Kebutuhan untuk tetap melakukan aktivitas dengan menggunakan alat transportasi umum yang salah satunya adalah kereta masih sangat lah tinggi. Apalagi bagi mereka yang bekerja diluar kota , ketika saat PSBB berlaku dan kereta api jarak jauh tidak beroperasi , hal ini berdampak kepada mereka. Karena kebutuhan ini lah maka PT.Kereta Api Indonesia (Persero) mulai bulan Juni lalu tepat nya tanggal 12 Juni 2020 secara bertahap mulai mengoperasikan kembali Kereta Api Jarak Jauh(KAJJ) dan Kereta Api Lokal Reguler.

 

BER OPERASI SESUAI PROTOKOL KESEHATAN

Tentu saja pengoperasian kembali Kereta Api ini tetap sesuai dengan protokol kesehatan guna memutus mata rantai Covid- 19. Acuan PT KAI dalam hal mengopersikan kembali Kereta api ini adalah Gugus tugas membuat edaran tentang percepatan penanganan covid -19 No 7 tahun 2020 tentang kriteria dan persyaratan perjalanan orang dalam masa adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan Aman Covid-19. SE Ditjenka Kemenhub yang berisi tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan baru untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan Nomor 14 Tahun 2020 tanggal 8 Juni 2020 juga menjadi acuan. Nah perlu diketahui juga beberapa hal agar perjalanan mu aman dan nyaman simak ya:

1. Pembelian Tiket
Pembelian tiket lebih baik  melalui online agar phsyical distancing tetap berjalan dan pemesanan harus dilakukan H-7 meskipun anjurannya seperti itu tetap pembelian tiket secara offline tetap dilayani tetapi durasi waktu diperpanjang menjadi 3 jam sebelum keberangkatan. Penjualan tiket awal hanya 70 % dari jumlah kapasitas penumpang yang memiliki tujuan agar ada jarak antara satu penumpang dengan penumpang yang lain. Untuk penumpang yang sudah berusia 50 tahun akan diatur tempat duduk nya sehingga tidak bersebelahan dengan penumpang lain.

2. Memakai APD Standar
Dianjurkan ketika berada diarea stasiun dan diatas KA menggunakan masker dan face shield kemudian bisa juga ditambah sarung tangan.

3. Gunakan baju lengan panjang / jaket
Menggunakan pakaian lengan panjang /jaket sangat dianjurkan untuk meminimalkan kontak fisik dengan orang lain ketika tidak sengaja bersentuhan dengan penumpang lain. Jangan lupa sesampainya ditempat tujuan harus segera mandi dan ganti baju.

4. Unduh aplikasi peduli lingkungan
Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah pelacakan dalam upaya untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Kamu diminta untuk bisa bekerjasama membagi lokasi ketika kamu berpergian agar apabila terjadi apa-apa riwayat dapat ditelusuri.

5. Datang lebih awal ke stasiun
Karena untuk memasuki stasiun akan ada pengecekan persyaratan maka diusahakan datang lebih awal setidaknya 30 menit sebelum keberangkatan. Diharapkan kamu dengan kesadaran memenuhi semua instruksi dari petugas.

6. Membawa dokumen, persyaratan dan perlengkapan yang di butuhkan
Jangan lupa membawa dokumen identitas diri dan hasil test rapid dengan hasil non –reaktif dan batas valid hanya 3 hari perjalanan saja untuk yang naik kereta jarak jauh. Perlengkapan yang perlu dibawa antara lain; handsanitizer,masker cadangan,sabun cair, tissue , dan mini disinfektan atau perlengkapan lain yang kamu anggap perlu.

Jadwal Kereta Api di masa New Normal

Beberapa kereta yang dioperasikan pada tahap awal  adalah kereta dari dan menuju stasiun Kiaracondong, Cirebon, Semarang Poncol, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Jember, Ketapan dan berbagai stasiun lainnya. Sedangkan untuk KA Lokal karena memang masih tetap beroperasi pada saat PSBB tetapi di era New Normal ini hanya ditambahkan pada  frekuensi perjalanannya saja.

Berikut jadwal kereta api yang mulai beroperasi ditahap awal :

Agar travelingmu makin lancar dan tetap eksis di sosial media, kamu bisa pakai mobile wifi dari JavaMifi

Jaminan Internet Tanpa Batas yang bisa kalian pakai mobile wifi dari JavaMifi sehingga bakal ON terus.

Paket sudah termasuk biaya sewa mobile Wifi dan kuota internet Unlimited tanpa batas dan jaringan menjangkau seluruh Indonesia. Mobile wifi dari JavaMifi juga tersedia paket harian, mingguan dan bulanan.

Untuk informasi JavaMifi lebih lengkap bisa dibuka di situs JavaMifi.. Jangan lupa, untuk informasi seputar traveling juga bisa dilihat di blog JavaMifi.

Semoga bermanfaat dan  selamat melakukan perjalanan…safety flight ya globers 🙂

 

News, Update

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *