Daftar Negara yang Sudah Bisa Dikunjungi Wisatawan di Tahun 2022

Liburan ke luar negeri menjadi salah satu cara untuk menghilangkan penat. Namun, sayangnya kondisi pandemi COVID-19 yang terjadi selama dua tahun terakhir membuat aktivitas ini menjadi lebih sulit dilakukan dibanding sebelumnya. 

 

Setelah banyak negara menutup diri dari wisatawan asing selama pandemi, kini di awal tahun 2022 beberapa negara mulai kembali membuka diri dengan berbagai penyesuaian. Nah, bagi Anda yang dalam waktu dekat memiliki keinginan untuk traveling ke luar negeri, artikel daftar negara yang sudah bisa dikunjungi berikut ini mungkin bisa menjadi salah satu referensi.

Negara yang Sudah Dibuka untuk Turis Indonesia 

Berikut ini merupakan beberapa negara yang sudah mulai menerima kedatangan wisatawan asal Indonesia. Sebelum berkunjung, pastikan Anda sudah vaksin dan melengkapi dokumen medis yang dibutuhkan oleh tiap-tiap negara yang akan dikunjungi ya!

1.Singapura

Perjalanan wisata Anda di tahun 2022 bisa dimulai dari negara tetangga Singapura. Negeri singa secara resmi sudah membuka wilayahnya untuk para wisatawan dari Indonesia mulai bulan November 2021 kemarin. Tentu saja dengan beberapa persyaratan medis dan administrasi yang menandakan bahwa Anda bebas dari gejala COVID-19.

 

Berdasarkan informasi, turis dari Indonesia sendiri mendapat ijin masuk ke Singapura menggunakan sistem Vaccinated Travel Lane (VTLs). Penumpang wajib melampirkan hasil tes negatif PCR minimal 2×24 jam dari fasilitas kesehatan yang diakui.

2.Maldives

Maldives atau maladewa kerap menjadi pilihan ketika ingin mendapatkan suasana yang lebih private. Kabar baiknya, di awal tahun 2022 ini Maldives sudah mulai menerima kedatangan turis asing, termasuk warga negara Indonesia.

 

Guna menghindari penyebaran virus COVID-19 di lokasi wisatawan, pemerintah Maladewa pun menerbitkan sejumlah peraturan. Di antaranya yakni harus sudah melakukan reservasi hotel di fasilitas wisata terdaftar, surat medis yang menyatakan negatif COVID-19 melalui tes PCR paling lambat 4×24 jam sebelum tanggal keberangkatan, serta dokumen Traveler Health Declaration yang wajib dilengkapi 24 jam sebelum kedatangan.

3.Thailand

Sejak beberapa tahun terakhir, Thailand menjadi salah satu destinasi wisata yang menawarkan berbagai pengalaman. Negeri Gajah Putih tersebut sangat cocok bagi Anda yang ingin melepas penat selama menjalani karantina satu setengah tahun terakhir. 

 

Jangan lupa, sebelum memutuskan untuk traveling ke Thailand pastikan untuk menyiapkan beberapa dokumen tambahan, seperti sertifikat vaksin COVID-19, surat keterangan medis hasil tes PCR yang menyatakan bebas COVID-19 paling lambat 3×24 jam sebelum keberangkatan, asuransi kesehatan, serta Certificate of Entry (COE) yang dikeluarkan oleh Royal Thai Embassy.

4.Arab Saudi

Negara berikutnya yang juga sudah mulai menerima wisatawan dari Indonesia adalah Arab Saudi. Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi Anda yang berencana melakukan ibadah Umrah dalam waktu dekat. Selain sudah dibukanya rute penerbangan langsung, masa karantina ketika kedatangan pun akan menjadi lebih singkat. 

 

Seperti peraturan pada umumnya, Anda perlu mentaati protokol kesehatan dengan melampirkan dokumen tes PCR serta tanda bahwa sudah divaksin.

5.Uni Emirat Arab

Tidak bisa dipungkiri lagi, Dubai merupakan salah satu destinasi wisata di Timur Tengah yang patut untuk dikunjungi. Anda bisa menghabiskan waktu dengan pasangan, rekan kerja, atau keluarga di berbagai lokasi eksotis seperti Burj Khalifa, Dubai Fountain, Jumeirah Beach, Burj Al Arab, hingga Miracle Garden.

 

Berdasarkan informasi, mulai bulan Oktober 2021 lalu, seluruh kota di Uni Emirat Arab termasuk Dubai dan Abu Dhabi sudah bisa dimasuki oleh wisatawan asal Indonesia. Menariknya, pemerintah juga menghapus syarat karantina bagi turis yang telah menjalani vaksinasi. 

6.Qatar

Qatar merupakan negara penyelenggara event akbar Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung pada pertengahan tahun ini. Untuk mensukseskan acara tersebut, pemerintah sudah menyiapkan berbagai peraturan dan kebijakan baru, termasuk membuka diri untuk turis internasional.

 

Namun, bagi Anda yang berencana untuk berkunjung ke Qatar pastikan untuk melengkapi sejumlah dokumen medis sebagai bekal administrasi. Misalnya seperti menunjukkan hasil tes PCR negatif COVID-19 minimal 3×24 jam sebelum keberangkatan, memiliki bukti sertifikat vaksin 2 dosis, serta wajib menjalani karantina selama 7 hari.

7.Turki

Sebagai negara yang termasuk dalam kawasan Eurasia, Turki menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan asal Indonesia. Kabar baiknya, sejak beberapa waktu lalu Turki sudah mulai membuka penerbangan internasional sehingga wisatawan asing bisa menikmati keindahan negara yang terletak di semenanung Anatolia tersebut.

 

Beberapa objek wisata populer yang bisa Anda datangi ketika berkunjung ke Turki di antaranya adalah Hagia Sophia, Blue Mosque, Emirgan Tulip Garden, Topkapi Palace, Bosphorus Bridge, dan masih banyak lagi. 

8.Selandia Baru

Kendati menyandang sebagai salah satu negara bebas COVID-19, Selandia Baru sebenarnya belum benar-benar membuka diri bagi wisatawan asing. Faktanya, pemerintah Negeri Lord of The Rings tersebut justru baru akan mulai membuka akses turis asing pada bulan April 2022 mendatang.

 

Meski begitu, Selandia Baru patut menjadi opsi untuk menghilangkan penat selama pandemi beberapa tahun terakhir. Siapkan saja dokumen medis seperti sertifikat vaksin COVID-19 dosis lengkap serta syarat administrasi lain agar nantinya kunjungan Anda bisa berjalan lancar.

9.Filipina

Masih enggan traveling terlalu jauh dari Indonesia? Barangkali Anda tertarik untuk berkunjung ke Filipina yang sudah mulai membuka akses untuk turis mancanegara. Filipina tidak hanya menyajikan keindahan alam semata, tapi juga banyak terdapat lokasi bersejarah  yang cukup populer. Contohnya seperti Fort Santiago. 

 

Kebijakan untuk turis asing di Filipina sendiri bisa dibilang cukup longgar, yakni wisatawan dengan sertifikat vaksin dosis penuh bisa masuk tanpa perlu melakukan karantina. Selebihnya, siapkan juga surat keterangan medis tes PCR COVID-19 yang masih berlaku 3×24 jam dari tanggal keberangkatan. 

10.Kamboja

Anda punya rencana untuk menjelajahi negara-negara di Asia Tenggara? Jika iya, maka Kamboja layak menjadi salah satu pilihannya. Ada banyak objek wisata menarik yang ada di Kamboja, misalnya seperti Istana Raja Phnom Penh, Angkor Wat, Angkor Night Market, serta masih banyak lagi. 

 

Turis asal Indonesia sendiri sudah diperbolehkan untuk memasuki wilayah Kamboja, asalkan memenuhi beberapa syarat. Salah satunya yaitu sertifikat medis yang didalamnya berisi hasil tes PCR negatif COVID-19 dalam 3×24 jam sebelum tanggal keberangkatan pertama.

 

Itulah daftar negara yang sudah bisa dikunjungi oleh wisatawan Indonesia di tahun 2022. Kira-kira negara manakah yang akan menjadi tujuan Anda? 

News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *