Tips dan Trik Liburan ke Luar Negeri Bersama Anak

Melakukan perjalanan bersama anak memiliki beberapa manfaat diantaranya membangun hubungan dengan anak, melatih keterampilan sosial buah hati, menghilangkan stress, dan sebagai sarana edukasi. Walaupun memiliki banyak manfaat, melakukan traveling dengan membawa anak memiliki banyak tantangan. Berikut adalah tips dan trik untuk para orang tua dalam melakukan traveling bersama anak. 

Persiapkan Biaya Liburan 

Kemanapun tujuan anda berlibur, Biaya tentu menjadi dasar utamanya. Menetapkan anggaran sesuai dengan kondisi keuangan keluarga. Pilih aktivitas dan tempat yang sesuai dengan anggaran supaya liburan tetap menyenangkan tanpa memberatkan.

Persiapkan Dokumen Perjalanan

Pastikan anda dan anak anda memiliki paspor, visa, dan dokumen perjalanan lainnya dalam kondisi terbaru. Jika belum, kalian dapat mengurusnya terlebih dahulu jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan anda. Juga, bawa salinan dokumen penting serta informasi kontak darurat.

 Pilih Destinasi Ramah Anak 

Pilih destinasi yang menyediakan fasilitas untuk anak-anak, seperti taman bermain, kebun binatang, atau taman air. Hal ini dilakukan untuk memudahkan orang tua dalam menghindari anak rewel karena bosan. Ingat untuk selalu mengawasi anak anda supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Perhatikan juga akomodasi yang ramah anak dengan fasilitas khusus untuk mereka.

Libatkan Anak dalam Perencanaan 

Ajak anak-anak anda terlibat dalam perencanaan perjalanan. Biarkan mereka memilih aktivitas dan tempat yang ingin mereka kunjungi. Ini akan membuat mereka lebih antusias dan merasa terlibat dalam perjalanan.

Buat Jadwal yang Tidak Terlalu Padat 

Buat jadwal perjalanan yang fleksibel. Tidak perlu terburu-buru, beri waktu luang supaya anak anda bisa beristirahat, bermain dan mengeksplorasi. Jadwal yang terlalu padat dapat membuat mereka lelah dan rewel.

Pergi Saat Low Season

Sebisa mungkin berangkat liburan pada low season atau bukan saat musim liburan. Karena jika pada musim liburan biasanya banyak destinasi wisata ramai dikunjungi pengunjung. Dikhawatirkan akan menyulitkan kita menjaga jarak dengan orang lain yang membuat sulit untuk mengawasi si buah hati. Pastikan Anda mengatur jadwal dengan baik, karena berangkat saat low season, pastikan jadwalnya tidak bertabrakan dengan waktu bekerja dan sekolah si kecil. 

Memilih Penginapan Ramah Anak

Pastikan memilih penginapan yang nyaman untuk anak-anak agar si kecil nyaman berada di tempat tersebut. Hotel-hotel tersebut biasanya memiliki banyak fasilitas pendukung agar anak-anak tidak rewel seperti kolam renang, playground dan taman-taman kecil.

Menaiki Pesawat Pagi

Berangkat saat pagi-pagi buta yang umumnya jadwal tidur anak untuk menghindari anak rewel ketika di perjalanan dalam pesawat. Hal ini juga bisa memberikan keluasan jadwal dari siang hingga malam untuk beraktivitas selama liburan.

Membawa Medical Kit

Menyiapkan medical kit adalah bentuk antisipasi dari segala resiko ketika berlibur. Bisa berupa obat-obat warung, plester luka, minyak gosok, maupun obat yang diresepkan oleh dokter.

Membawa Perlengkapan Sesuai Musim

Kenali negara tujuan kalian terlebih dahulu untuk mengetahui musim yang sedang berjalan di negara tersebut saat tanggal sampai disana. Hal ini untuk dapat memutuskan perlengkapan yang cocok untuk si kecil. Misalnya saat musim panas dianjurkan membawa kaos-kaos tipis yang mudah menyerap keringat, sedangkan saat musim dingin wajib membawa jaket tebal untuk menghindari si kecil mengalami kedinginan.

Bawa Persediaan Makanan, Camilan, serta Mainan

Siapkan persediaan makanan, camilan, dan mainan favorit anak-anak. Dengan membawa persediaan makanan dapat membantu mengatasi lapar di antara waktu makan dan dengan membawa mainan favorit anak akan memudahkan anda untuk menghindari kerewelan anak-anak.

Lakukan Aktivitas Edukatif 

Selain untuk menghilangkan stress dan kejenuhan untuk orang tua, menyisipkan satu atau dua aktivitas edukatif seperti mengunjungi museum atau tempat bersejarah, bisa memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak anda.

Menciptakan Kenangan Secara Kreatif

Jangan lupa untuk mengambil setiap momen berharga selama perjalanan anda. Libatkan juga anak-anak dalam pengambilan foto atau video. Kalian juga dapat membuat kenangan berupa jurnal maupun kerajinan tangan yang khas dari setiap daerah. Ini akan menjadi kenangan yang berharga bagi keluarga Anda.

Pilih Penyedia Internet dengan Tepat

Dengan internet, banyak aktivitas yang bisa dipermudah ketika anda sedang melakukan perjalanan di luar negeri. Oleh karena itu memilih layanan penyedia internet untuk di luar negeri sangatlah penting. Untungnya sekarang ada JavaMifi. Dengan JavaMifi, Anda dapat menyewa modem Wifi portabel yang memungkinkan Anda tetap terhubung dengan internet selama perjalanan di dalam maupun luar negeri. Layanan ini memudahkan Anda untuk tetap online, berkomunikasi, dan menjelajahi internet tanpa khawatir tentang biaya roaming atau mencari jaringan Wifi publik.

Jangan terlalu khawatir tentang rencana yang kurang sempurna. Terkadang, momen tak terduga bisa terjadi, tetapi itu biasanya akan menjadi kenangan yang paling berharga dalam liburan bersama anak-anak. Tetap santai dan nikmati setiap momen bersama keluarga.

 

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *