Cara dan Syarat Membuat Visa Australia Mudah Tahun 2023

Jika Anda ingin berlibur ke negeri kangguru, sebaiknya simak terlebih dahulu syarat dan cara buat Visa Australia. Pada dasarnya, Australia punya banyak objek wisata yang tidak boleh dilewatkan. Bahkan, setiap kota besar di Australia pasti memiliki objek wisatanya sendiri-sendiri.

Untuk menikmati waktu liburan, Anda bisa mengunjungi semua tempat wisata tersebut. Namun ada satu hal yang perlu digaris bawahi sebelum pergi berlibur yaitu Visa wisatawan. Visa menjadi dokumen utama yang perlu dipersiapkan wisatawan sebelum pergi ke negara tujuan.

Tentu saja, Visa adalah surat izin resmi yang dikeluarkan oleh negara terkait. Bila Anda ingin pergi berwisata ke Australia, maka negara tersebut harus mengeluarkan Visa untuk Anda. Inilah alasan kenapa Anda harus mempelajari cara buat Visa Australia agar bisa segera pergi berlibur.

Surat izin keluar masuk itu bisa dibuat di Australia Visa Application Centre (AVAC) yang bertepatan di Jakarta dan Bali. Dengan membawa dokumen penting yang diperlukan, Anda bisa membuatnya secara langsung. Untuk memahami tata caranya, simak penjelasan singkat di bawah ini.

Syarat Buat Visa Australia 2023

Sebelum membuat Visa, sebaiknya Anda perhatikan dulu syarat yang diperlukan. Syarat meliputi dokumen penting yang berisikan informasi data diri Anda. Jika semua dokumen sudah terkumpul, Anda bisa langsung mendaftar pengajuan Visa baik itu secara Online maupun Offline.

Berikut beberapa syarat cara buat visa Australia yang perlu dipersiapkan :

  1. Formulir Pengajuan

Syarat pertama yang perlu dipersiapkan adalah formulir pengajuan berkas di kedutaan. Anda bisa mencari informasi lebih lengkapnya di sini https://indonesia.embassy.gov.au. Pilih jenis dan sub kelas Visa sesuai dengan data diri pihak yang akan berangkat ke Australia.

  1. Pas Foto

Cetak dua lembar pas foto berukuran 4×6 dengan latar belakang putih. Semua pihak yang akan diberangkatkan ke Australia harus memiliki pas foto terbaru. Wajah terlihat jelas, berpakaian rapi dan memenuhi persyaratan, sesuai dengan ketentuan cara buat visa Australia.

  1. Fotokopi Paspor

Syarat ketiga yaitu mempersiapkan fotokopi paspor yang masih aktif. Setidaknya paspor masih memiliki masa berlaku lebih dari 6 bulan. Data yang perlu dipersiapkan di antaranya halaman depan, halaman belakang dan semua halaman berisikan stempel terkait.

  1. Fotokopi KTP dan KK

Selanjutnya Anda juga perlu mempersiapkan fotokopi data diri lain berupa KTP dan KK. Kedua data ini diperlukan untuk mengetahui data identitas kependudukan Anda di Indonesia. Semua dokumen yang diperlukan untuk ketentuan cara buat Visa Australia harus valid.

  1. Fotokopi Rekening Tabungan

Syarat wisatawan yang ingin berkunjung ke Australia minimal harus memiliki saldo tabungan sebesar Rp 10 juta untuk perjalanan kurang lebih satu minggu. Fotokopi rekening tabungan selama 3 bulan terakhir, slip gaji dan kartu kredit untuk data selengkapnya.

  1. Laporan Kartu Kredit dan Slip Gaji

Untuk mendapatkan visa Australia, Anda harus memiliki slip gaji dari tiga bulan terakhir dan laporan kartu kredit. Selain itu, Anda harus menunjukkan bahwa Anda memiliki cukup saldo tabungan untuk membiayai perjalanan Anda setidaknya 10 juta rupiah.

  1. Itinerary Perjalanan

Jangan salah, Anda juga harus mempersiapkan itinerary perjalanan di Australia. Fungsi utama dari itinerary adalah memastikan kemana saja Anda akan berkunjung. Syarat dan cara buat Visa Australia memerlukan itinerary agar dapat memantau perjalanan Anda di sana.

  1. Bukti Pesan Tiket Pesawat

Siapkan juga fotokopi bukti transaksi pemesanan tiket pesawat dan hotel (jika ada). Informasi bukti pembelian ini akan sangat membantu, terutama untuk menyetujui pengajuan Visa.

  1. Surat Rekomendasi

Terakhir, siapkan surat rekomendasi dari teman, saudara, keluarga atau rekan kerja yang ada di Australia. Surat tersebut akan sangat berguna untuk mengidentifikasi data diri Anda.

Cara Buat Visa Australia Terbaru

Setelah semua dokumen persyaratannya lengkap, Anda bisa langsung membuat Visa. Bagi yang berdomisili di Jakarta dapat mengunjungi AVAC yang berada di Gedung Kuningan City, lantai 2 No. L2-19. Namun jika berdomisili di Bali, maka Anda bisa mengunjungi Gedung Benoa Square lantai 3 No. 7-9.3/A. Apabila Anda tidak berdomisili di dua kota tersebut, pengajuan visa juga bisa dilakukan secara online. Caranya adalah dengan mengunjungi laman resmi Australia Government Department of Home Affairs. 

Jangan lupa, membawa uang sebesar AUD $105 atau sekitar 1 jutaan (belum termasuk biaya tambahan). Uang tunai tersebut akan digunakan untuk membayar biaya administrasi di AVAC. Cara buat Visa Australia mudah diikuti, jadi Anda hanya perlu mengikuti prosedur dan arahan petugas.

Perlu diingat, biaya administrasi dapat berubah setiap dua kali dalam setahun. Pembayaran biaya administrasi perlu dilakukan secara langsung di AVAC saat Anda menyerahkan dokumen. Setelah bayar dan menyerahkan dokumen, tunggulah kabar selanjutnya dari kedutaan Australia.

Nantinya Anda akan mendapatkan pesan atau email berupa Visa Elektronik dari kedutaan. Untuk yang ingin pergi ke Australia, Anda bisa memakai Visa Elektronik saat ada pemeriksaan di bandara. Cara buat visa Australia selesai dilakukan setelah Anda mendapatkan dokumen tersebut.

Syarat Wisatawan bisa Masuk ke Australia

Tidak berhenti di Visa saja, ada beberapa dokumen lain yang wajib dibawa saat pemeriksaan di Bandara. Pemeriksaan itu diperlukan untuk mengetahui apakah Anda memiliki izin keluar masuk atau tidak. Setiap dokumen harus dibawa, karena perizinan berasal dari syarat-syarat berikut.

Syarat untuk masuk ke Australia selain Visa :

1. Paspor

Selain Visa, Paspor juga menjadi dokumen penting lainnya yang harus dibawa. Paspor adalah dokumen perjalanan internasional yang dibuat oleh negara asal. Jika cara buat visa Australia ditujukan untuk negara tujuan, maka paspor jadi dokumen yang berasal dari negara asal.

2. Tiket Pesawat

Biasanya turis yang datang ke suatu negara akan ditanyakan kapan waktu pulangnya. Data ini diperlukan untuk memastikan jadwal waktu kunjungan Anda. Tiket pesawat pulang pergi bisa digunakan untuk menjamin pernyataan turis valid tentang jadwal kunjungannya.

3. Bukti Keuangan

Terakhir, beberapa petugas imigrasi akan memastikan data tabungan yang Anda miliki. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah tabungan turis yang berlibur di Australia sudah benar-benar memenuhi standar atau tidak, terutama dalam kurun waktu kunjungan.

Prosedur Ketika sudah Tiba di Australia

Cara buat Visa Australia sudah disebutkan sebelumnya, sehingga kini Anda harus tahu prosedur turis ketika tiba di bandara. Prosedur pemeriksaan imigrasi penting, karena dokumen Anda akan dicek di sana. Pastikan Anda sudah bawa setiap dokumen yang diperlukan untuk pengecekan.

Setelah melakukan pengecekan, Anda bisa mendaftarkan barang bawaan yang dibawa. Mintalah formulir ke petugas Bea Cukai dan isikan formulirnya secara lengkap. Setelah mengisi formulirnya, Anda tunggu sampai petugas Bea Cukai menyetujui pendaftaran barang bawaan Anda.

Nanti koper akan diserahkan dan Anda bisa keluar bandara untuk menikmati masa-masa liburan. Perlu diingat, cara buat Visa Australia itu penting dan harus dipahami setiap turis. Jangan sampai Anda lupa membawa dokumen, karena hal ini menyebabkan liburan menjadi batal.

Tips dan Trik Liburan di Australia

Untuk memaksimalkan waktu liburan di Australia, kami memiliki beberapa tips dan trik yang bisa digunakan. Tips dan trik ini akan sangat membantumu, terutama untuk menikmati waktu liburan. Jangan khawatir, semuanya berdasarkan pengalaman orang yang pernah pergi ke sana.

Langsung saja, berikut tips dan trik liburan di Australia :

1. Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Sebelum membeli, memesan dan juga menyewa sesuatu di Australia, sebaiknya Anda lakukan riset terlebih dahulu. Cari informasinya di internet agar Anda tidak tertipu di sana. Informasi itu berguna, terutama ketika Anda berada di kawasan perbelanjaan yang ramai.

2. Rencanakan Tiket dan Akomodasi Sejak Dini

Sebelum mengajukan Visa Australia, sebaiknya Anda rencanakan dulu tiket dan juga akomodasinya. Kedua dokumen tersebut perlu dipesan sejak jauh-jauh hari karena juga merupakan syarat untuk mengajukan perizinan Visa ke AVAC.

3. Bawa Barang Secukupnya

Tips dan trik lainnya saat ingin pergi berlibur ke Australia adalah jangan bawa banyak barang bawaan. Anda bisa mengurangi barang dan peralatan yang tidak diperlukan untuk dibawa ke dalam koper. Hal ini akan membantu, terutama untuk mengurangi beban barang bawaan dan biaya bagasi di pesawat.

4. Kunjungi Tempat Wisata Gratis

Selain syarat dan cara buat Visa Australia, Anda bisa mencari informasi terkait tempat wisata Gratis di sana. Setiap kota-kota besar dan daerah memiliki objek wisatanya masing-masing. Anda bisa mengunjungi tempat wisata gratis untuk menghemat pengeluaran.

5. Mencoba Transportasi Umum

Australia menawarkan banyak transportasi umum yang menarik perhatian turis. Contohnya seperti bus-bus tingkat dan kereta trem, keduanya akan mengelilingi setiap sudut kota. Dengan menaiki transportasi umum, Anda dapat melihat berbagai macam tempat yang menarik.

6. Membawa Losion Anti Serangga

Australia termasuk negara tropis dan ada banyak serangga di mana-mana. Untuk menghindari gigitan serangga dan tetap merasa nyaman, Anda dapat menggunakan salep, losion atau spray anti serangga. Dengan alat ini, Anda terbebas dari serangga dan liburan terasa jadi lebih menyenangkan.

7. Membawa Global Wifi by JavaMifi

Tips dan trik terakhir ialah membawa Global Wifi by Javamifi yang bisa digunakan di mana saja. JavaMifi menjadi satu-satunya layanan penyedia sewa Wifi Portable terbaik. Kualitas Wifi bagus, sinyal selalu penuh, jaringan stabil, kecepatan 100Mbps dan menjangkau seluruh area di Australia.

Dengan 7 tips dan trik di atas, dijamin kunjungan di Australia jadi semakin terasa menyenangkan. Saran, bawalah Global Wifi by JavaMifi jika ingin liburan ke luar negeri. Selain bisa digunakan untuk mencari informasi cara buat Visa Australia, jaringan juga support untuk keperluan apa saja.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *