Traveling Bersama Anak dengan Mengunjungi Kota Bersejarah di Dunia

Liburan keluarga bisa menjadi kesempatan yang luar biasa untuk mengajarkan anak-anak tentang sejarah dunia dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Destinasi kota bersejarah menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Memungkinkan anak-anak merasakan atmosfer masa lalu, dan mengenalkan mereka pada pengaruh budaya-budaya masa lampau terhadap budaya masa kini. Berikut adalah beberapa destinasi wisata bersejarah dunia yang dapat dikunjungi bersama anak-anak:

1.  Athena, Yunani

kota athena yunani sebagai salah satu destinasi wisata bersejarah yang bisa dilakukan bersama anak

Kota Athena, juga dikenal sebagai Athena kuno, adalah ibu kota dari negara Yunani. Athena adalah kota dengan keajaiban dalam peradaban Yunani kuno yang namanya diambil dari salah satu dewi mitologi yunani yang dikenal sebagai dewi kebijaksanaan. Kota ini memiliki peran penting dalam sejarah dan budaya Yunani Kuno. Anak-anak dapat melihat Parthenon di Akropolis, mendengar cerita-cerita mitologi Yunani, dan belajar tentang berbagai kontribusi Yunani dalam ilmu, seni, dan politik.

2. Machu Picchu, Peru

kota Machu Picchu, Peru sebagai salah satu destinasi wisata bersejarah yang bisa dilakukan bersama anak

Machu Picchu adalah situs arkeologi yang terletak di pegunungan Andes, Peru. Machu Picchu adalah situs peninggalan peradaban Inca yang sangat penting. Dibangun pada abad ke-15 selama pemerintahan Pachacuti Inca Yupanqui. Situs ini mencakup piramida, kuil, teras pertanian, dan jaringan jalan yang kompleks, semuanya dibangun dengan batu-batu besar yang presisi dan dikelilingi oleh pemandangan pegunungan yang spektakuler. Mengajak anak-anak untuk menjelajahi reruntuhan kota ini dapat memberi mereka wawasan tentang budaya dan teknologi Inca.

3. Candi Angkor Wat, Kamboja

Candi Angkor Wat, Kamboja sebagai salah satu destinasi wisata bersejarah yang bisa dilakukan bersama anak

Candi Angkor Wat adalah salah satu situs arkeologi paling terkenal dan mengesankan di dunia yang berada di Kamboja. Situs ini adalah salah satu karya arsitektur terbesar dan paling indah dari peradaban Khmer. Angkor Wat adalah kuil Hindu-Buddha yang megah, dikenal dengan menara-menaranya yang khas dan tata letak yang rumit. Dinding dan koridor Angkor Wat dipenuhi dengan relief dan ukiran yang menggambarkan kisah-kisah epik Hindu, mitologi, serta kehidupan sehari-hari pada zamannya. Angkor Wat dikelilingi oleh sistem saluran air dan kolam besar, berfungsi sebagai irigasi yang dulu mendukung pertanian dan kehidupan di kawasan tersebut sehingga menciptakan lanskap yang indah. Anak-anak dapat menjelajahi kuil-kuil kuno yang menakjubkan, mendengar kisah-kisah tentang kerajaan Khmer, dan menggali sejarah tempat ini.

4. Chichen Itza, Meksiko

Chichen Itza, Meksiko sebagai salah satu destinasi wisata bersejarah yang bisa dilakukan bersama anak

Chichen Itza adalah situs arkeologi yang menawan di Meksiko, terkenal karena piramida besar El Castillo yang merupakan peninggalan peradaban suku Maya. El Castillo atau Kukulkan Pyramid adalah struktur paling mengesankan di Chichen Itza. Piramida ini memiliki 91 anak tangga di setiap sisi, dengan satu anak tangga di bagian atas, totalnya 365 tangga, mencerminkan jumlah hari dalam tahun kalender Maya. Anda bisa membawa anak-anak dalam perjalanan ke masa lalu dan menjelaskan tentang peradaban Maya, budaya, serta pengetahuan astronomi yang mereka miliki. 

5. Istana Forbidden City, China

Istana Forbidden City, China sebagai salah satu destinasi wisata bersejarah yang bisa dilakukan bersama anak

Istana Forbidden City, juga dikenal sebagai Istana Palang Terlarang, adalah sebuah kompleks istana yang terletak di pusat Beijing, China.  Istana ini dibangun selama Dinasti Ming dan Dinasti Qing, dengan konstruksi awal pada tahun 1406 dan selesai pada tahun 1420. Istana ini merupakan kediaman resmi kaisar-kaisar China selama hampir lima abad. Bangunan-bangunannya memiliki atap kuningan bertingkat dan dinding-dinding merah yang mencolok, mencerminkan kekuasaan dan kemegahan kaisar. Istana Forbidden City telah diubah menjadi Museum Istana yang menghadirkan koleksi seni, artefak bersejarah, dan benda-benda budaya dari masa lalu kekaisaran China. Anak-anak dapat mengagumi arsitektur yang menakjubkan, belajar tentang kaisar-kaisar Tiongkok, dan merasakan nuansa istana kerajaan.

6. Colosseum dan Forum Romawi, Italia

Colosseum dan Forum Romawi, Italia sebagai salah satu destinasi wisata bersejarah yang bisa dilakukan bersama anak

Colosseum adalah salah satu monumen bersejarah dan simbol penting dari Roma Kuno yang terkenal di Italia maupun dunia. Colosseum adalah amfiteater besar yang dibangun pada abad ke-1 Masehi selama pemerintahan Kaisar Vespasian dan selesai pada tahun 80 Masehi di bawah pemerintahan putranya, Titus. Di Colosseum, pertunjukan seperti pertempuran gladiator, dan pertandingan hewan terjadi. Bangunan ini juga digunakan untuk acara-acara penting seperti pameran olahraga dan festival. Anak-anak akan dibawa ke zaman Romawi Kuno dan menjelaskan tentang pertunjukan dan pertandingan yang diadakan di sana.

7. The Tower of London, Inggris

The Tower of London, Inggris sebagai salah satu destinasi wisata bersejarah yang bisa dilakukan bersama anak

The Tower of London dibangun pada abad ke-11 oleh William sang Penakluk setelah penaklukan Inggris. Bangunan ini awalnya dibangun sebagai benteng pertahanan dan kemudian digunakan sebagai istana, penjara, dan tempat menyembunyikan harta berharga. The Tower of London memiliki banyak peran dalam sejarahnya, termasuk sebagai penjara tempat beberapa tokoh terkenal seperti Raja Henry VI dan Anne Boleyn ditahan dan dieksekusi. Salah satu atraksi utama The Tower of London adalah Crown Jewels atau Mahkota Kerajaan. Ini adalah mahkota berharga yang digunakan dalam upacara kerajaan Inggris. Mengajak anak kesini dapat menjelajahi istana yang megah, dan belajar tentang peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi di tempat ini

8. Independence National Historical Park, Amerika Serikat

Independence National Historical Park, Amerika Serikat sebagai salah satu destinasi wisata bersejarah yang bisa dilakukan bersama anak

Independence National Historical Park adalah taman sejarah yang terletak di pusat kota Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat. Merupakan tempat berbagai peristiwa penting dalam sejarah Amerika terjadi, termasuk penandatanganan Deklarasi Kemerdekaan pada tahun 1776 dan Konstitusi Amerika Serikat pada tahun 1787. Salah satu atraksi utama dalam taman ini adalah Liberty Bell yang menjadi simbol kebebasan dan kemerdekaan Amerika Serikat serta Independence Hall adalah di mana Deklarasi Kemerdekaan dan Konstitusi Amerika Serikat ditandatangani. Anda dapat membuat anak memahami pentingnya momen bersejarah ini dan mendapatkan wawasan tentang perjuangan awal Amerika.

9. Persepolis, Iran

Persepolis, Iran sebagai salah satu destinasi wisata bersejarah yang bisa dilakukan bersama anak

Persepolis yang terletak di Iran, dikenal sebagai salah satu situs bersejarah yang paling penting di dunia. Persepolis adalah kota kuno yang didirikan oleh Raja Darius I dari Kekaisaran Persia pada akhir abad ke-6 SM. Ini merupakan pusat penting bagi Kekaisaran Persia Achaemenid. Persepolis dikenal dengan arsitektur megahnya. Bangunan-bangunan monumental termasuk tangga besar, kolam-kolam, dan berbagai kuil serta istana. Pada tahun 330 SM, Persepolis dijarah dan dihancurkan oleh pasukan Aleksander Agung selama penaklukan Persia dan ditemukan kembali pada abad ke-17 oleh seorang diplomat Inggris. Anak-anak dapat melihat reruntuhan istana dan mengeksplorasi sejarah dan budaya Persia kuno.

10. Cairo, Mesir

Cairo, Mesir sebagai salah satu destinasi wisata bersejarah yang bisa dilakukan bersama anak

Kairo memiliki sejarah yang sangat panjang, mencakup ribuan tahun peradaban. Kota ini memiliki peninggalan dari zaman Mesir Kuno, pemerintahan Islam, dan pengaruh budaya Arab. Kairo adalah pusat penting Islam dan memiliki berbagai masjid yang indah. Kota ini juga kaya dengan seni, sastra, dan kebudayaan. Daya tarik Kairo adalah kompleks piramida Giza, termasuk Piramida Besar dan Piramida Sphinx yang ikonik serta Nilometer, perangkat kuno yang digunakan untuk mengukur ketinggian air Sungai Nil. Digunakan sebagai indikator penting sebagai pemantauan musim banjir dan pertanian. Anak-anak dapat belajar memahami nilai-nilai sejarah yang luar biasa dan warisan budaya yang dimiliki kota ini.

11. Kyoto, Jepang

Kota Kyoto, Jepang sebagai salah satu destinasi wisata bersejarah yang bisa dilakukan bersama anak

Kyoto, Jepang, memiliki banyak warisan budaya dan keindahan alam. Kyoto dikenal dengan kuil dan taman bersejarah yang luar biasa, seperti Kuil Kinkaku-ji (Paviliun Emas), Kuil Kiyomizu-dera, dan Kuil Fushimi Inari Taisha dengan torii merahnya yang terkenal. Kyoto merupakan tempat yang indah untuk melihat bunga sakura mekar di musim semi dan daun momiji yang berubah warna di musim gugur. Selain itu Kyoto juga merupakan tempat asal seni tradisional Jepang seperti ikebana (seni bunga), seni kaligrafi, dan teh Jepang. Anak-anak akan dimanjakan oleh keindahan alam, bangunan bersejarah, dan budaya unik yang dimiliki kota ini.

Melibatkan anak-anak dalam perjalanan wisata sejarah dapat memberi mereka kesempatan belajar melalui pengalaman langsung. Tidak hanya membantu memahami sejarah dunia, tetapi juga memunculkan minat mereka dalam budaya, seni, dan peradaban yang telah ada sebelumnya. Nikmati liburan bersama anak keluar negeri dengan lebih nyaman menggunakan produk JavaMifi untuk kemudahan akses internet. Apapun informasi penginapan, objek wisata lain dan informasi lainnya akan semakin mudah didapatkan.

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *