Tips Remote Working Efektif Selama Pandemi COVID-19

Istilah remote working belakangan ini semakin populer di tengah pandemi COVID-19. Kini tidak hanya pekerja lepas atau freelancer saja yang menjalankan aktivitas ini, melainkan banyak juga para pekerja kantoran yang sudah terbiasa dengan sistem kerja konvensional.

 

Kerja jarak jauh memang menjadi pilihan paling masuk akal agar terhindar dari penyebaran virus corona. Akan tetapi, sayangnya tidak semua orang siap untuk melakukan aktivitas remote working secara profesional.

 

Nah, agar Anda lebih produktif ketika bekerja secara remote berikut ini sudah kami siapkan tips cara remote working efektif yang bisa dijadikan sebagai patokan. Penasaran seperti apa pembahasannya? Yuk langsung saja kita simak bersama-sama.

Tips Remote Working Efektif Selama Pandemi COVID-19

 

1.Pilih Ruang Kerja yang Nyaman

Kondisi lingkungan kerja yang tenang dan nyaman tentu akan menghasilkan semangat yang lebih maksimal. Maka dari itu, sebisa mungkin untuk mengatur ruang kerja agar lebih nyaman ketika digunakan untuk bekerja minimal selama seharian. 

 

Pekerja yang memutuskan untuk menjalani aktivitas remote working mayoritas memang akan selalu berpindah-pindah lokasi. Jadi, jika spot kerja Anda dirasa kurang mendukung produktivitas maka sebaiknya mencari tempat lain yang lebih kondusif.

 

Pilihan tempat kerja sendiri tidak harus selalu di ruangan. Sebagai pekerja remote Anda bisa mengatur meja kerja di halaman belakang rumah, di balkoni kamar hotel, atau bahkan di pinggir pantai.

 

Hal pertama yang Anda perlu siapkan agar aktivitas bekerja bisa maksimal hanyalah meja, kursi, laptop, dan akses internet yang bisa didapatkan dari Mobile Wifi. Jangan lupa siapkan juga camilan atau koktail untuk membakar semangat!

2.Menjaga Komunikasi dengan Rekan Kerja

Ibarat dalam hubungan asmara, kunci utama dalam keberhasilan aktivitas remote working adalah komunikasi. Hal ini menjadi sangat penting diperhatikan mengingat tidak adanya interaksi tatap muka langsung yang terjadi layaknya bekerja secara konvensional.

 

Karena mayoritas pegiat remote working bekerja dalam sebuah tim, komunikasi juga perlu dijaga guna meminimalisir salah koordinasi. Terlebih lagi untuk pekerja yang bergelut di bidang teknologi seperti web developer atau programmer. Kedua profesi tersebut perlu adanya komunikasi secara intens agar hasil kerja satu sama lain bisa terintegrasi.

3.Persiapkan Tools yang Diperlukan

Tips remote working selanjutnya adalah mempersiapkan tools yang tepat sesuai kebutuhan. Berbeda dari aktivitas kerja kantoran yang relatif lebih terorganisir, aktivitas remote working biasanya bakal memerlukan perhatian lebih karena setiap orang harus mengatur dirinya masing-masing.

 

Untuk Anda yang bekerja secara tim, mungkin bisa mencoba tools task management seperti Trello, Jira, atau Airtable. Selain itu, gunakan juga tools penunjang komunikasi seperti Email, Slack, atau whatsapp yang lebih familiar bagi banyak kalangan.

 

Sementara itu, untuk kebutuhan pengolah dokumen tools seperti Google Workspace atau Microsoft 365 bisa menjadi opsi terbaik karena lebih mudah dalam melakukan kolaborasi serta pengiriman file ke banyak orang sekaligus. 

4.Pastikan Jaringan Internet Stabil

Koneksi internet merupakan tulang punggung ketika menerapkan sistem remote working. Karena biasanya setiap pekerjaan serta bentuk komunikasi sekecil apapun akan disampaikan secara online.

 

Maka dari itu, Anda perlu memastikan bahwa jaringan internet di lokasi kerja stabil dan bisa diandalkan. Jangan sampai ketika tiba jadwal meeting koordinasi dengan atasan Anda justru malah kehabisan kuota paket internet. Alih-alih mendapat pujian dari hasil kerja, Anda justru bisa mendapat teguran karena terkesan kurang profesional.

 

Sebagai solusi atas permasalahan koneksi internet ketika sedang remote working, Anda bisa menggunakan Mobile Wifi dari JavaMifi yang terbukti bisa diandalkan untuk kebutuhan domestik maupun internasional.

 

Anda bisa mendapatkan akses internet ketika sedang liburan tanpa perlu ganti SIM Card atau pusing memilih paket data yang sesuai kebutuhan.

5.Atur Waktu Kerja dan Waktu Istirahat

Durasi kerja menjadi tantangan tersendiri bagi para pekerja remote. Bagaimana tidak, pasanya dengan bekerja di luar kantor seringkali pekerja merasa terlena sehingga lupa untuk istirahat atau berhenti bekerja disaat jam kantor sudah selesai.

 

Kondisi tersebut juga didukung dengan perkembangan teknologi yang memungkinkan untuk melihat notifikasi email atau chat grup pekerjaan dari seluruh device yang kita pakai. Maka dari itu, agar kualitas hasil kerja tetap optimal, sangat penting bagi Anda untuk tahu kapan harus bekerja dan istirahat ketika sedang menjalani aktivitas remote working.

6.Luangkan Waktu Untuk Perawatan Diri

 

Salah satu benefit atau keuntungan dari remote working adalah fleksibilitas tempat dan waktu bekerja. Akan tetapi, kedua elemen tersebut terkadang malah bisa menjadi pisau bermata dua, karena sulit untuk membedakan antara waktu bekerja dengan waktu luang untuk keluarga atau diri sendiri.

 

Ketika Anda mulai merasakan kondisi tersebut, maka sebaiknya mulai untuk istirahat. Gunakan waktu istirahat ini untuk melakukan perawatan diri, bisa dengan bermain bersama anak, membaca buku, jalan-jalan sore, atau makan makanan kesukaan. 

 

Percaya atau tidak, terkadang mengalihkan fokus pikiran dari pekerjaan juga penting dilakukan agar otak menjadi lebih segar.

 

Itulah tips remote working efektif yang bisa Anda lakukan agar pekerjaan bisa lebih maksimal. Pada dasarnya, aktivitas bekerja secara remote memang tidak bisa dilakukan oleh semua orang, hanya industri dan bidang tertentu saja yang bisa melakukan hal ini. 

 

Di sisi lain, perubahan dari sistem kerja konvensional ke remote working pun perlu adanya transisi yang tidak gampang. Pasalnya, selain butuh kepercayaan antara manajer dengan karyawan, hal ini juga perlu adanya peralatan yang memadai sebagai penunjang.

 

Tips & Trick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *