Cari Tahu Nama Pantai dan Laut Terbaik di Pulau Sumatera untuk Desitinasi Liburanmu!

Indonesia merupakan negara kepulauan yang tentu saja memiliki banyak pantai yang indah termasuk di pulau Sumatera, ketahui nama nama pantai dan laut di pulau Sumatera yang bisa dijadikan destinasi wisata.

Pantai dan laut yang indah di Indonesia tidak hanya hadir di pulau Bali saja, hampir diseluruh pulau di Indonesia memiliki pesona pantai dan laut yang indah. Tidak terkecuali pulau Sumatera, bahkan diantaranya belum banyak dikenal dan masih sepi.

Ingin tahu nama pantai dan laut yang ada di pulau Sumatera terbaik, berikut ini daftar nama-nama pantai yang ada di Pulau Sumatera cocok dijadikan destinasi wisata liburan nanti.

10 Daftar Nama Nama Pantai dan Laut di Pulau Sumatera untuk Destinasi Wisata Kamu

Ingin nikmati liburan di pantai, Anda bisa mengunjungi beberapa pantai terbaik di pualu Sumatera. keindahan yang menakjubkan dan belum ramai diketahui orang jadi alasan Anda harus memasukkan nama nama pantai dan laut di pulau Sumatera sebagai destinasi wisata liburan alternatif nanti.

1. Pulau Kasiak

Destinasi wisata pantai pertama yang direkomendasikan untuk Anda adalah pulau Kasiak yang biasa dijadkan tempat relaksasi paling ideal. Terlebih lagi ombak di pulau Kasiak cenderung tenang sehingga Anda bisa menikmati keindahan alam yang asri.

Selain menikmati keindahan alamnya di pulau Kasiak, disini juga Anda bisa menambah ilmu dengan mengunjungi penangkaran penyu yang letaknya tidak jauh dari pulau. Pulau ini bisa diakses menggunakan perahu di pantai Gondariah dengan jarak tempuh 15 sampai dengan 30 menit saja.

2. Pulau Mandeh

Nama nama pantai dan laut di pulau Sumatera selanjutnya yang bisa di kunjungi ada di pulau Mandeh. Pantai di pulau Mandeh ini memiliki karakterisitiknya tersendiri yang menjadi daya tarik tersendiri.

Pulau Mandeh biasanya akan disandingkan dengan keindahan alam di Raja Ampat karena memiliki kemiripan dan tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi. Jika ingin mengunjungi pantai di pulau Mandeh bisa menggunakan mobil melewati Padang Bypass ke arah Sungah Bungkus.

Setelah itu Anda akan tiba di pantai Carocok Painan, jika ingin menggunakan jalur laut untuk sekaligus menikmati keindahan lautnya bisa menggunakan kapal cepat dari teluk bayur, Pelabuhan bungus atau bisa juga naik dari Pelabuhan Muara Padang.

3. Pantai Sorake

Pantai ini berada di Sumatera utara lebih tepatnya di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera utara. Nama nama pantai dan laut di pulau Sumatera seperti pantai Sorake sering dijadikan sebagai tempat wisata wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Yang menjadi kelebihan di pantai Sorake ini adalah ombaknya yang besar sehingga cocok dijadikan sebagai tempat surfing terbaik di Indonesia. Bahkan berbagai perlombaan surfing nasional atau internasional sering diadakan pada Pantai Sorake ini.

4. Pantai Lampuuk

Pantai lampuuk berada di Nangroe Aceh Darussalam, sebelum terjadinya Tsunami tahun 2004 sebenarnya pantai ini menjadi salah satu primadona pariwisata di Aceh. Terletak pada Desa Meunasah Masjid, Lhoknga, kabupaten Aceh Besar masih banyak dikunjungi hingga sekarang.

Setelah terjadi tsunami pada 2004 silam, para wisatawan kini bisa menikmati pantai Lampuuk salah satu nama nama pantai dan laut di pulau Sumatera dengan garis pantai sepanjang 5 km.

Pasir putih lembut dan juga air laut yang berwarna biru kehijauan membuat para wisatawan bisa merasakan refreshing.

5. Bintan

Bintan yang berada di kepulauan bintan menampilkan keindahan alam sangat mirip dengan suasana di Bali. Sehingga berlibur di Kepualaun Bintan bisa jadi salah satu alternatif lainnya jika Anda bosan liburan ke Bali lagi.

Alam yang eksotis, tidak akan mengecewakan Anda untuk menjadikan pantai bintang sebagai salah satu tujuan perjalanan liburan Anda selanjutnya.

6. Pantai Gandoriah

Nama nama pantai dan laut di pulau Sumatera seperti pantai Gandoriah memiliki tempat yang strategis dan mudah untuk dijangkau oleh para wisatawan.

Selain menikmati ombak dan pasir pantai, di Gandoriah telah dilengkapi dengan berbagai kegiatan olahraga pantai sehingga membuat kegiatan liburan semakin seru.

Selain itu di sekitar pantai juga sudah banyak penjual jajanan makanan khas pariaman yang bisa dicicipi seperti sala lauak, rakik udang, sate lokan dan masih banyak lagi.

Untuk bisa menuju lokasinya bisa menggunakan kendaraan darat motor atau mobil. Pantai Gandoriah Letaknya hanya ratusan meter saja dari stasiun Pariaman.

7. Pantai Mapaddegat

Mappadegat adalah salah satu nama nama pantai dan laut di pulau Sumatera yang lumayan dikenal tertalak di kepulauan Mentawai. Pantai ini dikenal sebagai surga bagi para peselancar kelas dunia karena ombaknya yang prominen atau berbentuk silinder atau melingkar.

Ombak-ombak jenis seperti ini memberikan tantangan tersendiri bagi para peselancar sehingga kegiatan surfing banyak dilakukan pada pantai mapaddegat ini. Selain itu wisata pantai di Sumatera Barat ini sangat cocok dijadikan sebagai lokasi untuk menikmati keindahan matahari tenggelam atau sunset.

Untuk bisa mencapai pantai mapadeggat Anda bisa menggunakan jalur laut melalui Pelabuhan penyeberangan teluk bungus. Biasanya kapal lautnya akan tersedia, jarak tempunya cukup lama karena membutuhkan waktu sekitar 10 sampai dengan 12 jam.

Agar bisa sampai lebih cepat Anda bisa menaiki kapal cepat Mentawai fast yang terdapat pada Pelabuhan Muaro.

8. Pantai Sako

Pantai Sako adalah harta tersembunyi yang dimiliki oleh pulau Sumatera, destinasi wisata ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berjemur di bawah matahari.

Selain itu disana juga terdapat bukit kecil yang memantul pada air laut yang masih bir dan bersih, sering dijadikan sebagai objek foto yang cantik bagi para fotografer yang berkunjung ke pantai Sako.

Belum pernah mendengar nama nama pantai dan laut di pulau Sumatera seperti pantai Sako, Anda harus mengunjunginya karena suasananya yang masih asri dan tidak sulit untuk mencapai lokasinya.

Hanya menggunakan kendaraan darat seperti motor atau mobil saja melewati jalur padang – painan untuk menuju ke lokasi pantai Sako. Perjalanan menuju pantai Sako tidak akan membuat kecewa.

9. Pantai Carolina

Ingin bermain di pantai dengan pasir putih, Pantai Carolina bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda. Walaupun rantaunya tidak terlalu Panjang, Pantai Carolina dikenal dengan keasriannya dan jadi salah satu daya tarik wisata di Sumatera barat.

Selain ingin menikmati pantainya, banyak pengunjung yang berkunjung kesana juga untuk melihat mercusuar bekas peninggalan zaman belanda yang masih berdiri tokoh hingga saat ini. Dari Padang Anda akan melewati jarak tempuh sekitar 25 kilometer ke arah teluk bungus.

10. Pulau Pamutusan

Asal usul nama nama pantai dan laut di pulau Sumatera cukup unik tidak terkecuali pulau Pamutusan. Asal usul nama wisata ini tercipta Ketika air laut disana sedang tinggi dan darat pasar putih yang memisahkan pulau pesisi bagian selatan seakan-akan terlihat terputus dan jadi dua pulau yang berbeda.

Itulah sebabnya pulau pemutusan dibuat sebagai nama dari tempat ini, selain memiliki air latu yang masih jernih dan berwarna biru, panorama pulaunya juga sangat indah apalagi dilihat dari ketinggian.

Untuk bisa mencapai lokasi pulau Pamutusan bisa menggunakan jalur pantai Bungus menemuk jarak 38 kilometer dari Padang. Sampai di pantai Bungus Anda harus menyewa kapal agar bisa sampai di pulau Pamutusan dengan waktu tempuhnya 90 menit.

Suka dengan wisata pantai, tentu tidak boleh melewatkan nama nama pantai dan laut di pulau Sumatera untuk dijadikan destinasi wisata selanjutnya pada musim liburan nanti.

Itinerary

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *