan dari menyewa jasa influencer berpengaruh dengan jumlah pengikut mencapai ratusan ribu atau jutaan orang. Yakin tidak ingin memulai bisnis Anda menjadi lebih besar dengan kiat jitu ini?

5.Menggunakan program promo dan potongan harga 

promosi

Program promo dan potongan harga menarik menjadi tips penting dalam berjualan online yang harus Anda lakukan. Ya, berikan program promo atau potongan harga menarik untuk pelanggan setia yang membeli produk Anda. Misalnya program beli 1 gratis 1, diskon harga 10 persen, cashback 20 persen untuk pembelian dalam jumlah tertentu, dan masih banyak program promo menarik lain.

6.Menawarkan program giveaway dan gratis ongkir

free ongkir
free ongkir

Meningkatkan pengikut di media sosial atau platform digital bisa Anda lakukan dengan mengumumkan giveaway. Ya, ada banyak orang yang mungkin tertarik mendapatkan produk Anda secara gratis atau mencoba produk yang baru Anda launching. Lakukan kerja sama dengan influencer berpengaruh agar program giveaway bisa berjalan lebih lancar meski Anda memang harus merogoh kocek lebih banyak. 

Selain memberikan program giveaway, Anda juga bisa mencoba cara berjualan online yang cepat laku dengan memberikan penawaran gratis ongkir. Untuk pembelian produk tertentu, pembelian dalam jumlah banyak atau hadiah pengguna baru, Anda bisa memberikan layanan gratis ongkos pengiriman. 

Gratis ongkir menjadi tren yang sukses merebut hati pelanggan baik pelanggan baru atau lama, lho! Coba saja untuk melakukan tips menghasilkan cuan besar dengan penjualan yang meningkat dua kali lipat ini.

7.Selalu mengikuti tren kekinian 

tren
tren

Ikuti tren yang tengah berkembang, tapi Anda harus tetap memperhatikan inovasi bisnis yang bagus. Manfaatkan tren guna meraih lebih banyak pendapatan tanpa menurunkan standar atau mutu perusahaan. Branding Anda tetap stabil bahkan cenderung meningkat dengan inovasi produk yang berkualitas. Selalu upayakan untuk melakukan inovasi baik produk atau pengembangan konten di media digital yang berkualitas. 

Pelanggan setia Anda akan mempertahankan loyalitas mereka bila bisnis Anda selalu memberikan solusi. Tidak hanya pada kualitas produk yang terjamin, tapi cara Anda melayani pelanggan setulus hati. Proses pelayanan yang cepat dan ramah juga menjadi aspek penting yang tidak boleh Anda abaikan bila ingin sukses bisnis online. Jika Anda abai terhadap hal krusial, maka kompetitor akan mendapatkan pelanggan yang berpindah haluan. 

Anda harus selalu tahu update terkini mengenai media sosial, e-commerce, situs marketplace paling digandrungi, sistem pembayaran digital yang kekinian lewat e-wallet, program cicilan, dan lain-lain. Semakin Anda memberikan kemudahan pada pelanggan yang sesuai perkembangan zaman, maka semakin besar omzet yang bisa dihasilkan, lho!

Jangan lupa untuk meningkatkan keamanan data pelanggan selama melakukan transaksi lewat dunia maya. Anda juga harus menjamin bahwa website bisa diakses selama 24 jam penuh dan memiliki keamanan siber yang unggul. Manfaatkan kecanggihan teknologi dan kecepatan informasi untuk mengembangkan bisnis lebih besar selain menerapkan strategi pemasaran yang jitu. Cara berjualan online agar barang cepat laku bisa berhasil bila Anda konsisten meningkatkan kualitas konten di media digital.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *